Tips Sukses Google Adsense VI – Iklan yang Relevan

Ini adalah Bagian ke-6 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Bagian 5 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Sampai saat ini, kita sudah membahas 2 dari 4 Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu meningkatkan trafik blog dan mendapatkan iklan bernilai tinggi. Sekarang, saatnya kita membahas faktor yang ke-3, yaitu mendapatkan iklan yang relevan.Sekedar untuk mengingatkan kembali rumus keberhasilan Adsense adalah:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan

Baik, sekarang mari kita fokus ke faktor ke-3 yang sedang dibicarakan, yaitu mendapatkan iklan yang relevan. Faktor ini sama pentingnya dengan faktor yang lainnya. Karena, meskipun Anda telah mendapatkan trafik tinggi, juga sudah berhasil mendapatkan iklan bernilai tinggi dengan memilih keyword ‘mahal’. Tapi jika iklan yang tampil di blog tidak relevan dengan kontennya, maka tidak akan memberi pengaruh besar terhadap pendapatan seperti diharapkan.

Mari, saya beri gambaran.Kita ambil sebuah contoh, misalkan topik blog Anda adalah mengenai alat-alat kesehatan. Blog anda sudah berisi puluhan (ratusan, bahkan) artikel pilihan tentang alat-alat kesehatan.

Blog anda juga sudah menguasai hasil pencarian di search engine dengan keyword alat-alat kesehatan. Namun, pada saat dibuka oleh pengunjung, iklan dari Adsense yang tampil justru kebanyakan adalah tentang blogging!

tips sukses adsense, mencari iklan yang relevan

Bisa ditebak. Orang-orang yang mengunjungi blog anda, adalah orang yang tertarik dengan alat-alat kesehatan, dan akan sangat kecil kemungkinannya mereka mengklik iklan tentang blogging!

Nah, sekarang tantangannya adalah: bagaimana caranya mendapat iklan yang relevan?

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Pastikan ada iklan untuk keyword yang dibidik

Cara yang paling mudah, cobalah lakukan pencarian lewat Google. Lihat hasilnya. Apakah ada iklan di hasil pencarian tersebut?

Jika tidak ada, maka itu pertanda buruk. Karena itu, mau tidak mau Anda harus mencari keyword baru. Sebagai contoh, jika keyword ‘kursi santai’ tidak memiliki iklan, cobalah ‘kursi santai bayi’, ‘kursi bayi’ dan sebagainya. Coba berbagai kombinasi, sampai anda menemukan yang tepat.

Fokus pada satu topik

Usahakan agar pada setiap posting kita hanya membahas satu topik saja. Jika Anda membahas banyak atau lebih dari satu topik dalam satu postingan, ini akan membuat bingung bot Adsense untuk menentukan topik suatu halaman. Ujung-ujungnya, Anda akan mendapatkan iklan yang tidak relevan.

Jadi, jika memang artikelnya agak panjang, dan harus memuat beberapa pokok bahasan sekaligus, bagilah menjadi beberapa bagian.

Tingkatkan densitas keyword anda

Semakin banyak keyword dipakai, semakin besar kesempatan mendapatkan iklan yang relevan. Saya sendiri tidak tahu persis, bagaimana cara bot Adsense menentukan iklan apa yang paling cocok dengan artikel blog kita.

Tapi setidaknya, saya sarankan untuk menyertakan keyword di judul artikel dan minimal satu lagi di paragraf pertama, kemudian sebar dengan alami pada alenia-alenia berikutnya. Baik juga jika menuliskan keyword dengan huruf tebal, miring, garis bawah dan sebagainya sebagai penekanan. Hal ini akan membantu bot Adsense menampilkan iklan yang relevan dengan topik yang sedang dibicarakan.

Periksalah menu, sidebar, header dan footer blog

Bot Adsense sepertinya tidak hanya memperhatikan artikel utama untuk menentukan topik blog lalu memilihkan iklan yang sesuai, tapi juga memeriksa menu, sidebar, termasuk header dan footer blog.

Jadi, jika ada teks pada menu, sidebar dan footer yang tidak sesuai dengan topik, sebaiknya dihapus saja.

Blok iklan yang tidak relevan

Jika telah melakukan hal-hal di atas, namun Anda tetap terus mendapatkan iklan yang tidak relevan, lakukan langkah terakhir: blok saja iklan tersebut!

Nah, bagaimana? Mudah bukan?

Jika sudah melakukan semua hal diatas, seharusnya sekarang Anda telah mendapatkan iklan yang relevan dengan topik blog Anda. Tentu saja, ini diharapkan bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate) dan ujung-ujungnya mampu meningkatkan pendapatan Adsense Anda.

Pada tulisan berikutnya, kita akan membahas faktor terakhir dari Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu penempatan dan desain iklan. Semoga bermanfaat, sukses untuk kita semua.

Salam.

Update: saya telah menulis tips tambahan untuk meningkatkan relevasi iklan.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar