Bisnis Online

Endorsement Atau Endorse Adalah?

Endorse adalah mengesahkan, dimana kata tersebut berasal dari kata Endorsement yang artinya sendiri adalah dukungan. Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan kata endorse atau endorsement tersebut. Terlebih di kalangan seperti artis atau selebritis tanah air, hingga orang-orang populer dan para pebisnis online.

Endorsement Atau Endorse Adalah?

Iklan

Kata-kata seperti endorse atau endorsement biasanya akan sering digunakan terkait promosi pada sebuah produk ataupun jasa. Sistem endorse atau endorsement sendiri biasanya banyak digunakan oleh para pebisnis online atau kalangan yang menjual produk/jasa mereka secara online. Tentu saja tujuan utamanya yakni untuk promosi produk/jasa yang dijual.

Endorsement Atau Endorse Adalah?

Dengan kata lain, sistem endorsement atau endorse adalah salah satu strategi bisnis online ataupun offline untuk meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa mereka. Maka dari itulah mengapa dalam sistem endorse ini, yang di endorse rata-rata adalah kalangan orang-orang populer seperti contohnya artis atau selebritis.

Sebenarnya, endorse atau endorsement sendiri cenderung merujuk untuk kebutuhan periklanan. Hanya saja, di era modern seperti sekarang ini, sistem endorse atau endorsement ini cenderung dilakukan dengan memanfaatkan media online seperti media sosial. Untuk informasi lengkapnya, silahkan simak terus ulasan dibawah ini.

Keuntungan dari Endorse atau Endorsement

Apa saja keuntungan dari sistem endorse atau endorsement ini? Tentu saja ada cukup banyak keuntungan yang dapa dirasakan oleh pihak yang melakukan endorsement ini. Beberapa diantaranya seperti :

Iklan
  • Produk/jasa yang dijual akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh banyak orang.
  • Kemungkinan meningkatnya angka penjualan produk/jasa.
  • Kemungkinan tingkat produksi produk/jasa meningkat.
  • Dll

Siapa Saja yang Dapat Di-Endorse?

Pada umumnya, pihak yang meng-endorse biasanya akan memilih kalangan orang-orang terkenal seperti artis atau selebritis. Pasalnya sudah dapat dipastikan bahwa akun media sosial mereka akan memiliki jumlah teman atau pengikut yang sangat banyak. Sehingga ketika mempromosikan sebuah produk/jasa, maka akan cenderung lebih mudah dikenal bahkan dibeli.

Akan tetapi, tentu saja saja tidak melulu harus dari kalangan artis atau selebritis. Namun agen endorse juga dapat memilih kalangan orang-orang populer lainnya, seperti mereka yang viral di internet serta memiliki akun media sosial yang memiliki banyak teman dan pengikut (followers).

Berapa Tarif Endorse atau Endorsement?

Jika bicara soal tarif, maka sudah tentu tarif endorse atau endorsement pada masing-masing figur atau akun akan berbeda-beda. Ada yang tidak menerima bayaran, namun ada juga yang memasang tarif mulai dari Rp. 50.000 hingga jutaan rupiah bahkan hingga puluhan juta rupiah. Biasanya semakin populer figur atau akun, maka akan semakin mahal juga tarifnya.

Istilah-istilah Dalam Endorse atau Endorsement

Pada dasarnya, terdapat dua istilah yang biasanya digunakan dalam bisnis periklanan atau endorse ini. Dua istilah tersebut antara lain adalah :

  1. PP aatu Paid Promote – PP atau Paid Promote ini akan mengharuskan pihak yang di-endorse untuk mempromosikan produk/jasa milik pihak yang meng-endorse dengan cara posting atau melakukan post terkait produk/jasa tersebut. Sistemnya sendiri sangat sederhana, karena pihak yang di-endorse biasanya akan diberikan materinya sehingga tinggal melakukan post. Dengan effort yang tak banyak, maka jangan heran jika tarif endorsement ini cenderung relatif murah.
  2. PE atau Paid Endorse – Berbeda dengan sistem sebelumnya, dalam PE atau Paid Endorse ini maka pihak yang di-endorse akan diberi produk/jasa oleh pihak yang meng-endorse untuk digunakan. Kemudian pihak yang di-endorse akan melengkapinya dengan foto dan testimoni produk/jasa pada postingan yang mereka buat. Karena effortnya lebih besar, maka tarif endorsement ini biasanya akan cenderung relatif lebih mahal.

Ketentuan Dalam Endorse atau Endorsement

Adapun ketentuan dalam bisnis endorse atau endorsement modern yang dapat diketahui yakni bahwa kerjasama endorsement ini pada umumnya tidak mengikat dan tidak terdapat komiment diantara kedua belah pihak. Sehingga tidak memberatkan atau membebani pihak yang di-endorse namun juga tidak merugikan pihak yang meng-endorse.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai endorsement atau endorse adalah salah satu sistem periklanan modern yang cenderung memanfaatkan teknologi. Semoga informasi bisnis online di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar

2 Komentar

%d blogger menyukai ini: