Tips Sukses Google Adsense VIII – Hal Penting Lainnya

Ini adalah penutup dari tujuh tulisan sebelumnya tentang Tips Sukses Adsense Untuk Blogger.Ini memang kelihatannya tidak berhubungan secara langsung dengan usaha kita untuk meningkatkan pendapatan dari Adsense, tapi ini adalah hal-hal yang juga tidak kalah pentingnya untuk kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis Adsense.

Saya telah menerangkan dengan segamblang mungkin tentang rahasia dan rumus keberhasilan mengelola Adsense secara runut pada seri 7 artikel sebelumnya. Saya harap, dengan melakukan semua tips yang telah sampaikan sebelumnya dapat meningkatkan penghasilan anda semua.Namun, ada bebarap hal lain lain yang juga perlu kita perhatikan:

Jangan sekali-kali anda mengklik iklan sendiri

Sering memang kita tergoda untuk mengklik iklan sendiri (terutama bagi pemula di Adsense) untuk menambah penghasilan sambil berpikir bahwa ini tidak akan berakibat apa-apa. Tapi ingat, ketika kita menyetujui dan mendaftar menjadi penayang Adsense, ini adalah salah satu persetujuan antara kita dengan Adsense. Jika kita melakukannya, berarti kita telah melanggar persetujuan itu.

Jika menginginkan kesuksesan jangka panjang, belajarlah untuk amanah, percaya itu jauh lebih baik. Dan satu hal lagi, mudah saja bagi Google (mereka memiliki perangkat cerdas dan sangat pintar) untuk mengetahui dan menganalisa suatu klik itu sah atau tidak.

Jadi, apalah artinya penghasilan beberapa dolar jika harus ditukar dengan di-banned-nya akun kita. Biarkan, iklan kita ‘melakukan tugasnya’ sendiri.

Jangan menyuruh teman untuk mengklik iklan

Saya sudah banyak melihat akun yang dibanned karena hal ini. Sama seperti poin di atas, ini juga salah satu kesepakatan kita dengan Google. Jika, kita melakukannya, maka Google akan segera dapat mendeteksinya.

Lakukan monitoring secara teratur dan terus menerus

Ini penting! Gunakan semua fasilitas yang disediakan oleh Google Adsense. Selalu pantau mana halaman yang kurang maksimal, lalu lakukan perbaikan. Dan mana halaman yang memberikan penghasilan yang tinggi, buat lagi sebanyak-banyak yang seperti itu.

tips sukses adsense, yang penting untuk publisher

Nah, itulah beberapa hal tambahan yang perlu mendapat perhatian untuk memastikan Anda menghasilkan hasil maksimal dari Google Adsense.

Untuk penjelasan lebih detil mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keutuhan akun, silakan baca Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Publisher Adsense.

Bisa jadi, topik blog kita tidak memiliki pengiklan yang cukup atau sangat sedikit, atau juga penyebab lainnya. Jika sudah begitu, carilah alternatif lainnya. Adsense bukan segalanya dan bukan satu-satunya cara kita mencari uang lewat internet. Masih banyak peluang lain jika kita mau. Melalui blog ini pun saya berbagi dan mereview banyak sumber penghasil uang dari internet.

Jika kita telah berupaya maksimal, tapi tetap saja pendapatan kita dari Adsense tidak seperti yang kita harapkan, mungkin berarti kita memang ‘tidak berjodoh’ dengan Google Adsense.

Mengakhiri artikel seri Tips Sukses untuk Blogger, satu pesan saya: tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan sesaat.

Semuanya butuh proses, dimana dalam proses itu sangat membutuhkan dedikasi, ketekunan, semangat untuk terus memperbaiki kesalahan dan mental pantang menyerah.

Salam.

Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

  • Terima kasih pencerahan nya mas Gee Jhon, memang percuma kalau kita membaca, mengikuti workshop, seminar dan cara lainnya untuk mendapatkan informasi jika kita tidak melakukannya.

    Saya baca dari bagian 1 sampai akhir, apa yang disampaikan berbobot memang sebagaimana konten seharusnya dibuat. Ijin bookmark barangkali saya bakalan sering mondar mandir untuk belajar dari mas Gee. Mohon bimbingannya ya.

    Jika berkenan mampir untuk mencari inspirasi kesuksesan dan pengembangan diri di website saya dan mohon koreksinya jika menurut mas Gee dan teman-teman disini ada yang perlu diperbaiki.

    Akhir kata

    Terima kasih
    Semoga semua berhasil sukses mendulang uang dari blog 😀

  • terima kasih bos info untuk mencaga keoercayaan google adsense ini sangat penting sekali ,soalnya saya baru satu minggu di amprov adsense …

  • Lama baru buka blog, dan sudah lama tidak berkunjung ke blog Mas Ghe jhon, tambah keren nih artikel-artikelnya banyak sekali ilmu yang bermanfaat.

  • Trimkasih mas, saya baca per bagian nya, dan yang terakhir ini memang benar kadang kita tergoda untuk klik iklan sendiri padahal sudah melakukan persetujuan, bagaimana mau berkah jika tidak amanah. terus terang saya baru mulai mau nyemplung dunia adsene ini, dulu pernah daftar tapi ditolak tapi kali ini mau serius. baca-baca tulisan smpen saya jadi termotivasi. suwun mas sangat bermanfaat, salam kenal.

  • @acep.
    sebelumnya terima kasih atas apresiasinya terhadap portaluang. Baik, begini mas, sejak 2012 google Adsense telah mendukung penuh bahasa Indonesia, jadi jawabannya adalah: YA, kita bisa jadi publisher GA dg blog / situs berbahasa Indonesia. Contohnya blog ini, bukankah portaluang berbahasa Indonesia?

    Mhn maaf, saya jawabnya disini saja ya? hehe… biar bisa dibaca juga oleh yg lain.

  • Artikelnya sudah saya baca semua mas,, dari ujung timur sampai ujung barat saya baca, artikelnya hight quality ,mantap dh,, o iy mw nanya ni,, adsense it kn brasal dr AS, tentunya bhs'a b.inggris,, nah seandainya saya punya blog artikelnya b.indonesia semua, apkh blog saya ini layak sebagai publisher GA,, soalnya saya gx bsa bhs bule,, mnta pendapatnya, tp di bales'a lewat e-mail ea,, biar afdol ,,hee.. Ni e-mailnya => [email protected].. Ditunggu balesannya, trimakasih 🙂

  • waktu mendaftar adsense,disuruh masukkan URL… itu maksudnya gimana y??? masih sangat bingung ni… 🙂

  • @bisnis.
    unit textlink atau unit tautan adalah jenis iklan dari adsense yang hanya berupa LINK. Seperti kalau Anda lihat di artikel ini ada 1 unit di tengah2 artikel sebelah kiri, nah itulah unit adsense textlink. Sedangkan unit lain adalah unit iklan konten biasa.

    Unit iklan berupa textlink ini, apabila diklik, maka ia tidak langsung membuka URL pengiklan tertentu, namun pengklik, akan dibawah ke satu halaman lain yg berisi link2 yang relevan dengan keyword pada unit text link tadi.

    Maka dari itu, publisher tidak dibayar pada saat pengunjung mengklik unit tautan ini, namun dibayar pada saat pengunjung mengklik iklan yg sebenarnya di halaman link yang terbuka tadi.

    Bagaimana? Apakah sudah cukup jelas? Terima kasih telah berkunjung.. 🙂

  • masih awal di adsense, yang mau ditanyakan itu, sebeneranya link units itu apa, link tautan itu apa, bingung saya nya