Tips Youtube

Inilah 3 Cara Live Streaming di Youtube yang Mudah

Hampir semua orang tahu apa itu Youtube. Situs yang memungkinkan penggunanya dapat menyaksikan berbagai video ini juga menyediakan fitur live streaming. Lalu, bagaimana cara live streaming di youtube? Sebenarnya ada beberapa hal yang harus diketahui saat ingin memulai live streaming. Pertama adalah mengubah status channel Anda menjadi verified dan kedua adalah mengaktifkan Enable live streaming. Selanjutnya, silakan simak penjelasan berikut.

Inilah 3 Cara Live Streaming di Youtube yang Mudah

Youtube menyediakan tiga macam pilihan agar pengguna dapat memulai live streaming. Ketiga pilihan tersebut adalah pilihan Stream Now, Events, dan Mobile. Masing-masing pilihan fitur tersebut memiliki langkah-langkah yang belum tentu sama. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah dari ketiga macam pilihan streaming.

1. Dengan Stream Now

Diantara beberapa cara live streaming di youtube, fitur Stream Now merupakan pilihan dengan langkah-langkah yang paling sederhana. Mengapa? Pada pilihan ini Youtube akan secara otomatis mendeteksi frame rate berikut dengan stream resolution yang cocok saat Anda melakukan stream. Untuk menggunakan fitur ini, pertama Anda harus memperhatikan langkah berikut:

  1. mengunduh dan memasang encoder
  2. pada tab Basic Info, masukkan keterangan pada judul (title) dan deskripsinya (description).
  3. pilih beberapa opsional jika ingin menjadwalkan waktu streaming berikutnya.

Bagi mereka yang memanfaatkan stream atau siarannya untuk menghasilkan pundi rupiah, sebelumnya bisa tambahkan pilihan Fan funding card. Sementara itu, untuk mereka yang memilih kategori Game, silakan tambahkan Game title agar pengguna lain mudah menemukan siaran Anda. Selain beberapa tambahan tersebut, Anda juga bisa memilih pengaturan privasi menjadi Public, Private, ataukah Unlisted. Untuk membuat pengguna dapat menikmati siaran dengan mulus, Anda bisa mengatur Highest Quality pada tab Stream Option. Salah satu cara live streaming di youtube ini juga memiliki fitur live chat agar penyiar dapat berinteraksi dengan audience.

2. Dengan Events

Cara live streaming di youtube berikutnya adalah melalui fitur events. Caranya yakni:

  1. pilih fitur events pada pilihan Live Streaming.
  2. New Live Event (Bagi Anda yang belum pernah mencoba live streaming akan mendapati tulisan dari Youtube bahwa belum event live stream)
  3. tulis title, description dan tags pada basic info
  4. pilih waktu siaran dimulai dan berakhir
  5. isi pengaturan privasi

Apabila ingin melakukan tes event, Anda bisa memilih Private atau Unlisted. Untuk mengaktifkan Hangouts on Air, Anda bisa memilih Quick. Untuk memilih pengaturan secara lebih spesifik, Anda bisa memilih Advanced settings.

3. Dengan Mobile Android

Selain kedua cara di atas, satu lagi cara live streaming di youtube yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan fitur mobile seperti android. Untuk yang baru pertama kali mencoba, pengguna harus telah memiliki aplikasi Youtube yang terbaru. Caranyanya yakni:

  1. unduh aplikasi Youtube terbaru
  2. pilih camera button. Jangan lupa untuk mengizinkan aplikasi Youtube mengakses fitur pendukung live stream seperti mic, camera, dan storage
  3. Verify channel Anda
  4. pilih Go Live.

Saat membuat siaran langsung mobile, setelah memilih Go Live Anda perlu menuliskan judul yang dibuat beserta pengaturan privasinya. Langkah dalam cara live streaming di youtube yang satu ini memilih beberapa pilihan opsional yang ada. Setelah kembali memilih Go Live, Anda bisa mengakhiri siaran dengan memilih Finish lalu OK.

Itulah beberapa panduan mengenai cara live streaming di youtube yang bisa Anda coba. Tertarikkah untuk mencoba?

Artikel lain tentang Youtube yang tidak kalah bagus : Cara Mendapatkan Uang dari Youtube: Sebuah Panduan Lengkap

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

6 Komentar

%d blogger menyukai ini: