Blogging Dasar

Backup Website Anda Atau Akan Mengubur Mimpi Anda Sedalam Dalamnya!

Bagi Anda yang hobi mengelola blog atau website untuk berbagai kepentingan maka wajib mengetahui pentingnya melakukan backup website secara rutin . Ya, karena kerap disepelekan, fitur backup ini terkadang dilupakan atau bahkan tidak dihiraukan sama sekali. Padahal melakukan backup pada hosting website sangatlahh penting dan bermanfaat tentunya.

Backup Secara Rutin Pada Website Atau Akan Mengubur Mimpi Anda Sedalam Dalamnya!

Bicara soal backup data website, maka akan selalu terdapat korelasi yang kuat dengan hosting web yang digunakan. Pasalnya seluruh data web yang diinput ke dalam sebuah website maka akan disimpan langsung di layanan hosting. Mungkin masih ada yang bertanya, mengapa harus melakukan backup? Bukankah penyedia hosting sudah melakukan backup?

Pentignya Backup Website Secara Rutin

Memang benar, namun yang perlu diketahui adalah tidak seluruh penyedia hosting menyediakan garansi backup harian. Bahkan jika dilihat dari keseluruhan, hampir seluruh penyedia hosting tidak menyediakan garansi backup data. Maka dari itulah sangat penting melakukan backup website secara rutin.

Karena jika tidak, maka terdapat banyak risiko yang dapat mengubur mimpi Anda dalam-dalam karena harus kehilangan seluruh data tersebut. Lantas, apa saja manfaat dari melakukan backup website secara rutin? Berikut ini adalah sedikit ulasannya.

4 Manfaat Backup Website Secara Rutin :

  1. Saat website Anda sering di backup, maka dapat dipastikan website Anda akan aman dari bahaya hack. Karena saat website Anda terkena serangan hack, maka Anda dapat merestore data dengan mudah tanpa harus kehilangan seluruh data website.
  2. Manfaat lain juga dapat dirasakan oleh Anda yang menggunakan platform WordPress. Pasalnya saat seorang webmaster kerap mengganti tema, mengganti plugin, atau bahkan tak sengaja menghapus plugin cache, maka data terkadang error. Dan salah satu cara tercepat untuk mengatasinya adalah menghapus seluruh data tersebut lalu merestorenya.
  3. Aman dari crash data yang disebabkan oleh hosting, seperti contohnya yang sering terjadi adalah data crash karena kerusakan harddisk pada layanan hosting yang dapat terjadi kapan saja. Jika Anda tidak memiliki backup datanya, sudah terbayang bukan bagaimana nasib website Anda?
  4. Aman dari serangan virus dan malware. Ya, semua data website dipastikan harus dihapus seluruhnya jika tidak ingin terjadi beragam masalah lain. Dan saat data website harus dihapus, maka sudah tentu Anda pun harus memiliki data backup untuk mengembalikan website seperti sedia kala.

Maka dari Itulah mengapa dikatakan penting untuk melakukan backup secara rutin dan teratur pada data website. Sehingga website Anda pun dapat terhindar dari beragam kondisi yang dapat merugikan. Lalu, bagaimana cara melakukan backup data website? Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, maka inilah cara backup data website yang cepat dan mudah.

Cara Backup Data Website Melalui cPanel :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses cPanel terlebih dahulu melalui http://namadomainanda.com/cpanel.
  2. Setelah Anda masuk pada dashboard cPanel, maka carilah opsi Backups dan pilih opsi tersebut.
  3. Setelah memilih opsi tersebut, maka akan muncul opsi lain, pilihlah opsi Download or Generate a Full Web Site Backup.
  4. Pada tahap selanjutnya, pilih opsi Home Directory pada opsi Backup Destination, dan masukan alamat email yang valid agar mengetahui saat proses generate data selesai dan telah siap untuk diunduh atau download.
  5. Setelah proses generate selesai, maka pilihlah opsi bertuliskan backup lengkap dengan tanggal dan juga waktu.
  6. Tunggulah prose download hingga selesai.
  7. Simpan data backup website Anda ditempat yang aman.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai cara sekaligus pentingnya backup website secara rutin. Semoga informasi tutorial website di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Iklan

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar

10 Komentar

%d blogger menyukai ini: