Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang paling digemari blogger di seluruh dunia. Hampir selalu Adsense menjadi pilihan utama memonetisasi blog.

Secara umum kita bisa meningkatkan pendapatan dari Adsense dengan melakukan berbagai optimasi, seperti mendapatkan iklan yang relevan, mendapatkan iklan bernilai tinggi, desain dan penempatan iklan dan tentu saja usaha meningkatkan trafik blog.

Dan kali ini saya ingin secara khusus menyoroti tentang pemilihan dan optimasi unit iklan. Pemilihan unit iklan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penghasilan Adsense secara keseluruhan.

Dan inilah beberapa hal yang bisa saya sarankan dalam optimasi unit iklan yang paling menguntungkan:

– Tips yang selalu sarankan kepada siapapun dan mungkin telah menjadi patokan umum adalah, buatlah desain unit iklan agar menyatu dengan blog. Untuk blog dengan latar belakang cerah (tanpa border, background yang sama). Dan buatlah kontras jika latar belakang halaman berwarna gelap (dengan border, background kontras).

– Jika menempatkan iklan dalam postingan, jangan memakai border. Jika ditempatkan di luar, boleh menggunakan border untuk memancing perhatian.

– 3 unit iklan yang paling baik adalah ukuran 336×280 (kotak besar), 300×250 (kotak sedang) dan 160×600 (wide skyscraper). Sedapat mungkin, gunakan ketiga unit ini. Namun, mungkin saja unit-unit yang lain lebih cocok untuk situs / blog Kamu. Melakukan percobaan adalah yang terbaik.

– Untuk link yang terbaik adalah warna biru. Mungkin karena memang secara umum kebanyakan situs menggunakan warna ini untuk link. Namun, jika situs / blog Kamu menggunakan warna link lain, samakan saja link iklan dengan link blog. Walaupun menurut saya, tetap warna biru adalah yang terbaik (ada yang bilang, memang manusia lebih menyukai warna biru secara psikologi, entahlah!).

Tes, coba, eksperimen. Terus lakukan percobaan. Amati hasilnya per 2 minggu, sampai kita menemukan yang benar-benar bekerja dan terbaik untuk blog/situs kita.

Itulah sedikit tips mengenai optimasi unit iklan. Semoga bermanfaat, dan seperti biasa saya akan senang jika Kamu mau berbagi pengalaman Kamu dalam optimasi unit iklan Adsense yang terbaik bagi Kamu melalui kolom komentar di bawah.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

27 Komentar

  • Eksperimen itu yang menurut saya sangat berharga mas, dan sepertinya 2 minggu emang lebih baik buat eksperimen tiap unit, kadang baru beberapa hari saya langsung ingin ganti – ganti tuh iklan padahal kan lebih baik punya jangka waktu yang lumayan biar keliatan perbedaannya. hehe
    makasih mas tips nya. hehe

  • entah, sudah berapa kali saya melakukan ekperimen tetapi CTR belum pernah bisa menyentuh 2%.. mungkin saya harus menunggu hingga ke-1000 kali seperti Edison.

  • @wahyudi.
    blognya sudah bagus kok…. makasih atas kunjungan dan komentarnya. 🙂

    @berita.
    ya memang secara prinsip semua tips di atas dapat diterapkan untuk semua program periklanan yang ada kok. Sukses selalu…

  • Info sangat bermanfaat sekali Brader..Bro Gee Jhon mohon kritik, saran dan tipsnya donk untuk blog sy . Mana yg harus di perbaiki dan mana yg harus di gnti iklan adsensenya..Terima Kasih sebelumnya 🙂

  • @erick.
    secara umum, ya betul. saya setuju. contohnya di blog ini sendiri, berturut unit yg bekerja paling baik adalah, unit 336×280 di bawah judul posting, teks link di tengah artikel, unit khusus 90×600 di bawah artikel dan 300×600 di sidebar.

    pedoman umumnya : lebih besar lebih baik. 336×280 lebih baik dari 300×250, misalnya. Atau 160×600 lebih baik dari 90×600. dan sebagainya. Alasannya? Silakan baca:

    portal-uang.com/2014/01/menggunakan-unit-adsense-336×280.html

  • Rata2 kebanyakan orang bilang, iklan unit 336×280, 728×90, dan 160×600 iklan terbaik.. untuk iklan unit responsive dan 728×15 gimana mas?

  • @bisnis.
    jangan berhenti melakukan eksperimen. Teruslah mencoba unit2 baru, ganti posisi, rubah warna link, latar belakang, dsb. Lakukan terus sampai Anda benar2 menemukan yg terbaik bagi blognya.

  • ctr ku gak pernah tembus nyampe 2 % padahal udah pake unit iklan diatas, gimana ya? apakah harus di tambah link iklannya ya?

  • Ternyata bisa dioptimasi juga ya gan, terimakasih atas tips yang bermanfaat ini, salam kenal