Bisnis Online Peluang Bisnis

Belajar Internet Marketing Gratis Untuk Pemula

Kali ini Portal Uang mengajak belajar internet marketing gratis untuk pemula bersama – sama. Mari kita pahami Internet Markting itu seperti apa dan bagaimana. Pengertian Internet Marketing adalah pemasaran online lewat internet yang dilakukan oleh pemilik usaha atau pebisnis. Banyak orang beragapan internet marketing adalah jual barang secara online. Padahal jika dijelaskan sangat luas tidak sekedar promosi untuk berjualan. Tapi mempromosikan website atau blog yang berisi tutorial atau artikel bukan hanya jual barang dan jasa juga termasuk dalam internet marketing.

Jenis – Jenis Internet Marketing

Pada artikel belajar internet marketing gratis untuk pemula kali ini, Kami akan mengenalkan beberapa jenis Internet Marketing. Apa saja jenis jenis internet marketing itu :

Search Engine Marketing atau SEM

SEM adalah cara mekukan pemasaran online (Internet Marketing ) dengan optimasi search engine baik menggunakan SEO atau PPC (beriklan). Pada dasarnya SEM dibagi menjadi dua yaitu :

  • Search Engine Optimization atau SEO

Bentuk pemasaran ini menurut kami adalah nomor satu yang menjadi tujuan para pegiat internet marketing. Karena SEO untuk ditujukan agar website, review produk maupun artikel dapat menempati pada halaman satu bahkan peringkat pertama pada mesin pencari.  Optimasi SEO dibagi menjadi dua yaitu optimasi SEO OnPage dan SEO OffPage. Dengan pemsaran menggunakan jenis ini saja kita sudah dapat meraup keuntungan banyak.

  • Pay Per-Click atau PPC

PPC adalah sebuah cara atau teknik pemasaran dengan cara mengiklankan produk atau website kita. Contoh mengiklankan webiste kita pada Google Adwords. Dengan menggunakan jenis Internet Marketing ini anda dapat langsung menargetkan dengan detail sasaran anda. Mulai dari usia, negara, bahasa dan masih banyak yang lain.

Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah cara melakukan pemasaran yang memanfaatkan lalu lintas didalam sosial media. Seperti Google +, Facebook, twitter, Line, Instagram, WhatApps dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana cara menggunakan jenis Internet Marketing ini. Portal Uang telah membahas pada artikel Tempat Untuk Promosi Blog.

Refferal Marketing

Refferal Marketing adalah sebuah metode untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada konsumen baru dengan cara memberikan referensi.  Contoh jika kita membeli produk di dewaweb.com pada halaman clientarea akan ada menu Affiliate Program. Menu ini digunakan sebagai ide pemasaran oleh dewaweb.com agar produk mereka lebih menjadi terkenal. Ya semua pasti akan merasa lebih percaya dan nyaman jika kita dikasih saran oleh orang yang lebih kita kenal.

Keuntungan menggunakan referral marketing:

  1. Mengurangi anggaran penjualan dan pemasaran dengan fokus pada pelanggan yang puas terhadap produk dan layanan. Pelanggan yang puas diberikan kemudahan akses untuk mereferensikan produk atau layanan kepada orang lain.
  2. Meningkatkan siklus penjualan dengan menghasilkan lebih banyak qualified leads (calon customer).
  3. Memastikan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan jumlah pembelian berulang (repeat order) dari customers dan referrals.
  4. Referral marketing umumnya memiliki angka konversi (conversion rate) yang tinggi dengan biaya akuisisi customer yang rendah.
  5. Menghasilkan ROMI (return on marketing investment) yang lebih tinggi.

Email Marketing

Pemasaran ini memanfaatkan media surat elektronik dalam mempromosikan produk atau jasa. Pihak perusahaan akan melakukan pemasaran secara langsung dengan cara  mengirimkan pesan yang ditujukan ke alamat email pelanggan.

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah sebuah metode pemasaran dengan cara memperbaiki kualitas konten yang lebih berkualitas pada sebuah website sehingga konsumen lebih puas.

 

Dasar – Dasar Internet Marketing

Jika kita ingin memulai didunia Internet Makerting hendaknya kita mengetahui dasar  – dasar Internet Marketing. Pada artikel belajar internet marketing gratis untuk pemula ini ada 3 hal yang harus diketahui :

Riset Produk

Pertama jika kita ingin bersaing atau terjun didunia IM kita yang kita perlukan adalah riset produk apa yang akan kita jual baik berupa barang, jasa maupun menjual pengetahuan yang kita miliki seperti membuat blog atau membuat video (hampir sama seperti jasa). Karena kita berlajar Internet Marketing berarti kita juga perlu mengetahui area Internet Marketing itu sendiri yaitu internet. Jika kita lihat diatas jenis – jenis Internet Marketing banyak berbagai macam cara atau jenis.

Lalu bagaimana untuk riset produk dalam didunia Internet Marketing ?

Untuk riset banyak berbagai macam alat. Berikut ini alat yang sering digunakan.

  1. Google Trend, digunakan untuk mencari apa yang sedang naik daun didunia internet.
  2. Google Keyword Planner, digunakan untuk membantu riset keyword atau kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh konsumen. Tidak hanya Google Keyword Planner kita juga bisa menggunakan Keywords Everywhere, wordze maupun keywordrevealer dan masih banyak yang lain.

Dari kedua alat diatas saja kita sudah bisa memulai meriset produk yang akan kita pasarkan. Pertama kita cari apa yang sedang populer lalu diriset lagi menggunakan Google Keyword Planner dan teman – temannya agar lebih spesifik. Jika ingin lebih expert lagi kita bisa meriset kata kunci panjang atau biasa disebut long tail keyword.

Riset Pesaing

Setelah kita menemukan produk yang cocok untuk kita pasarkan, langkah selanjutnya yaitu meriset pesaing. Untuk meriset pesain dalam hal ini kita riset website pesaing maka yang biasa diriset olek pakar SEO adalah melihat DA, PA, Backlink dan masih banyak yang lain. Pada artikel short tail atau long tail keyword sudah sedikit dijelaskan bagaimana cara riset pesaing. Atau anda juga bisa menggunakan semrush.com, ahrefs.com dan masih banyak yang lain.

Riset Tempat Promosi

Jika kita promosi menggunakan jenis Search Engine Marketing atau SEM kita bisa lihat point no 1 dan no 2. Jika kita promosi menggunakan jenis Social Media Marketing. Maka kita perlu riset contohnya jika ingin berpromosi pada facebook ya kita riset difacebook, jika ingin promosi di twitter ya kita perlu riset di twitter. Intinya setiap masing – masing tempat promosi mempunyai algoritma tersendiri sehingga perlu riset disetiap tempat yang ingin kita gunakan untuk promosi.

 

Inti dari artikel belajar internet marketing gratis untuk pemula adalah anda dapat memahami apa itu iternet marketing dan bagaimana cara kerja internet marketing. Jika anda masih kurang paham anda dapat bertanya pada kolom komentar. Dan bagi anda yang punya unek – unek lain seperti tambahan ide bisa juga dicantumkan dikolom komentar. Paparan diatas hanyalah kulit dari Internet Marketing, jika dijelaskan semua mungkin halaman ini akan sepajang sungai di indonesia bahkan didunia. Untuk berlajar internet marketing lebih dalam dan tentunya secara gratis apalagi untuk para pemula. Anda dapat membaca semua artikel pada Portal Uang ini, hampir 99% semua artikel disini membahas internet marketing. Semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

3 Komentar

  • Untuk SEO sepertinya lebih menjanjikan prospeknya dan gratis pula meskipun harus kerja keras dan sabar karena hasilnya gak instant.

    Saya sendiri baru bikin blog Otomotif atau lebih spesifik tentang harga jual mobil avanza bekas di pontianak, dengan memanfaatkan SEO Lokal, yang nantinya akan saya optimasi dengan SEM. Kira-kira gimana prospeknya untuk kedepannya ya?

    • untuk prospek bisa kita lihat dengan riset produk dan riset kompetitor dahulu. bilo low comp maka prospek sangat bagus 🙂 jika kompetitor banyak dan susah kalau memang ingin tetap bersaing kita juga harus ekstra. inti prospek kedepan bisa kita riset dahulu seperti yang suda dipaparkan di artikel ini

  • Saya sendiri sudah mempraktekkan langkah-langkah di atas tadi,seperti SEO dan PPC,menurut saya PPC jauh lebih mudah dan hasilnya yang cukup instant,namun ya itu tadi’ harus bayar dulu sama Mbah Google. Untuk ukuran kantong seperti saya,mengikuti program PPC sangat tidak mengenakkan meskipun hasilnya yang cukup instant. Terus saya beralih ke cara SEO,meski lelah dan berdarah-darah yang penting Free alias “Gratis”! Terima kasih atas kiriman artikelnya.