Bagaimana cara sukses mendapatkan uang dari blog dengan Google Adsense?

Adsense masih merupakan pilihan utama mendapatkan uang dengan ‘mudah’ dari blog. Tidak ada pilihan terbaik lainnya di bidang industri PPC yang bisa menyaingi Adsense.

Namun begitu, tidak banyak publisher Adsense yang benar-benar mendapatkan hasil yang memuaskan, bahkan bagi blogger yang ‘jago’ marketing dan SEO sekalipun. Banyak faktor yang menjadi kendala.

Nah, dari sekian banyak faktor itu, kali ini saya coba meringkas faktor-faktor utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan Adsense. Setidaknya saya menemukan 6 faktor utamanya:

1. Konten yang ‘brenas’

Hindari menyajikan konten ‘basi’, yang telah banyak ditulis oleh ribuan blogger lainnya. Jika rank blog masih rendah, maka akan sulit untuk bersaing di SERP.

Untuk itu, menyajikan konten yang bagus, fresh, unik dan bermanfaat adalah hal yang mesti dilakukan. Ini akan membuat blog Kamu tampil beda dan memenangkan persaingan.

2. Niche bernilai tinggi

Niche mahal juga menjadi salah satu faktor utama meraih sukses menjalankan Adsense. Jika semua blog Kamu hanya fokus terhadap keyword bernilai kecil, maka pendapatan Kamu pun akan pas-pasan.

Dengan nilai per klik hanya $0,01 dan Kamu hanya bisa mendapatkan 300 klik per bulan misalnya, apakah itu cukup untuk mengganti lelah Kamu? Saya kira tidak. Oleh karena itu, Kamu mesti memikirkan untuk mencari keyword bernilai tinggi, dan itu bisa Kamu dapatkan dengan riset kunci dari akun Adwords.

3. Investasi waktu

Ini adalah yang saya rasakan sendiri. Dulu saya blogging hanya sebatas hobi dan mengisi waktu luang. Apa yang saya dapatkan? Untuk bisa mencapai $100 pertama saya membutuhkan waktu lebih dari 6 bulan! Namun seiring waktu lebih yang saya sediakan untuk blogging dan mengelola Adsense, maka pendapatan pun ikut meningkat secara sangat signifikan.

Kesimpulannya, semakin banyak waktu yang Kamu sediakan, penghasilan Adsense Kamu akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit Kamu menyediakan waktu semakin kecil pendapatan Adsense Kamu. So, investasikan waktu Kamu dengan cukup.

4. Merotasi unit iklan

Seperti yang pernah saya terangkan dalam tiga sumber trafik blog yang mempengaruhi pendapatan, trafik terbaik untuk Adsense adalah trafik tertarget dari mesin pencari. Lalu, bagaimana jika blog Kamu memiliki banyak sekali pembaca setia?

Pembaca yang selalu mengikuti update blog Kamu setiap hari cenderung akan mengabaikan iklan Adsense, sehingga kemungkinan mendapatkan klik dari mereka relatif kecil. Nah, untuk itu Kamu perlu merubah tampilan iklan Adsense di blog, sebagai penyegaran untuk mengurangi efek ads blindness.

Caranya bisa dengan mengganti ukuran, desain, posisi penempatan. Atau bisa juga Kamu menggunakan metode a/b testing, yang akan membuat tampilan iklan berubah setiap pengunjung membuka halaman baru atau merefresh halaman.

5. Posisi penempatan iklan

Faktor utama lainnya adalah posisi iklan Kamu. Posisi iklan terbaik, yang paling banyak disarankan adalah di bagian paro atas (above the fold), yang mana iklan bisa terlihat begitu pengunjung membuka blog Kamu, tanpa perlu menggulung layar ke bawah.

Jangan remehkan masalah posisi ini, ini benar-benar faktor yang sangat menentukan. Sampai saat ini, unit yang paling besar memberikan revenue di Portal-Uang, adalah yang berada di bawah judul artikel di setiap halaman posting.

Jadi, jika Kamu belum pernah mencobanya, kenapa tidak mulai dari sekarang? Bagi yang belum tahu caranya, silakan baca tulisan saya sebelumnya cara memasang iklan Adsense di atas postingan.

6. Trafik tertarget

Sengaja saya menyebut ini pada poin terakhir. Karena, meski semua poin di atas telah dilakukan dengan baik, tidak akan memberi hasil memuaskan jika blog Kamu tidak memiliki trafik! Trafik tertarget! Trafik yang berasal dari search engine.

Jadi, Kamu harus sedikit memberi perhatian lebih untuk menarik lebih banyak lagi dan lebih banyak lagi pengunjung. Berkomentar di blog lain dan menulis sebagai blogger tamu, dua cara yang bisa diandalkan, cobalah.

Itulah faktor-faktor kunci yang mesti diperhatikan dengan serius untuk meningkatkan pendapatan Adsense Kamu. Faktor ini sebagai pelengkap dan penegasan dari rumus keberhasilan Adsense yang pernah saya bahas panjang lebar sebelumnya.

Saran terakhir, terus lakukan tes sampai Kamu menemukan optimasi Adsense yang terbaik bagi blog Kamu sendiri. Kalau masih bingung mulai dari mana, Kamu bisa memulainya dari kompilasi tips sukses Adsense dari tulisan-tulisan saya sebelumnya. Kamu bisa memulainya dari sana. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

18 Komentar

  • wah makasih banget artikelnya, sangat bermanfaat.. kebetulan saya baru mulai belajar adsanse nih 🙂

  • keren neh mas pencerahannya, mau tak coba ikutin, soalnya punya duduul.comSaya agak bingung awal ngelolanya

  • @fx.
    makasih, sukses juga buat anda.

    @bruganda.
    kalau begitu, silakan secepatnya dicoba mas, hehe…. tentang poin terakhir, ya betul itu memang hal paling penting, terutama adalah trafik tertaget.

  • Belum pernah coba adsense gan, mantap buat tipsnya gan. . , Poin terakhir jstru kyanya poin plng pntng ya gan hehe :))

  • @arham.
    ya begitulah mas Arham, semakin banyak waktu kita sempatkan mengelola blog, maka semakin besar penghasilan dari blog. masalah tujuan dr bloging, saya sendiri pada awalnye memang hanya sekedar iseng, pengisi waktu luang menurut Anda. tapi seiring pengetahuan blogging semakin meningkat, saya menemukan ternyata lewat blogging dpt pula menghasilkan uang, akhinya apa salahnya untuk diseriusin. Akhirnya skr sy menjadikan blogging sebagai salah satu pekerjaan. hehe.. terima kasih atas komentar dan kunjungannya.

  • saya juga sudah 3 bulan ikut program adsense, sampai saat ini penghasilan saya belum mencapai $1… anda benar soal investasi waktu, sebenarnya kegiatan blogging menurut saya hanya sekedar hobi dan saya jarang meluangkan waktu saya disana. karena blog yang saya kelola tidak lain hanyalah sebuah media/archieve untuk mengumpulkan pengetahuan. oh ya tulisannya cukup inspirative……

  • @belajarkreatif.
    sama2 mas. silakan lakukan optimasi seperlunya mas. Insya Allah penghasilan Adsense akan meningkat secara signifikan. terima kasih atas kunjungannya.

  • makasih info dan triknya gan,. saya juga pemakai adsense,. namun kenyataanya pendapatan masih pas-pasan.