Tips Youtube

Kenali 6 Masalah Monetisasi Video Pada Youtube

Sebelum Anda terjun ke segmen bisnis online visual seperti Youtube maka ada baiknya Anda kenali 6 masalah monetisasi video pada Youtube berikut ini terlebih dahulu. Ya, karena untuk memonetisasi sebuah video Youtube hingga menghasilkan uang memang membutuhkan cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh sang uploader.

Kenali 6 Masalah Monetisasi Video Pada Youtube

Bahkan pada saat sebuah konten video sudah berhasil dimonetisasi pun ada saja kendala yang berpotensi menyulitkan Anda. Untuk itulah mengapa Anda juga wajib mengetahui berbagai hal yang dapat menghambat atau menjadi masalah pada monetisasi konten video di Youtube.

Kenali 6 Masalah Monetisasi Video Pada Youtube

Hingga saat ini, Youtube masih menjadi salah satu situs web berbagi video yang memiliki angka viewer atau pengunjung yang sangat tinggi. Oleh sebab itu tak heran jika situs ini kerap dijadikan target oleh sebagian publisher dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Akan tetapi untuk bisa mencapai hal hal tersebut tidaklah semudah yang di bayangkan.

Ada sederetan persyaratan hingga ketentuan yang harus di ikuti oleh uploader video di Youtube. Bahkan mungkin sebagian kalangan ada yang sudah patah arang untuk memonetisasi video yang mereka upload. Jika Anda tidak ingin mengalami hal seperti itu, maka kenali 6 masalah monetisasi video pada Youtube ini terlebih dahulu.

Fitur Monetisasi Belum di Aktifkan

Kendala paling dasar yang biasanya kerap terlupakan adalah belum mengaktifkan monetisasi pada video yang akan dimonetisasi. Untuk itu, periksalah terlebih dahulu dengan memastikan bahwa konten yang yang dimiliki juga sudah memenuhi syarat untuk proses monetisasi. Dengan begitu, barulah konten video Anda dapat dimnetisasi.

Iklan

Iklan Tidak Terlihat Disamping Konten Youtube

Masalah ini dapat terjadi pada konten video yang sudah dimonetisasi ataupun belum. Adapun beberapa faktor yang harus diketahui saat iklan tidak terlihat dan ikon monetisasi konten tidak terlihat yakni :

  1. Konten video tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk monetisasi.
  2. Kemungkinan iklan yang tidak ditampilkan dalam setiap penayangan.
  3. Menggunakan add-on pada web browser yang akan mencekal iklan, sehingga iklan tidak tampil atau tidak tayang.
  4. Memiliki keanggotaan di Yutube sehingga dapat menonton video dengan bebas.

Peninjauan Konten Video

Saat konten video akan dimonetisasi, maka konten video tersebut pun akan ditinjau terlebih dahulu hingga menenuhi syarat dan ketentuan. Namun jika berbicara lamanya waktu yang dibutuhkan, sayangnya waktu tersebut tidak dapat diprediksi kapan konten akan diterima untuk dimonetisasi. Karena hal tersebut bergantungg pada kualitas dan kelayakan konten, hingga menghitung jumlah penayangan konten video.

Penolakan Monetisasi Konten Video

Saat sebuah konten video ditolak dan tidak disetujui untuk dimonetisasi setelah ditinjau, maka akan terdapat ikon atau logo bergambar dolar yang dicoret disamping konten video. Tidak hanya karena kelayakan konten video saja, penolakan monetisasi konten video tersebut juga diketahui karena informasi terkait dengan hak pengguna komersial yang diberikan tidaklah lengkap dan memadai.

Sistem Bagi Hasil Monetisasi Pada Konten Video

Masalah ini biasanya timbul pada konten video yang memiliki hak cipta seperti contohnya cover lagu. Ikon berbentuk lingkaran dengan garis dibagian tengahnya akan muncul pada jenis konten video ini. Yang artinya, penghasilan dari monetisasi konten video tersebut dibagi dengan akun lain, atau monetisasi yang menggunakan sistem bagi hasil. Sehingga Anda tidak memperoleh pendapatan atau seluruh bagian pendapatan yang dihasilkan.

Konten Video Tidak Dapat Dimonetisasi Sama Sekali

Untuk poin yang terakhir ini biasanya terjadi pada konten video yang memang tidak memenuhi syarat dan ketentuan sedikit pun. Cirinya dapat dilihat pada tidak adanya ikon monetisasi sama sekali disebelah konten video Youtube, melainkan akan terdapat teks untuk Pengelola Video dengan informasi lanjutan.

Maka dari itu kenali 6 masalah monetisasi video pada Youtube di atas terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda mengupload konten video tersebut untuk di monetisasi. Karena untuk memonetisasi sebuah konten video, terdapat banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Semoga informasi tips Youtube terbaru di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar

2 Komentar

  • Maaf nanya mas.
    Apakah video yang sudah lolos monetasi, dikemudian hari bisa mendapat klaim hak cipta atau teguran hak cipta?. terimakasih

  • mau tanya,kalau kita monestisasi videonya sebulan kemudian, selama bulan sebelumnya kita sudah upload video banyak, apakah pas di monestisasi view dari video-video sebelumnya bisa di hitung? apakah di hitung dari awal pas hari monestisasi tersebut?

%d blogger menyukai ini: