Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional Bagi Pemula

Cara Menjadi Blogger

Ingin menjadi blogger yang sukses namun bingung mau mulai darimana. Berikut ini beberapa tips cara menjadi blogger sukses dan profesional yang menghasilkan uang. Sebelum itu, jika sudah mencari artikel ini, pastinya Anda sudah paham keuntungan menjadi blogger ya. Jika belum baca dahulu yuk.

Syarat Menjadi Blogger Sukses

Memang setiap orang punya potensi menjadi blogger sukses. Sayangnya banyak blogger yang tidak berusaha cukup keras untuk mewujudkannya. Sedangkan yang lainnya lagi, lebih memilih berhenti di tengah perjalanan. Dan yang lainnya lagi, kehilangan semangat untuk terus belajar. Itu semua menambah panjang daftar blogger gagal yang ‘terlalu cepat menyerah’, sebelum mencapai tujuannya.

Poin penting yang ingin saya sampaikan di sini adalah Anda harus tetap fokus dan tidak menyerah untuk mencapai tujuan awal menjadi blogger. Di bawah ini saya tuliskan syarat menjadi blogger sukses, yang jika terpenuhi, maka kesuksesan bukan semata sebuah harapan. Yuk, kita cek satu per satu:

1. Membangun Kredibilitas

Sebelum itu mari pahami, apa itu kredibilitas? Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan.

Berarti intinya disini adalah membangun sebuah kepercayaan. Syarat yang pertama ini, tugas Anda membuat pembaca tergakum – kagum dan membangun rasa percaya.

Contohnya saja Anda mencari “cara mengobati panas dalam”.

Walaupun blog ini membahas hal tersebut, pasti Anda lebih percaya pada blog alodokter, hellosehat, halodoc dan lainnya. Karena pembaca lebih percaya kepada mereka, apakah Portal Uang bisa dipercaya pada kata kunci diatas.

Jawabannya bisa namun sulit, karena harus banyak tahapan dilalui dan dari awal blog ini bukan blog kesehatan.

2. Membagi Semua Pengalaman

Jika Anda amati, beberapa contoh blogger yang sudah diuraikan di artikel sebelumnya. Semua yang sukses berkat membagi pengalam hidupnya.

Jadi, jangan pelit ya dalam membagikan pengalama, karena itu yang bisa membuat Anda sukses.Kebanyakan orang tidak mau membagikan pengalaman karena takut tersaingi. Betul begitu kan, mari mulai dari sekarang hilangkan perasaan tersebut.

3. Menyajikan Sesuatu yang Tidak Dilakukan Orang Lain

Mesin telusur seperti Google saja, tidak suka apabila ada artikel yang disajikan hampir sama. Maka dari itu mari berpikir apa yang membuat Saya dan Anda berbeda.

Contohnya saja, topik yang dibahas sama – sama tentang Blogger. Namun apa yang membuat berbeda dan lebih bagus, contoh dalam penyajian yang urut dan enak dibaca atau data yang lebih komplit.

Atau bisa juga pengalaman yang mungkin tidak dialami orang lain. Itu semua bisa menjadi keunggulan dan perbedaan, intinya memberikan nilai tambah walaupun topik yang dibahas sama.

4. Jadilah Orang yang Menyenangkan

Membuat orang nyaman dengan Anda itu sangat penting. Dengan seseorang nyaman dengan Anda, maka apapun yang disampaikan akan diterima.

Maka dari itu, jadilan orang yang menyenangkan. Apakah Anda sudah memenuhi syaratnya, jika sudah ayo ke tahap selanjutnya.

5. Tidak Alergi untuk Menulis

Sudah bukan rahasia lagi, menulis dan riset adalah kegiatan utama dari menjadi seorang blogger. Jika Anda saja tidak suka menulis, sebaiknya jauhi kata – kata ingin menjadi seorang blogger.

6. Berkomitmen Tinggi Dan Disiplin

Walaupun semua diatas sudah Anda lakukan namun tidak mempunyai komitmen dan rasa disiplin. Kok rasanya percuma, karena tanpa kedua rasa tersebut. Sesuatu saat atau dalam waktu dekat, bisa Anda menyerah begitu saja.

7. Modal yang Cukup

Saat ini untuk menjadi blogger yang sukses, harus mempunyai modal yang cukup.

Jika tidak ada modal apakah bisa? Bisa, tapi pastinya hasil tidak akan memuaskan. Apalagi tujuannya menjadi blogger untuk mencari uang.

Kenapa harus menggunakan modal yang cukup? Jawabannya, sudah pasti, karena saat ini lawan blogger juga media – media besar yang punya modal yang mumpuni.

Kesalahan Seorang Blogger Pemula

Sebelum membahas tujuan, mari simak beberapa kesalahan yang perlu dihindari bagi blogger pemula.

1. Banyak Tanya Sedikit Tindakan

Kalo tanya sih ini dan itu ditanyain ke orang yang sudah expert secara bertubi-tubi, selain itu beli e-book dimana-mana, ikut training ini dan itu, tapi mereka takan pernah mau bertindak.

Seolah olah ilmu yang telah dipelajari itu tak berguna, karena baru minim praktik dan belum ada hasil sudah menyerah tak berdaya.

