Lain-lain

Serba-Serbi Strategi Marketing Mix

Sebelumnya kita sudah mebebahas strategi marketing. Kali ini Portal Uang akan membahas strategi marketing mix. Tahukah Anda apa itu strategi marketing mix? Salah satu jenis strategi pemasaran ini berdasarkan pencetusnya merupakan jenis strategi pemasaran yang menggunakan seluruh variabel sehingga dapat menghasilkan respon yang diharapkan dari sasaran konsumen. Lalu, apa saja yang menjadi variabel dalam marketing mix? Variabel tersebut meliputi 7P, yaitu product, participant, price, process, place, promotion, dan physical evidence. Hal-hal lainnya yang perlu diketahui terangkum dalam uraian berikut.

Apa yang Perlu Diketahui Seputar Strategi Marketing Mix

Seperti yang sedikit dibahas dalam pendahuluan di atas, strategi marketing mix memiliki beberapa komponen atau variabel. Secara lengkap, variabel dalam salah satu jenis strategi ini meliputi 7 hal atau yang dikenal dengan istilah 7P. Namun, selain 7P, ada pula jenis lainnya yaitu 4p. Dalam marketing mix 4P, variabel yang dimasukkan hanya product, place, price, dan promotion. Sebelum mengimplementasikan jenis strategi yang menggunakan banyak variabel ini, Anda bisa terlebih dahulu memperhatikan dan memahami beberapa hal yaitu:

  1. Peran email dalam jalinan relasi bisnis

Faktanya, email tidak bisa diabaikan begitu saja saat Anda bermaksud mengimplementasikan strategi marketing mix pada perusahaan yang sedang dijalankan. Dengan tetap dipergunakannya email hingga saat ini, hal ini membuktikan bahwa email masih tetap menjadi sarana andalan yang tidak lekang dari waktu ke waktu. Dengan sarana ini, Anda juga secara otomatis akan mendapatkan daftar kontak dari berbagai jenis pelaku usaha yang setidaknya sekali pernah menjalin kerjasama. Tidak hanya itu, layanan email yang dikembangkan saat ini semakin canggih hingga Anda bisa terhubung ke perangkat promosi lain seperti situs promosi. Begitu, Anda dapat dengan konsisten melakukan pembaharuan promosi atau lainnya.

  1. Situs Resmi Perusahaan dalam membangun hubungan bisnis

Salah satu hal penting yang juga berkaitan dengan langkah sukses mengaplikasikan strategi marketing mix adalah situs resmi perusahaan yang bisa menggunakan format web atau blog. Anda tentu ingin bisnis yang dijalankan berkembang, bukan? Salah satu cara untuk mencapainya adalah menginformasikan kepada audiens umum apa saja yang akan menambah nilai dalam bisnis Anda. informasi seperti siapa Anda, produk apa yang ditawarkan, hingga imbauan mengapa mereka perlu membeli produk yang ditawarkan. Dari sana,  Anda bisa membangun hubungan bisnis yang benar-benar bermanfaat untuk kedua belah pihak.

  1. Kartu nama bisnis

Jangan sepelekan item ini karena hingga saat ini, kartu nama bisnis masih cukup efektif dipakai dalam jalinan kerjasama bisnis. Dengan memberikan kartu nama, rekan yang memiliki kemungkinan suatu hari untuk menjalin hubungan bisnis dapat mengingat  dan menghubungi Anda suatu saat.

  1. Jejaring profesional

Tips sukses menjalankan strategi marketing mix berikutnya adalah memanfaatkan jejaring professional. Selain jejaring sosial, kini ada banyak situs jejaring yang secara khusus menghubungkan orang-orang professional. Dengan begitu, selain dapat menjalin hubungan dengan saling bertukar kartu nama bisnis, Anda juga bisa memiliki jaringan bisnis yang lebih luas.

  1. Media elektronik untuk menginformasikan

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan media lokal seperti surat kabar hingga media elektronik seperti radio dan televisi untuk memberitahukan informasi terbaru seputar perusahaan. Anda juga bisa memanfaatkan mereka untuk menyebarkan informasi jika Anda memiliki event atau acara. Dengan begitu, salah satu tips strategi marketing mix ini akan turut berkontribusi dalam keberhasilan pemasaran.

 

Demikian beberapa informasi terkait tips dalam mengaplikasikan strategi marketing mix. Bagaimana menurut Anda?

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

1 komentar

  • Sangat sulit untuk menerapkan sistem promosi seperti ini mas, emmang sih hasilkan akan lebih kelihatan namun kalau pemula seperti saya ini saya rasa masih butuh belajar banyak.. dari para suhu.. hehe

%d blogger menyukai ini: