Tips Tambahan agar Iklan Adsense Lebih Relevan

Untuk kesekian kalinya, saya ditanya tentang tips bagaimana membuat iklan Adsense yang muncul di blog relevan terhadap topik blog.

Memang hal yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan dari program periklanan kontekstual semisal Adsense.

Sebenarnya saya telah mengulas relevansi iklan ini dalam seri Tips Sukses Adsense Bagian #6, namun saya coba tambahkan beberapa yang belum disebutkan dalam artikel tersebut.

Dan berikut adalah tips tambahan yang bisa saya berikan.

Keyword di dalam konten
Selalu cantumkan keyword yang menjadi target di dalam setiap postingan. Taruh beberapa di alenia pertama, dan beberapa juga menyebar di sisa tulisan. Namun harus diingat, jangan juga kita memaksakan memasukkan keyword tanpa memperhatikan kaidah bahasa yang baik dan benar, sehingga membuat artikel tidak ‘enak’ untuk dibaca.

Keyword di judul artikel
Saya melihat bahwa keyword di judul posting cukup berpengaruh besar terhadap relevansi iklan. Tentu saja, judul harus menyesuaikan dengan isi dari artikel bersangkutan. Selain itu, dengan menaruh keyword pada judul juga akan berpengaruh terhadap SEO (menurut pakar SEO, saya sendiri buta terhadap SEO).

Meta tags
Memang saya tidak menemukan pihak Adsense menyebut-nyebut tentang meta tags untuk memperoleh iklan yang relevan. Tapi, dari banyak pengalaman para publisher Adsense, meyakini bahwa meta tags masih berpengaruh terhadap relevansi iklan.

Jadi, meskipun saat ini secara SEO, meta tags sudah kurang dianggap, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tujuan lain, yaitu membantu mendapatkan iklan Google Adsense yang lebih relevan. Pasang semua keyword yang berkaitan di meta tags untuk membantu bot Adsense menentukan isi blog secara keseluruhan.

Minta bantuan orang lain
Mintalah teman yang jauh, atau yang tinggal di luar negeri, untuk melihat iklan yang muncul di blog kita. Faktanya, Adsense memiliki fitur geo targeting, yang akan menampilkan iklan berdasarkan lokasi dari mana blog kita diakses.

Ini tentunya akan memberikan relevansi iklan yang berbeda. Dengan cara ini, jika teman Anda melihat masih ada iklan yang tidak relevan, Anda bisa mengambil langkah, seperti memblokir iklan tersebut, misalnya.

Iklan yang relevan membutuhkan waktu
Yang saya maksud adalah, jika Anda melihat iklan yang tidak relevan, jangan buru-buru berpikir ada yang salah. Ada kemungkinan ini disebabkan artikel atau blog bersangkutan belum cukup ‘usia’.

Hal ini mungkin dikarenakan bot Adsense belum ‘memahami’ benar topik blog kita. Beri waktu beberapa minggu kepada Adsense untuk memperbaiki semuanya.

Nah, itulah beberapa tips tambahan yang bisa saya sampaikan, untuk selebihnya silakan baca tentang iklan yang relevan ini dalam artikel saya sebelumnya. Baca juga tips optimasi unit iklan adsense, karena sukses di Adsense tidak semata tergantung terhadap relevansi iklan, namun juga berkaitan dengan faktor-faktor lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

29 Komentar

  • Saya suka dengan tulisan” anda. Bahasanya mudah di baca. Jadi tertarik bikin blog dan belajar mengoptimalkannya. Tolong bimbingan senior yg lebih dulu terjun di bidang ini. Terima kasih.

  • Iya mas,betul. Bikin sebuah blog maupun web,harus diperhitungkan betul ibarat bikin rumah. Kalau dulu awal mula tahap bikin blog juga karena iseng. Saking amatirnya copas sana copas sini,alamak keyword jorok jadi ikut nyangkut dianalistik.
    Seiring Daya pikir juga berkembang, akhirnya bikin konten lebih original,meskipun agak kacau tatanan bahasanya bercampur bahasa alai,tapi disini letak nilai lebihnya..tau tau google bot jadi intens nengok. Saya akui kalau konten yg original itu tantangan,disatu sisi google bot juga belajar, kayaknya sudah berpikir gemilang mirip manusia. Kalau judul konten cuma sekedar pemicu,tapi isinya hoax gk bermutu, Bot seolah paham dgn mengambil tindakan.

    Baidewe, dalam kurun waktu 2012-2016,saya seringkali mengajukan adsense dan selalu ditolak,baru 2017 diterima.

    Agak pusing,tapi analisa tidaklah salah, adsense selalu mencari celah dari judul “tag” yg berisi akronim suku kata yg paling mendekati. Selebihnya tinggal kita evaluasi kembali postingannya saja. Nice share mas,moga makin maju

  • Terimakasih sharingnya.

    Sy ini termasuk bingungan. Adsenseq baru. Baru jg latihan masang. Tapi ada iklan yg bikin sedih yg muncul.

    Jadi nunggu dulu mungkin ya biar adsense memahami niche blog kita

  • Saat meletakan iklan adsense kadang saya bingung… maklum emak2. Jadi agak norak. Saya baca dan dapet manfaatnya

  • Terima kasih tips nya mas,. Oy kira2 kalau kita bisa menmpilkan iklan yang relevan apa juga pengaruh terhadap penghasilan adsense mas

  • makasih mas , atas informasi yang sangat bermanfaat 🙂 sangat membantu saya selagi saya pemula baru belajar

  • @maseuS
    pada umumnya tidak banyak yg bisa kita lakukan utk meningkatkan cpc, krn nilai klik ditentukan oleh pengiklan dan mekanisme lelang adsense, bukan di kita.

    cara paling ampuh mendapatkan cpc tinggi adalah dg mengaktifkan saluran dg target penempatan. Itu prioritas utama dlm hal nilai cpc. krn begitu pengiklan memilih blog kita, otomatis ia harus mengalahkan semua iklan lainnya, sehingga cpc yg kita dapat jadi tinggi.

    @ell.
    tidak….akun adsense ttp utuh.. 🙂

  • bang adsenseku kan baru full keterima nih ceritanya..
    saya pake domain TLD, suatu waktu kalau domain TLD ku itu angus alias kembali ke flat form asalinya (dalam hal ini blogger)
    kira-kira adsenseku ikut hangus gk bang?
    makasih bang. mohon bimbingan

  • Untuk cpc pada akun g,a saya sangatlah sedikit sekali sekitar 0,02 apakah yang harus saya benai ya pak ya..

  • Pantesan baru ngeh saya, kenapa keseringan muncul iklan yang tidak relevan.
    Ternyata perlu waktu dan mainin keyword

    Trims infonya Mas, salam kenal

  • bagus banget ulasanya mas.
    saya pembaca setia blog ini,
    ibarat sumur, blog agan ini tempat nimba air, wh salah maksednya nimba ilmu. hehehe