Tanya Portal Uang

Contoh Marketing Mix

Beberapa contoh marketing mix yang akan coba kami informasikan untuk Anda semua di kesempatan kali ini diharap dapat membantu Anda yang tengah mendalami dunia marketing. Ya, pasalnya dunia marketing sendiri saat ini sangatlah luas. Selain itu, marketing juga akan selalu dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Marketing sendiri adalah salah satu cara menginformasikan dan memperkenalkan tentang produk yang akan dijual dengan lugas dan semenarik mungkin. Cara ini merupakan langkah pemasaran produk untuk membuat siapapun mengerti mengenai produk tersebut kemudian tertarik untuk membelinya.

Daftar Contoh Marketing Mix

Dan teknik atau cara pemasaran tersebutlah yang harus dipelajari agar kita mampu menjual produk tersebut pada konsumen. Selain itu, penawaran terhadap konsumen tersebutlah yang menjadi penentu tertarik atau tidaknya konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Penawaran tersebut juga lah yang biasanya disebu sebagai marketing mix.

Dalam pengertian marketing mix sendiri terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan. Apa saja poin-poin tersebut? Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh marketing mix yang dapat kita ketahui bersama.

  1. Produk

Produk ini dapat berupa barang atau jasa yang akan dibeli oleh konsumen. Dalam marketing mix, tidak hanya menjual produk saja yang menjadi hal penting, namun kualitas pelayanan juga menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Contoh : Saat Anda menjual perangkat seperti komputer, maka ada baiknya jika Anda juga menawarkan service dan berbagai hal lainnya.

  1. Harga

Harga adalah nilai atau jumlah uang yang akan dibayar oleh konsumen untuk memperoleh produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh : Produk seprti perangkat komputer seharga 10 juta tentu berbeda dengan perangkat komputer seharga 2 juta. Oleh sebab itu, sesuaikan kisaran harga yang tepat terhadp produk/jasa yang dijual.

  1. Tempat

Saat kita menjual produk, maka sudah tentu kita pun akan membutuhkan tempat untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. Lokasinya sendiri dapat di berbagai tempat mulai dari mall, pasar tradisional, pinggir jalan, dan masih banyak lagi.

Contoh : Saat Anda menjual produk seperti minuman di pinggir jalan, maka sudah tentu produk tersebut akan mudah laku. Namun lain halnya jika produk yang Anda jual adalah minyak wangi/parfum. Karena orang akan bertanya-tanya mengenai keaslian barang tersebut. Itulah sebabnya tempat menjual produk pun sangat diperhatikan dalam marketing mix.

  1. Proses

Proses yang dimaksud dalam marketing mix adalah prosedur hingga tata cara serta teknik menjual produk yang dimiliki. Proses ini adalah sebuah tindakan yang diambil dalam waktu tertentu guna mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Contoh : Saat Anda menawarkan produk seperti asuransi, maka tidak lantas produk Anda langsung diterima oleh konsumen. Karena konsumen akan membutuhkan pertimbangan khusus untuk menentukan dibeli atau tidaknya produk asuransi yang ditawarkan. Disinilah proses akan berjalan, dan sebaiknya Anda bersabar serta mengikuti prosesnya.

  1. Promosi

Promosi adalah memperkenalkan produk atau jasa yang baru saja dirilis. Cara ini wajib dilakukan jika Anda ingin produk atau jasa yang dijual dikenal dan diketahui oleh banyak orang.

Contoh : Jika ada produk terbaru yang baru saja dirilis, maka buatlah promosi agar produk dikenal banyak orang. Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan promosi secara besar-besaran.

  1. Orang

Orang yang dimaksud dalam poin ini adalah orang-orang yang terlibat dengan bisnis yang Anda miliki. Semua orang ini juga memiliki keterlibatan dalam urutan marketing mix.

Contoh : Jika produk yang dijual adalah produk fashion, maka Anda pun akan terlibat dengan orang-orang seperti penjahit, desainer, stylish, marketer, hingga sales, dll. Oleh sebab itu, buatlah hubungan dan kerjasama yang baik dengan mereka, sehingga saat penawaran, produk yang Anda jual akan lebih mudah terjual.

  1. Perangkat

Tidak terkecuali dalam marketing mix, saat akan mempromosikan dan menjual produk atau jasa maka Anda pun akan membutuhkan perangkat. Karena perangkat ini akan membuat produk atau jasa menjadi lebih menarik minat dan perhatian calon konsumen kita.

Contoh : Saat Anda menjual produk seperti sabun, maka buatlah kemasan semenarik mungkin. Kemasan tersebutlah yang berperan sebagai perangkat dalam hal ini. Karena calon pembeli tentu akan lebih senang melihat sabun dengan kemasan dibandingkan tanpa kemasan.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai apa itu marketing mix dan juga beberapa contoh marketing mix yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi seputar dunia marketing dan bisnis di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

1 komentar

%d blogger menyukai ini: