Tips Sukses Google Adsense IV – Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Ini adalah Bagian ke-4 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca dulu Bagian 3 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan ada 4 faktor utama yang mempengaruhi perolehan penghasilan dari Adsense, yang saya sebut sebagai Rumus Keberhasilan Adsense. Masih ingat bukan? Yaitu:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan.

Nah, mulai dari artikel ini, saya akan membahas satu persatu faktor di atas. Tentu apa yang akan saya paparkan di sini, sebatas pengetahuan dan kemampuan saya. Berdasarkan pengalaman sendiri, juga beberapa pengalaman dari para guru yang telah lebih dulu sukses mengelola blog.

Trafik tinggi
tips sukses adsense, meningkatkan trafik blogAdalah kunci dari keberhasilan program Adsense. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin banyak kemungkinan kita mendapatkan klik bukan?

Meningkatkan dan sekaligus menjaga pengunjung blog kita, memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan, kerja keras, kesabaran (dan mungkin sedikit nasib baik, hehehe….).Banyak cara yang ditempuh untuk meningkatkan trafik, juga telah sangat banyak para master (saya sendiri, jujur bukan ahlinya) yang telah mengulasnya panjang lebar.

Dan inilah beberapa hal yang praktis dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan trafik ke blog:

Desain blog yang baik dan unik

Bersaing dengan jutaan blog lain di seluruh dunia, menjadi sangat penting bagi blog Anda tampil seunik dan sebaik mungkin. Pandangan pertama selalu akan berkesan bagi setiap orang, begitu pun kesan pertama dari sebuah blog, yang mana dalam hal ini tentunya adalah desainnya yang bagus. Bagus di sini minimal mudah dalam navigasi, menampilkan semua yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Blog yang ramai, penuh dengan pernak-pernik (sehingga membuatnya berat), berwarna ngejreng yang membuat mata lelah, sebisa mungkin dihindari, karena justru tidak disukai oleh pengunjung.

Buatlah pengunjung nyaman berlama-lama, membolak-balik halaman blog Anda dengan desain yang elegan, manis, ringan, simpel dan mudah, dan yang terpenting: nyaman di mata!

Baca: Percantik desain blog.

Berinteraksi aktif dengan pengunjung

Interaksi yang baik antara pemilik blog dengan pengunjungnya adalah salah satu hal yang akan mendatangkan kunjungan berulang dari pembaca blog. Membalas komentar adalah salah satu caranya. Balaslah secepat mungkin komentar yang masuk, jawab pertanyaan, tanggapi keluhan jika ada.

Dan satu hal lagi, panggillah nama orang yang memberi komentar. Ini lebih terkesan akrab, dibandingkan dengan panggilan umum seperti: gan, sobat, dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah memasang widget interaktif di blog. Seperti fasilitas chat, buku tamu dan lain-lain.

Komentar di blog lain

Yakin, ini cara paling ampuh untuk mengenalkan diri. Dan ini juga salah satu alasan kenapa situs blog jauh lebih cepat dikenal dibandingkan dengan situs biasa. Karena ada interaksi, ada semacam peraturan tak tertulis di kalangan blogger, jika memberi komentar, maka harus mengomentari balik.

Ini sebuah hal yang sangat luar biasa. Jadi, jangan malas meninggalkan jejak di blog orang lain. Lebih jauh tentang manfaat komentar, baca: 8 Manfaat Berkomentar di Blog Lain.

Update! Update dan Update secara teratur

Menurut saya, tidak ada hal lain yang lebih membuat sebuah blog mati suri, selain jarang diupdate! Postingan atau artikel baru adalah sesuatu yang ditunggu oleh para pembaca. Mereka menantikan ada sesuatu yang baru di blog kita.

Update blog sebulan sekali? Hmmm… rasanya mendapatkan trafik tinggi cuma sekadar mimpi (kecuali mungkin, jika blog Anda sudah berisi ratusan artikel tak lekang waktu).

Link ke blog lain

Rasakan kejutan jika anda tidak pelit menampilkan link ke blog orang lain dengan sukarela. Tidak ada ruginya. Justru dengan begitu, kita akan semakin dihargai oleh blogger lain. Dan satu hal, itu tidak akan mempengaruhi ranking Anda di Google.

Konten yang menarik, segar, orisinil, dan bermanfaat

Semua tips di atas, sama sekali tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin hindari copas (copy paste) artikel orang lain, selain itu tidak baik, juga tidak akan bertahan untuk jangka panjang dalam mendatangkan pengunjung yang setia.

Optimasi Search Engine

Alias berusaha bagaimana membuat blog kita muncul di SERP terdepan. Sayangnya saya tidak ahli di bidang ini, jadi silakan belajar dari master-master yang telah banyak mengulasnya di blog mereka.

Tambahkan RSS Feed

Semakin hari semakin banyak orang membaca blog melalui RSS Feed.

