Lain-lain Tips Youtube

Mengenal Apa itu Vlog?

Perubahan jaman memang terasa cepat sekali. Dalam satu dekade saja kita telah mengalami banyak perubahan yang terjadi di kehidupan kita. Ada berbagai macam hal yang berubah, misalnya dalam hal fashion, transportasi, gaya hidup, peralatan elektronik, dan lain-lain. Perubahan-perubahan tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap cara hidup kita. Apalagi soal peralatan elektronik yang digunakan dalam hal komunikasi, dalam beberapa tahun sudah banyak berubah. Mulai dari telepon kabel, pager, dan telepon selular yang dulunya hanya dipakai buat telepon dan pesan teks saja, kini bisa dipakai buat berbagai macam hal, misalnya foto, video, akses internet, dan lain-lain.

apa itu vlog

Internet sendiri sebenarnya sudah ada di sekitar penghujung tahun 2000an. Namun internet mulai banyak penggunanya mulai tahun 2000 ke atas. Internet pun juga mengalami perkembangan. Orang-orang menggunakan internet tidak hanya untuk mencari informasi, namun juga untuk berkomunikasi, sehingga muncullah berbagai sosial media. Selain itu, internet juga digunakan untuk memberikan informasi, yaitu misalnya dengan menulis di blog. Blog digunakan untuk memberikan informasi atau dokumentasi berupa tulisan dan gambar. Dan sekarang yang lebih menarik adalah konten video blog, atau disebut dengan vlog.

Lantas apa itu vlog ?

Blog sendiri pun juga telah berkembang. Kini ada yang namanya vlog, yaitu video blog. Apa itu vlog? Pengertian dari apa itu vlog adalah dokumentasi jurnalistik berupa gambar bergerak yang berisi tentang kehidupan, pikiran, opini, dan ketertarikan. Keberadaan vlog dimulai dari seseorang yang bernama Adam Kontras yang menggunggah videonya bersama entri blognya pada tahun 2000.

Kemudian diikuti oleh Adrian Miles yang pada tahun yang sama mengunggah video yang mengubah teks pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang dia unggah. Dengan mencari tahu menggunakan kata kunci apa itu vlog di google, informasi didapatkan seperti pengalaman pada tahun 2004 Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahun vlog. Dari situlah vlog semakin dikenal. Vlog semakin populer pada awal tahun 2005. Saat itu Yahoo! Videoblogging meningkat popularitasnya. Di tahun yang sama, muncullah sebuah situs video sharing yang bernama Youtube, yang mana saat ini menjadi situs yang paling banyak pengunjungnya.
Banyak orang saat ini yang memilih vlog ketimbang blog. Vlog dinilai lebih menarik karena secara visual kita dapat melihat langsung apa yang dibagikan oleh si pengunggah. Bahkan di jaman yang serba canggih ini, orang bisa mendapatkan uang dari hasil menggunggah vlog. Kita lihat saja beberapa Youtuber Indonesia seperti Raditya Dika dan Bayu Skak, mereka bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dari hasil vlog yang mereka buat. Tentu saja, membuat vlog bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika dilakukan oleh orang yang suka malas-malasan. Pencarian tentang pengertian apa itu vlog juga sudah gencar dilakukan para netizen saat ini.

Namun mereka harus dibuat semenarik mungkin dan setidaknya bisa memberi manfaat kepada orang lain agar banyak orang yang melihat vlog kita, contohnya vlog yang berisi konten diary, konten pengetahuan, konten lucu, konten tutorial, konten review produk, dan lain-lain. Uang yang kita peroleh itu tergantung dari banyaknya viewer yang melihat vlog kita. Pastinya ada prosedur-prosedur tertentu agar kita bisa mendapatkan uang dari vlog yang kita buat. Pengertian apa itu vlog berasal dari beberapa youtubers adalah kita membuat vlog yang menarik di channel YouTube kita yang sudah dipasangi iklan melalui Google AdSense (Ads).

Nah, dari situlah kita dapat mendapatkan uang dari hasil kerja kita. Intinya kita menjadi bos sekaligus karyawan, yang disebut sebagai vlogger. Saat ini banyak orang yang berprofesi sebagai vlogger. Lihat saja artis-artis sekarang, selain menjadi artis mereka juga mencari uang dari internet. Mereka biasanya membuat vlog yang berisi tentang kehidupan mereka. Jadi kalau kita membuat vlog di channel YouTube kita, ada banyak viewers yang melihat vlog kita dan kita punya banyak subscribers tetapi tidak dipasangi iklan ya percuma saja, kita tidak akan mendapatkan apa-apa.
Nah, itulah sekilas gambaran tentang apa itu vlog. So, bagaimana dengan kamu? Mau ikut-ikut juga mencari uang dengan membuat vlog?

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar