5 Topik Blog Ini, Tidak Sesuai Untuk Adsense

Topik blog adalah salah satu hal paling berperan dalam perolehan hasil dari program Adsense, karena tidak semua topik dapat menghasilkan pendapatan yang sama.

Ada topik yang benar-benar ‘mahal’ dan ramai, ada topik yang sama sekali tidak menarik minat para pengiklan.

Saya telah melakukan sedikit riset kecil-kecilan, dan menemukan bahwa bahwa topik-topik blog tertentu tidak efektif untuk menjalankan program Adsense, bahkan ada topik yang sama sekali tidak memiliki pengiklan.

Inilah beberapa topik yang tidak cocok untuk menjalankan program Adsense, karena tidak akan memberikan hasil maksimal atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali.

Topik gosip/selebritis
Topik ini bisa jadi akan mendatangkan banyak pengunjung, karena memang segala hal tentang gosip para selebritis begitu menarik untuk diketahui dan diikuti. Tapi, dari segi penghasilan Adsense, topik gosip atau selebritis sangat rendah nilainya.

Penyebabnya adalah rendahnya nilai per klik, karena memang tidak ada produk bernilai cukup tinggi yang berkaitan dengan selebritis. Tentu saja, ada beberapa produk seperti DVDs’, tiket konser dan lainnya, tapi biasanya mereka tidak akan menghabiskan dana besar di Adsense hanya untuk menjual produk-produk seperti ini. Bisa saja sebenarnya mendapatkan hasil lumayan dari Adsense dengan topik gosip/selebriti, jika trafiknya benar-benar sangat tinggi.

Mungkin topik ini jauh lebih cocok untuk menjalankan program iklan sponsorship dibandingkan program Adsense.

Topik politik
Topik ini juga tidaklah terlalu bagus untuk menjalankan Adsense. Ditambah lagi biasanya topik politik bersifat musiman.

Saat-saat seperti menjelang pemilu misalnya, mungkin akan ada sedikit persaingan iklan dari para kandidat. Tapi, secara umum iklan untuk topik ini sangat-sangat kecil dan bernilai rendah, karena memang tidak ada produk yang dijual kepada masyarakat. Silakan ketikkan keyword tentang politik di Google, apakah Kamu menemukan iklan di hasil pencarian?

Topik agama
Ini salah satu topik paling sedikit memiliki pengiklan. Jadi, jika tujuannya adalah memaksimalkan pendapatan dari Adsense, Kamu harus memilih topik lainnya.

Topik olahraga
Alasannya sama dengan topik selebritis di atas, yaitu rendahnya nilai per klik dan tidak ada produk bernilai tinggi berkaitan dengan momen olahraga. Butuh trafik yang sangat besar untuk mendapatkan hasil dari Adsense bagi topik ini.

Topik dewasa
Untuk yang satu ini jelas, Adsense tidak memperbolehkan situs / blog dengan topik dewasa menjadi publishernya.

Nah, itulah 5 topik blog yang tidak cocok untuk menjalankan Adsense dengan hasil yang memuaskan. Jadi, jika tujuan Kamu blogging adalah untuk mendapatkan uang dengan menjalankan Adsense, sebaiknya memilih topik blog lainnya.

Kamu memiliki pengalaman tentang topik blog yang sesuai untuk Adsense? Kiranya bisa menambahkannya melalui komentar di bawah. Senang jika Kamu bisa berbagi. Sukses untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

57 Komentar

  • sy stuju..!memang blog niche agama minim pengiklan. sy juga pikir2 mau di pasang iklan atau tidak blog niche agama milik saya.

    • pengalaman saya buat artikel original, bagi sesaui kategori ( menu ) , daftarkan blog ke GWT, google analytics, buat menu pendukung seperti kontak dll. jika sudah ada pengunjung blognya coba daftarkan.

  • Malam. Sya pgen saran n masukannya sedikit ttg web sya ini *ahmadjulasman.com* soalnua uda beberapa x pnolakan n perbaikan dftr adsense. Trims

  • hallo, perkenalkan saya dari bandung, saya sedang menganggur saat ini, ikut freelance luarnegeri belum pernah menang, baru belajar bikin blogger sekitar empat bulan dari internet, kebetulan blog ini sering tampil di penelusuran saya, mau nanya…saya sudah belajar bikin FONT, masih bingung untuk kedepannya mau gimana, kira kira kalo aku bikin Font format TTF,OTF,WOFF terus dibikin blog dan digratiskan download kira-kira bagus untuk adsense gak….? terimakasih salam blogger

    • bisa saja mas 🙂 namun apalagi diulas lebih dalam fontnya, umpama cara menggunakan font yang mas bikin cocok untuk apa dan contohnya gimana 🙂 akhirnya seperti blog dengan konten desain 🙂

  • Mas Gee Jhon, Saya sudah memperbaiki blog terkait penolakan Adsense, Berapa lama blog saya daftar lagi ? Apakah menunggu jangka waktu tertentu ?
    Blog kami adalah seputar Pendidikan, Nah apakah blog pendidikan bisa diterima GA, dan kira-kira untuk nilai kliknya termasuk sedang ataukah tinggi mungkin rendah ?

    Terimakasih Mas Gee Jhon

  • wah, kayaknya paling cocok ya blog seputar tips dan trik blogging atau cara dapetin dolar dari internet.
    kalo topik lain apa ya yang cocok? kalo menurut ente gan, blog seputar review games / anime cocok gak untuk adsense?

    • intinya yang cocok itu tidak melanggar kebijakan adsense gan. blog anime agan itu ada link download untuk anime gak ama blog gamenya ada link download game yang berbayar gak ? klo iya itu yang bikin gak cocok.

  • Mas gee, saya ini rajin nongkrong disini karena adem templatenya dan sangat berbobot artikelnya. Nah saya jg kepincut pengen tanya nih mas, blog saya kabarklambu.com kan ngambil topik di pemberitaan, apakah tipe tersebut juga sukai Adsense mas?

  • Mas, misalnya kita punya trafik 5000 UV perhari namun penghasilan kecil karena topik misalnya sejarah, gimana jika topik ditambah dengan teknologi jadi konten menjadi 2 yaitu sejarah dan teknologi apakah mungkin bisa meningkatkan penghasilan?

  • Hmm, soal topik politik dan agama setuju banget Mas Bro

    Kita mau menjual apa soal politik, berita korupsi?
    Kita mau menjual apa soal agama?
    Agama bukan untuk dijual.

    Biasanya cara riset kecil-kecilannya gimana Mas Bro?

  • mas, saya lagi belajar2 ngeblog nih.
    dan saya berencana ingin membuat blog yg bertema pendidikan.
    saya pengen setelah selesai kuliah, terus ilmu saya tidak hilang begitu saja tanpa di pelajari kembali
    saya ingin meluapkan semua materi-materi yang pernah dipelajari di kampus ke dalam blog.
    apakah blog seperti ini dapat diterima sama adsense?
    sedangkan ada poin ketentuan adsense, dilarang penjualan dan penyebaran tugas dan materi kuliah. itu yang seperti apa?
    gimana solusinya mas?

    terimakasih sebelumnya.

  • secara umum saya setuju dgn riset mas gee. tapi saya ada pengalaman sedikit soal blog niche agama… pernah dipasang GA bberapa hari ternyata cpc-nya /klik diatas rata rata blog makro niche, namun sya copot kmbali slot iklannya karena masih dlm tahap pengembangan

    • data yg terkumpul dalam waktu singkat, tidak bisa dijadikan pegangan. paling tidak 1 bulan, baru bisa mengambil satu kesimpulan. 🙂

      tp memang penargetan adsense tidak semata kontekstual, masih ada lagi jenis penargetan lain, seperti kebiasaan pengguna, dll.

  • bermanfaat, tqs. punya refernsi web lain mas ? yg berkaitan dgn belajar nge-blog yg berhubungan dg swausaha.

  • Tidak sepenuhnya benar, pariz hilton contohnya, dia sukses dapat ratusan ribu dolar dari web gosip, linda ikeji ratusan juta rupiah hanya dari adsense perbulan. Intinya, berbagi yang bermanfaat untuk orang lain, sukses hanya menunggu waktu saja.

    • Pariz Hilton? Tentu, saja. Siapa yg tidak kenal Pariz Hilton? GeeJhon? Ah,, hanya bisa dihitung jari orang yg kenal GeeJhon. Intinya apa? Betul, web curhatan pribadi bisa sukses, namun itu hanya utk org2 tertentu yg sudah memilik fans ribuan.
      Tapi betul, kembali ke masalah trafik! Topik apapun, selama ada trafik, pasti akan berhasil. Tapi masalahnya tuk mendapat trafik dari tema diari pribadi sy kira akan sangat sulit, kecuali dilakukan oleh selebritis

  • @wahyoe.
    langkah selanjutnya: teruslah menulis mas… sambil perdalam lagi pengetahuan bloggingnya dari berbagai sumber. Keterampilan, serta pemahaman terhadap apa2 yg perlu dilakukan kemudian, akan kita dapatkan seiring waktu.

    Sukses selalu mas.!

  • Saya juga pengguna baru blogger nih, saja juga baru bisa buat artikel dan mempubkikasikannya. Dan saya terus berusaha untuk rutin membuat artikel dan mempost-nya. Langkah kemudian yang harus saya lakukan apa?

  • mas arif, saya pengguna baru blogger, terima kasih bnyak info2nya, ini sangat bermanfaat, sebenarnya blog seperti apa yang bagus mas, soalnya blog yang saya buat masih dalam kategori standar, belum bnyak editan, yang penting apa aja biar bisa di terima GA ma? mohon bantuannya mas

  • @edu.
    untuk blogspot, gunakan tab penghasilan di dasbor blogger.

    @forgotten.
    mmm…. sebenernya topik apapun (selama ada yang mencari informasi tersebut) dapat berjalan baik. Tapi tetap saja, topik2 tertentu2 (termasuk topik sejarah), kurang memberi hasil maksimal dari Adsense.

