Strategi Blogging

Ingin menjadi sukses Blogger? Terapkan tips berikut!

Menjadi seorang blogger merupakan suatu yang menggiurkan bagi sebagian orang, Yapps model bisnis online yang satu ini menjadi magnet sendiri bagi kalangan anak muda.

Proses pengelolaan yang relatif mudah di bandingkan dengan menjalankan bisnis offline merupakan beberapa kelebihan model bisnis ini.  Tapi sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya anda mengenal bisnis online terlebih dahulu, pelajari metode-metode yang digunakan.

Salah satu faktor penghambat sebuah kesuksesan adalah adanya kesalahan dalam proses menjalankan sebuah bisnis, hal ini pun juga berlaku dalam dunia blogging.

Mungkin selama ini anda salah dalam menggunakan beberapa teknik pengelolaan blog maupun melakukan promisi, nah dari masalah berikut saya akan mencoba menyelesaikannya dengan memberi tau cara-cara yang benar.

1. Buatlah blog sesuai passion

Mengapa hal ini penting?

Sedikit cerita, saya dulu pernah mempunyai sebuah blog yang sama sekali saya tidak mempunyai passion dalam bidang tersebut, setelah saya jalankan beberapa bulan, entah mengapa saya meresa bosan. Trafiknya pun sangat mengecewakan hanya 1-8 pengunjung setiap harinya.

Dari pengalaman saya di atas sebaiknya sebelum anda memulai menjadi seorang blogger, pikirkan secara matang terlebih dahulu nice blog anda nantinya.

Ingat nice blog harus sesuai passion, jika sekarang anda memiliki sebuah blog yang sama sekali tidak sesuai kemampuan, maka anda bisa meminta seeorang untuk merawatnya dengan pembagian keuntungan yang sama rata.

2. Artikel berkualitas adalah kuncinya

Setiap blogger pasti paham akan hal ini, sebuah artikel merupakan induk dari sebuah blog, tanpa sebuah artikel bisa dikatakan mustahil dalam memperoleh pengunjung.

Pertanyaanya Sejauh mana kualitas artikel anda?

Syarat sebuah artikel berkualitas adalah dapat merangsang perasaan pembaca, cobalah membuat artikel yang dapat menjadikan pembaca merasakan senang, sedih , bersemangat maupun persaan untuk ingin memperbaiki diri sendiri.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, Anda dapat memasukkan kalimat pertanyaan di dalam artikel yang memberikan kesan kepada pembaca seperti contoh pada artikel ini.

Perlu di pahami untuk melakukan hal tersebut usahakan jangan sampai lebih dari 4 pertanyaan tergantung seberapa panjang artikel anda.

Syarat lainnya adalah pokok utama bahasan dalam artikel harus dibahas secara tuntas dan jelas tidak setengah-tengah.
Dalam hal seo, artikel yang mempunyai lebih dari 1000 kata akan lebih diutamakan oleh mesin penelusur seperti google.

Jika anda sendiri tidak sanggup melakukannya jangan dipaksakan, alhasil artikel anda nantinya akan kurang enak dibaca.
Inti utama artikel berkualitas ialah enak di baca dan tidak membosankan

3. Promosi yang tepat

Hal yang tidak perlu dilakuan dalam promosi blog ialah melakukan spam ke banyak grup blogger di sosial media dan meminta mereka untuk mengunjungi blog kita maupun memberikan komentar di blog.

Metode tersebut merupakan kesalahan besar, bukannya mendapatkan keuntungan melainkan hanya buang-buang waktu.
Memang saya benarkan jika melakukan spam di grup facebook misalnya, akan membuat trafik melonjak tajam, namun hal itu hanya sementara, jika anda berhenti melakukannya maka trafik anda akan berkurang drastis.

Dibandingkan cara yang salah diatas, saya sendiri mempunyai cara paling efektif dalam proses promosi melalui sosial media.
Katakanlah anda mempunyai blog yang memiliki nice dalam bidang tutorial mengenai seluk beluk smartphone android.

Kemudian search grup facebook yang mengenai smartphone android, cobalah untuk bergabung di grup tersebut. Usahakan untuk memilih grup yang anggotanya sering melakukan tanya jawab, hindari grup yang hanya berisi spam.

Apa yang dilakukan selanjutnya?

Pantau selalu pertanyaan yang diajukan member lain di dalam grup, usahakan juga untuk menjawab beberapa pertanyaan, lakukan hal tersebut sampai anda mulai dikenal oleh member lain, perlu dicatat jangan sampai anda menautkan link blog anda dalam tahap ini, Karena anda bisa diaggap spam oleh pihak admin dan akhirnya dikeluarkan dari grup.

Setelah anda lebih dikenal di grup maka anda dapat melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu dengan membuat artikel tentang hal yang sering ditanyakan oleh member lain.

Kemudian jika ada member yang bertanya dan sesuai dengan isi artikel yang telah anda buat sebelumnya maka anda dapat memberikan rekomendasi jawaban melalui link yang mengarah langsung ke artikel.

Berapa lama saya harus melakukan promosi?

Selama anda mampu melakukannya, walau sudah memiliki pengunjug setia, anda harus tetap melakukan promosi namun frekuensinya dapat dikurangi.

4. lakukan analisis

Setelah semua proses sebelumnya telah anda lakukan, sekarang saatnya untuk melengkapinya dengan melakukan analisis.

Lakukan proses analisis statistic pengunjung blog terlebih dahulu. Amati setiap minggu perkembangan statistic blog, anda dapat menggunakan widget histast agar hasil perhitungan pengunjung lebih akurat.

Jika saja statistic blog turun maka anda harus lebih aktif dalam melakukan promosi, bila hasilnya mengalalami peningkatan anda harus mempertahankannya dan berusaha lebih agar statistic terus mengalami kenaikan.

Strategi dalam melakukan analisis blog adalah pantau terus perkembangan blog anda proses ini wajib dilakukan selamnya, jangan sampai anda berhenti maupun merasa tidak peduli Karena akibatnya akan fatal.

Itulah beberapa stategi yang dapat digunakan untuk mengantar anda kepada kesuksesan. Tetaplah berusaha dan berjuang untuk meraihnya Karena sebuah kesuksesan besar berawal dari diri sendiri.

Tentang penulis

Hisyam Fadli

Hisyam Fadli

Tulis komentar

9 Komentar