Tips Sukses Google Adsense V – Mendapatkan Iklan Bernilai Tinggi

Ini adalah Bagian ke-5 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca dulu Bagian 4 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Sekarang mari kita membahas mengenai iklan yang bernilai tinggi dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Iklan bernilai mahal, adalah salah satu kunci keberhasilan dari Adsense.

Saya kasih contoh: jika dalam sehari ada sebanyak 10 klik pada iklan, maka jika iklannya bernilai $0,05 kita hanya mendapatkan uang sebesar $0.5 saja. Tapi jika iklan yang tampil adalah iklan yang ‘berharga mahal’, katakanlah $1 per klik, maka dengan 10 kali klik saja, kita sudah mengantungi $10.

Jauh berbeda bukan?

Jadi, ini adalah salah faktor penentu sukses tidaknya kita menggeluti bisnis Adsense.

Mencari dan menemukan iklan bernilai tinggi

Memang tidaklah semudah diucapkan. Perlu sedikit kerja keras sampai kita benar-benar menemukan yang pas. Sebagai permulaan coba anda cari di Google: high paying adsense ads atau keyword mahal adsense. Anda akan menemukan banyak inspirasi dari situ.

tips sukses adsense, iklan bernilai tinggi

Kendala yang biasanya sering terjadi adalah, kita telah menentukan topik untuk blog kita, dimana topik itu ternyata tidak memiliki nilai iklan yang tinggi. Sebaliknya, kita telah menemukan sebuah keyword yang mahal, tapi sayangnya kita tidak menguasai topik tersebut, sehingga kesulitan untuk menulis artikel tentangnya.

Meskipun begitu, kita tetap tidak boleh menyerah dan putus asa bukan?

Dan inilah beberapa tips yang mungkin berguna, dalam usaha mencari dan menemukan iklan yang bernilai tinggi untuk blog kita.

Riset kata kunci (keyword)

Ini hal penting, yang seharusnya telah dilakukan sejak awal dalam menentukan topik untuk blog, yaitu mencari kata kunci yang “pas”, pas kita kuasai materinya, pas persaingannya, pas jumlah pencarinya, dan tentu pas nilai iklannya.

Kebanyakan blogger menggunakan Keyword Tool dari Google Adwords untuk melakukan ini. Masukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka kita akan menemukan hasilnya di bawah dalam bentuk tabel. Di situ kita bisa menganalisa sebuah kata kunci, seperti level kompetisi, banyaknya dicari di google, dan sebagainya.

Sebagai patokan mudahnya: carilah kata kunci yang persaingannya rendah, namun cukup banyak dicari orang, dan tentunya nilai iklannya atau dalam tabel hasil disebut sebagai CPC (cost per click).

Untuk menampilkan kolom CPC ini, anda harus login ke Google Adwords. Ini memang seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, tapi dengan sedikit kreatifitas dan kerja keras, yakin kita bisa menemukan keyword atau kata kunci yang pas dan sesuai untuk blog kita.

Apakah sebuah keyword memiliki iklan?

Caranya mudah saja, masukkan kata kunci pada kolom pencarian di Google. Lihat hasilnya. Apakah ada iklan di hasil pencarian?

Jika ada, itu pertanda bagus, karena iklan yang sama itu lah yang akan muncul di halaman blog kita dengan kata kunci tersebut. Jika tidak, sebaiknya pilih keyword lainnya.

Coba lagi dan coba lagi!

Ini memang sesuatu yang sangat tidak menyenangkan, dan mungkin akan sedikit membuat Anda frustasi. Tapi, ini adalah tips terbaik yang bisa saya bagikan kepada sobat semua. Cobalah menulis artikel baru tentang sesuatu topik. Dan cek terus performanya.

Google Adsense memungkinkan kita untuk melihat sejauh mana kinerja suatu halaman tertentu di blog kita melalui fasilitas “channel” atau “saluran” iklan. Jika hasilnya kurang memuaskan, buat lagi artikel tentang topik lainnya lagi, terus begitu sampai kita menemukan yang diharapkan.

Hmmm.. capek ya? Ya, memang untuk sukses dibutuhkan kerja keras. Dengan cari ini, jika kita cukup jeli, kita akan dengan mudah melihat halaman mana yang menghasilkan iklan yang bernilai tinggi, dengan cara membagi nilai perolehan dengan jumlah klik yang ada.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan topik, niche, keyword yang menghasilkan iklan bernilai tinggi.

Oya, ada satu lagi tool yang saya anggap sangat bagus untuk tujuan ini, yaitu WordTracker. Situs ini tidak saja membantu kita menemukan kata kunci yang tepat, tapi juga menampilkan informasi yang sangat berguna lainnya, seperti berapa banyak situs yang telah menguasai keyword tersebut dan sebagainya.

Mendapatkan iklan bernilai tinggi adalah salah satu faktor penting memaksimalkan pendapatan dari Adsense, tapi semua itu juga tidak akan berguna tanpa usaha mendatangkan trafik yang tinggi.

Sampai disini pembahasan kita mengenai mendapatkan keyword terbaik bagi blog kita. Kita akan lanjutkan tentang Mencari Iklan yang Relevan. Semoga bermanfaat, sukses untuk kita semua.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

28 Komentar