WordPress

Cara Install WordPress di Cpanel dengan Mudah

Sudah lama Portal Uang tidak membahas tentang WordPress. Kali ini Portal Uang membahas cara install wordpress di cpanel pada dasarnya cukup mudah karena ada beberapa cara yang bisa dipakai yakni cara manual, cara menggunakan softaculous dan cara menggunakan bantuan fantastico. Umumnya, cara termudah melakukan instalasi WordPress adalah dengan menggunakan softculous. Menggunakan tools ini, siapapun bisa melakukan instalasi WordPress. Selain mudah, menggunakan Softculous juga banyak dipilih karena jarang terjadi error ketika instalasi. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara menginstall WordPress di Cpanel memakai bantuan Softcolous.

Cara Install WordPress di Cpanel Menggunakan Softcolous

  1. Masuk ke cPanel

Cara install wordpress di cpanel yang pertama adalah ketikkan website namadomain pada mesin pencari. Kemudian, Anda masukkan username sekaligus password cPanel Hosting dari penyedia hosting Anda. Umumnya, informasi terkait dengan username dan juga password untuk bisa masuk ke cPanel akan Anda dapatkan dari penyedia hosting setelah hosting tersebut diaktifkan. Informasi ini bisa Anda lihat dari inbox email tentang informasi aktivasi akun hosting.

  1. Pilih WordPress

Jika sudah masuk, carilah aplikasi Softaculous yang ada di halaman admin cPanel lalu klik. Cara install wordpress di cpanel Selanjutnya, Anda pilih opsi dengan tulisan “WordPress”. Jika ingin lebih mudah dan cepat, Anda bisa mencari logo WordPress yang ada pada halaman depan bagian admin cPanel. Logo ini berbentuk seperti huruf W. Jika sudah menemukannya, Anda klik sehingga nantinya akan diarahkan ke halaman khusus untuk menginstall WordPress.

  1. Install

Cara install wordpress yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengklik opsi instaal agar halaman penginstalan WordPress bisa terbuka.

  1. Isi Form Penginstalan

Saat masuk pada halaman penginstalan, Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa data pada form yang tersedia. Cara install wordpress di cpanel yang perlu Anda lakukan adalah mengisi semua data yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar. Jika salah, maka besar kemungkinannya proses instalasi Anda akan gagal. Salah satu data yang harus diisi pada form adalah choose protocol. Jika Anda masih belum memahami maksud dari adanya SSL, maka pilihlah HTTP pada opsi choose protocol. Beberapa data lain yang harus Anda isi adalah In directory, Choose domain, Site name,    Site description, Username, Password, dan Email yang masih aktif.

Ingatlah untuk selalu menyimpan data penting seperti WP admin yakni username serta password. Karena data tersebut akan digunakan untuk login. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kembali semua data yang sudah dimasukkan. Jangan sampai ada data karena akan mengakibatkan proses penginstalan gagal. Selain itu, hal yang perlu perhatikan terkait cara install wordpress di cpanel adalah pastikan jika data informasi In Directory yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda akan menginstall WordPress di root domain, maka data pada bagian In Directory bisa Anda kosongkan. Namun, jika Anda ingin melakukan instalasi WordPress pada directory yang baru seperti WP atau blog maka Anda bisa memberi bagian tersebut dengan nama WP atau Blog. Untuk opsi Database Name, Anda bisa mengisinya dengan nama domain yang dimiliki.

  1. Klik Install

Apabila semua data sudah diisi dengan benar dan lengkap, maka cara install wordpress di cpanel yang perlu Anda lakukan adalah mengklik opsi “Install”. Tombol ini ada di bagian bawah form instalasi.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Sekian informasi terkait dengan cara install wordpress di cpanel. Semoga cara ini bisa membantu Anda yang ingin menginstal wordpress di cPanel.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: