Promosi Blog

Cara Optimasi SEO OnPage and OffPage Terlengkap A – Z

SEO singkatan dari Search Engine Optimization, SEO adalah sebuah teknik atau upaya yang dilakukan webmaster agar website yang mereka kelola masuk pada halaman pertama bahkan nomor satu dihalaman pertama di mesin pencarian ( google, bing  ). SEO dibagi menjadi dua yaitu SEO OnPage  dan OffPage. SEO OnPage adalah sebuah cara atau tindakan yang dilakukan oleh webmaster untuk optimasi sebuah website dari dalam. Seperti nama domain, URL, template, tag judul. Sedangkan untuk SEO OffPage adalah sebuah cara atau tindakan yang dilakukan oleh webmaster untuk optimasi sebuah website dari luar. Seperti social media, backlink, beriklan.

Sebagai pemilik atau webmaster sebuah website tentunya ingin website tersebut dikenal banyak orang, dapat kunjungan banyak orang dan opini yang positif terhadap website tersebut.

Apakah yang didapat dari optimasi  seo OnPage and OffPage ?

  1. Website Berada dihalaman pertama mesin pencarian
  2. Website lebih cepat dikenal
  3. Website lebih ramai atau banyak pengunjung
  4. Isi Website lebih mudah dipahami pengunjung
  5. Penghasilan dari website akan bertambah

Kapan seharusnya menerapkan seo OnPage and OffPage ?

  1. Ketika Membangun Website
  2. Memilih Domain
  3. Mengisi Webiste dengan Konten (Tittle Tag, Meta Description , URL, Konten yang berkualitas, Menggunakan Tag Heading sewajarnya, Teks Tautan, Pengoptimalan Gambar)
  4. Ketika akan promosi webiste (Social Media, Social Bookmark, Beriklan)

Cara optimasi SEO OnPage  and OffPage

Optimasi website Secara SEO OnPage

Buat Title Tag ( Judul Laman ) seunik dan semenarik mungkin

Judul laman atau judul konten pada sebuah website hendaknya dibuat seunik dan semenarik mungkin.  Judul laman juga harus mengandung kata kunci yang ingin dibidik. Sebelum menentukan kata kunci yang dibidik hendaknya kita mencari informasi, perilaku pencari informasi melalui mesin pencari.  Kata kunci apa saja yang dapat dibidik didalam sebuah konten yang kita buat.

Banyangkan saja anda diposisi sebagai pencari informasi. Dan anda ingin mencari informasi bagaimana “cara menentukan sebuah niche blog”.  Lalu apa yang akan anda ketik pada mesin pencari, itulah salah satu kata kunci yang dapat anda gunakan. Jika anda menemukan beberapa kata kunci ada yang pendek ada juga yang panjang dan anda ingin memilih yang mana. Sebelumnya Portal Uang telah membahas menentukan short tail atau long tail .

Berikut ini beberapa tips membuat judul laman atau artikel :

  1. Buatlah sebuah judul artikel yang menyampaikan topik artikel tersebut dengan efektif
  2. Buatlah judul seunik mungkin sehingga ketika ada orang yang melihat judul tersebut ingin juga melihat isi artikelnya
  3. Buatlah judul yang singkat namun isi artikel tersampaikan, karena kalau terlalu panjang hasil masin pencarian tidak akan menampilkan keseluruhan

Ingat!  judul laman atau artikel adalah aspek penting dalam pengoptimalan website.

Buat URL yang mudah dipahami

Membuat URL mudah dipahami termasuk hal penting ketika anda optimasi sebuah website.

Contoh :

URL 1 : http://portal-uang.com/2016/09/short-tail-long-tail-keyword-mana-lebih-baik.html

URL 2 : http://portal-uang.com/2016/09/000/09888aYhjhllhk.html

Dari kedua URL diatas mana yang lebih anda pahami, apa yang dibahas di website tersebut.

Kita dapat melihat gambar dibawah ini, bahwa url yang kita buat akan muncul ketika seseorang mencari dengan kata kunci tertentu di mesin pencarian (telusur).

buat url yang mudah dipahami

Untuk URL juga harus mengandung kata kunci yang dibidik. Contoh gambar diatas ketika saya mencoba mencari di mesin pencarian dengan kata kunci “menetukan niche blog” kata menentukan niche blog dibuat huruf tebal oleh mesin pencarian. Itu menandakan menempatkan kata kunci di sebuah URL juga perlu.

Buat Meta Description yang informatif

Meta Description atau Meta tag deskripsi merupakan juga hal paling penting ketika anda mengoptimasi sebuah website. Ketika anda mencari dengan kata kunci tertentu disitu anda akan melihat juga cuplikan konten terkait. Lihat gambar dibawah ini, cuplikan tersebut diambil dari Meta Description tetapi jika di Meta Description tidak ditemukan maka akan mengambil potongan konten yang terkait dengan kata kunci yang dimasukan oleh pencari informasi.

buat meta description yang informatif

Untuk membuat Meta Description yang baik adalah merangkum semua hal yang menarik dan informatif dimata pengunjung. Agar ketika pengunjung melihat pengunjung tersebut tertarik dan mengunjungi website anda. Dan jangan lupa kata kunci yang dibidik juga dimasukkan didalam Meta Description.

Buatlah navigasi atau menu secara rapi dan teratur

Membuat navigasi atau menu sebuah website secara rapi dan teratur, selainkan menguntunkan mesin pencarian untuk memahami hal penting dalam website tersebut. Membuat navigasi yang rapi dan teratur juga memudahkan pengunjung untuk melihat – lihat apa saja konten yang tersedia dalam website tersebut.

navigasi atau menu yang rapi dan teratur

Jika kita lihat gambar diatas navigasi Portal Uang dibuat lebih mudah untuk dipahami. Contohnya saja ketika pengunjung ingin mencari seputar adsense, pengunjung tersebut tinggal klik menu adsense, begitu dengan yang lainnya.

Disinilah banyak kesalahan blogger pemula yang tidak merencanakan navigasi website yang dibangun sehingga banyak pengunjung bingung ketika mencari konten tertentu. Dan juga dapat penolakan dari google adsense tentang navigasi tidak memadai.

Didalam Panduan SEO Google menyatakan

Untuk navigasi, fokus seharusnya ditekankan pada kesederhanaan dan kemudahan pengguna.

Buatlah peta situ XML ( sitemap.xml )

Jika memang ingin optimasi website, jangan lupa untuk membuat peta situs XML. Peta situs XML ini membantu mesin pencarian atau telusur untuk memastikan bahwa alamat url anda terindex. Karena ada kemungkinan mesin telusur tidak bisa mencakup semua alamat url anda tanpa bantuan peta situs xml.

Buatlah konten yang unik dan berkualitas

Konten yang unik dan berkualitas sangat disukai oleh pencari informasi (pengunjung) dan mesin telusur. Untuk membuat konten yang unik dan berkualitas anda bisa melihat menu Menulis Konten dan didalam menu tersebut banyak pilihan salah satunya artikel cara menulis artikel. Anda dapat membaca dan mencoba mempraktekannya.

Untuk membuat konten pikirkan dan modifikasi bagaimana konten yang anda buat enak dibaca oleh pengunjung. Dan buatlah konten yang rapi dan terstruktur sehingga para pengunjung dapat kebih cepat memahami konten yang anda buat.

Panjang Konten minimal 300 kata

Membuat artikel minimal 300 kata, ini masih banyak perbedebatan. Apakah mempengaruhi SEO atau tidak. Kita ambil contoh saja ketika kita ingin mengulas sesuatu saya yakin jika ulasan tersebut mendetail akan melebihi 300 kata. Sedangkan mesin telusur terutama google menyekuai penjelasan yang mendetail tapi tidak bertele –tele. Sama halnya manusia juga ingin sesuatu yang mendetail tapi tidak bertele – tele. Karena itulah banyak yang menyarankan untuk membuat lebih dari 300 kata dalam sebuah konten atau artikel.

