Bisnis Online

10 Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak yang Wajib Diketahui

Tentunya ada banyak kelebihan dan kekurangan Bukalapak yang dapat kita ketahui bersama. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online seperti dropship, maka sudah tentu detail dari masing-masing situs seperti e-commerce wajib diketahui. Pasalnya situs e-commerce ini akan berfungsi sebagai media baik untuk penyalur atau media untuk Anda berjualan.

10 Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak yang Wajib Diketahui

Iklan

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Tokopedia, maka pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Bukalapak dibandingkan dengan e-commerce lain. Sebagai calon atau pelaku bisnis online, tentu hal-hal seperti ini harus Anda ketahui dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hingga saat ini situs e-commerce atau situs jual beli produk memang sudah cukup banyak dan beragam. Namun jika berbicara yang paling populer, maka beberapa situs jual beli seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shoope mungkin masih berada di urutan yang paling atas.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari situs-situs jual beli tersebut? Langsung saja, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Bukalapak yang dapat kita ketahui bersama.

Kelebihan Bukalapak :

  1. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
  2. Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
  3. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
  4. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
  5. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
  6. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
  7. Tampilan yang simple dan tidak berat.
  8. Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
  9. Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
  10. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.

Kekurangan Bukalapak :

  1. Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
  2. SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
  3. Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat, namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.
  4. Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
  5. Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.
  6. Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
  7. Tidak memiliki fitur pre-order.
  8. Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.
  9. Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
  10. Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

Melalui ulasan di atas tadi, kini Anda sudah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Bukalapak untuk dijadikan bahan pertimbangan dengan situs e-commerce lainnya. Lebih selektif dan berhati-hati dalam segmen bisnis tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnisnya. Semoga informasi internet marketing di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.

Iklan

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar

1 komentar

%d blogger menyukai ini: