Tips Sukses Google Adsense II – Sudahkah Blog Anda Memenuhi Syarat Adsense?

Jika belum, silakan baca dulu Bagian 1.

Sebelum memutuskan untuk segera melamar Adsense, dan membayangkan dolar deras mengalir ke kantong setiap bulannya, sebaiknya teliti terlebih dahulu blog yang telah Anda siapkan.Pertanyaannya adalah:

Apakah blog saya telah memenuhi syarat dan sesuai untuk menjalankan program Adsense?

Ya, meskipun telah sering Anda dengar, banyak sekali blogger yang telah berhasil mendapatkan uang dari Adsense, tapi kita tetap harus realistis melihat hal ini. Dan bagi anda yang merasa bahwa blognya tidak sesuai dengan program Adsense, jangan berkecil hati, karena masih banyak program sejenis lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog.

Adsense bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari blog. Bagi Anda yang ingin mengetahui lengkap cara-cara mendapatkan uang dari blog, silakan baca artikel saya Cara Mendapatkan Uang dari Blog. Oke, kita kembali ke Adsense.

Ingat! Tidak semua blog yang mendaftar diterima oleh Google.

Seperti yang telah anda baca sebelumnya, di halaman Kebijakan Program Adsense, Google tidak akan menerima blog / situs yang berisi kekerasan, pornografi, rasial, penjualan rokok, minuman keras dan obat terlarang, dan lain sebagainya. Silakan baca sendiri untuk lebih jelasnya. Dan secara umum, blog Anda harus ‘bersahabat’ untuk segala umur.

Pahami hal ini terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri ke program Adsense!

  • Apakah konten blog anda asli tulisan anda sendiri? Ini juga harus menjadi perhatian. Karena Google mengharuskan blog yang mengikuti program Adsense, tidak boleh melanggar hak cipta.
  • Blog yang diterima dalam program Adsense, juga harus memiliki kemudahan navigasi, dan memiliki konten artikel yang cukup. Jadi, jika usia blog anda masih hitungan hari, sebaiknya bersabar dulu untuk tidak terburu-buru mendaftar ke Adsense. Mengenai bahasa, saat ini Adsense telah mendukung penuh Bahasa Indonesia.
  • Terakhir, meskipun tidak disebutkan dalam Kebijakan Program Adsense, tapi berdasarkan pengalaman banyak blogger meyakini bahwa untuk menjadi penayang Adsense, blog kita harus memiliki trafik yang memadai. Ada baiknya, anda bersabar menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan untuk membangun trafik sebelum melamar Adsense. Ini hal yang krusial menurutku, karena jumlah trafik berbanding lurus dengan pendapatan dari Adsense sendiri nantinya.
tips sukses adsense, apakah blog anda memenuhi syarat adsense?

Bagaimana? Sudah cocok dan berniat mendaftarkan blog anda sekarang? Jika masih ada yang membuat anda ragu, boleh bertanya kepada pihak Google, atau daftar saja, nanti pun jika ditolak akan menjadi jelas dimana letak kesalahannya.

Jika, masih juga ditolak, cari tahu kenapa selalu ditolak oleh adsense dan temukan jawabannya.

Tentu saja, telah disetujui sebagai penayang Adsense, tidak serta merta selesai dan menjamin kesuksesan. Pada kenyataannya, banyak sekali blogger yang telah disetujui dan menayangkan iklan Adsense, tidak mendapatkan imbalan yang layak. Dan sebuah kenyataan pula, bahwa satu dua blog akan mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dari blog lainnya.

Dalam tulisan selanjutnya, kita akan sama-sama membahas tips dan strategi untuk meningkatkan pendapatan kita dari Adsense.

Tapi sejak awal saya ingin menyampaikan bahwa blog yang mendapatkan pendapatan memuaskan adalah blog yang memiliki trafik yang tinggi, memiliki konten yang spesifik, berkaitan langsung dengan produk atau layanan tertentu, sesuai dengan kata kunci dan ceruk yang kita sasar.

Selain itu, saya juga ingin menyampaikan bahwa program Adsense akan bekerja dengan baik pada blog yang memiliki konten yang kaya dengan banyak artikel. Jadi usahakan untuk menulis artikel yang cukup banyak dan memiliki relevansi yang baik antara satu dengan lainnya.

Di artikel berikutnya, kita akan membahas berbagai aspek ini bersama-sama. Sukses buat kita semua.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

89 Komentar

  • mas saya sudah punya akun adsense.
    saya ingin menempatkan iklan google di blog baru, tapi saat saya periksa di menu penghasilan tulisannya ” Blog Anda belum memenuhi syarat AdSense”
    apakah tetap boleh menampilkan iklan blog baru itu ?

  • mohon bantuannya bang, bolehkah berbagi sharing tentang cara ngeblog yang baik ? dan juga melihat kekurangan dari konten dan blog yang saya buat ? hehe
    berkunjung ya bang : dadansupriadi261.blogspot.com

  • Halo Gee John,

    Pada artikel lalu tepatnya pada link ini :
    portal-uang.com/2013/08/cara-mendapatkan-uang-dari-blog.html

    Ada kalimat yang membingunkan semisal kalimat “Pelanggaran Baru” dalam paragraph di bawah ini :

    Program Affiliasi
    Program jenis ini pun terbukti telah banyak yang menikmati hasilnya. Di sini kita bertindak semacam agen, perwakilan, atau bisa juga sebagai makelar, dimana tugas kita adalah memberikan klien atau pelanggaran baru untuk perusahaan yang kita berafiliasi kepadanya. Di antaranya yang paling terkenal adalah clickbank, amazon, dan linkshare.

    hayoo itu kalimat yang benar pelanggaran baru atau pelanggan baru ? Gee John sendiri dalam artikel lain pernah mengatakan sebisa mungkin untuk mengecek ulang artikel yang akan dimuat agar tidak terdapat kalimat / ejaan yang salah.

    Tak ada gading yang tak retak … 🙂 edit – edit – edit

  • mas gimana supaya pos kita masuk ke halaman pertama google? apakah harus kita tambahkan setiap link yg sama pada webmaster setiap hari atau ada cara lain? dan apakah jumlah artikel mempengaruhi pada penempatan artikel di mesin pencari gooogle? mhon sarannya accidity.blogspot.com

  • bisa bantu saya , saya sudah buat blog , tapi bagaimana cara untuk mendapatkan uang dari google adesense , setiap kali saya mendaftar selalu di tolak
    #tiknett.blogspot.com

  • Misi gan,,mo nanya nih stlh bbrp x sy dftr di adsense tp ga jg ditrima trus sy menggunakan alternatif ads yg lain yaitu Chitika ,ya alhmdllh iklannya terpasang tp kok earning nya msh 0 aj ni l..
    Mohon pencerahanya gan biar pecah telor ni…mksh

  • malam bang, btw saat ini blogspot kan sudah diredirect otomatis ke co.id , daftar ads nya pakai asli yang co.id apa diganti dulu ke dot com yang pakai script itu bang? sedangkan mungkin banyak juga publisher yang merasa galau kali ya saat pakai co.id iklannya tidak bisa tampil, makasih bang atas pencerahannya

  • Wah, bagus nasihat-nasihatnya untuk sukses di Adsense. Saya akan ikuti nasih terbaik Anda. Semoga Anda terus makin sukses di Adsense atau lainnya.

  • Mas gee Jhon. Saya mau tanya. Saya mau daftar adsense, tapi blognya nggk di kasih sitemap. Apakah masih ada peluang di terima.
    Terima kasih

  • Hallo Mas,proses pendaftaran adsense itu berapa lama ya?
    dan sebagai pendahulu adsense,mohon sarannya mas jika blog kita ingin di approve,apakah harus blog yang niche/1 topik bahasan?
    Masih baru belajar,dan ingin belajar nih mas Gee.
    Terimakasih sebelumnya

    • waktu normal proses pendaftaran adsense, kurang lebih sekira 7 harian. tentang topik, sebenarnya bebas, namun jika ditanyakan apakah tim adsense lebih menyukai blog niche dg 1 topik spesifik? jawabannya adalah iya!

  • Permisi mas Geejhon , saya mau tanya , persyaratan adsense kan usia kita minimal 18 tahun , jadi kalo kita misalnya di akun google lahir pada tahun 1999 kan usia masih 16 tahun , jadi gimana cara untuk menghadapi hal itu , jika usia blog kita udah cukup dan trafficnya juga Allhamdulillah , apa harus menunggu 2 tahun lagi , atau saya buat blog baru tapi dengan identitas palsu Atau adakah program lain (selain adsense) yang cocok untuk saya. Saya tau Mas Gee Jhon punya pengalaman untuk hal ini . Terima kasih , mohon bantuan dan pencerahannya ..

    Saya tertarik ngobrol langsung dengan Mas Gee Jhon , via facebook

    • Menurut saya, bisa2 saja sih daftar pake nama sendiri. Krn sesungguhnya, Google tidak pernah tahu usia kita bukan? Hanya saja, bila blm mencapai usia +18, biasanya kan blm punya KTP, nah jika nanti pencairan uang melalui WU, kan harus bawa kartu identitas? itu saja sih masalahnya. Tapi itupun, sebenarnya gak masalah juga, krn kita bisa menentukan penerima pembayaran atas nama orang lain, atau transfer ke rekening jika kita punya.

  • @nantikanlah.
    google sama sekali tidak menyebutkan syarat berapa visit untuk daftar ke adsense. Tapi yg diinginkan Adsense, adalah sebuah blog yg memiliki trafik organik dari SE. Jadi meskipun misalnya taruh kata hanya 50 – 100pv / hari, tapi jika mereka berasal dari SE, maka saya yakin tidak masalah.

  • @fauzan.
    sama2….

    @cemilan.
    entahlah, saya nyerah klo udah urusan naikin trafik. karena blass… gak ngerti SEO…

    tp klo menurut saya terus promosi dengan beragam cara yg memungkinkan.

  • blog ane usia sudah 2 bulan dengan jumlah artikel 100 lebih tapi ox masih sei banget gan, belum pernah dapat clik, mungkin agan bisa memberikan solusi

  • @fauzan.
    sampai saat ini, belum ada mas…. jujur saja, saya gak paham dg masalah backlink, dan selama ini pun saya ngeblog SAMA SEKALI tidak pernah memikirkan backlink.. 🙂

  • @tamahost.
    sipp… oke pastinya.

    @fauzan.
    untuk daftar Adsense, tidak perlu pake rek. bank. Nanti pembayaran bisa pake Western Union kok.

    Silakan baca terus lanjutan artikel ini, pasti akan paham bagaimana cara kerja Google Adsense. Atau jika mau lebih dalam, silakan baca:

    portal-uang.com/2013/11/tutorial-dapat-uang-dari-adsense.html

  • mas mampir balik ne hehehe blog saya sudah bisa daftar ke adsense . tapi saya blom daftar karna gak ada buku rekening bank heheheh. mau tanya ne mas, cara kerja menghasil kan uang lewat adsense tu gimana mas. trus berapa penghasilan yang di dapat dari adsense tu. maaf ya mas kalu pertanyaan nya merepotkan hehehehe

  • Mas gee jhon.
    Saya coba buka tab earning atau penghasilan.
    Di bagian sign up nya kog redup gtu ya ?
    Dan tidak bisa diklik sma sekali untuk mlakukan sign up ..
    Apa Sbab.a mas ?
    Ap krna blog sya blum mmnuhi kriteria ?
    Pdahal hosted account GA saya memiliki email yg sma untuk login ke blogger..
    Dan saya sdah pastikan ke GA di roda gigi
    Dan saya check status ..
    Hasilnya tidak ditemukan pelanggaran.
    Lalu msalahnya ap mas ?

  • tnks masukanya, bro gee sibuk proyek ya kemaren saya baca FB hahaha…..biasanya cepet kalo balas komen. gmna dah kelar bro gee. sukses buat bro gee jhon

  • @ike.
    tidak ada syarat secara tertulis sebenarnya, namun google melihat secara menyeluruh, mereka menginginkan mitranya adalah blog yg serius. Kalau artikelnya masih sangat sedikit, seolah-olah mereka menilai bahwa blog tersebut dibuat semata-mata hanya untuk dipasangi adsense.

  • bro gee jhon, blog saya sudah approve GA kalau saya bikin blog baru apakah bisa langsung saya pasang script iklan atau saya harus aprove-in dulu ?

  • @eliza.
    ya memang kadang demikian, namanya taksiran pendapatan. Jadi begini, setiap kali terjadi klik, maka akan langsung dihitung dan disebut taksiran. Mengapa taksiran? Karena nilainya masih bisa berubah. Jika kemudian, setelah diperiksa ada terjadi klik yg tidak sah, maka klik tersebut tidaklah dihitung. Akhirnya, taksiran pendapatan pun jadi berkurang.

    demikian.. apakah bisa dipahami?

  • saya baru 1 bulan bergabung di adsense dan belum paham betul. Kebetulan ketemu blog kamu yang membahas lebh mendetail ttg adsense. Numpang tanya, kok penghasilan dolar saya berubah ya? ada apa dgn blog saya. Saya pernah melihat penghasilan dolllarnya $2,08, eh kok malah turun menjadi $ 1.84 ada apa ya?

  • @anonim.
    secara resmi tidak ada syarat usia blog untuk menjadi publisher adsense. Namun, jumlah konten/artikel sepertinya cukup berpengaruh. Usahakan minimal blog sudah memiliki kurang lebih 30 artikel sebelum mendaftar,.

