Peluang Bisnis

Beberapa Peluang Usaha Kecil Menengah

Masyarakat kini banyak mengikuti trend usaha kecil menengah yang sebenarnya memiliki peluang cukup menjanjikan. Bahkan, berdasarkan penemuan, jenis-jenis bisnis kecil menengah yang dikembangkan masyarakat berperan penting dalam menyumbangkan 60% bruto produk domestik. Jika tertarik mendapatkan peluang usaha kecil menengah yang hasilnya cukup menggiurkan, ada beberapa contoh peluang UKM sebagai referensinya.

Peluang Usaha Kecil Menengah

Diantara sekian banyak usaha kecil menengah (UKM), beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Usaha di bidang pertanian

Sudah bukan hal yang mengherankan jika di Indonesia banyak orang-orangnya yang berprofesi sebagai petani. Namun, tahukah Anda bahwa kini masyarakat umum juga bisa mendapatkan peluang usaha kecil menengah di bidang pertanian? Asalkan memiliki cukup lahan di halaman dan modal cukup, Anda bisa bercocok tanam tanaman musiman yang hasilnya bisa dijual sebagai produk organik, Permintaan terhadap bahan makanan organik semakin meningkat selaras dengan semakin sadarnya masyarakat terhadap budaya hidup sehat.

  1. Usaha Percetakan dan Penerbitan Buku

Peluang usaha kecil menengah bisa didapatkan salah satunya melalui usaha percetakan dan penerbitan buku. Untuk Anda yang tinggal di sekitar tempat-tempat atau lembaga pendidikan, jenis usaha ini sepertinya layak untuk dicoba. Bahkan, usaha ini bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Agar lebih berkembang, Anda bisa memasarkannya secara online atau lewat media sosial yang sering diakses oleh banyak orang setiap harinya.

  1. Jasa Penerjemah

Kini, hubungan bisnis antar perusahaan beda budaya semakin banyak dilakukan. Mau tidak mau, hal ini mendorong diperlukannya komunikasi yang baik untuk meningkatkan kerja sama bisnis antar perusahaan tersebut. Disinilah peluang usaha kecil menengah di bidang penerjemah terlihat. Jasa penerjemah yang Anda buka akan membantu setiap perusahaan dalam berkomunikasi dengan perusahaan asing. Apabila memiliki lisensi bahasa asing dan modalnya, Anda bisa mulai dengan membuka firma yang menawarkan jenis jasa ini.

  1. Penjualan kuliner lokal dan oleh-oleh

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah media sosial, kini semakin banyak orang yang memposting kuliner maupun tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Hal ini pula yang mendorong pemerintah daerah membuka berbagai obyek wisata baru. Memanfaatkan momen ini, Anda bisa membuat usaha seperti kuliner dan pusat oleh-oleh. Barangkali saja, Anda mendapatkan peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan di bidang ini. Usaha yang modalnya bisa dikatakan cocok untuk kalangan kecil menengah ini juga bisa menarik tenaga kerja apabila telah semakin berkembang. Jenis oleh-oleh yang dipasarkan juga tidak sekedar manakan atau produk minuman saja. Anda bisa memasarkan jenis oleh-oleh lain seperti hasil kerajinan atau lainnya.

  1. Usaha Peternakan

Untuk mereka yang tinggal di kawasan pinggiran kota atau pedesaan, peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan bisa didapatkan dari beternak. Ada banyak contoh obyek yang bisa dijadikan sebagai ternak seperti ayam, bebek, ikan, lebah, dan sebagainya. Apabila usaha peternakan tersebut bisa memberikan hasil yang menjanjikan, Anda bisa memperluas usaha ke cabang lain. Sebagai contoh, untuk yang mengembangkan usaha peternakan bebek, hasil telur yang dihasilkan bisa diolah menjadi telur asin untuk menambah nilai jual. Sementara itu, untuk yang semula mengembangkan usaha ternak ayam potong, bisa mengembangkan usaha ke ternak ayam kampung atau ayam petelur. Usaha seperti ini diperkirakan akan berpeluang besar akibat meningkatnya permintaan produk-produk ternak.

Sekian beberapa informasi terkait contoh dan peluang usaha kecil menengah yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Manakah usaha yang menurut Anda menarik dicoba?

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: