Menulis Konten

Apa Itu Konten Viral Dan Bagaimana Cara Membuatnya

Pada kesempatan kali ini topik yang akan coba kita bahas adalah apa itu konten viral dan bagaimana cara membuatnya. Sebenarnya tidak ada acuan atau rumus pasti untuk membuat sebuah konten menjadi viral dengan mudah. Tidak berbeda dengan penerbit merilis sebuah buku, yang tentu tidak akan selalu menjadi best seller.

Apa Itu Konten Viral Dan Bagaimana Cara Membuatnya

Iklan

Namun tentu saja bukan berarti hal tersebut tidak dapat diupayakan, karena walaupun kita tidak dapat membuat sebuah konten menjadi viral dengan mudah, namun setidaknya kita dapat mengusahakan membuat konten tersebut menjadi viral. Namun tentu saja akan terdapat cukup banyak upaya yang harus dilakukan dan mencoba beberapa trik tertentu.

Apa Itu Konten Viral?

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, konten viral sendiri adalah sebuah konten yang bisa berupa potongan media dan menjadi sangat terkenal hanya dalam waktu satu malam. Konten tersebut dapat berupa video Youtube, tweet, post Facebook, hingga berbagai macam konten sosial media yang sudah di share hingga ribuan kali.

Maka dari itulah mengapa dikatakan bahwa sebuah konten viral tidak dapat dibuat dengan mudah. Namun dengan upaya dan cara tertentu, maka Anda pun dapat membuat sebuah konten menjadi viral. Apa saja upaya dan trik yang dapat dicoba? Berikut ini adalah lanjutan dari apa itu konten viral dan bagaimana cara membuatnya.

Menggunakan Dukungan Fakta Berupa Video atau Gambar

Selain informasi tulisan, biasanya banyak orang akan lebih tertarik dengan foto/gambar atausebuah video. Konten-konten dengan jenis tersebut biasanya akan lebih mudah viral karena memberikan rasa penasaran yang tinggi namun juga dapat memberikan kepuasan jawaban bagi yang melihat atau membaca konten tersebut. Untuk itulah, jika ingin membuat sebuah konten menjadi viral, maka Anda dapat menyisipkan fakta berupa gambar tambahan atau video.

Menyuguhkan Konten yang Inspiratif

Ya, salah satu cara untuk membuat konten menjadi viral adalah dengan menyuguhkan isi yang inspiratif. Jika konten tersebut dapat bermanfaat dan terkbukti benar untuk pembacanya, maka tidak menutup kemungkinan konten tersebut akan mudah menjadi viral. Beberapa contohnya seperti kisah inspiratif untuk menuju kesuksesan, karena tema tersebut biasanya akan selalu menjadi incaran dari sebagian besar pembaca.

Konten Unik yang Lucu dan Menggemaskan

Selain konten inspiratif, jenis konten-konten unik dan lucu hingga menggemaskan juga biasanya merupakan konten yang akan lebih mudah menjadi viral. Buatlah konten yang fresh namun dapat mengundang gelak tawa pembacanya, dengan tingkat keunikan yang tinggi maka besar kemungkinan konten tersebut akan lebih mudah menyebar dan viral pada akhirnya. Jenis konten tersebut pun biasanya akan menggelitik pembaca untuk menyebarluaskannya atau share.

Membuat Konten yang Kontroversial

Membuat konten yang kontroversi memang tidaklah mudah. Jangan hanya karena ingin membuat sebuah konten yang kontroversial, maka Anda membuat konten secara asal-asalan dengan sumber yang tidak jelas seperti berita-berita hoax yang belakangan ini banyak beredar.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jenis konten tersebut akan lebih mudah viral, namun Anda juga harus mengetahui konsekuensi yang akan diterima ketika menyebarkan jenis konten tersebut.

Untuk itu, saat ingin membuat konten yang kontroversial maka sebaiknya Anda memiliki sumber yang sangat tepat dan akurat terlebih dahulu. Tentu saja sisi konten kontroversial sendiri sangat beragam dan tersedia dalam berbagai macam segmen.

Setelah Anda mengetahui apa itu konten viral dan bagaimana cara membuatnya, maka saat ini Anda dapat mencoba membuatnya sendiri. Satu hal lagi yang dapat diperhatikan, konten dengan isi yang panjang namun padat dan menarik biasanya akan lebih disukai dibandingkan konten dengan isi yang pendek dan singkat. Semoga informasi tutorial blogging di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Iklan

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar

2 Komentar

  • tentang kenangan seorang tokoh juga potensial viral. Tulisan saya tentang seorang almarhum sempat diviralkan juga di sebuah medsos

  • konten atau tulisan kenangan seorang tokoh dalam dunia komunitas juga bisa, artikel saya tentang ” kenangan tokoh ” komunitas montor lawas pun, dibagikan sampai beberapa kali