    Jelasnya mungkin begini, misalnya blog dg topik teknologi (misalnya) hanya dengan trafik 5.000/hari, sudah bisa menghasilkan 200$ / bulan, sedangkan mgkin dg topik sejarah, untuk dapat hasil segitu, butuh trafik 15.000/hari.

    Itu karena keyword atau topiknya bernilai kecil (CPC).

  • tapi bukan nya mas, kalau otorisasi untuk domain TLD bukan untuk blogspot ?
    kalau masukan url di adsense direct maksud nya apa ?

  • @edu.
    ya ada, silakan masukkan alamat blog di halaman otorisasi. Lalu pasang kode iklannya di blog. Dan tunggu. Biasanya paling lama 1 minggu, sudah ada jawaban.

  • Kalau cara supaya di review, apa ada menu penambahan alamat untuk blogspot di adsense ?
    Atau langsung pasang script nya nanti di review ?
    Kalau lama review nya kira-kira berapa hari mas ?
    *Terima kasih sebelum nya 🙂

  • @edu.
    ya betul, karena memang tuk bisa tampil di blog, sebelumnya blognya harus direview dulu oleh tim adsense. Jika disetujui, iklan baru muncul. Jika tidak, maka itu berarti ditolak, dan iklan tidak akan muncul.

  • ok mas
    mas, saya mau tanya lagi
    kan saya daftar adsense lewat youtube, di youtube sudah nampil iklan nya tapi di blog belum, apa harus menunggu 1 X 48 jam ?

  • @edupelajaran.
    menurut saya topik pendidikan cukup bagus untuk menjalankan adsense. Untuk lebih jelasnya lagi, silakan lakukan riset melalui keyword planner Google Adword.

  • @idris.
    sama2. 🙂

    @rahman.
    mengenai konten blog, satu patokan menurut saya: selama ada orang yang mencari dan membutuhkan informasi itu, maka itu adalah konten yg layak.

  • Mas Gee John, Apa bisa bisa konten blog terbuat dari materi – materi mata kuliah?

  • @idris.
    tidak ada solusi, hanya tinggal menunggu jawaban dari Adsense, apakah pengajuan kita diterima atau ditolak. Selama menunggu itu, terus lakukan update dan promosi blog. Semoga sukses….

  • mau nanya mas gan, blog saya spertinya sdh dtrima adsense, tp blum full katanya, n blum mncul iklannya. gmna tu solusinya? mksih sblumnya..
    URL blog saya bandungfitnescenter.blogspot.com

  • @rusman.
    kembali kasih sebelumnya mas Rusman, 🙂
    mengenai usia tidak jadi masalah mas, selama 'kondisi' blog sudah memenuhi syarat, seperti jumlah konten yg cukup, desain yg baik, navigasi yg mudah, dan sebagainya. Tapi, emang ada baiknya, jangan terburu-buru, tunggu paling tidak 1 – 2 bulan, sebelum mengajukan ke adsense. Tujuannya agar sedikit banyak telah mendapatkan trafik. semoga sukses dengan blog barunya…..

  • Trima kasih sebelumnya mas,Saya banyak baca tentang iklan adsense di artikel blog anda,Saya tertarik untuk mencoba adsense utnuk blog saya,Sekadar untuk informasi kira kira blog yang seumur jagung apa sudah bisa ikut serta dalam program adsense.? Jika bisa mungkin saya akan melaksanakan niat saya untuk daftar di adsense juga,Kayak master blog porta-uang.Tq mas…

  • @arif….
    saya tidak bisa secara langsung memberi saran topik terbaik untuk adsense Mas Arif… karena itu sangat2 tergantung pada masing2 blogger.. topik yg bernilai tinggi pun, jika tidak sesuai dg minat kita pasti akan percuma, krn ujung2nya kita tdk bisa menyajikan konten yg baik… jadi silakan lakukan riset topik apa yg terbaik untuk mas Arif sendiri.. tapi satu hal penting menurut saya: TOPIK APAPUN, selama informasi tsb ada mencari, membutuhkannya, maka itu adalah topik yg bagus..

    mengenai tips2 lainnya, silakan ekplore artikel di portalUang 🙂 saya cukup banyak menulis tentang tips adsense,, ada lebih dari 40 artikel tentang adsense di sini.. 🙂 semoga bisa memberi jawaban atas pertanyaan mas Arif.. sukses selalu..

  • mas gee, sy mau nanya nih..
    kebetulan sy masih pemula, dan sudah membaca beberapa artikel mas Gee, dan tertarik utk mengikuti google adsense..
    mohon saran nya, kira kira topik yg bernilai lebih tinggi apaan ya ?? serta tips tips lainnya
    mohon bantuan nya mas..
    terima kasih

    arif.sutony@gmail.com

  • @aldi.
    jawaban mudahnya ya topik selain tersebut diatas mas. tapi intinya gini, semua topik adalah bagus selama ada org mencari dan membutuhkan informasi tersebut. Dari sdut pandang Adsense, topik bagus adl topik yg memiliki pengiklan.