  • @priyo.
    itu jauh lebih mudah lagi, karena tidak perlu mengajukan mendaftar adsense. Tinggal atur monetisasi saluran, lalu pilih video yg ingin dimonetis, lalu terakhir, kaitkan saluran dg akun adsense yg telah ada.

    silakan baca: portal-uang.com/2013/11/panduan-mendapatkan-uang-dari-youtube.html

  • Wah mantap banget gan artikel nya,hampir mirip sama yg di problogger tpi ini lebih jelas cz bahasa indonesia.hehehehe
    Saya baru buat blog gan dan msh belum berani daftar di adsense tpi suatu saat nanti saya pgn dftr dan mksh bnyak atas infonya gan, kunjung balik ya gan ke blog ane.hehehhe
    Sukses terus portal-uang.com

  • @risman.
    malam juga.

    maaf sekali, saya kurang paham apa yg dimaksud. Apakah maksudnya masuk ke akun adsense? Jika sudah bisa masuk, berarti sudah disetujui, mengapa ada peringatan seperti itu? Bisa diperjelas lagi ?

  • Selamat mlm gan. mhn bantuannya klo sy klik penghasilan ada yg muncul blog anda blm memenuhi syarat adsense . gimana caranya klo gitu gan ? terima kasih

  • @faradillah.
    ya jelas. Karena di youtube, kita hanya perlu mengupload video original 3 – 5 video. Tidak perlu memikirkan desain, menu, artikel, dan segala tetek bengek seperti halnya sebuah blog.

    Nah ada akun adsense yg khusus tuk memonetis konten Youtube, yang disebut akud Hosted. Namun, sekarang akun hosted tidak bisa dipasang langsung begitu saja di blogspot, apalagi di custom domain.

  • @gratis.
    ya betul, saat ini kita tidak bisa memasang adsense hosted di blog begitu saja. Tuk bisa dipasang di blog, harus melewati persetujuan tim Adsense setelah mereka mereview blog kita. Saran terbaik, tidak ada cara lain, selain memperbaiki blognya dulu, baru kemudian mendaftar lagi.

  • gan ane punya akun youtube dan udah alam diterma dan udah punya akun adsense bahkan udah 3x PO dri youtube, nah pas mau daftar blogspot Blog Anda belum memenuhi syarat AdSense.

  • @ketut.
    syukurlah jika begitu, semoga termotivasi terus sampai berhasil membangun blog yg sukses. mengenai blog susah berkembang, memang sdh berapa lama usia blognya? membangun blog yg sukses memang butuh butuh waktu dan kesabaran. apakah sudah melakukan promosi scr maksimal? Bagaimana dg seo-nya? Intinya, anda harus memiliki STRATEGI….

  • Membaca artikel-artikel dari Portal Uang, semakin termotivasi jadinya untuk menjadi blogger sejati.
    tapi problemnya, blog saya susah berkembang, padahal hampir setiap hari pos entri baru, kenapa ya kira-kira???

  • @sdmutiaraislam
    siap mas, mari belajar sama2.oya, maaf sekali mas, begitu buka halaman setiap livelink akan otomatis terhapus, jadi silakan mas add sy d fb, bisa dilihat di halaman aboutme! makasih telah berkunjung mas.

  • Mas, saya adalah newbie. Dan memang sedang berusaha keras agar mendapatkan penghasilan dari blog, salah satunya melalui google adsense.
    Ini akun FB saya:
    facebook.com/hussein.almujahidHussein

    Silakan kunjungi blog kami juga ya 🙂 :
    SharingOfHussein
    Sekolah Dasar Islam Ungggulan

    Terimakasih

  • tuk mas nurul>> bgm trafik blognya mas? apakah ckp memadai? utk mndpatkan pendapatan yg signifikan dan stabil minimal mas hrs memiliki paling sdikit 500 pv. jk trafik tdk mslah, tggal maksimalkan optimasinya saja.

  • gan mau nanya nhi ,,,
    gan bisah daftarin aq ngak soalnya aq ngak bisah nhii ,,, udh berkali" aq coba tpi masih ngak bisah n masi banya yng aq mau tanyain gan
    aku tunggu ya gan

  • mas. saya mau nanya . akun adsense saya udah 2 mnggu ttpi knp pnghasilannya tdk bertambah. apa yg salah pda akun saya.
    mhon kritik dan sarannya..
    mkasih..

  • saya main adsense kurang lebih sudah 1 tahun, penghasilan??? mmmm… tidak etis deh kayaknya kalau ditulis disini, hehehe… tapi kalau mau sharing2 atau ngobrol silakan pm saya, bisa di G+, fb atau via email. oya, terima kasih telah berkunjung mas periadi.