Yang Perlu dan yang Tidak Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan CPC Adsense

Mendapatkan iklan yang bernilai tinggi adalah harapan setiap publisher Adsense, karena jelas akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan.

Dalam seri artikel Tips Sukses Adsense, saya telah memberikan tips mendapatkan iklan bernilai tinggi. Namun kali ini saya ingin memberikan lagi tips tambahan untuk memperbesar peluang kita mendapatkan iklan dengan nilai CPC yang tinggi.

Dalam tulisan ini saya membagi dua tips, yaitu hal yang ‘perlu Kamu lakukan’ dan ‘hal yang tidak perlu Kamu lakukan’. Inilah tipsnya:

Perlu Kamu lakukan

Atur semua unit iklan menampilkan teks dan gambar (rich media)

Dengan cara demikian, akan menambah jumlah pengiklan yang ikut bersaing dalam lelang dan akhirnya hanya iklan yang bernilai paling tinggi yang akan muncul.

Jangan terlalu banyak memblokir iklan

Kamu memang bisa membuat daftar sampai sebanyak 500 iklan yang diblokir. Namun, saran saya semakin sedikit iklan yang diblokir akan semakin bagus, alasannya sama dengan poin pertama di atas.

Jadi, gunakan fasilitas blokir iklan ini hanya untuk iklan-iklan tertentu yang benar-benar sangat tidak Kamu inginkan. Jika tidak, Kamu akan kehilangan banyak peluang pendapatan dari iklan bernilai tinggi yang Kamu blokir.Lagipula Google Adsense menggunakan sistem penargetan kontekstual, berdasarkan lokasi, berdasarkan kebiasaan pengguna dan sebagainya, sehingga iklan yang Kamu lihat, belum tentu sama dengan yang dilihat oleh pengunjung.

Buatlah saluran khusus dengan penargetan penempatan

Ini akan semakin meningkatkan persaingan dalam lelang antar pengiklan untuk menampilkan iklan di blog Kamu. Caranya silakan Kamu lihat disini.

Atur unit iklan Kamu yang memiliki CTR tertinggi menjadi unit iklan yang pertama

Adsense akan menampilkan unit iklan yang tertinggi nilainya berurutan mulai dari iklan pertama, kedua dan seterusnya segera setelah mendapatkan pemenang lelang. Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa unit dengan CTR tertinggi di blog kita adalah unit iklan yang tertinggi CPC-nya.

Lebih jauh mengenai menentukan unit iklan ‘pertama’ bisa Kamu lihat disini. Sedangkan bagaimana cara menentukan unit iklan pertama, bisa Kamu temukan disini. Namun, sebelumnya Kamu harus sudah mengetahui mana unit iklan mana yang memberikan CTR tertinggi melalui saluran khusus.

Tidak Perlu Kamu lakukan

Memaksakan untuk menulis keyword bernilai CPC tinggi

Saya masih banyak melihat para blogger pemula yang ingin menjalankan Adsense, memaksakan diri untuk menulis keyword yang ‘berharga mahal’ padahal sama sekali tidak menguasai topik tersebut.Menurut saya ini bukannya menambah penghasilan, tapi justru sebaliknya akan menghancurkan penghasilan.

Kenapa? Karena ini berkaitan dengan kelangsungan dan konsistensi blog Kamu.Jika ingin mendapatkan hasil maksimal mendapatkan uang dari blog, lakukan saja hal yang Kamu sukai.

Membuat akun Adsense baru

Sebagian percaya bahwa dengan memiliki lebih dari satu akun Adsense akan dapat menambah pendapatannya. Menurut saya tidak.

Memiliki lebih dari satu akun Adsense tidak diperbolehkan oleh Adsense. Dan memasang kode Adsense dari akun berbeda pada blog yang sama, sama sekali tidak berpengaruh terhadap peningkatan nilai CPC.

Jangan sekali-sekali memanipulasi perilaku iklan

Termasuk di dalamnya penargetan, cara penampilan, desain dan sebagainya dengan cara apapun yang tidak secara eksplisit diperbolehkan oleh Adsense.

Itulah beberapa hal yang perlu dan tidak perlu Kamu lakukan untuk meningkatkan nilai CPC Adsense. Jika ada yang kurang jelas atau ingin memberi masukan dan pengalaman Kamu, silakan Kamu tulis melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

33 Komentar