Promosi Blog

6 Tempat Strategis Untuk Promosi Blog

Pormosi adalah kegiatan untuk mengenalkan atau memberitahukan produk yang kita buat pada konsumen. Promosi blog adalah kegiatan mengenalkan atau memberitahunkan blog yang telah kita buat baik itu halaman utama blog maupun fokus ke konten tertentu blog tersebut. Untuk promosi blog memerlukan tempat yang tepat, waktu,  gagasan (ide) dan uang untuk promosi.

Promosi blog ada dua cara yaitu secara offline dan  online. Secara offline kita harus bertemu langsung dengan calon komsumen blog . Lalu untuk yang online kita tidak perlu langsung bertemu dengan calon konsumen blog. Sehingga kita tidak dibatasi oleh jangkauan wilayah. Tidak hanya itu saja kita juga bisa menghemat banyak waktu dan tenaga.

Berikut ini tempat mempromosikan blog paling strategis

Search engine

Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mudahnya search engine adalah alat yang membantu para konsumen untuk mencari artikel atau berkas yang tersimpan di internet.  Contoh search engine yang paling banyak digunakan adalah google dan yahoo (bing).

Cara untuk promosi blog pada search engine bisa dikatakan sulit untuk para pemula. Karena untuk mendapat halaman pertama pada search engine kita harus mempunyai konten yang unik dan bermanfaat,  seo yang bagus, backlink (url yang mengarah ke website kita dari website orang lain), website yang memadai, pemilihan keyword (kata kunci) bahkan tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan biaya agar website ( blog ) atau konten (artikel) bisa menempati halaman pertama. Tapi jangan khawatir setiap orang pasti bisa juga menempati halaman pertama.

Bagaimana cara mudah menempati halaman pertama search engine ?

Cukup dengan membuat konten yang unik dan bermanfaat dengan lambat laun konten yang anda buat akan menempati halaman pertama.

Katanya membutuhkan backlink, seo yang bagus dan pemilihan keyword juga untuk menempati halaman pertama search engine ?

Itu tidak harus tapi itu untuk penunjang website kita saja. Tapi dengan kita menulis konten yang bermanfaat kita bisa mendapat backlink secara natural (yang diberikan secara cuma – Cuma oleh pemilik website lain).  Lalu untuk seo setidaknya kita sedikit paham cara memcantumkan fokus kata kunci dalam artikel (konten) dan pemilihan keyword yang tepat.

Social media

Social media saat ini sudah banyak sekali misal facebook, twitter, google +. Saat ini itu yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan webite maupun blog.

Cara mempromosikan blog melalui facebook

Untuk promosi blog melalui facebook hal pertama yang anda diperlukan adalah akun facebook. Jika belum punya silahkan mendaftarkan diri anda ke facebook.com. Setelah mempunyai akun facebook carilah teman – teman yang banyak lebih baik lagi teman yang mempunyai hobi sama atau teman yang berpontensi untuk mengikuti hobi anda (dalam hal ini tema blog anda). Contohnya anda suka dengan teknologi ( tema blog anda teknologi ) carilah teman yang suka teknologi  atau teman yang ingin belajar teknologi.

Ajaklah teman – teman anda itu masuk kedalam fanspage facebook anda. Ketika anda share artikel ke facebook dengan begitu teman – teman anda akan penasaran dan otomatis mengunjungi blog anda. Ikutilah group – group facebook sesuai dengan tema blog anda. Share artikel anda ke group –group tersebut tapi jangan berlebihan.  Jika ada pertanyaan dalam group dan jawaban pertanyaan tersebut ada diblog anda, anda tinggal memberitahukan link yang menuju ke blog anda.

Cara mempromosikan blog melalui twitter

Cara promosi ke twitter tidak jauh berbeda dengan facebook. Bahkan anda cukup share artikel anda ke twitter nanti otomatis share ke facebook juga.

menautkan akun twitter dan facebook

Cara menautkan twitter dan facebook

  1. Login ke akun twitter anda
  2. Klik Foto Profil
  3. Klik Menu Setting
  4. Kemudian buka tab / menu Apps
  5. Klik Tombol connect to Facebook 

cara menautkan akun twitter dan facebook

Dengan begitu ketika anda share blog atau artikel anda melalui twitter otomatis akan di sahre di akun facebook yang anda taukan.

Cara mempromosikan blog melalui google +

Begitu juga jika anda ingin promosi blog anda melalui google + yang paling penting adalah teman. Karena yang melihat share artikel anda adalah teman yang dilangkaran anda. Anda juga bisa mengikuti group – group layaknya di facebook.  Promosi blog di google + mempunyai nilai plus sendiri. Karena goole + adalah milik google, pasti semua sudah tahu akan hal ini.

Berikut cara promosi blog melalui google +

  1. Login terlebih dahulu ke akun google + anda di https://plus.google.com masuk dengan akun gmail anda.
  2. Klik form bertuliskan Apa yang baru tentang Anda?
  3. Akan muncul form seperti gambar dibawah ini dan isi link artikel atau blog yang anda ingin share. promosi blog lewat google plus
  4. Lalu klik tombol POSKAN

Jika anda menggunakan cms wordpress anda bisa menggunakan plugin dari jetpack untuk share di ketiga social media tersebut.

Social Bookmarking

Penanda sosial (Social Bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Pengertian paling mudah tentang social bookmarking adalah sebuah tempat dimana kita bisa mempromosikan website atau blog kita agar blog kita lebih dikenal oleh pengguna internet. Berikut ini beberapa social bookmarking yang dapat anda gunakan untuk media promosi website atau blog anda.

      1. Reddit.com
      2. Digg.com
      3. Slashdot.org
      4. Netvouz.com
      5. Infogue.com
      6. Lintas.me

Jika merasa kesulitan mempromosikan blog anda satu satu ke social media tersebut. Anda dapat mempromosikan blog anda secara otomatis ke beberapa social bookmark dengan SocialMarker.

Blogwalking (Kolom Komentar)

Blogwalking adalah pilihan paling mudah setelah promosi  di social bookmark dan social media. Blogwalking yaitu kita berkunjung ke blog – blog orang lain dan meninggalkan jejak pada kolom komentar. Untuk berkomentar pun kita harus sesuai tema dan berbobot. Contoh komentar yang kurang berbobot

“Terimkasih gan artikelnya”

“Artikel sangat membantu”

Kadang komentar seperti itu jarang sekali di disetujui oleh pemilik blog. Akhirnya usaha anda akan sia –sia. Berikut ini artikel komentar tidak di setujui. Dan untuk manfaat berkomentar yang lain anda juga dapat membaca artikel manfaat berkomentar di blog.

Forum

Jika anda ingin promosikan blog anda di forum.  Anda tidak bisa langsung menanamkan link aktif menuju website anda bahkan bukan link aktifpun kadang dilarang. Berikut ini contoh potongan peraturan forum, contoh ini saya ambil dari forum ads.id

Dilarang melakukan spam. (Ban 1 Hari – Ban Permanen)
Yg termasuk kategori spam:

  • Memposting referral link. (Ban 1 Minggu)
  • Mereferensikan link ke situs lain, baik milik pribadi atau bukan. (Ban 1 Hari)
  • Member baru yang langsung melakukan promosi (Ban Permanen)

Bagaimana agar kita bisa promosi blog yang kita bangun dalam forum tersebut.

    1. Anda harus menunggu beberapa hari bahkan beberapa bulan sebelum promosi
    2. Bikin artikel yang bermanfaat dalam forum
    3. Buat diri anda dikenal oleh member forum, dengan membuat thread ( konten ) yang bermanfaat dan menjawab selagi anda bisa menjawab thread tertentu.
    4. Jika sudah dikenal dan lumayan banyak pengikut barulah anda memulai untuk promosi blog anda. Bagaimana promosi blog agar tidak di ban, caranya kita membuat thread atau artikel yang memang artikel tersebut mengharuskan berkunjung ke blog anda. Misal, anda membuat thread tentang cara riset keyword dan di blog anda ada sebuah alat untuk membatu dalam riset tersebut dan mengharuskan berkunjung dalam blog (Ingat ! jangan sekali – kali menamankan link aktif jika peraturan forum tidak memperbolehkan ada link aktif). Jika anda kesulitan membuat thread, anda bisa masuk thread yang digunakan khusus untuk promosi blog (Ingat ! Jangan spam).

Beriklan

Mempromosikan blog juga dapat dengan cara beriklan. Dengan cara beriklan ini jelas kita harus mengeluarkan biaya. Untuk biaya beriklan tergantung tempat kita beriklan. Membayar ketika ada yang klik iklan anda biasa dikenal dengan PPC (Pay Per Click), membayar dengan metode (CPM) adalah kependekan dari cost per 1000 Impressions (biaya per 1000 tayangan), adapula yang membayar perhari / perbulan / pertahun.

Tempat beriklan yang strategis atau yang populer saat ini adalah Google AdWords, Facebook Businnes (Facebook Ads) dan beriklan langsung di blog orang lain. Berikut ini masing – masing keunggulan dari ketiga tempat beriklan tersebut.

Google AdWords

Keunggulan Google AdWords

      1. Terhubung dengan pelanggan di seluruh web
      2. Terukur, terpercaya, fleksibel
      3. Wawasan sepanjang waktu
      4. Berhenti, memulai, menjeda, menguji
      5. Beriklan secara lokal atau global
      6. Jangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat

Kekurangan Google AdWords

      1. Tidak semua jenis iklan diterima oleh Google AdWords
      2. Pembayaran menggunakan kartu kredit

Facebook Businnes (Facebook Ads)

Keunggulan Facebook Businnes (Facebook Ads)

      1. Social Media terbesar dan banyak orang berinteraksi didalamnya sehingga sangat bagus untuk tempat beriklan
      2. Pengaturan iklan yang lebih spesifik mulai dari usia, status, bahasa, dan negara

Kekurangan Facebook Businnes (Facebook Ads)

      1. Iklan dilihat hanya pengguna facebook saja
      2. Pembayaran melalui kartu kredit

Beriklan di blog orang lain

Keunggulan Beriklan di blog orang lain

      1. Bisa meminta iklan ditaruh bagian mana saja
      2. Bisa memilih blog untuk beriklan
      3. Pembayaran lebih fleksibel

Kekurangan Beriklan di blog orang lain

      1. Iklan hanya dilihat sesuai jumlah pengunjung blog tersebut saja ( Pengunjung tidak seperti Google AdWords dan Facebook yang sudah jutaan bahkan lebih)
      2. Iklan kurang maksimal karena pengunjung tidak terlalu banyak

6 tempat diatas adalah tempat promosi blog secara online. Jika anda ingin mempromosikan blog anda secara offline ada beberapa cara. Berikut cara – cara promosi blog secara offline. Mulut ke mulut, membuat poster, stiker, brosur, kartu nama, event, aksesoris dan souvenir.

 

~ Semoga Bermanfaat & Membantu ~

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

10 Komentar

  • saya lihat yang medsos, google adw, dan sebagainya itu kebanyakan berbayar kan ya mas ?, dan saya juga pernah survei untuk biayanya dari itu semua,karna prnah pengen coba promosi. kalau saya lihat budget utk promosi lumayan mahal juga (maklum isi kantong pas2an). Kira-kira pengaruhnya lumayan gede gak mas jika promosi berbayar gitu, atau brangkali mas andre pernah coba, dan merasakan pengaruhnya ?

    • kalau fb ads pernah 🙂 namun klo ngiklannya tidak tepat malah rugi tapi klo tepat pasti untung. makanya sebelum iklan juga perlu diriset tapi klo medsos jika kita pintar cukup iklan di beranda , fp dan group sudah cukup 🙂

  • Kalo promosi secara digital menurut ane emang sangat efektif.

    Kebetulan saya lagi melakukan riset, lebih baik mana promosi secara online atau secara langsung seperti melalui billboard, tv dan semacamnya. karena kalo dari pemikiran saya skr lebih banyak orang berada di depan handphone/laptop ketimbang tv.

    Mungkin kang andre bisa kasih pendapat buat pencerahan saya juga hehe

    • untuk lebih efektif memang sekarang promosi secara online om 🙂 keunggulan lebih banyak, contoh tak terbatas waktu, tempat, tertarget dan biaya bisa lebih murah 🙂 kalau offline biasa sasarannya pada konsumen yang tidak terlalu mengerti teknologi teknologi.

  • apakah ada blooger yang pernah nyoba promosi offline
    1. iklan di radio lokal ?
    2. bikin sticker/pin
    3. bikin kaos dengan sablon logo website
    4. bikin banner/MMT