Daftarkan ke blog direktori

Seringkali postingan kita terindeks oleh mesin pencari lebih baik di blog direktori ini, dibandingkan dari blog kita sendiri. Cara yang cukup ampuh tentunya untuk mendatangkan pengunjung tambahan.

Promosi blog lewat media sosial

Ini juga tidak boleh dilewatkan. Manfaatkan sebaik-baiknya media sosial seperti facebook, twiter, google+ dan lain-lain untuk ajang promosi blog.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan trafik ke blog kita. Jika Anda memiliki tips jitu yang lain, silakan berbagi dengan kita semua melalui kolom komentar.

Tentu, trafik yang tinggi saja tidak cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense.

Dan, pada tulisan berikutnya, kita akan membahas tentang bagaimana mendapatkan iklan bernilai tinggi, faktor kedua dalam Rumus Keberhasilan Adsense. Sampai ketemu di artikel berikutnya. Sukses buat kita semua.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

75 Komentar

  • Mantap kang … btw kalau banyak pengunjung yang berasal dari social media gak akan berpengaruh sama iklan??

  • Halo mas Gee..saya sudah mencoba beberapa tehnik yang disebutkan mas Gee. Namun, belum terasa efek yg signifikan. Apa memang untuk blog baru memang demikian ya mas? Terus untuk promosi di sosmed saya malah pakai facebook ads dan banyak mendapat like tapi hanya sekedar like saja bukan jadi masuk ke blognya.. Terima kasih..

    • menjalankan adsense, terutama adl trafik dulu bos Andika. Mengenai CPC dan lain2, memang agak berat untuk blog baru, apalagi ctr-nya rendah, krn google memiliki sistem yg disebut smart pricing, dimana harga cpc akan berbeda antara 1 blog dan blog lainnya.

  • maksih mas artikelnya. saya sudah daftar google adsene dari 2008 baru di approve 2016. setelah dapet iklan ternyata gak semudah itu juga dapat uangnya. trafik blog saya sangat rendah. bisa minta bantu mas nengok sebentar blog saya biar bisa kasih saran gitu

    • kalau boleh sy sarankan, sebaiknya ganti template blognya dengan yg lebih bagus dari segi desain dan navigasi. Coba bandingkan (lihat-lihat) blog lain yg sudah cukup populer.

  • Selama ini, ini artikel yang saya cari hahaha. Saya sudah daftar adsense udah diterima iklan sudah muncul pula di blog, tapi earnings nol besar. Saya pikir ada banyak hal yang saya lewatkan, dan ajaibnya itu semua dibahas disini. Terimakasih banyaak!!

  • hello mas Gee, artikelnya sangat bermanfaat, akan saya praktekkan dalam blog saya muarakaranggas1., doakan moga berhasil ya mas Gee.

  • hmmm, baru di bagian empat, rasanya mulai tau banyak, tapi agak pusing juga…

    Makasi buat artikelnya mas bro…
    istirahat dulu, sebentar lanjut baca lagi..
    biar yang suda mengendap dulu…

  • @hendra.
    @sepri.
    sama2, terima kasih pula atas kunjungan dan komentarnya.

    @iosi.
    terima kasih atas apresiasinya. betul sekali, kemampuan mengetik dg cepat, tentu sangat membantu dalam proses menulis artikel. Sukses selalu juga …..

  • Terima kasih mas, sangat bermanfaat , artikel berkualitas , saya betah bacanya, belajar ngeblog tidak boleh males, sebisa mungkin menguasai teknik mengetik 10 jari karena dapat mempercepat dan menghemat tenaga saat nulis artikel ,,

    Terima kasih, sukses selalu

  • @asep.
    ayo… kang Asep, jangan sampai patah semangat…. salam juga dari Blogger Indramayu, hehe… semoga ke depannya semakin meningkat pendapatan adsense-nya.

  • Hampir hilang semangat saya dalam bisnis adsense, saya butuh asupan nutrisi tambahan sebagai pendorong motivasi saya dalam merintis karier di dunia maya, thanks info nya, sangat inspiratif, rupanya ada kesalahan dalam tekhnik saya untuk meraup keuntungan dari bisnis ini, saya akan perhatikan baik-baik ke 4 faktor keberhasilan adsense : trafik tinggi, iklan bernilai tinggi, iklan yang relevan dan design iklan yang menarik, sekali lagi thanks infonya, salam dari Blogger Bandung.

  • @motivasi.
    itu sudah bagus, insya allah jika konsisten, akan meningkat seiring waktu.

    @nardi.
    sip…. saya pasti berkunjung balik.

    @hendry.
    terima kasih banyak mas Hendri.

    @sepatu.
    sukses selalu juga untuk kita semua… 🙂

    @ainul.
    bagi sebuah blog baru, tentu saja itu sangat lumayan. mengenai trafik sepertinya tidak ada peluang lain, kecuali terus mengikuti perkembangan pada topiknya, karena konten semacam itu bisa dikatakan tidak 'abadi', sehingga butuh konsistensi dalam mengupdate konten. dan itu adalah konseksuensi dalam memilih topik yang terus berkembang cepat.

    namun mungkin bisa saja, mas Ainul coba menulis artikel seputar film yang sekiranya tidak lekang waktu. artinya ia dapat dibaca dan bermanfaat kapan saja, bahkan bertahun-tahun dari sekarang, karena isinya 'abadi'. saya yakin bisa….

    terakhir, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, sukses selalu.

  • assalamualikum mas. alhamdulilah akhirnya saya dapat artikel yang mudah dimengerti sama pemula kaya saya. saya baru belajar blog dan youtube, salah satu yang lagi saya tekunin adalah blog. saya sudah membuat blog 4hari dan blog pertama saya adalah banditfilm.blogspot.com trafik saya perhari 100-150 apakah itu sudah lumayan atau gmana yamas untuk blog baru. berhubung blog saya tentang sinopsis film.yang harus mengikuti perkembangan film setiap harinya dan harus update terus. tidak ada artikel yang bisa terus menerus mendapatkan trafik tinggi . bagaimana caranya supaya membuat artikel lama kita bisa mendapatkan trafik tinggi ? terima kasih mas. sukses selalu ya mas. email saya : [email protected] mohon pencerahannya. sekali lagi artikel mas sangat membatu saya . terima kasih banyak

  • jika harus memberikan vote o%-100% saya memberikan vote nilai untuk blog ini 1000% luar biasa 🙂 sukses

    by:hxxp://lokergresik.blogspot.com

  • trima kasih atas trik dan infonya om… kebetulan bane baru di terimasa ama GA

    ditunggu kunjungan baliknya,,,
    harisania-ebtrada.blogspot.com/2014/05/akhirnya-google-adsense-saya-di-terima.html

  • infonya keren mas, bener2 dibahas perpoin, simpel dan mudah dimengerti u/ saya yg masih sangat baru (belum nyampe sebulan buat blog). sekarang ini yg buat saya sedikit bingung ad/ cari desain template buat blog yg bagus di mana? tlng rekomendasinya.

    mampir juga di blog saya mas, info-cpns-online.blogspot.com

  • mantap nih artikelnya gan sangat bermanfaat bagi saya sebagai yang punya blog baru. terimakasih jgn lupa kunbalnyya 😉

  • @jago.
    ngeblog memang akan lebih baik jika dikerjakan sebagai hobi. Tapi juga menurut saya tidak salah, jika sejak awal ngeblog dg niat mendapatkan uang, salah satunya dengan menjalankan adsense. Yang paling penting adalah konsistensi.

    anyway, terimakasih atas komentar dan kunjungannya.

  • menurut saya benar, akan tetapi jika membuat blog dengan alasan untuk sukses dalam adsense itu kurang benar, lebih baik membuat blog dengan alasan karena hobi. terimakasih

  • @portalharga.
    sebelumnya terima kasih atas apresiasinya. memang blogging salah pekerjaan paling berat di dunia.. hehe.. tapi setiap sebenarnya pasti bisa, kalau, seperti mas bilang, memiliki motivasi dan kemauan belajar yg kuat.

    sukses selalu buat IdHarga. terima kasih sekali atas komen dan kunjungannya.

  • Artikel nya sangat oke sob, memang membuat blog itu merupakan sebuah hal yang setiap orang belum tentu bisa karena perlu adanya talenta maupun motivasi nge blog yang tinggi, ane pikir ada dua hal yang saya soroti dari artikel ini yang pertama adalah konten berkualitas dan yang kedua promosi tiada henti, didukung desain yang bagus dan rapih, kedua hal ini sangat memunkinkan sebuah blog itu menjadi blog yang maju dengan trafik yang terus bertambah.

  • @andriy….
    silakan baca-baca tips seputar komentar di artikel berikut:
    – portal-uang.com/2013/08/manfaat-berkomentar-di-blog.html
    – portal-uang.com/2013/09/mempermudah-orang-untuk-berkomentar.html
    – portal-uang.com/2013/11/cara-berkomentar-yang-baik.html

    dari ketiga artikel tersebut, saya yakin Anda akan dapat sedikit pencerahan.. hehe… sukses buat Mas Andriy.

  • klo blog saya selalu sepi komentar dari pengunjung, padahal saya nunggu mereka banget buat ngasih masukan ato apalah soal artikel di blog saya.

    punya tips yg jitu gak mas ? tks salam kenal

  • @innestudio.
    terima kasih mas telah berkunjung, syukurlah jika tulisan saya bisa bermanfaat, dan memang berkomentar itu adalah salah satu kegiatan pokok bagi blogger. hehehe…

  • Sama2 Mas Achmad Solihat, sukur lah jika tulisan saya bermanfaat sedikit untuk Anda semua. semoga sekrang sudah tidak lagi menemui kesulitan memasang Adsense di blognya..