Artikel ini adalah request dari salah satu teman Facebook, yang meminta saya untuk menulis tutorial cara memasang kotak penelusuran Adsense. Saya pikir lebih baik saya tuliskan saja di sini, semoga juga bisa bermanfaat untuk lainnya.

Seperti kita tahu, salah satu cara memaksimalkan pendapatan dari Adsense, adalah dengan memanfaatkan beragam produk yang disediakan oleh Adsense, salah satunya adalah kotak pencarian kustom Google.

Dari sini kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan, jika pengunjung melakukan pencarian melalui blog kita, kemudian melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian. Selain itu juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang butuhkan.

Nah berikut adalah cara membuat dan memasang kotak penelusuran Adsense di blog Kamu. Di sini saya memberi tutorial cara pemasang kotak penelusuran Adsense seperti yang Kamu lihat di blog ini. Jika ingin penampilan hasil yang lain, Kamu tinggal menyesuaikannya saja sesuai keinginan dan kebutuhan Kamu.

1. Kamu butuh halaman kosong

Saya memilih untuk menampilkan hasil pencarian di halaman terpisah, namun masih tetap di halaman blog saya dan di tab yang sama. Untuk itu Kamu perlu terlebih dahulu membuat sebuah halaman kosong.

Caranya:
Setelah masuk ke akun Blogger, buatlah sebuah halaman baru dari tab Laman. Beri judul halaman yang sesuai, seperti “Hasil Penelusuran” atau lainnya. Pilih mode HMTL (jangan Compose), lalu masukkan script di bawah ini:

<style>
#main-wrapper{width: 920px; float: left;  word-wrap: break-word;overflow: hidden;}
</style>
<style>
#rsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#sidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#lsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#comment-form{display:none;}
</style>
<style>
#comments{display:none;}
</style>
<style>
#linkwithin{display:none;}
</style>
Jangan lupa, klik publikasikan (publish) untuk menyimpan.

2. Membuat unit kotak penelusuran

Sekarang masuk ke akun Adsense Kamu. Klik tab ‘Iklan saya’. Di bagian kiri, pilih ‘Penelurusan’. Kemudian klik ‘+Mesin penelusuran khusus baru’.

cara membuat dan memasang kotak penelusuran Adsense
Isi semua data yang sesuai kebutuhan Kamu. Pada opsi ‘Telusuri di’, saya memilih ‘Hanya situs yang saya pilih’. Ini mengatur agar Google hanya melakukan pencarian pada situs / blog tertentu saja yang kita tentukan. Masukkan alamat situs/blog yang inginkan, pisahkan masing-masing perbaris.
cara membuat dan memasang kotak pencarian adsense
Selebihnya silakan lengkapi sesuai kebutuhan.

Pada bagian ‘Saluran khusus’, saya sarankan untuk membuat saluran khusus baru, untuk memudahkan pelacakan kinerja ke depannya. Cek opsi ‘Gunakan kueri populer’ kalau mau, untuk menampilkan kueri-kueri populer di hasil pencarian nanti.

Pada bagian ‘Gaya kotak pencarian’, pilih salah satu dari 7 gaya yang disediakan, saya sendiri memilih yang pertama.

Nah, sekarang yang terakhir pengaturan hasil pencariannya. Pada bagian ‘Hasil penelusuran’ pilih ‘di situs web menggunakan iframe’.

Pada isian ‘URL yang akan menampilkan hasil penelusuran’, masukkan alamat halaman yang telah dibuat di awal tadi. Ukuran lebar halaman minimal 800px, silakan atur sesuai template blog Kamu.

Terakhir klik tombol ‘Simpan dan dapatkan kode’.

3. Memasang kode di blog

Nah, sekarang tinggal memasang kode dari Adsense tadi di blog. Akan ada 3 buah kode masing-masing untuk kode kotak telusur, kode hasil penelusuran dan kode kueri populer.

kode kotak penelusuran

Pertama, kopi kode kotak telusur, kemudian pasang di blog Kamu melalui edit html template. Saya anggap Kamu bisa melakukannya.

