Cara Memasang Kotak Penelusuran Adsense di Blogger

Artikel ini adalah request dari salah satu teman Facebook, yang meminta saya untuk menulis tutorial cara memasang kotak penelusuran Adsense. Saya pikir lebih baik saya tuliskan saja di sini, semoga juga bisa bermanfaat untuk lainnya.

Seperti kita tahu, salah satu cara memaksimalkan pendapatan dari Adsense, adalah dengan memanfaatkan beragam produk yang disediakan oleh Adsense, salah satunya adalah kotak pencarian kustom Google.

Dari sini kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan, jika pengunjung melakukan pencarian melalui blog kita, kemudian melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan di halaman hasil pencarian. Selain itu juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang butuhkan.

Nah berikut adalah cara membuat dan memasang kotak penelusuran Adsense di blog Kamu. Di sini saya memberi tutorial cara pemasang kotak penelusuran Adsense seperti yang Kamu lihat di blog ini. Jika ingin penampilan hasil yang lain, Kamu tinggal menyesuaikannya saja sesuai keinginan dan kebutuhan Kamu.

1. Kamu butuh halaman kosong

Saya memilih untuk menampilkan hasil pencarian di halaman terpisah, namun masih tetap di halaman blog saya dan di tab yang sama. Untuk itu Kamu perlu terlebih dahulu membuat sebuah halaman kosong.

Caranya:
Setelah masuk ke akun Blogger, buatlah sebuah halaman baru dari tab Laman. Beri judul halaman yang sesuai, seperti “Hasil Penelusuran” atau lainnya. Pilih mode HMTL (jangan Compose), lalu masukkan script di bawah ini:

<style>
#main-wrapper{width: 920px; float: left;  word-wrap: break-word;overflow: hidden;}
</style>
<style>
#rsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#sidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#lsidebar-wrapper{display:none;}
</style>
<style>
#comment-form{display:none;}
</style>
<style>
#comments{display:none;}
</style>
<style>
#linkwithin{display:none;}
</style>
Jangan lupa, klik publikasikan (publish) untuk menyimpan.

2. Membuat unit kotak penelusuran

Sekarang masuk ke akun Adsense Kamu. Klik tab ‘Iklan saya’. Di bagian kiri, pilih ‘Penelurusan’. Kemudian klik ‘+Mesin penelusuran khusus baru’.

cara membuat dan memasang kotak penelusuran Adsense
Isi semua data yang sesuai kebutuhan Kamu. Pada opsi ‘Telusuri di’, saya memilih ‘Hanya situs yang saya pilih’. Ini mengatur agar Google hanya melakukan pencarian pada situs / blog tertentu saja yang kita tentukan. Masukkan alamat situs/blog yang inginkan, pisahkan masing-masing perbaris.
cara membuat dan memasang kotak pencarian adsense
Selebihnya silakan lengkapi sesuai kebutuhan.

Pada bagian ‘Saluran khusus’, saya sarankan untuk membuat saluran khusus baru, untuk memudahkan pelacakan kinerja ke depannya. Cek opsi ‘Gunakan kueri populer’ kalau mau, untuk menampilkan kueri-kueri populer di hasil pencarian nanti.

Pada bagian ‘Gaya kotak pencarian’, pilih salah satu dari 7 gaya yang disediakan, saya sendiri memilih yang pertama.

Nah, sekarang yang terakhir pengaturan hasil pencariannya. Pada bagian ‘Hasil penelusuran’ pilih ‘di situs web menggunakan iframe’.

Pada isian ‘URL yang akan menampilkan hasil penelusuran’, masukkan alamat halaman yang telah dibuat di awal tadi. Ukuran lebar halaman minimal 800px, silakan atur sesuai template blog Kamu.

Terakhir klik tombol ‘Simpan dan dapatkan kode’.

3. Memasang kode di blog

Nah, sekarang tinggal memasang kode dari Adsense tadi di blog. Akan ada 3 buah kode masing-masing untuk kode kotak telusur, kode hasil penelusuran dan kode kueri populer.

kode kotak penelusuran

Pertama, kopi kode kotak telusur, kemudian pasang di blog Kamu melalui edit html template. Saya anggap Kamu bisa melakukannya.

Kedua, kopi dan paste kode hasil penelusuran dan kode kueri populer di halaman ‘hasil penelusuran’ yang sudah di buat langkah pertama tadi. Dengan cara edit laman. Ingat jangan lupa, pake mode edit HTML jangan Compose. Setelah itu klik Pebarui / Update. Sudah selesai. Silakan lihat hasilnya.

Itulah cara membuat dan memasang kotak penelusuran Google Adsense di Blogger. Jika masih ada yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui komentar. Atau jika Kamu memiliki cara lain yang lebih praktis, senang sekali Kamu mau berbagi. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

132 Komentar