Lain-lain

Pengertian FinTech Adalah ?

Banyak masyarakat yang belum begitu memahami pengertian fintech. Padahal jika didalami, fintech ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Lantas, apa yang dimaksud dengan Fintech? Fintech adalah istilah yang dipakai dalam bidang jasa finansial. FinTech sendiri adalah singkatan dari kata Financial dan juga Technology. Istilah merupakan perpaduan inovasi terbaru antara teknologi dengan finansial. Beberapa kegiatan yang masuk dalam kategori Fintech peminjaman uang menggunakan sistem peer to peer, transfer, jual beli saham, dan lain sebagainya.

fintech adalah

Dampak Perkembangan FinTech Adalah ?

Bidang finansial merupakan salah satu bidang terpenting yang sangat mempengaruhi kekuatan perekonomian pada satu negara. Sementara teknologi adalah alat atau cara yang dipakai untuk menunjang perekonomian dalam bidang finansial agar lebih modern dan praktis. Bidang teknologi yang modern dan berkembang pesat pada kenyataannya memberikan andil yang sangat besar dalam bidang finansial. Jadi wajar saja jika finansial dan teknologi adalah dua komponen penting yang berperan dalam perkembangan ekonomi di suatu negara. Tujuan adanya fintech adalah agar gaya hidup masyarakat di dunia berubah ke arah yang lebih baik, modern dan praktis. Ada banyak sekali alasan kenapa perkembangan fintech di dunia dapat berdampak pada perekonomian dunia. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Taraf Hidup masyarakat meningkat

Alasan yang pertama adalah masyarakat akan meningkat taraf hidupnya. Mengapa? Karena dengan adanya FinTech, daya beli masyarakat akan semakin tinggi. Misalnya saja ada beberapa startup di tanah air yang menyediakan merchant jika menerima pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit dengan biaya yang kecil. Khusus di Asia Tenggara, fokus fintech adalah mengurangi kemiskinan yang dialami oleh 600 juta orang lebih.

Membantu proses perkembangan startup baru

Seperti yang diketahui, sekarang ini sudah banyak startup yang bergelut di bidang teknologi. Hal ini tentu saja berdampak besar pada startup yang masuk dalam kategori finansial. Ada banyak startup baru yang melakukan berbagai upaya untuk menciptakan dan meningkatkan inovasi dalam bidang Fintech. Salah satu bukti nyata dari fintech adalah adanya Moneythor yang diketahui menciptakan produk terbaru untuk memberikan pengalaman terbaik dalam digital banking. Produk ini tentu memiliki kemampuan analisis yang lebih detail dan juga rinci.

Transaksi yang lebih praktis

Konsep FinTech yang sudah ditunjang dengan perkembangan teknologi dan bidang finansial tentunya diharapkan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan yang modern, aman dan praktis. Karena pada intinya fintech adalah inovasi yang memang diperuntukkan untuk masyarakat.

Meningkatkan perkembangan bitcoin

Dampak positif adanya fintech adalah aplikasi bitcoin yang semakin berkembang dalam dunia finansial. Perlu Anda ketahui bahwa setidaknya ada 2.5 milyar lebih pengguna bitcoin yang tetap bisa melakukan berbagai macam transaksi ataupun pembayaran dengan mudah meskipun tidak memiliki akun di bank.

Tidak ada lagi pinjaman menggunakan bunga tinggi

Banyak masyarakat yang terjerat dalam ikatan “lintah darat” yang sengaja meminjamkan uang dengan mudah tapi mematok bunga yang tinggi. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat miskin terlilit hutang karena bunga yang besar. Dengan adanya Fintech, masyarakat tidak perlu khawatir karena peminjaman uang akan dilaksanakan menggunakan sistem yang lebih transparan dan umum.

Lantas, bagaimana perkembangan fintech di indonesia? Bank Indonesia menjelaskan bahwa di Indonesia sendiri, sudah ada kurang lebih 142 perusahaan yang bergerak dalam bidang fintech. Pada intinya, tujuan fintech adalah memberikan inovasi baru terkait dengan bidang ekonomi yang modern, praktis dan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

1 komentar