Kedua, kopi dan paste kode hasil penelusuran dan kode kueri populer di halaman ‘hasil penelusuran’ yang sudah di buat langkah pertama tadi. Dengan cara edit laman. Ingat jangan lupa, pake mode edit HTML jangan Compose. Setelah itu klik Pebarui / Update. Sudah selesai. Silakan lihat hasilnya.

Itulah cara membuat dan memasang kotak penelusuran Google Adsense di Blogger. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui komentar. Atau jika Kamu memiliki cara lain yang lebih praktis, senang sekali Kamu mau berbagi. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

133 Komentar

  • Mas, kalo kotak pencariannya saya masukan kedalam artikel.. Hasil penelusuran di halaman hasil penelusuran… Kira2 aman gak mas? Kayak lirik.kapanlagidotcom.

  • mas…maaf ya yang di maksud kopy kotak penelusur lalu letakan di blog anda , di blog anda itu di bagian mananyaaaaaaaaaaa……..maaaaaassss…?
    gunakan html jangasn di compos

  • Salam kenal maz…. Wahhh bermanfaat sekali nie infonya….. bisa dicoba…. tapi nunggu google ads nya becos lom punya nie he..he..he…. salam sukses selalu maz…

    • Pertama, kopi kode kotak telusur, kemudian pasang di blog Anda melalui edit html template. Saya anggap Anda bisa melakukannya.
      nah…kata kata di atas bos saya kurang paham, maksudnya di letakan di blog itu di bagian kode apa gitu mas…

  • Kalau misal adsense kita tidak di terima oleh google, apakah kita tetap bisa memasang kotak penelusuran adsense ini mas Gee?
    Secara kotak penelusuran adsense ini bisa di pasang di blog saya, dan ketika saya mengetikkan kalimat penelusuran, muncul iklan nya pada hasil penelusuran.
    Tapi untuk tampilan adsense yang lain pada blog saya kenapa masih review terus ya mas Gee?

    Saya mendapatkan adsense dari youtube, dan sudah 1 tahun lebih blog saya tersebut tidak muncul iklannya, juga tidak ada kabar tentang penolakan, padahal blog saya sudah TLD dan UV harian 900an (berdasarkan google analytics dan statistic dari blog)

    Untuk adsense dari youtube sudah pay out 2x. Lumayan buat beli kuota..
    Yang jadi pertanyaan,
    1. Kenapa blog saya tidak kunjung di terima ya mas, padahal untuk kotak penelusuran bisa muncul adsense nya?
    2. Apakah supaya Adsense kita Full Approve (bisa di pasang di YT maupun blog) hosting kita harus menggunakan hosting berbayar?

    Terima kasih atas jawabannya mas Gee, sehat dan sukses selalu untuk mas Gee.

      • Sama sekali tidak ada peringatan masuk ke email mengenai di tolak atau di terima nya upgrade akun adsense saya ini Mas.

        Di laporan dasboard Adsense saya, Adsense penelusuran sudah menghasilkan $1. Tapi iklan di sidebar maupun dibawah posting tetep tidak muncul.

        Walaupun Adsense penelusuran menghasilkan dolar, apakah itu bukan berarti akun kita sudah berhasil Upgrade ke non hosted Mas?

        Terima kasih atas jawabannya Mas.

      • Alhamdulillah peringatan warna merahnya masih ada Mas Gee..
        Wah harus kerja lebih keras lagi ini ya Mas.
        Apa harus bikin blog TLD baru ya mas untuk mendaftar non hosted lagi?

  • untuk yang belum punya adsense sebenermya bisa aja masang costum search cuma caranya beda dikit, untuk demo bisa cek di situs saya

  • Pantes ane smpe muter2 gan..
    Lh yang bisa cuma akun non host..
    Mmng sih ada rencana mau upgrade akun adsanse..
    Lh kebetulan browsing di google ketemu artikel keren milik agan..
    Mksi gan tips2 nya..
    Mmng ane newbie..
    Pngen juga dpetbuang dari internet,..
    Tpi untuk sekrg hnya mau kembangkn hobi aja di blog..
    Ya siapa tau mmng rizki nya juga dri blog..
    Ya kn ALHAMDULILLAH..
    heeeee
    Salm kenal gan..

  • Ini khusus untuk yang punya akun adsense ya?
    Kalau kita belum punya akun adsense, trus pasang ini bisa ga?