Tempatkan internal link yang sesuai

Menempatkan internal link pada sebuah konten atau artikel selain membantu pengunjung untuk lebih mudah menemukan konten yang terkait. Juga dapat mengurangi bounce rate sebuah website. Untuk format internal link juga harus dibedakan jangan disamakan dengan teks biasa. Pengunjung agar mudah mengetahui mana saja yang termasuk internal link. Gambar dibawah ini contoh penempatan internal link didalam konten atau artikel.

tempatkan internal link yang sesuai

Optimalkan dalam penggunaan gambar dengan Atribut alt

Pengoptimalan gambar juga sangat diperlukan. Contoh ketika ada pengunjung yang membuka salah satu halaman dan gambar dihalaman tersebut tidak bisa terload secara sempurna. Maka dengan adanya atribut alt ini pengunjung bisa mengetahui ini sebetulnya gambar apa. Dan juga ketika ada pencari informasi yang menggunakan google image untuk mencari sesuatu. Dengan atribut alt maka gambar kita akan dengan mudah dapat terindex dan ditemukan oleh pencari informasi. Tidak hanya jika anda menggunakan gambar sebagai tautan, teks alt pada gambar tersebut akan diperlakun sama persis seperti teks biasa.

Gunakan Tag Heading dalam konten

Jika anda belum tau seperti apa Tag Heading, Tag Heading terdiri dari h1 sampai h6, ukuran setiap levelpun berbeda – beda. Berikut ini contoh penggunaan Tag Heading.

gunakan tag heading dalam konten

Guna Tag Heading ini selain untuk memberi tau pengunjung bagian – bagian mana saja yang penting. Tetapi juga digunakan para pakar SEO untuk menempatkan kata kunci yang dibidik maupun kata kunci utama dan turunan.  Dan gunakan Tag Heading seperlunya saja.

Gunakan atribut rel=”nofollow”

Menggunakan atribut rel=”nofollow”  memberitahu mesin pencarian atau telusur bahwa anda tidak mengikuti atau membagi reputasi pada alamat website yang ditautkan. Biasanya penggunaan atribut rel=”nofollow” banyak digunakan pada kolom komentar untuk menghindari spam. Tetapi ada juga digunakan dalam konten jika suatu ketika anda ingin mencantumkan sebuah alamat website tetapi tidak ingin mengikuti website tersebut. Dengan adanya atribut rel=”nofollow” kita akan aman dari spam yang menyebabkan reputasi website kita menurun dan berakibat pada mesin pencarian atau mesin telusur.

Buat website anda dapat dibuka di perangkat apa saja

Dengan perkembangan zaman kini banyak sekali berbagai macam browser maupun perangkat hardware (komputer, laptop, tablet, hp). Dari semua perangkat tersebut bermacam – macam ukurannya. Jika website dapat menjangkau semua perangkat tersebut maka website anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Saat ini sangat mudah agar website anda enak ketika dibuka diperangkat apa saja dengan teknologi template reponsive desain.

 

Optimasi website Secara SEO OffPage

Optimasi website secara OffPage bisa berbagai cara dengan mempromosikan website di social bookmarking, social media ( facebook, google +, twitter ), forum. Tetapi ada juga optimasi OffPage dengan memperoleh backlink dari pemilik website lain. Tentunya yang disuka mesin telusur yang diberikan dengan sukarela dan memang berkaitan dengan topik website kita. Untuk pembahasan SEO Off Page ini untuk lebih detail anda dapat membaca artikel tempat untuk promosi blog.

 

Itulah yang dapat saya ulas tentang cara optimasi SEO OnPage dan OffPage. Jika ada kekurang kita bisa berturkan informasi melalui kolom komentar, email maupun fanspage Portal Uang.

 

~ Semoga Bermanfaat & Membantu ~

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

8 Komentar

%d blogger menyukai ini: