Blogging Dasar Promosi Blog

7 Aplikasi Riset Keyword Gratis Terbaik

Berikut ini 7 aplikasi riset keyword gratis terbaik menurut Portal Uang. 7 Aplikasi riset keyword ini tidak semua gratis sepanjang waktu atau unlimited. Tapi beberapa daftar aplikasi riset keyword untuk yang versi gratis terbatas. Contoh seperti Google Keyword Planner, mulai tahun 2016 kita tidak bisa mengetahui volume pasti suatu keyword dan sekarang berupa range ( contoh : 100 – 1000 ). Begitu juga dengan aplikasi riset keyword lainnya. Namun walau terbatas pada versi gratis 7 aplikasi ini menurut Portal Uang sangat membantu dengan versi gratisnya. Berikut ini ulasan dari masing – masing 7 aplikasi riset keyword gratis terbaik.

Kumpulan 7 Aplikasi Riset Keyword Gratis Terbaik

1. Google Keyword Planner

Fungsi dari Google Keyword Planner sebenarnya adalah alat yang diperuntukan bagi para pemasang iklan di Google Adwords dan alat ini berfungsi sebagai perencanaan dalam memasang iklan agar lebih tepat sasaran. Aplikasi ini disediakan Oleh Google untuk keperluan ulasan diatas. Namun aplikasi ini ternyata juga dimanfaatkan oleh para blogger untuk meriset kata kunci. Berikut ini point- point yang ada pada Google Keyword Planner :
– Penargetan keyword, mulai dari negara, bahasa maupun google dan google mitra penelusuran
– Filter rata – rata penelusuran bulanan
– Filter Persaingan (rendah, menengah dan tinggi)
– Volume pencarian menurut rentang tanggal
– Kata kunci negatif
– Ide Keyword

2. Wordze

Wordze adalah aplikasi memang ditujukan untuk riset keyword. Pada webiste atau aplikasi Wordze ini yang paling ditonjolkan adalah menu Long Tail Keyword dan Competition Analyzer. Untuk menu Long Tail Keyword kita bisa menggunakan secara gratis, namun pada menu Competition anda harus membayar $49 atau mencari 15 refferal untuk mendapat upgrade ker versi Premium Plan secara gratis. Bagaimana kinerja dari Wordze ini anda dapat langsung mencobanya dengan mengakses http://www.wordze.com/.

3. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah aplikasi riset yang berupa add on baik google chrome ataupun mozilla firefox. Untuk menggunakan Keywords Everywhere ini anda harus mendapatkan API terlebih dahulu. Untuk seting negara memang aplikasi ini pada saat ini masih terbatas 7 pilihan saja yaitu Global, United States, United Kingdom, South Africa, Canada, Australia dan India. Untuk mata uang Rupiah atau mata uang Indonesia sudah tersedia. Tidak hanya itu kita juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan extension pada banyak website diantaranya Google Analytics, Google Webmaster, Google Search, Keywordshitter, Moz dan lain – lain. Berikut salah satu contoh bahwa Kyeword Everywhere ini terkoneksi pada google search.

hasil google keywords everywhere

4. Ubersuggest

Ubersuggest memang termasuk alat yang digunakan untuk meriset keyword. Namun Ubersuggest fungsinya lebih pada mencari kyeword turunan yang biasa kita sebut long tail keyword. Apa itu Ubersuggest, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara menggunakannya. Silahkan dilihat pada artikel Ubersuggest: Tool Saran Kata Kunci Google Gratis.

5. Keywordtool.io

Dengan Keywordtool.io kita dapat meriset pada Google, Youtube, Bing, Amazon dan App Store. Sayangnya untuk versi gratis dari alat yang bernama Keywordtool.io ini yang berupa sebuah website. Pada versi gratis kita hanya dapat melihat ide keyword dari keyword utama yang kita masukkan. Untuk paket Pro pun beranekaragam ada Pro Lite, Pro Basic dan Pro Plus. Untuk harga Pro Lite $48 perbulan, Pro Basic $68 perbulan dan Pro Plus $88 perbulan. Untuk anda yang ingin mencoba kinerja Keywordtool bisa mengunjung di alamat http://keywordtool.io/

6. Keywordrevealer

Keywordrevealer menurut portal uang adalah alat riset keyword yang bagus hampir sama seperti long tail pro. Namun dalam versi gratis kita diberi kesempatan hanya 3 kali riset keyword dan evaluasi per hari. Untuk yang premium dibagi menjadi 2 yaitu paket Basic dan Pro. Versi basic kita bisa riset 15 keyword, 50 kali evaluasi, menyimpan 25 keyword, menemukan Exact Match Domain, filter data keyword dan export data. Versi Pro semua serba unlimited dan kita bisa import keyword, Keyword Brainstorming tool dan Rank Checker . Harga versi basic sendiri $9,97 perbulan dan versi Pro $29,97 perbulan.

7. Moz

Moz memang sudah terkenal dikalangan dunia blogger atau para pegiat IM. Aplikasi riset yang disediakan di Moz tidak kalah bagus dengan aplikasi riset yang terkenal lainnya. Di Moz yang versi gratis pun kita dimanjakan dengan detail hasil keyword yang kita cari. Misal volume perncarian, kesulitan persaingan keyword, kesempatan dan postensi dalam persaingan keyword yang kita riset. Tidak hanya itu kita juga dimanjakan dengan ide keyword (keyword suggestions) dan analisis SERP.

Itulah kumpulan 7 aplikasi riset keyword menurut Portal Uang dalam versi gratisnya. Namun jika memang benar – benar digunakan untuk bisnis sebaiknya menggunakan versi premium agar lebih lega. Jika hanya digunakan untuk belajar cukup dengan versi gratisnya. Semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

6 Komentar

%d blogger menyukai ini: