Cara Mengetahui URL Iklan Adsense untuk Memblokir Iklan yang Tidak Relevan

cara mengetahui url iklan

Dalam tips sukses Adsense maupun dalam tips tambahan mendapatkan iklan yang relevan, saya telah menyebutkan langkah terakhir jika masih saja muncul iklan yang tidak relevan di blog, adalah dengan memblokir iklan-iklan tertentu yang tidak kita inginkan untuk tampil.

Namun di kedua artikel itu saya tidak menyebutkan bagaimana caranya. Nah, kali ini saya sampaikan lebih jauh cara memblokir iklan yang tidak Kamu inginkan.

Cara memblokir iklan yang paling umum, adalah dengan memasukkan url iklan yang bersangkutan ke dalam daftar iklan yang dicekal. Untuk iklan berbentuk teks, tentunya kita bisa langsung mengetahui url iklan tersebut, tapi bagaimana cara mengetahui alamat url iklan gambar?

Satu hal yang pasti adalah, jangan sekali-kali mengklik iklan itu untuk mengetahui url-nya, karena itu adalah melanggar kebijakan Adsense. Untuk mengetahuinya, ada dua cara yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Publisher Toolbar

Kamu yang menggunakan Google Chrome, sebaiknya mengaktifkan toolbar ini dan login ke akun Adsense, maka Kamu bisa melihat setiap url iklan yang tampil.

Selain itu, ada manfaat lain dari Publisher Toolbar ini, yaitu Kamu dapat mengetahui pendapatan Adsense dan laporan kinerja saluran secara realtime. Jadi, Kamu tidak perlu bolak-balik masuk ke akun Adsense hanya untuk mengetahui perkembangan earning Kamu. Jadi, jika Kamu belum memasangnya, saran saya segera pasang toolbar ini.

2. Melalui fasilitas Pusat Peninjauan Iklan

Masuklah ke akun Adsense Kamu. Kemudian buka Pusat Peninjauan Iklan. Disitu tampil iklan apa saja yang tampil di blog Kamu, dan Kamu dengan mudah mengetahui url iklan tersebut, bahkan Kamu langsung dapat memblokirnya hanya dengan sekali klik.

Ada beberapa orang yang menanyakan kepada saya, kenapa mereka tidak melihat iklan ditampilkan di sini. Penyebabnya adalah:

Pertama, Pusat Peninjauan Iklan hanya menampilkan iklan yang tampil di blog Kamu 30 hari terakhir, jadi iklan yang tampil di luar rentang waktu tersebut, maka tidak akan ada laporan di sini.

Kedua, jika Kamu baru saja mengirimkan permintaan opt-in untuk Pusat Peninjauan Iklan ini, tunggu 24 – 48 jam sebelum iklan muncul.

Selain itu, trafik yang sangat rendah pun bisa menjadi sebab Pusat Peninjauan Iklan tidak menampilkan apa-apa.

Selain dengan memasukkan url iklan, sebenarnya masih ada beberapa opsi lain untuk memblokir iklan, yaitu dengan menentukan Kategori Sensitif, berdasarkan Jaringan Iklan, dan Penayangan Iklan. Silakan Kamu pelajari langsung dari Akun Adsense Kamu.

Itulah cara memblokir dan mengetahui url iklan Adsense, semoga iklan yang tampil di blog Kamu menjadi lebih relevan, dan ujung-ujungnya mampu memaksimalkan pendapatan. Sukses selalu buat kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

35 Komentar

  • Saya baru-baru ini tidak dapat melihat iklan di pusat peninjauan iklan di akun Google AdSense saya. Laoding terus dan muncul notifikasi “Gagal Mengambil Iklan Coba Lagi”. Kira-kira itu kenapa ya mas?

  • mantap kang,artikel nya sangat membantu..
    ane mau blokir iklan yang nilai klik nya kecil..
    ane cma dpt 1000 dari 7 klik iklan adsense soalnya, kecil banget hehee

  • Trimakasih infonyan kang,memang klo ga di filter suka muncul iklan game yg agak vulgar

  • Nice tuts,
    Ketika saya hugling dan mendarat di artikel ini, saya hitung jumlah iklan nya ada 5ads unit + 1 page level ads, 3 diantaranya iklan facebook.
    Kenapa illan fb ga diblokir ? Setahu saya cpc nya kecil

    • ya kabarnya seperti itu bos kalau cpcnya kecil, tp mang ya. tp pengalaman saya setelah blokir beberapa iklan malah terdapat penurunan. setiap orang pasti beda – beda pendapatnya. silahkan bos terapkan lalu coba ceritakan pengalamannya disini 🙂 biar pengunjung lain dapat manfaatnya bos

    • Iya nih.. Akhir-akhir ini memang nilai cpc sangat buruk sekali. Tahun2 sebelumnya nilai cpc Indonesia terbilang cukup lumayan yaitu dikisaran 0.08-0.1/klik, dan tahun ini terjun bebas diangka 0.03-0.05/klik.. 🙁

  • Mau tanya mas, kalok blokir semua networks Adsense namun hanya menampilkan jaringan yang ada di Google AdWords. Menurutnya mas gimana?

  • @veni.
    entahlah, sebenarnya kita tdk pernah tahu iklan mana yg cpc nya rendah.. memangnya yakin , klo itu iklan itu yg diklik, dan mengetahui cpc-nya brp?

    klo sy sendiri, memilih tidak memblokirnya. lagipula terlalu banyak memblokir iklan itu tidak bagus. blokirlah iklan yg benar2 tidak relevan dg konten blog.

    ingat, adsense memiliki mekanisme lelang dalam menampilkan iklan, jadi jika suatu iklan tersebut muncul, maka itu berarti iklan tersebut telah mengalahkan semua iklan lainnya, maka itulah iklan paling tinggi cpcnya

  • klo kyk iklan berniaga or olx itu sebenarnya bagus gak mas soalnya baca2 di lapak sebelah kynta nilai cpcnya rendah jd mending di blok. gmn menurut ente?

  • @manfaat.
    Ya, mudah2an bisa meningkatkan nilai per kliknya… 🙂 sebaiknya terapkan juga tips Meningkatkan CPC Adsense… agar lebih maksimal lagi. tapi memang ada harga pasaran, nilai klik banyak ditentukan oleh topik dan kw blog…..

  • iklan adsense saya perkliknya rata-rata cuma dihargai 0.02, 0.03 jarang yang sampek 0.10 sangat kecil sekali, mudah-mudahan dengan cara di atas bisa membantu. thanks for share