    • untuk pembahasan di artikel ini, ya khusus tuk yg punya akun adsense. tp sebenarnya google custom search boleh digunakan oleh siapa saja. hanya gak bisa menampilkan iklan di hasil pencarian, itu saja.

  • terima kasih mas, berhasil dipraktekan. Untuk kode search box yang akan ditempel di edit html template punya saya mesti diparse dulu kodenya dan kode kotak pencarian bawaan template diganti dengan kode yg diparse tadi. Untuk panjang pendeknya kotak pencarian disesuaikan dengan pengaturan search box style–> text box lenght : …. characters

    • buat caranya dong biar bisa rapi ngak kelebihan seperti hasil penelusuran milik Gee…

      • mungkin ada masalah di templatenya bos. cara di atas itu sudah benar. dan kalau yang seperti di PortalUang ini, saya menggunakan WP, jadi beda penerapannya. Nanti coba sy akan bagikan lagi caranya untuk WP.

  • Saya udah coba kok gak muncul di laman ya mas,,,? Padahal saya sudah ikutin panduan yang Mas Gee Jhon sampaikan

  • sore gan.
    salam kenal, saya mau nanya bagaimana cara melihat penghasilan dari kotak pencarian adsense ?
    terimakasih

    • dari menu Laporan. Klik tab Laporan Umum > Produk. Nanti pasti muncul pendapatan dari kotak pencarian. Sebenarnya dari dasbor pun ada tertera laporannya.

  • Mas, saya pengen pasang adsense search di blog saya, tapi pada template blog saya sudah terdapat kotak pencarian. Apa bisa kotak pencarian di blog saya dimasukkan kode adsense for search? supaya blog saya tidak memiliki 2 kotak pencarian.

  • itu dia yang saya herankan mas, kenapa tidak muncul, karena paling tidak meskinya ada space iklan kosong yang muncul. Sesekali muncul ketika koneksi internet lagi lambat, ketika saya refres sdh tidak muncul kembali. Menurut pengalaman mas apa kira-kira penyebabnya yah? apakah karena pengaruh template? atau berdasarkan pengalaman mas dan cara memperbaikinya? Terima kasih mas, saya juga sdh bergabung di news letternya.

  • Terima kasih sebelumnya. Tutorial yang sangat membantu dan ramah, terlebih saya yang baru terjun didunia adsense. Ada 2 pertanyaan saya mas :
    1. Tentang artikel ini; sudah saya terapkan di blog saya. Masalahnya tampilan kustom penelusuran ini tidak responsive. Mohon pencerahannya merubah tampilan menjadi responsive. Mohon cek blog saya untuk melihatnya.
    2. Tentang AdSense; baru sekitar 2 hari yang lalu permohonan saya di aprrove setelah 2 satu kali saya mendaftar. Permasalahannya
    (a). pada pengaturan setting saya tidak menemukan metode pembayaran (infonya: anda belum menentukan metode pembayaran).
    (b). Saya sudah memasang kode iklan, tetapi sampai hari ini iklan belum muncul. Seperti katanya mas, ini menunggu persetujuan tahap kedua dan harus menunggu. Tapi saya masih sangsi dengan cara pemasangan saya apakah sdh benar atau blm baik langkah maupun penempatan pada template. Mohon bantuan untuk melihat blog saya mas. Sebagai info, saya mendaftar melalui blog bukan dari youtube. Terima kasih atas pencerahan dan ramah tamanya.

    • terima kasih kembali atas kunjungan dan apresiasinya terhadap POrtalUang. 🙂
      Baiklah coba sy jawab satu2:
      1. hmm… entahlah, menurut saya responsive tidaknya ngikut ke theme.
      2. a. metode pembayaran baru bisa disetting setelah saldo minimal $10.
      b. sy lihat sudah ada kode iklan adsense-nya, tapi sy tidak melihat ada space iklan kosong, baik di sidebar atau di bawah artikel. Seharusnya meski iklan tidak tampil, ada space kosong yg tampil.

  • kalo blog sudah punya halaman pencarian, buat baru atau bisa digabungin dengan yang sudah ada?

  • entah mengapa gue selalu ggal memasang ini..
    btw, thanks infonya gan, banyak artikel banyak pahala 🙂

  • @karimun.
    coba dibaca lagi dg teliti dari awal, mungkin ada yg kelewat.

    @hendi.
    untuk mendapatkan akun non-hosted, harus menggunakan domain sendiri.

  • Akhirnya nemu disini tapi tidak bisa dipasang akun saya masih hosted..makasih mas..setelah baca koment diatas ada yang bertanya upgrade hosted ke non hosted benarkah bisa melalui blog yang kita daftarkan (blogspot) atau harus blognya berdomain dot com atau lainnya?

  • @basri.
    saya kira panduan cara memasang kotak penelusuran di atas sudah cukup lengkap mas Basri. Untuk hal-hal dasar tentang template / html, silakan googling, sangat banyak yg sudah mengupasnya. Saya sendiri kebetulan tidak ke arah sana blognya.

  • kok blog yang ane,,, di google adsense nya ga ada kata PENELUSURAN kenapa ya gan ?
    mohon pencerahan

  • @su.
    maksud gagalnya gimana Mas Jarwo? Apakah pada waktu disimpan error? Atau kotak penelusurannya tidak muncul? Atau gimana?

    Oya, kodenya sudah diparse?

  • Mesin penelusuan khusus baru sudah di buat,setelah di masukan ke HTML dan untuk di simpan tapi gagal apa solusi ang bisa mengatasi ini Dee,makasih

  • Di minta untuk memasukan kata kunci,terus di isi judul blog atau alamat blog atau bagaimana gan ini untuk membuat mesen kusus di adsense

  • @jasa.
    jika akun adsense kita disetting "Hanya bolehkan situs tertentu menampilkan iklan untuk akun saya", maka bisa saja dipasang di blog lain, dan tidak menyalahi aturan. Namun, semua penghasilan dari sana tidak akan ikut dihitung.

  • gini mas , cara masang itu urusan nomor 2, tapi yang saya tanyakan aturan dari google boleh kah kotak penelusuran itu di pasang di blog orang lain dan blog tersebut tidak / bukan yang di masukan / tidak di otorisasi sama akun kita ,
    jadi jika hal tersebut di pasang menyalahi peraturan adsense ga gitu mas..

  • @mahadewa.
    1. untuk memasang kotak penelusurannya, karena setiap template akan beda2 jadi tidak saya tulis, tapi silakan googling, sudah banyak sekali yg mengulasnya.

    2. ditambahkan di bagian paling akhir dari page yg telah dibuat di awal.

    @jasa.
    sebenarnya bisa saja, cuma kita bukan adminya, bagaimana cara kita memasangnya disana?

  • kalau kode / kotak penelusuranya di tempatkan di blog orang lain , yang blog tersebut belum terdaftar di google adsense , dan blog orang lain tersebut kita bukan admin blog tersebut, peraturan dari google bisa ga mas,,,, di tunggu jawabanya, makasih mahadewapulsa.com

  • waduh bos…. kok terakirnya tanggung ya… dari atas udah bagus tu bos… jadi cara memasang kotak penelusuran ke html kenap ga di kasih tau caranya bos…
    2.lalu kode yaang ke dua dan ketiga itu artinya di edit itu kode yang sudah terpasang kode yang dari blog ini di hapus atau hanya di tambahkan gitu bos,,, hmmm , tapi makasih deh

  • @ala.
    ya betul, harus diparse dulu. masalah ditaruh dimana, tergantung keinginan. Jika sebelumnya sudah ada kotak penelusuran bawaan template maka cari kodenya dan timpa dg kode dari cse.

  • Mas, caranya masukin kode di edit html template gimana caranya? apa harus diparse dulu? trs ditaronya di bagian yg mana? maaf ya mas sy masih awam bgt, makasih

  • @irvan.
    itu adalah kueri (kata kunci) populer dari blog kita sendiri. Artinya nanti di hasil pencarian, google akan prioritaskan dan memunculkan kueri2 penelusuran populer (berdasarkan algo mereka sendiri).

    terima kasih atas penjelasan tentang cse, semoga bermanfaat tuk yg lainnya.

  • maksih gan atas infonya, kunjung balik ya,,, ehehe
    tp sy mau tanya gan, kueri populer yang disediain bersama kode penelusuran itu fungsinya untuk apa ya? awalnya sy pikir itu seperti populer post, tp setelah sekian lama sy tunggu2, ternyta populer post (dugaan) sy gak muncul,, hehe… mohon pencerahannya gan… terimakasih,

    buat agan @budi, berawal dr pengalaman sy, kita gan, ckckck… tp setelah sy gugling, coba agan masuk ke google.co.id/cse … dr sana sy bisa mendapatkan adsense penelusuran… dan pd akhirnya di akun adsense pun ada menu mesin telusur for GA… terimakasih…

  • @marshall.
    sip… pasti saya mampir 🙂

    @ike.
    meskipun lama, tapi krg lebih sama saja prosesnya. tapi insya Allah nanti saya update gambar2nya.

    @muhtar.
    coba baca sekali lagi panduannya, perlahan….. 🙂 pasti bisa

  • bang gee…gmn masukin kodenya ke edit html ya bang….kok punya saya kagak muncul ya kl ada pencarian

  • @bagus.
    makasih, pasti saya berkunjunga balik .

    @trueblue.
    ya betul, fasilitas ini hanya tersedia tuk akun adsense biasa, tidak ada pada akun hosted.

  • Thanks mas Gee infonya, tapi kenapa di menu adsen saya tidak ada menu Gaya Kotak Pencarian, mohon pencerahannya mas Gee, thank

  • @budiyono.
    ya memang agak susah jika akun hosted, karena memang tidak ada fasilitas pencarian. Satu2nya jalan, dg mengupgrade akunnya jadi akun biasa. dengan mengajukan blog dg custom domain. Masukkan alamat blognya ke halaman 'otorisasi situs' di setelan adsens.

  • apa yang harus saya lakukan, kalo milik sy akun hosted, tapi terima kasih artikelnya Mas, menjadi sy tahu.

  • Kalo boleh tau… Blog ini sudah full approve ya mas?
    terima kasih sebelumnya, n templatenya keren gan, seo banget 😀

  • iklan penelusurannya udah gk ada mas… 🙁
    apa mungkin karen akunnya yah yang hosted akun????

  • ngak mas,2 di posting 1 di sidebar (artikel) tetapi jika di terapkan maka yang muncul hanya 1 saja yaitu di pojok kiri postingan,sementara di sidebar dan bawah posting hanya tampil ruang kosong saja,saya lagi pelajari htmlnya mungkin ada kesalahan pada javascrip yang lain..

  • @rusman.
    pasti ada kesalahan dalam memasang kodenya. Apakah tiga2nya dipasang di dalam artikel? Oya, selamat deh klo sekarang dah full approved, semoga sukses selalu…..

  • tq mas,sudah full aproved sekarang,tapi satu hal yang mau saya tanyakan,Pada template blogger saya,iklan adsense konten ngak muncul 3iklan melainkan hanya satu iklan saja di single post,Padahal penerapan kode sudah saya tampilakan 3di hompage,dan 3 di singgle pos tapi di singgel pos/postingan hanya muncul 1 saja yang lainya blank..

  • @rusman.
    maksudnya dimasukkan ke mana mas? Apakah daftar adsense baru? Yg sy maksud sebelumnya adalah memasukkan alamat blog di bagian daftar situs yang diotorisasi menampilkan iklan adsense…

    bisa kok..

  • Saya sudah masukan alamat blog saya ( rusmanedi.blogspot.com ) selaku blog utama yang saya daftarkan tetapi tidak bisa karna blogspot termasuk mitrahost,Apakah harus blog dari akun yang berbeda?

  • berarti kita harus masukan alamt website yang di hosting sendiri mas?bukan blog mitra host seperti di blogspot?.tq

  • @rusman.
    gampang, tinggal masukan URL blog ke otorisasi situs di Adsense-nya, nanti akan direview, jika disetujui maka akan jadi full

  • mas,iklan adsense for search ngak muncul di dhosbor adsense saya,bagaimana solusinya..?tanks

  • mas untuk adsense baru kok tidak muncul pilihan untuk iklan penelusuran ya? apa sudah ditiadakan? salam

  • nice tipsnya mas,,,

    mmpir jg ya ke blog saya yg akhirnya bisa saya daftarkan adsense jg…
    pcomtricks.blogspot.com

    thax…