Lain-lain

Inilah Beberapa Strategi Marketing Dalam Berbisnis

Semakin beragamnya jenis bisnis atau usaha tak pelak mendorong persaingan antar pelaku bisnis semakin sengit. Sebagai efeknya, masing-masing pelaku bisnis berusaha menemukan strategi marketing yang tepat agar dapat mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Apabila Anda sedang bingung menentukan strategi pemasaran manakah yang ingin dicoba, info berikut ini akan memberikan referensinya.

Beberapa Strategi Marketing yang Dapat Menjadi Referensi

Jika dihitung, mungkin ada lebih dari 50 strategi strategi marketing yang ada dan dijajal oleh segala macam bidang usaha. Namun, kali ini ada beberapa contoh trik pemasaran untuk dicoba. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Online Marketing

Online marketing atau pemasaran secara online merupakan satu diantara sekian banyak strategi marketing yang kini banyak digunakan. Bentuk pemasaran yang dinilai baru ini muncul seiring dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang mengakses internet. pemasaran secara online inipun memiliki beragam model, mulai dari spanduk yang dipasang di web-web yang ramai pengunjung hingga jendela pop up yang terkadang muncul sendiri saat kita mengklik suatu situs. Dengan semakin seringnya muncul, pengguna internet akan semakin banyak yang memperhatikan iklan tersebut.

  1. Direct marketing

Direct marketing merupakan strategi pemasaran yang mempromosikan suatu barang atau jasa dengan menghubungi langsung konsumen sasaran. Tentu saja hal ini tidak dilakukan tanpa persiapan. Sebelumnya, pihak marketing harus melakukan penelitian untuk mengidentifikasi target pasar. Untuk menjangkau konsumen, pihak marketing dapat mengirimkan surat langsung ke konsumen di tempat tinggalnya. Sayangnya, strategi marketing ini juga memiliki sisi negatif yang salah satunya adalah keengganan konsumen itu sendiri. Walau begitu, tidak sedikit perusahaan yang berhasil mengaplikasikan strategi ini.

  1. Freebie marketing

Jenis pemasaran ini dilakukan dengan memberikan produk atau barang yang dipasarkan kepada calon konsumen secara gratis. Jadi, bisa dikatakan trik pemasaran ini digunakan untuk lebih mengenalkan produk berikut keunggulannya kepada konsumen sasaran. Selain memberikan contoh atau sampel produk, perusahaan yang menggunakan trik marketing ini juga bisa menggunakan cara lain, yaitu menawarkan produk pada konsumen dengan harga rendah. Dengan produk yang harganya lebih rendah, konsumen sasaran diharapkan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Kini, banyak penjual produk kosmetik, perawatan, ataupun makanan yang menggunakan strategi ini.

  1. Event Marketing

Strategi marketing berikutnya yaitu event marketing. Jenis pemasaran ini memiliki tujuan agar pendapatkan angka penjualan maksimal melalui suatu event atau peristiwa besar. Sebagai contoh, saat mendekati hari besar seperti Hari Raya, perusahaan seperti swalayan atau department store akan memasang harga dengan penawaran menggiurkan kepada konsumen sehingga banyak konsumen yang berbondong-bondong membeli. Pada momen seperti ini ataupun akhir tahun, probabilitas masyarakat umum untuk berbelanja akan sangat tinggi. Di sinilah perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran ini.

  1. Social Media Marketing

Strategi marketing yang terakhir adalah pemasaran melalui sosial media. Beberapa tahun terakhir, sosial media semakin banyak bermunculan. Demikian pula dengan orang yang mengaksesnya. Bahkan, satu orang saja bisa menggunakan setidaknya 3 jenis sosial media berbeda. Memanfaatkan hal ini, bukan tidak mungkin jika Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat dari strategi ini. Beberapa perusahaan yang menggunakan strategi ini juga melibatkan pelanggan melalui jejaring sosial yang digunakan. Bahkan, di beberapa perusahaan, untuk menjalankan trik marketing ini, ada sejumlah orang yang dibutuhkan.

Karena begitu banyaknya strategi pemasaran yang ada, akan lebih baik jika Anda dapat mengidentifikasi jenis strategi yang cocok diimplementasikan. Dengan begitu, strategi marketing yang dipakai dapat meningkatkan angka penjualan secara optimal.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar