Blogging Dasar

Blogging Boleh, Jangan Lupakan Hidup Kamu

Ketika dulu saya membuat blog pertama saya (portal uang adalah yang kelima), dalam waktu beberapa bulan saya menjadi begitu terobsesi dengan blogging.

Semua hal yang saya lakukan akan selalu saya hubung-hubungkan dengan blog. Mungkin itulah yang dinamakan dengan blogaholik, satu keadaan dimana kita begitu terobsesi terhadap blog kita.

Apakah Kamu juga mengalaminya? Saya pernah! Untungnya saya cepat menyadari bahwa hidup saya bukan untuk blogging. Blogging seharusnya bisa meningkatkan kualitas hidup saya, bukan malah sebaliknya.

Ya, dalam tahap tertentu, seorang blogger akan mengalami saat-saat seperti itu, dan tidak tertutup kemungkinan, Kamu juga suatu saat akan mengalaminya (atau memang sudah?). Yaitu, satu keadaan dimana pikiran Kamu begitu blog oriented.

Gambar apapun yang Kamu temukan, Kamu berpikir untuk bahan posting selanjutnya.

  • Berita apapun yang Kamu baca, Kamu langsung merancang besok akan Kamu tulis di blog Kamu.
  • Kamu juga akan merasa bahwa blog Kamu mulai terlihat ‘jelek’, sehingga sibuk mencari-cari template baru, widget baru dan segala apapun yang Kamu anggap bisa mempercantik tampilan blog.
  • Kamu akan kuat berjam-jam duduk di depan komputer mengotak-atik blog.
  • Lalu Kamu mulai kekurangan waktu untuk kegiatan di luar rumah.
  • Pokoknya semua adalah tentang blogging! Seolah tujuan hidup Kamu untuk blogging.

Stop!

blogaholik, ngeblog boleh, jangan lupakan hidup Kamu

Jika sudah demikian, berarti Kamu telah mengidap penyakit blogaholik yang cukup parah. Rehat sejenak. Tinggalkan blog Kamu barang beberapa hari. Perbanyak kegiatan di luar rumah.

Dan yang paling penting: ingat kembali tujuan semula Kamu membangun blog. Untuk meningkatkan kualitas hidup Kamu! Tidak sebaliknya bukan?

Menyerah?

Itu bukan pilihan saya. Jujur, blogging bisa jadi adalah salah satu pekerjaan yang paling berat yang pernah saya kerjakan. Dan menyerah adalah sebuah pilihan yang mudah. Tapi saya menolak untuk menyerah. Saya tahu, para blogger profesional, mereka yang telah sukses melalui blognya adalah orang yang tidak menyerah di tengah jalan. Dan saya ingin mengikuti jejak mereka.

Bagaimana dengan Kamu? Saya mengundang Kamu untuk berbagi pengalaman dalam menjalani blogging selama ini. Boleh kita blogging, tapi jangan lupakan hidup kita! Hehehe.. sukses untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar

  • persis apa yang mas gee bilang…lagi sibuk cari template yang cocok sama konten yang maw saya isi…tp belum sempet ngisi kontennya gara-gara sibuk cari template tambah widget dan lain sebagainya…..

  • betul mas mus tajib, rata2 semua blogger pasti pernah mangalami hal itu, tapi seiring pengalaman dan pemahaman, hal itu akhirnya bisa diatasi.. terima kasih telah berkunjung.

  • Ane waktu mulai ngeblog juga begitu, sering ganti template dan suka edit sana sini. Tapi sekarang sudah gak lagi, kualitas konten lebih utama dan aktivitas dunia nyata sudah lebih banyak. Rata-rata blogaholik itu terjadi pada blogger pemula.