Tipe orang seperti inilah yang bisa membuat orang gak bisa berkembang. Karena ilmu itu untuk digunakan bukanlah hanya dipelajari saja.

2. Terlalu Mementingkan Blog Orang Lain

Istilahnya itu memata-matai saingan, lihat backlink nya berapa, artikel berapa dan visitor nya banyak atau tidak, SEO nya bagus atau tidak dan sebagainya.

Itu sangat tidak baik. Lebih baik urus blog sendiri agar bisa menjadi besar seperti mereka. Karena terlalu berpaut kepada blog orang lain seringkali membuat kita gagal di tengah jalan.

3. Ingin Cepat Dapat Uang

Hanya melihat para master dari segi penghasilan saja, tapa berfikir lebih jauh lagi mengenai apa saja yang telah mereka lakukan dan perbuat hingga mencapai tingkatan seperti saat ini.

Ini yang perlu dihindari, ngeblog adalah untuk investasi jangka panjang dan memerlukan waktu untuk menghasilkan.

Berapa lama dapat menghasilkan dari blog?

Paling cepat 6 bulan, menurut saya itu.

Namun 6 bulan ini berlaku hanya bagi yang sudah paham.

Lalu untuk pemula berapa, menurut saya minimal 1-3 tahun.

Wah lama, ya.

Maka dari itu buang jauh – jauh ingin dapat uang, walau tujuan membuat blog untuk mencari uang.

4. Ingin Dapat Rtusan Ribu Visitor

Siapa sih blogger yang gak suka dapat visitor banyak, tentu semua ingin bukan?. Ya benar karena semua hal itu berasal dari visitor itu sendiri.

Sukses atau tidaknya sebuah blog memang bisa diukur dengan jumlah visitornya. Semakin banyak semakin sukses.

Namun tentunya semua itu butuh proses sampai berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun lamanya untuk bisa memiliki visitor loyal di blog kita.

5. Ingin selalu di Page One Google

Baru buat blog dan belajar SEO kemarin sore sekarang sudah ingin artikelnya dihalaman teratas mesin pencari.

Ya nggak mungkinlah, ingat segalanya tuh butuh waktu, proses dan kerja keras. Tanpa itu semua tak guna.

Tapi jangan khawatir, kalau sudah tahu ilmunya bisa kok mencari keyword tertentu yang bisa langsung page one. Tentunya salah satu syaratnya adalah keyword tersebut mempunyai persaingan rendah.

6. Memiliki Tujuan Yang Jelas

Mengapa dan untuk apa membuat blog?

Bagaimana bisa memberi manfaat untuk Anda dan orang lain?

Lebih jelas silahkan lihat diawah ini.

Tujuan Menjadi Blogger

Karena Anda ingin menjadi blogger yang sukses, menentukan tujuan merupakan hal yang wajib.

Apa tujuan Anda membuat blog?

  • Jika blog bertujuan untuk menghasilkan uang, maka mungkin goal Anda adalah mencapai penghasilan sebesar $1000/bulan dari penjualan produk digital.
  • Jika blog Anda bertujuan untuk memperkenalkan keahlian Anda di bidang yang digeluti, maka mungkin goal Anda adalah masuk ke 10 besar blog di topik tersebut.
  • Jika blog bertujuan untuk mengasah keterampilan menulis, maka mungkin saja goal Anda adalah membuat posting sepanjang 500 kata setiap harinya.

Ya, tujuan Anda membuat blog haruslah jelas. Tanpa ada goal pasti, maka Anda akan mudah kehilangan arah di tengah perjalanan.

Dalam hal ini, tidak ada yang namanya ‘benar dan salah’. Anda hanya butuh mengetahui apa yang ingin dicapai dari blog Anda.

Yang perlu dilakukan:
Tentukan tujuan dari blog Kamu. Ambil tujuan jangka menengah sebagai acuan, yaitu apa yang secara realistis dapat Anda raih dalam waktu 1 tahun.

Membuat Blog

Setelah memperlajari semua diatas, selanjutnya adalah membuat blog.

Bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar, berikut ini langkah langkahnya :

  1. Memilih Niche Blog
  2. Riset Keyword
  3. Menulis Artikel
  4. Memilih Nama Domain
  5. Memilih Server dan Platform
  6. Memilih dan Install Template Blog
  7. Mengubah Pengaturan Dasar Blog
  8. Membuat Menu
  9. Posting Artikel

Semua daftar panduan diatas, dapat dilihat di cara membuat blog.

Pengembangan dan Promosi Blog

Setelah blog jadi apa yang harus dilakukan ?

  • Tetap membuat konten berkualitas,
  • Mengupdate konten lama yang sudah tidak relevan,
  • Mempelajari SEO,
  • Promosi ke Social Media,
  • Mempromosikan blog ke forum – forum sesuai niche blog.

Hal Ini Tidak Boleh Dilupakan Oleh Blogger

Terakhir hal yang tidak boleh dilupakan :

  • Membackup blog,
  • Memeriksa tulisan dan edit artikel,
  • Membuat link (internal link) ke postingan lainnya,
  • Menyetujui dan menanggapi komentar,
  • Memeriksa kotak spam,
  • dan Membalas email.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang membuat Anda menjadi blogger sukses dan menghasilkan uang banyak.

Pahami dan lakukan langkah – langkah diatas secara perlahan.