Peluang Bisnis

Aneka Ide Usaha Rumahan

Semakin meningkatnya jumlah tenaga kerja membuat persaingan dalam memperoleh lapangan pekerjaan semakin ketat. Menyadari hal ini, mereka yang tidak ingin berlama-lama menganggur tidak sedikit yang memutuskan untuk menciptakan bisnis sendiri yang salah satunya adalah usaha rumahan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

Beberapa Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba

Usaha Kerajinan Tangan

Salah satu usaha rumahan yang bisa dicoba adalah usaha kerajinan tangan. Seperti yang bisa kita lihat kini ada banyak produk buatan tangan yang beredar di pasaran bahkan bisa diekspor hingga ke luar negeri. Tas, dompet, topi, sandal hanyalah beberapa contoh diantara sekian banyak produk buatan tangan yang dihasilkan dari bisnis rumahan. Apabila Anda memiliki keahlian menjahit, menganyam, ataupun keahlian lainnya, manfaatkan saja keterampilan tersebut untuk memulai bisnis ini. Barangkali saja, dengan semakin berkembangnya usaha, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sebagai contoh, untuk yang tinggal di kawasan perumahan dimana banyak ibu-ibu rumah tangganya menganggur, usaha kerajinan seperti pembuatan bros manik-manik yang Anda kembangkan bisa menjadi usaha sambilan untuk mereka.

Desainer Grafis

Desainer Grafis merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dicoba oleh mereka yang suka dalam desain mendesain grafis. Saat ini, desain grafik adalah salah satu cara yang banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk berkomunikasi secara visual dengan sasaran pasarnya. Salah satu jenis usaha rumahan yang kini banyak dilakoni oleh kaum muda ini memberikan banyak contoh produk desain grafis seperti iklan majalah, poster, logo bisnis, kartu bisnis, website, dan sebagainya. Apabila Anda ingin memulai bisnis ini, Anda bisa mempelajari ilmunya secara otodidak atau berguru pada professional desain grafis.

Usaha Pakaian

Dari sekian banyak usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh pria maupun wanita serta anak muda maupun orang tua, salah satu diantaranya yaitu bisnis fashion. Bisnis ini kini bahkan banyak dilakukan dengan sistem pemasaran online.

Salon

Dari sekian banyak usaha rumahan yang bisa dilakoni salah satunya adalah salon dan kosmetik. Sebenarnya usaha ini tidak hanya terbuka untuk kaum wanita saja. Kaum pria yang memiliki keahlian berkaitan dengan rambut bisa memulai usaha salon pria. Kini, banyak salon kecantikan yang dibuka didekat rumah. Jadi, jika memiliki lisensi kecantikan, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Usaha Kuliner

Untuk yang sangat menyukai bidang kuliner, ada banyak cabang usaha di bidang kuliner yang bisa dijajal. Salah satu contoh bisnis kuliner tersebut adalah rumah makan. Untuk yang memiliki modal sederhana atau tidak terlalu banyak, mereka bisa membangun rumah atau warung makan dengan menu lokal di sekitar tempat tinggal. Apabila kebetulan hunian berdekatan dengan tempat wisata, tidak ada salahnya membuka rumah makan di dekatnya. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha kuliner dari semakin banyaknya obyek wisata yang tengah dibuka. Barang kali ada banyak wisatawan yang ingin mencicipi kuliner yang usaha rumahan Anda tawarkan tersebut.

Selain membuka rumah atau warung makan, Anda juga bisa memulai bisnis makanan atau minuman dari keterampilan memasak yang dimiliki. Jika Anda merupakan ibu rumah tangga yang banyak memiliki waktu luang sementara ada keterampilan memasak yang sayang untuk tidak dimanfaatkan, memulai usaha seperti catering, pembuatan kue, pembuatan sirup, dan sebagainya. Agar usaha dapat berkembang, lakukan pula promosi ke tetangga, teman, atau melalui media sosial yang dimiliki. Dari sekian banyak usaha rumahan di atas, manakah yang menggiurkan untuk dicoba?

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

1 komentar

  • Semuanya bagus tapi bukan bidang saya. Tapi, saya tertarik di kuliner dari yang dijelaskan diatas.

%d blogger menyukai ini: