Lain-lain

Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Sales Letter atau Halaman Penjualan

Sales letter atau halaman penjualan adalah sebuah sistem yang berupa tulisan pada sebuah website yang memiliki fungsi utama untuk mempresentasikan atau memperkenalkan produk yang dijual. Sehingga calon konsumen atau pembeli dapat memahami setiap detail deksripsi produk yang dijual, hingga tertarik untuk membelinya.
Dalam dunia bisnis, strategi tentu saja merupakan aspek penting yang harus sangat diperhatikan. Sedikit banyaknya, hal tersebut akan mempengaruhi banyak atau tidaknya produk yang akan dijual dalam sebuah bisnis. Salah satu contohnya seperti strategi pemasaran. Dimana jenis strategi ini dapat dilakukan dengan banyak cara yang berbeda-beda.

Apa Itu Sales Letter atau Halaman Penjualan?

Sebut salah salah satunya seperti sales letter atau halaman penjualan, strategi ini merupakan salah satu cara promosi terbaik bagi bisnis yang dijalankan secara online. Karena dengan adanya sales letter ini, setiap calon pembeli dapat mengetahui berbagai macam hal yang bersangkutan dengan produk yang dijual.
Itulah mengapa segmen tersebut sangat dibutuhkan dalam bisnis online, karena sarana promosi yang dilakukan oleh bisnis online berbeda dengan promosi pada bisnis offline. Tentu saja terdapat banyak manfaat dari sales letter ini. Selain itu, cara membuat sales letter juga sebaiknya tidak sembarangan agar dapat meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Manfaat Sales Letter atau Halaman Penjualan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas, bahwa sales letter juga dapat berperan sebagai sarana promosi pada sebuah bisnis online. Selain itu, masih terdapat juga banyak manfaat lain dari sales letter yang dapat kita ketahui bersama. Beberapa diantaranya seperti :

  1. Memberikan penjelasan mengenai produk yang dijual. Sales letter juga merupakan solusi yang tepat bagi calon konsumen mengenai gambaran produk yang akan dibeli.
  2. Memberikan daya tarik yang lebih kuat terhadap produk yang dijual. Dengan sales letter yang menarik, maka dapat menarik minat calon konsumen untuk segera melakukan aksi.
  3. Mereferensikan hingga menjelaskan detail dari produk yang dijual.
  4. Membangun list building untuk menjaring calon-calon konsumen. Dapat juga dibuat dengan ajakan untuk mencantumkan alamat email calon konsumen.
  5. Menjadi wadah atau sebagai sarana presell bagi produk yang akan diluncurkan sebelum ahirnya resmi launching.

Cara Membuat Sales Letter atau Halaman Penjualan

Dilihat dari fungsi dan manfaatnya, maka sudah tentu halaman seperti sales letter harus memiliki daya tarik yang sangat hebat dan ampuh. Sehingga saat calon konsumen membacanya akan langsung menarik minat untuk melakukan aksi. Untuk itulah mengapa membuat halaman sales letter dikatakan sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Untuk Anda yang penasaran dan membutuhkan referensi untuk membuatnya, maka dapat mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

  1. Usahakan untuk memasang foto Anda dalam halaman sales letter. Dengan demikian, calon konsumen tidak akan menganggap Anda bersembunyi dan tidak takut jika diketahui oleh orang banyak.
  2. Mencantumkan berbagai testimoni dari tokoh terkenal atau tokoh yang dihormati yang pernah sukses bertransaksi dengan Anda.
  3. Mencantumkan hasil uji pada produk yang dijual seperti uji keamanan, uji daya tahan, uji kualitas, dll.
  4. Mencantumkan hasil survey seperti kepuasan konsumen, mutu dan kualitas produk, dll.
  5. Mencantumkan seluruh publikasi yang telah dibuat mengenai produk yang dijual. Contohnya seperti review produk pada sebuah bog khusus.
  6. Sales letter ini sebaiknya dicantumkan pad website profesional agar lebih mudah menarik minat calon konsumen.
  7. Dapat menggunakan pilihan garansi terhadap produk yang dijual. Salah satu contohnya seperti pengembalian uang saat produk tidak sesuai deksripsi, dsb.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai pengertian, manfaat, hingga poin-poin yang harus diperhatikan dalam cara membuat sales letter atau halaman penjualan. Semoga informasi seputar bisnis online di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

2 Komentar

%d blogger menyukai ini: