Kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara menulis artikel blog yang baik, bagus dan berkualitas.

Blogging, mau tidak mau, suka tidak suka, adalah kegiatan tulis-menulis. Melalui tulisan lah seorang blogger menyampaikan pendapat, ide, pemikiran dan pengalaman pribadi kepada orang lain bertujuan memberi manfaat bagi yang membacanya.

Karena itu sudah seharusnya seorang blogger menguasai bagaimana teknik menulis artikel yang baik. Karena, sebagus apa sebuah blog, hanya sebatas sebagus artikel di dalamnya. (Kamu setuju?)

Sebagai blogger, tentunya kita berharap bisa menyajikan posting yang bagus, posting yang di-share secara sukarela oleh pembaca, posting yang memberi manfaat nyata bagi orang lain, bukan?

Tapi mengapa beberapa penulis sangat berhasil dengan artikel-artikel mereka? Sedangkan beberapa lainnya hanya mendapat ‘keringat’ dan tidak menghasilkan apa-apa?

Mari kita cari tahu mengapa bisa seperti itu. Dan pertanyaan pertamanya adalah:

Apakah artikel Kamu bisa memberi jalan keluar dari satu masalah atau hanya sekedar ‘ditulis dengan baik’ ?.

Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai langkah dan cara membuat artikel yang bagus.

Cara Menulis Artikel yang Baik

Artikel yang bagus itu seperti apa ?.

Menurut saya, sederhana saja: artikel yang bagus adalah artikel yang bermanfaat.

Pada awal-awal blogging, saya membaca banyak blog lain (sampai sekarang pun masih), saya juga membaca banyak buku. Saya ‘senang dan terhibur’ membacanya, tapi saya tidak mendapatkan sesuatu yang bisa saya terapkan secara nyata.

Lebih jauh, saya sering melihat (juga membaca) banyak penulis top yang menyajikan petunjuk dan arahan pemecahan masalah yang terlihat ‘hebat’. Arahan yang terdengar bagus, namun ketika diterapkan tidak malah menyelesaikan masalah, tapi justru memperburuk keadaan.

Dengan kata lain:

Artikel yang bagus adalah artikel yang bekerja baik, bukan saja untuk pembaca, tapi juga bagi penulisnya sendiri!

Artikel yang bagus, bukan sekedar tulisan yang ‘memesona’ pembacanya, tapi adalah artikel yang mampu memberi manfaat nyata. Artikel yang bermanfaat adalah artikel yang membantu Kamu mencapai tujuan Kamu!

Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang bagus?

Beberapa hal ini perlu mendapat perhatian, ketika ingin membuat artikel yang baik, bagus dan berkualitas :

1. Topik / Tema

Tentu saja, topik adalah sesuatu yang penting dalam sebuah tulisan. Tulislah tentang apa yang Kamu sukai, tentang apa yang Kamu merasa nyaman dengan topik tersebut.

2. Riset Kata Kunci

Setelah memilih topik yang Kamu kuasai riset dahulu kata kunci yang sering dicari orang.

3. Panjang tulisan

Tulislah sepanjang Kamu memerlukannya. Tulislah sepanjang bisa mengurai semua apa yang ingin Kamu sampaikan. Tidak kurang, tidak lebih!

Seringkali Kamu bisa memangkas kalimat dan kata-kata yang tidak perlu, buang saja. Buat tulisan tetap simpel, namun bisa menyampaikan isi dengan baik. Menurut saya, tidak ada patokan berapa jumlah kata minimal untuk sebuah tulisan yang bagus. Beberapa orang mengatakan minimal 300, 500 atau 700 kata. Menurut saya tidak.

Tulislah sepanjang apapun, atau sependek apapun, jika mampu memberi solusi nyata dengan tuntas, itu adalah artikel yang bagus. Penggunaan kata dan kalimat yang tidak perlu, justru tidak membuat artikel itu menjadi lebih bagus.

4. Tata bahasa dan ejaan

Belajarlah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik (saya sendiri masih belajar). Menulis ejaan yang tidak standar, tidak akan banyak membantu, kecuali jika audiens Kamu sangat spesifik (komunitas gaul muda-mudi misalnya).

Kecuali Kamu sedang menulis jurnal ilmiah, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang luwes (namun tetap memperhatikan kaidah bahasa) adalah salah satu faktor yang membuat sebuah tulisan ‘enak’ untuk dinikmati.

Namun, hal ini tidak juga berarti Kamu harus secara ketat menggunakan tata bahasa dan ejaan yang sangat baku. Menulis dengan terlalu berpatokan dengan tata bahasa dan ejaan yang baku secara ketat, juga bisa membuat tulisan menjadi sangat ‘kaku’ dan monoton.

tanda baca juga tidak boleh dilupakan. Saya sendiri setiap kali selesai menulis selalu menyempatkan untuk membaca sekali lagi dari awal sampai akhir untuk mengecek masalah tata bahasa dan ejaan ini.

5. Ringan dibaca

Penggunaan tata bahasa, ungkapan, istilah, perumpamaan, atau ejaan yang tidak tepat dan berlebihan akan cepat membuat pengunjung blog berhenti membaca seketika. Menjaga tulisan agar tetap ringan dan mudah dicerna menjadi sesuatu yang sangat sangat penting.

Jika orang tidak mampu mencerna, mengartikan dan menerapkan solusi atau instruksi dalam tulisan Kamu, maka Kamu telah gagal menghadirkan artikel yang bagus.

Bagilah artikel yang cukup panjang menjadi beberapa sub-judul. Gunakan ilustrasi, gambar dan format teks (huruf tebal, miring, garis bawah dan lain-lain) untuk memperjelas isi. Gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang. Dan terakhir, sebagai pengujian, baca keras-keras tulisan Kamu seperti Kamu berbicara: nyamankah didengarkan?

6. Gaya bahasa

Menulis dengan cara dan gaya penulisan yang dimengerti dengan baik oleh audiens Kamu adalah hal yang penting lainnya. Pemahaman orang berbeda-beda dalam mencerna sebuah tulisan, di situ lah perlunya Kamu menyesuaikan tulisan dengan audiens Kamu. Mungkin Kamu butuh beberapa waktu untuk penyesuaian dan mencari gaya bahasa yang tepat.

7. Intonasi

Seperti halnya bahasa verbal, bahasa tulisan pun memiliki intonasi, tergantung tujuan penulisnya. Ada nada positif, ada nada memerintah. Ada intonasi yang menyindir, ada yang damai, ada yang bersahabat, ada yang konfrontatif, berseberangan, vulgar, terkesan ditutupi dan lain sebagainya.

Sesuaikan intonasi dengan tujuan penulisan. Berlatih terus sampai Kamu menemukan yang sesuai dengan karakter Kamu sendiri. Saya sendiri lebih menyukai intonasi positif, dan selalu mengajak orang untuk berpikir positif (atau Kamu menemukan intonasi lain dalam tulisan-tulisan saya?)

8. Kutipan

Pernahkah Kamu merasa telah menemukan sebuah topik tapi tidak juga mulai menulis, hanya karena Kamu tidak menemukan rujukan yang bisa dikutip? Saya sering.

Tapi sekarang saya sadar itu adalah sebuah kesalahan. Mengutip pendapat orang lain (apalagi seorang  yang ahli) adalah hal bagus, namun juga jangan sampai membuat kita menunda membuat postingan hanya karena belum menemukan tulisan orang lain untuk dikutip.

Blog kita bukan lah sebuah ensiklopedia yang hampir selalu memerlukan rujukan. Tulislah semampu, setahu, dan sepengalaman Kamu sendiri tentang sesuatu. Jika Kamu menemukan hal baru lainnya, Kamu tinggal memperbaruinya. Itu jauh lebih baik dibanding Kamu menunda untuk menulis sampai Kamu menemukan sebuah rujukan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dan menulis sebuah artikel. Namun dari semuanya itu, ada satu hal yang menurut saya adalah yang paling penting, yaitu:

“Kamu memiliki sesuatu untuk disampaikan”.

Hemmm… Ya, Kamu harus memiliki sesuatu untuk disampaikan. Saya banyak melihat orang membuat artikel di blog mereka, menulis sesuatu di media sosial sepanjang waktu: ketika mereka tidak memiliki sesuatu yang berarti dan bernilai untuk dibagikan. Pasti Kamu pun melihatnya.

Kemungkinan karena mereka harus memenuhi jadwal ‘update wajib’, atau mereka ingin tetap ‘dianggap eksis’, hasilnya akan sama: jika tidak ada sesuatu yang bermanfaat untuk dibagikan, itu hanya akan memperburuk reputasi sendiri.

Sebagus apa blog Kamu? Sebagus artikel terakhir yang Kamu buat!.

Apakah Kamu ingin dikenal sebagai orang ‘bermulut besar’, yang rajin update setiap hari, tanpa memberi kontribusi nyata kepada pembaca?.

Atau Kamu ingin dikenal sebagai orang yang secara konsisten menyajikan artikel yang bernilai dan bermanfaat untuk pembaca?

“Go out! cari sesuatu yang baru, bertemu dengan orang, ajukan pertanyaan, gabungkan dan masak ide-ide, lakukan eksperimen, dan bagikan kepada orang lain”

Dari situlah artikel yang bagus berawal!.

Jangan menunggu saat yang sempurna!.

Kebuntuan dalam menganalisa masalah adalah salah satunya. Hilang semangat dan percaya diri untuk menulis adalah hal lainnya. Tidak punya waktu, hmmm… penyebab lainnya lagi. Sehingga membuat saya menunda dan terus menunda untuk menulis. Saya terus menunggu saat yang tepat dan sempurna untuk mulai menulis.

Saat yang sempurna tidak akan pernah ada!

Saya merasa telah memiliki sesuatu yang bagus untuk ditulis. Saya melihat sesuatu tengah terjadi dan menjadi trend dan saya memiliki pendapat sendiri tentang itu.

Tapi…… Saya terus menunggu, menunggu sampai saya menemukan saat yang ‘tepat’, saat yang penuh energi, saat yang penuh semangat (dan ilham?), untuk ikut memberikan kontribusi dan menuliskannya.

Tapi sayang, saya menemukan bahwa saat yang ‘tepat’ itu tidak pernah kunjung tiba. Dan saya sadar, itu adalah salah!

Jangan menunda, tulislah apa yang ada dalam pikiran Kamu saat ini, saat Kamu telah memiliki sesuatu yang bermanfaat dan bernilai untuk dibagikan.

Satu pertanyaan: apakah Kamu hanya “memuntahkan” sesuatu kepada pengunjung blog Kamu?

Ataukah Kamu memberikan pengalaman nyata Kamu sendiri, melalui tulisan-tulisan Kamu?

Alih-alih memikirkan nilai lebih kepada pembaca, banyak orang hanya ‘memuntahkan’ kembali apa yang telah ada di benak banyak orang.

Alih-alih, melakukan eksperimen bermanfaat kemudian menceritakan hasilnya, banyak orang hanya ‘memantulkan’ kembali, mendaur ulang, bahkan begitu saja ‘memuntahkan’ cerita yang sama, berita yang sama, topik yang sama, sudut pandang yang sama, persis seperti yang telah ditulis oleh semua orang.

Jika ingin membuat artikel yang bagus, Kamu tidak bisa hanya dengan cara membaca dan mendengar sesuatu, kemudian ‘melemparkannya’ begitu saja kepada pembaca.

Kamu tidak bisa, begitu selesai membaca sebuah ebook, kemudian segera ‘memuntahkannya’ di blog Kamu.

Jika Kamu telah melakukan sesuatu yang bernilai, maka berarti Kamu telah memiliki sesuatu yang bernilai pula untuk dibagikan.

Pelajari segala sesuatunya dari mana saja. Kemudian cerna, analisa, dan terapkan. Apakah itu bekerja dengan baik dan berguna untuk Kamu sendiri? Jika ya, maka Kamu kemudian bisa membagikannya kepada orang lain, berdasarkan pengalaman itu.

Jangan pernah menulis tentang ‘mendapatkan uang dari blog’, sampai Kamu benar-benar telah mendapatkan uang dari blog Kamu. Jangan mengajari orang tentang Adsense, jika Kamu sendiri belum pernah mencoba menjalankan Adsense.

Intinya adalah: tulislah sesuatu tentang apa yang sedang Kamu pelajari. Jujur terhadap pengalaman Kamu sendiri.

Tulislah apa yang sudah Kamu coba dan terapkan, bukan sekadar apa yang Kamu dengar dan Kamu baca

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk bisa menulis artikel yang baik ?.

Pelajari sesuatu yang baru, terapkan dan lakukan uji coba, meski itu berarti harus berhadapan dengan kegagalan. Baca. Dengar. Diskusikan. Bertanya.

Pastikan Kamu tidak hanya ‘melahap’ tapi juga mencerna, menerapkan dan mengujinya. Tidak ada cara membuat artikel yang lebih bagus dari itu.

Kesimpulannya adalah:
Jangan bagikan apa yang orang lain ceritakan. Tapi bagikan apa yang telah kita lakukan dan kita terapkan. Sesuatu yang bernilai: untuk dibaca, untuk dibagikan, untuk ditautkan dan sebagai sumber pembelajaran, dan Kamu tidak perlu menunggu sampai tiba saat yang sempurna!

Bagaimana pendapat Kamu? Apakah Kamu memiliki definisi lain tentang artikel yang bagus? Atau Kamu memiliki tips tersendiri cara membuat artikel yang bagus? Kiranya berkenan untuk berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.


Apakah Kamu tertarik mendapatkan uang dari blog dengan menjalankan program Adsense? Temukan cara, strategi dan tipsnya dalam Panduan Lengkap Google Adsense.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

375 Komentar

  • Terima kasih atas inspirasi cara membuat artikel yang baik, sangat bermanfaat banget bagi saya masih awam.

  • Memotivasi banget kata katanya om, haduh mantap kang 😀 sekarang saaya mengerti seperti apa penulis sesungguhnya. Top buat om

  • Belum banyak pengalaman, jadi menulis saja dulu apa yang ada dipikiran… Selebihnya pembaca yang akan menilai. Karena tulisan yang baik adalah tulisan yang ditulis dan terbitkan.

  • Wah, saya baru tau bagaimana cara menulis artikel yang baik seperti ini. Terima kasih sudah berbagi kepada kami dan semoga artikelnya bermanfaat pada lainnya.

  • ilmunya dah dapet, tapi buat prakteknya yang sulit
    Musuh terbesar blogger “Rasa Malas”:D
    nice info gan

  • very smart kang Gee Jhon
    alur tulisannya enak dibaca sehingga mudah dimengerti. Terima kasih atas sharing ilmunya.

    saya suka semua quotenya, mantap

  • Saya baru belajar ngeblog nih , terima kasih ya buat masukannya. Sangat bermanfaat buat perkembangan blog saya

  • Saya adalah orang yang benar-benar baru dalam hal menulis artikel dan membangun blog, saya rasa inilah panduan yang selama ini saya cari. Terima kasih infonya

  • Mas gee misal saya ingin membahas sebuah artikel lama kembali, lebih baik memperbarui yang lama atau membuat artikel yang baru lagi dengan keyword yang berbeda kembali ? 🙂

    • dua dua nya mas, kalau memang yang lama perlu ada tambahan atau perbaikan diperbaiki saja. kalau rangkin artikel sudah bagus mending ditambahi saja tanpa merubah yang ada.

  • terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat… saya sebagai pemula jadi lebih banyak mendapat ilmu dalam membuat artikel yang baik untuk website saya

  • trimk sy telah membaca cara menulis artikel bagus dan berwkaliatas memberikan sdukasi dan pencerahan kepada sy trimk

  • wah,asyik juga blog nya ya,gan…
    membuat ane menikmati dan nyaman dalam membaca blog nya.
    Juga hal yang baru yang bisa ane petik dari sini,terus berbagi ya gan..
    thanks ,salam succes…..

  • Saya baca artikel ini dan saya praktekkan ke blog saya dan hasil sangat bagus meningkatkan pengunjung saya.

  • iya betul, memang lebih asik membagikan pengalaman sendiri yang sekiranya bermanfaat buat orang lain.

  • waahhh bagus sekali kak masukannya… yang sangat membuat saya semangat lagi buat artikel meski tidak sebagus yang kakak saikan ini

    salam Ahmad Fauzi blogging anak pemula..

  • saya heran, 🙁 blog saya udah memiliki artikel lebih dari 100 artikel. tapi pengunjung sepi banget masih 100. Apa dalam penulisan artikel saya kurang bagus ya. Padahal artikel yang saya tulis itu bukan copas, bikin senidiri malah.

  • Perihal panjang tulisan memang betul saya setuju,karena bila terlalu memaksakan ketika sudah tidak ada ide untuk ditulis maka hasilnya tidak akan maksimal,untuk semua ulasanya benar benar sangat membantu saya yang masih belajar dalam membuat artikel yang baik dan benar..terima kasih

  • Gan, kalo kita nulis artikel, kata ganti mana yang lebih bagus untuk memposisikan pembaca.
    1. “kita” (misal: kita bisa memulai ….)
    atau
    2. “Anda” (misal: Anda sebaiknya ….)
    tolong dijawab gan..
    terima kasih.

  • tulisan artikel itu dapat dikatakan baik, bagus, menarik itu menurut penilaian pembaca. kadang menurut kita sebagai penulis udah perfect nih tulisan tapi dimata pembaca kurang, kadang kita ga merasa perfect sama tulisan itu tapi tiba2 penilaian pembaca malah bagus. tulis aja apa yg mau ditulis yang penting tidak melanggar norma2 dan peraturan hukum yang ada

  • Ternyata selama ini saya sudah salah menerapkan…

    Bukannya membaca, praktek, dan berbagi.. Tapi saya hanya membaca dan membagikan…

    Sungguh Bermanfaat, terima kasih ilmunya gan…

  • terima kasih atas ilmu nya, semoga dapat membantu saya yang baru belajar menulis sebuah artikel 🙂

  • Terimakasih infonya, sangat bermanfaat terutama bagi orang yang sedang belajar seperti seperti saya.

  • Trimaksih atas infonya, pas sekali komentar saya ini tepat tgl 25 desmber sy ucapkan slmat natal untuk yg merayakan. 😀

    kesimpulan anda mantap sekali, pengalaman memang teori yang paling masuk akal. artikel berguna pasti dingat, apalagi dishare.

    Tapi terkadang sy sedih ketika lihat artikel di page1 yang isi artikel cm teks yang diulang2 dan hanya kulit sj yang dijelaskan. Apalgi blog auto , yang artikelnya ribuan. Kok y masih page1 mungkin sudah terlanjur tenar webnya, 😀

  • saya suka closing statementnya, jangan bagikan apa yang orang lain lakukan tapi bagikan apa yang telah kamu lakukan alias pengalaman kita ya mas…..saya lebih nyaman menulis tentang keseharian dan hobi saya mendengarkan musik sekarang…

  • Ternyata jumlah kata dalam sebuah postingan tidak berpengaruh terhadap kualitas, namun artikel yang bermanfaat itu yang berkualitas. thanks

  • Sepakat mas Gee Jhon.. saya mengalaminya, pada awalnya saya kira dengan memperbanyak artikel di blog tanpa mempertimbangkan kemanfaatan malah seperti yang mas urai diatas, hanya mendapat keringat. Tetapi pada saat saya bercerita tentang pengalaman dan bagaimana cara mengatasinya justru itu yang banyak dibaca dan memberi kemanfaatan pada orang lain.

    Tetapi menurut saya itu tergantung dari tujuan kita menulis. Apakah tujuannya hanya untuk iseng-iseng di blog atau untuk serius di blog, atau malah kedua-duanya. karena saya rasa banyak juga yang sukses diawali dari iseng-iseng dan pada akhirnya dituntut untuk menjadi profesional ketika harus melangkah lebih tinggi lagi..

    btw.. tulisannya mantap mas.. terima kasih sudah berbagi ilmu

  • ternyata tak mudah ya untuk menulias artikel yang baik dan berbobot, mungkin masalah utamanya ada pada materi, kalo ga menguasai penuh materi pasti bahas yang umumnya yang sudah diketahui sama pembaca dan pembacanya malah pada kabur karena sudah tau hehehe

    terimakasih saya akan coba menerapkannya 🙂

  • keren… terima kasih atas info dan keasikan yang ada pada blok anda, alhamdulillah mood untuk menulis artikel semakin betambah setelah membaca, semoga semakin bermanfaat kak 🙂

  • Bener banget gan, terima kasih sudah memotivasi saya untuk tidak mematok jumlah kata dalam artikel saya namun tetap memperhatikan kualitasnya.

  • Aku suka setuju banget poin-poinnya. Yang paling penting satu tulisan harus komunikatif. Berusaha pake bahasa ribet biar dibilag cerdas, tapi ujungnya gak ada yg ngerti tulisannya..

  • Thanks Mas Gee .. Informatif sekali .. Portal-Uang No.1 dah buat saya, artikelnya2 ngena bgt. Terus tingkatkan kualitas blognya ya mas gee, Salam Kenal.

    Addi Fahmi

  • Waaahhh tertarik banget bacanya ,,,, sangat bermanfaat buat saya sndiri,,, Terimakasih dengan adanya tulisan ini saya jd termotivasi untuk menulis…

  • Mas, disebutkan kalo menulis artikel panjangnya sesuai kebutuhan saja, tapi ada yang menyarankan diatas 500 kata lebih bagus, apa itu benar mas?

    • artikel yg bagus (menurut sya) adalah yg membahas tuntas satu masalah. bukan berdasarkan jumlah kata. bila satu topik cukup dijelaskan tuntas dg 200 kata, ya sudah cukup 200 kata. itu artikel yg bagus. sebaliknya, jika memang butuh 3000 kata, ya harus dibuat 3000 kata.

  • Makasih mas atas info membuat artikel yang berkualitas.
    Pertanyaan mas, kalau blog trafiknya kebanyakan dari facebook, apakah itu jg menjadi pendorong menjadi konten berkualitas?
    Salam Danni Media

    • ya bisa saja bos. mengenai trafik, tidak masalah dari mana. dan jika artikel kita banyak dishare (secara sukarela) oleh pembaca, jelas itu salah satu pertanda bahwa artikel kita berkualitas. selain itu juga perlahan tapi pasti, artikel ini akan memenangkan juga persaingan di SERP.

  • Inilah salah satu artikel yang bermanfaat, saya akui apa yang dicurahkan dalam artikel ini berasal dari hati yang ikhlas sehingga timbul sebuah ide yang sangat cemerlang.

    Saya pun sekarang sedang belajar untuk menulis dan mengelola satu blog.

    One day, semoga saya bisa mengikuti jejak blog portal-uang[dot]com atau mungkin lebih 🙂

    Salam kenal mas.

    • sip bos Rozi, tp perlu saya sampaikan, bahwa menyewa jasa penulis pun bukan hal yg buruk. semua tergantung kebutuhan dan kondisi serta strategi kita dalam pengembangan website saja. jika target kita misalnya, butuh update lebih dari 20 artikel per hari, tentu saja menyewa jasa penulis bisa jadi pilihan, krn akan sulit jika dikerjakan sendirian 🙂

  • Thanks mas untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya
    Saya suka dengan tulisan “Jangan menunggu saat yang sempurna!”, mirip2 dengan quote yang ada didinding kantor HQ Facebook “Done is better than perfect.”
    Sukses terus ya mas Gie

  • Tanyakan pertanyaan yang bersifat terbuka. Pertanyaan yang hanya dijawab “ya” atau “tidak”, tidak akan memberi Anda informasi yang cukup. Malahan, tanyakanlah pertanyaan dengan “bagaimana” atau “mengapa”. Pertanyaan dengan awalan seperti itu akan dijawab dengan opini atau suatu cerita yang biasanya berisi info yang baik untuk menunjang artikel Anda.

  • Ini nih artikel yang perlu saya baca berulang-ulang biar saya nggak lupa. Bermanfaat sekali mas. Semoga saya bisa ngikutin jejak nya mas Gee. Aamiin.

  • saya banyak inspirasi nulis dan bahan buat di share tapi ada satu kendala saya masih bingung cara nulis artikel yang baik kdang” malah stuck apalagi pas ngeliat artikel yg di bkin kompetitor panjang panjang sedangkan artikel saya tidak terlalu panjang hanya sekeder langsung ke jawaban kata kunci dari title ada tips mas

    • nah, tipsnya sudah sy sampaikan panjang lebar di artikel ini :), Silakan eksplore di kategori Menulis Konten untuk menemukan tips2 menulis lainnya.

  • Assalamu’alaykum..
    Artikelnya bagus ka,
    Makasih yà sharingnya.

    Tp sedang mencari artikel yg membicaraķan mengenai pembuatàn kerangka artikel step by step nya beserta contohnya tp gak nemu.
    Pengen belajar menulis artikel.

  • Salam ;
    Terima kasih banyak, atas ide-ide yang bagus, bagi semua orang untuk menjadi yang terbaik dalam penulisan saya setuju apa yang telah dijelas itu,semoga selalu sukses.

  • Masih banyak ternyata yang harus disempurnakan, terutama dalam kualitas tulisan. Kadang bingung bagaimana membuat alur yang baik dan enak di baca. Mudah-mudahn konsultasipeternakan.blogspot.com bisa seperti suhu-suhu yang sudah pro.

    Terima kasih portal-uang.com

  • Woow..sangat lengkap sekali..sy tidak pernah bosan baca dan mengikuti tulisan bos Gee John..trims sudah banyak menginspirasi para blogger lain, termasuk jg sy..hehehe. 🙂

  • mas setelah membaca artikel di atas tulisan, saya juga ingin menguji dan minta pendapatnya, apakah artikel yang saya tulis, sudah baik, apa belum tolong di review mas??

  • Sip, saya setuju dengan artikel ini. Artikel panjang belum tentu bermanfaat bagi yang membaca. Bisa jadi justru artikel yang pendek memberi nilai kepada pembacanya.

  • Dari sore saya gak close tabulasi chrome untuk blog ini, banyak banget yang bermanfaat dan yg perlu di terapkan. terimakasih.

  • Terkadang saya masih suka salah-salah ejaan kata, atau tata bahasa yang kurang pas untuk membuat artikel….,moga aha dg artikel ini saya bisa nulis artikel berkualitas. Terimakasih mas ghe…

  • Lagi lagi saya merasa terbantu dengan artikel mas Gee Jhon,.. Super sekali, ternyata gak segampang itu ya jadi bloger sejati, yang memang harus berkarya tanpa nyelipin opini orang lain, banyak mas yang main copas2 gitu,. Butuh waktu yang lama ya mas biar bisa kayak sampean, bener-bener menumpahkan tulisan berdasarkan apa yang dirasakan? Top dah..

  • Thanks banget buat ilmu menulis artikelnya. Sangat bermanfaat sekali bagi saya yang sedang rajin menulis. Karena terkadang mood yang kurang membuat saya sendiri kurang fokus dan lama dalam membuat satu artikel saja. Kira-kira apa cara agar kita mau terus semangat menulis suatu topik? thanksss…

    • Syarat utamanya sebenarnya adl kita suka Dan banyak tahu atau menguasai topiknya. Msalah malas, atau tdk semangat, klo sy sendiri memaksa diri. Krn sy tahu cm tu yg membuat sy bisa berhasil.

  • Slmt pagi mas. Sy ingin brtnya krna sy bru mulai mnjdi seorg blogger. Seandainya mnulis sebuah artikikel tpi mngmbil dri sebuah buku utk jdi referensi itu boleh gk?
    Trmksih

  • makasih mas share nya. lagi belajar nulis artikel yang berkualitas nih. bisa diterapkan nih ilmunya

  • Luar biasa Tulisannya mas Gee Jhon, kata-katanya dan gaya bahasanya begitu terkesan Elegan. Perlv berguru nih, hehe

  • mantap masbro….Intonasinya membimbing bgt.. subhanallah 4 jempol dech bwt masbro.
    berguna bgt bwt blogger pemula sprti sy. tks masbro.

  • Sarannya sangat mendetail dan memberi saya kesadaran untuk terus memperbaiki tulisan.
    Sebagai penulis freelanca saya merasa terbantu..

  • Ternyata selama ini saya kurang memperhatikan beberapa hal yang tertulis diatas, harus belajar lagi… terimakasih mas Ghee.

  • Salam kenal sebelumnya mas jhon,,, the first time nih kunjungin blognya setelah nyasar daari google.
    dan waw,,, tulisannay keren keren semua, sepertinya saya harus rajin berkunjung dan mungkin juga harus ngubek ngubek ini blog, karena banyak tulisan keren dan bermanfaat. kebetulan lagi pengen belajar soal adsense nih mas….
    thaks for sharing .. ..

    • Salam kenal kembali mas Ibnu. terima kasih banyak atas apresiasinya, selamat menikmati hidangan PortalUang, semoga betah. 🙂

      Ditunggu kunjungan baliknya.

  • Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini.

    Terkait info diatas, saya ada info mengenai kompetisi pembuatan artikel yang diadakan oleh Smabble Indonesia. Mungkin teman-teman berniat untuk ikut event tersebut seperti saya. Iseng-iseng berhadiah hehe. Just sharing. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi

    Semoga bermanfaat 🙂

  • makasi saranya…. aku pengen banget nulis tapi waktu kepikiran apa yang pengen aku tulis kalimatnya susah keluar gimana untuk mengatasinya mohan bimbingan

  • nah kalau mau mengulas tentang sesuatu yang sedikit mustahil diuji bagaimana? Misalnya, kita ingin mengulas tentang sejarah, tapi kita tidak bisa membuat penelitian tentangnya (misal prasasti,bahasa kuno, dll) dan hanya bisa membaca melalui buku saja

    • kata siapa sejarah tidak bisa diuji? Tapi oke, sy tidak ingin masuk ke perdebatan di situ, karena bukan itu poin pentingnya. Poin pentingnya adalah, bahwa kita menulis berdasarkan apa yg kita tahu, pahami dengan sesungguhnya, bukan hanya sebatas “mendengar” lalu membagikannya, padahal kita sendiri tidak tau persis apakah hal tersebut “benar” atau “salah”.

      Ngeblog intinya adalah berbagi pengalaman, pengetahuan bahkan opini. Kenapa sy mengatakan hal ini? Karena memang nyatanya banyak sekali org yg menulis tanpa benar2 “paham dan tahu” apa yg mereka tulis. Apakah itu salah? Saya tidak sedang mengatakan salah atau benar. Tapi sy sedang berbicara tentang, bagaimana membuat pembaca “terkesan”.

      Kita bebas menulis apapun (sesungguhnya), tapi jika kita ingin dijadikan rujukan (hal inilah yg membuat seorang blogger berbeda), maka kita harus menulis sesuatu yang kita telah kuasai dg baik.

  • Mantap, sekarang rupanya udah pindah ke wordpress.org self hosting….makin manknyus aja blognya mas. Salam

  • Terimakasih mas, saya akan coba sesuai dengan artikel portal-uang.com

    supercopying.blogspot.com/

  • Mau nanya lagi nih, kalo kita mengupload gambar hasil dari Screenshot film yg kita tonton (misal film spiderman atau anime), apakah aman?

  • @muhammad.
    hehe.. jangan dibawa pusing mas Ansor. Dibawa enjoy aja. Klo ditolak, ya lamar lagi, hehe…. tentu setelah diperbaiki apa2 yg kurang. Sukses selalu mas.

  • sip, mantap mas penjelasannya, lengkap dan mudah dimengerti
    emng klo kita berbagi tentang sesuatu yg sudah kita pelajari dan lakukan, itu bisa lebih nyampe ke pembaca…saya juga mulai belajar cara nulis artikel yg berkualitas dan gk hanya sekedar copas hehe 😀

    salam dari blogger newbie

  • @anak.
    ya tentu saja boleh dan tidak melanggar kebijakan Adsense sedikitpun. Plus minus…. saya kira lebih banyak plusnya, kalau memang kita memiliki produk bagus untuk dijual.

  • berjualan produk sendiri bolehkah diblogger? apakah tidak melanggar kebijakan adsence? atau adakah nilai minusnya, seperti berjualan produk handicraft…?

    sasanakreatif.blogspot.com/

  • Semoga dengan membaca artikel ini membuat saya semangat dalam membuat artikel untuk blog saya sendiri. Terimakasih.

  • @asuransi.
    sip…. silakan dicoba, semoga semakin baik dalam menulis.

    @pakle.
    sama2 Pakle… semoga bermanfaat.

    @daniel.
    kita sama2 belajar mas Daniel…. yg terpenting : tetap semangat 🙂

    @husni.
    ya betul mas Husni…. tidak ada yg lebih bagus dari berbagi pengalaman.

    oke, coba deh nanti saya lihat, mungkin saya bisa nulis di sana. silakan, terima kasih telah bersedia mencantumkan link, karena banyak sekali yg tidak bisa menghargai karya orang lain… sukses selalu mas.

    @mp3.
    makasih…

  • Terima kasih atas sharingnya Mas Gee Jhon, saya perlu mempelajari lebih lanjut dan belajar dari Anda soal blogger

  • @mastang.
    makasih, saya pasti berkunjung kok. 🙂

    @arif.
    hmm…. gitu ya mas Arif… ok deh. semoga kedepannya, kita bisa menulis lebih baik lagi. Sukses selalu.

    @siti.
    silakan baca artikel ini, mungkin bisa membantu:

    portal-uang.com/2015/01/5-cara-pasti-menghasilkan-ide-artikel.html

    @film.
    silakan, sukses selalu.

    @gta.
    sama2, terima kasih pula atas kunjungan dan komentarnya.

  • gan, kalau udah kehabisan ide buat bikin artikel gimana cara nya ????

    kunjungi juga toko-greenworld.com

  • ajib gan sarannya.. sempat terfikir dibenah saya untuk membuat blog yang hanya bualan saja dari pendapat orang lain ataupun dari sesuatu hal yang tidak pernah saya lakukan atau saya rasakan.. dari membaca posting agan, saya sadar bahwa menulis adalah sebuah cara kita untuk menyampaikan suatu kebaikan,, "berlomba-lomba dalam kebaikan" hal finansial akan mengiringinya.. terimakasih blongnya mencerahkan pikiran sampah ini.

  • makasih mas udah mau share ilmunya.. kebetulan saya baru belajar ngeblog, semoga blog saya nggak hanya sekedar nyampah tulisan aja yaa.. Hehe.. 😀

  • Ijin nyimak mas, masih newbie ingin banyak belajar biar bisa sukses seperti mas Gee Jhon

  • artikel ini merubah mindset saya mas.
    tadinya saya terpengaruh dengan kata orang yang katanya artikel minimal harus 300 kata atau lebih. skarang ndak lagi dah. takut jadi tulisan-tulisan sampah blog saya..
    makasih banyak, ditunggu kunjungan baliknya 🙂

  • Hebat euy….pembahasannya lengkap, jelas, dan benar-benar komplit. Berhubung artikelnya panjang, jadi saya mencoba memahaminya dengan cara mengcopy paste ke word dan membacanya secara lengkap.

    Salut buat mas gee, sukses selalu ya mas gee jhn

  • Bermanfaat Sekali Mas.. ditambah lagi dengan Audio Sound di blog ini… Jadi tambah mudah di cerna artikel ini… jangan lupa correct blog saya ya mas dan Kasih Masukkan udaadib.com

  • @safi'i.
    makasih, pasti nanti mampir 🙂

    @yudi.
    makasih, sudah mampir dan berkomentar… 🙂

    @miftakhul.
    maaf saya kurang paham dengan pertanyaannya. maksudnya seperti apa?

  • Gans ada satu pertanyaan dari kami, Saat menulis artikel kata-kata yang harus di ulang-ulang itu bagaimana sich maksudnya? apakah tidak mengubah nilai isi pada artikel yang telah ditulis? terimaksih

  • tulisan yang menggugah sekali gan.. thanks…
    dah lama punya blog tapi blm bisa nulis sendiri..

  • wah.. kayaknya saya harus blajar bahasa indonesia yg baik dan benar lagi nih.. haha.. tapi makasih loh mas ini infonya bermanfaat banget..

  • Terimakasih untuk informasinya, saya newbie. Merasa sangat terbantu dengan adanya postingan ini

  • Makasih Mas atas tipsnya semoga blognya sukses selalu
    tapi
    doain juga ya mas supaya blog saya juga sukses

  • makasih artikelnya jadi tau nih nyusun artikel
    jagan lupa kujung balik ya gan mademoisellejoanne.blogspot.com/2014/11/tempat-wisata-di-korea-selatan-yg.htmlTempat wisata terbaik di korea

  • Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu… Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas… okartikel.com

  • @rahmat.
    blognya sudah bagus kok,

    @reza.
    sama2

    @biografi.
    aminn…. begitu juga dg blognya. Semoga terus meningkat ke level lebih tinggi lagi. 🙂

  • Terimakasih yah sudah berbagi cara membuat konten yang bernilai tinggi, saya sangat diberkati membaca artikel ini, mudah2an blog nya semakin maju dan menghasilkan banyak uang yah mas

  • sangat bermamfaat gan ,,
    buat agan agan kunjungi blog saya yah saran dari temen – temen sangat saya terima . makasih
    coffebegadang.blogspot.com/

  • @deno.
    terus berlatih adalah satu2nya cara meningkatkan kemampuan menulis. Jadi teruslah menulis sebanyak-banyaknya. Kaget??? gak tuh, hehe…. malah seneng kalau selalu mampir kesini. Oke sukses selalu, dan terima kasih atas kunjungannya.

  • saya kadang masih gacak bikin artikel dalam arti kata-kata yang masih diulang, tp sy tetap ingin bisa bikin artikel yang bagus, trimaksih panduannya, jangan kaget kalau sy selalu mampir di blog anda, txs banget

  • artikel yang bermanfaat..makasih gan buat infonya..
    mampir di blog sederhana saya ya gan..
    mlisunblog.blogspot.com

  • Halo gan, mohon maaf ane mau nawarin jasa penulisan artikel indonesia cocok untuk blogger yang males nulis artikel. artikel yang ane tulis 100% unik dan lulus copyscape, seo friendly pasti dong.

    info lengkap buka lapak kaskus ane gan dimari kask.us/hOLu2 ,
    terimakasih gan 🙂

  • Beberapa artikel saya dulu sangat jelek dan sekarang semakin jelek lagi, saya mau beljara tentang cara menulis artikel ini dengan benar untuk membuild blog baru, terimakasih atas pencerahannnya

  • Artikel anda sangat bagus dan mudah dipahami sangat membantu saya sebagai pemula yang benar-benar membutuhkan bimbingan dalam hal menulis artikel yang baik dan benar..terima kasih gan..semoga saya kedepannya dapat membuat artikel sebagus agan..hehe

  • @motivasi.
    amin…. mari sama2 belajar menjadi penulis yg lebih baik lagi.

    @cupuwatu.
    terima kasih, semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih baik lagi.

  • matap … mohon link gratis tempele blog saya baru nulis di blog tebarmanfaatsesama.blogspot.com/2014/09/cara-pendaftaran-online-bpjs.html

  • Bermanfaat sekali MAS Gee Jhon..
    akan saya usahakan nulis artikel yg baik sesuai dengan petunjuk postingan nya..hehe
    kunjungin juga blog temen saya smkn1tkl.blogspot.com =D

  • @mebel.
    makasih…

    @yuli.
    semoga makin bersemangat lagi tuk menulis 🙂

    @chaplin.
    sama2, terima juga atas kunjungan dan komentarnya.

    @aldy.
    sip lah kalau begitu 🙂

  • luar biasa, membantu saya untuk belajar lebih mendalam cara tulis menulis mas, dan samapi sekarang saya msih bingung nulis apa, sampai sampai saya tulis di blog. macet idenya ….

  • @anonim.
    @aikawa.
    @rizal.
    @jualobat.
    @lina.
    @caraobat.
    @rahmat.
    @contoh.
    terima kasih semua, atas apresiasinya. Salam kenal juga….. sukses untuk Anda semua.

  • Salam Kenal
    Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank's untuk infonya
    aku tunggu info-info lainnya

  • borneotutorials
    ijin menyimak artikelnya gan…karena sangat menarik dan bermanfaat bagi pemula seperti saya.
    terima kasih dari borneotutorials.blogspot.com

  • Bermanfaat sekali ulasanya masta,, kunjungi blog ku ya,,,,
    forexnessia.blogspot.nl/2014/07/strategy-trading-terbaik-di-dunia.html

  • @jeny.
    kalahkan rasa takut itu, dg cara langsung menulis. Tidak usah merisaukan ttg kualitas dsb, krn tidak ada satupun penulis, sehebat apapun sekarang, yang tulisan bagus sejak awal. Semua melalui proses yg panjang, jadi kalau tidak segera memulai, kapan menjadi bagus?

    Semoga 2 artikel berikut dapat membantu:
    1. portal-uang.com/2013/11/menjadi-blogger-yang-percaya-diri.html
    2. portal-uang.com/2013/12/cara-mudah-menjadi-blogger-ahli.html

    sukses selalu..

  • Saya dari jaman kuliah bikin blog udah bberapa kali ganti email n ganti nama blog lg. Tp smpe skrg blom berani nulis2. Takut salah memilih topik, dll. Tp kalo nulis di diary sih saya suka. Smpe derik ini pun blog saya kosong. Hahahaa. Kaskus aja jg cuma buat baca2 artikel aja gak pernah posting2. Naahh kira2 biar Pede, saya harus nulis apa ya gan untuk mulai posting bacaan ato apalah…

  • @dianafia.
    ya, kurang lebih sperti itu lah, 🙂

    tentang pertanyaan kedua, aslinya adsense tidak menyebutkan secara jelas syarat jumlah artikel atau pun jumlah pv. tapi karena yg diinginkan oleh adsense, adalah blog / website yg kaya akan konten, maka sebaiknya tunggu sampai memiliki 25 – 30 artikel sebelum melamar adsense.

    begitu jg pv, tidak ada syarat apapun ttg itu. Sebagai contoh, pertama kali dulu saya mendaftar adsense, pv harian tidak sampe 50 pv dengan 14 artikel. tapi itu dulu, skrang katanya mendaftar adsense lebih selektif

  • minimal brapa artikel agar adsense bisa menerima blog kita gan?
    trus page priview harus minimal barpa jga dalam sehari gan?

  • berarti artikel yang berisi lirik musik tidak bisa ya gan. Ok lah, thanks gan udah beri jawabannya. sangat paham penjeleasannya, salam sukses

  • @dianafia.
    ya tema dari kontennya. Menurut saya, sekali ini menurut saya loh ya……. .jadi sama sekali tidak bisa dijadikan patokan 100%, tema / konten berupa syair dan chord lagu, tidak menarik buat adsense…

    karena selain tema juga, setiap posting terlalu sedikit isinya, jadi dianggap konten tdk memadai. yg diinginkan oleh adsense, adalah konten berupa artikel yg 'sebenarnya'.

  • @dianafia.
    ya tema dari kontennya. Menurut saya, sekali ini menurut saya loh ya……. .jadi sama sekali tidak bisa dijadikan patokan 100%, tema / konten berupa syair dan chord lagu, tidak menarik buat adsense…

  • tema disini maksudnya apa gan? maaf saya masih belum paham kali dengan adsense. saya sempat drop karna adsense, tapi setelah melihat artikel agan saya jadi termotivasi lagi. Apa yang harus saya perbaiki untuk blog pertama saya ini gan?

  • @dianafia.
    alasan konten tdk memadai, selain yg telah disebutkan dalam pesan dari Adsense sendiri, dari pengalaman saya, juga berkaitan dg tema blognya. Ada tema2 tertentu yg tdk disukai oleh Adsense. Biasanya tema yg kurang / sedikit dicari orang.

    Setelah saya lihat mungkin alasannya itu.

    tentang blog keduanya, saya kira lebih cukup bagus, hanya saja masih kurang artikelnya.

  • gan saya punya dua blog masing2 udah tua umurnya,,,
    blog pertama saya dengan pengunjung 200/hari, tapi udah 4 kali saya mencoba daftar GA tetap di tolak dengan alasan " Konten tidak memadai: Guna mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan yang relevan di situs Anda, laman Anda perlu berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat melakukan peninjauan dan perayap kami dapat menentukan tema dari laman Anda.
    – Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai – situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
    – Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekedar judul.
    – Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense – jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web" ini blog saya cordmusikindo.blogspot.com
    bagaimana solusinya gan?
    trus blog ke dua belum berani saya daftar tapi untuk review apa blog saya yg kedua ini udah bisa daftar dengan tampilannya seperti ini gan teknisikita.blogspot.com
    bisa di bantu gak gan
    terima kasih 🙂

  • memang dalam menulis membutuhkan keuletan dan keseriusan ya mas, selain itu mengikuti tips yang mas berikan tentu akan menambah wawasan menulis sehingga tulisan kita benar-benar bagus. Salam hangat Terwujud.com

  • sangat membantu sekali mas artikel nya jgn lupa visit blog saya aplikasigratis-id.blogspot.com/2014/05/tempat-kursusseo-dan-internet-marketing-di-jakarta.htmlPasid Software

  • @kursi.
    makasih.

    @nasaban. @chee.
    sama2, semoga bermanfaat.

    @ferdian.
    yah, itulah yg sebenarnya harus dihindari. Kalau tidak mulai sedari awal menulis sendiri, maka nanti keterampilan menulis kita tidak meningkat pula.

  • benar sekali mas… terkadang sebagai pemula bingung berbagi pengalaman akhirnya menyadur tulisan orang lain

  • iya tuh bner, dulu ane cuma baca doank langsung ane post di blog, padahal ane sendiri belom bisa menerapkannya, tapi sekarang dapet ilmu baru dari blog ini, makasih ya ! 😀

  • Keren Sob . artikelnya
    moga bermanfaat . join juga sob
    di sini . obatbius.net
    maya-nh.blogspot.com

  • @gilang.
    silakan dicopas, tapi jangan lupa cantumkan link, itu adalah bagian dari etika penting dalam blogging 🙂 Sukses selalu buat Gilang!

  • @download.
    oke, yang penting mulai sekarang tidak lagi mengesampingkan hal-hal tersebut.. sukses selalu tuk blognya..

    @internet.
    sukurlah jika tulisan saya dapat bermanfaat. Salam sukses…

    for all: terima kasih atas kunjungannya.

  • bener bener inspiratif sob, sampai saat ini saya masih mengesam[ingkan point2 diatas. maklum baru bisa menulis. 😀

  • @obat.
    ya betul sekali. dengan memiliki ciri khas, maka kita memiliki identitas, dan hal itu akan berpengaruh terhadap kredibilitas kita sebagai blogger…

  • ternyata dalam menulis atikel harus punya ciri khas ya…aku conba belajar deh membuat tulisan sebisa mungkin semenarik mungkin.trims tutorialnya ya…

  • @wisma.
    coba tanya kepada para blogger? jadi penulis dulu baru jadi blogger? apa jadi blogger dulu baru jadi penulis? Saya yakin, kebanyakan adalah yang kedua.

    Jadi intinya, kita – para blogger – bukanlah seorang penulis, tapi kita mau belajar untuk menulis lebih baik…. 🙂

  • ane masih pemula sob, jadi belum bisa bikin artikel yang bagus. Terimakasih sobat atas tips yang sangat berguna ini untuk saya

  • Mantap gan tipsnya.. Sangat menginspirasi saya yang sedang ingin membuat artikel dengan kualitas yang mumpuni..

  • Artikel keren, banyak memberikan masukan dan dapat memotivasikan blogger, hidup blogger Indonesia

  • @paket.
    ayo kita belajar bersama mas… Insya Allah semua yang punya akan saya sharing melalui blog saya, untuk sebaiknya mas berlangganan update melalui email, agar tidak ketinggalan tips terbaru dari saya.. 🙂

  • @arini.
    ya. hehe.. makanya ketika ada ide, mendingan langsung deh ditulis,, 🙂

    @rudy.
    hmm… oya? makasih. tapi pgn tau apa bedanya portaluang dg yg lain? 🙂 oya, terima kasih telah berkunjung.

  • ternyata dalam menulis sebua artikel kalau menungu bayangan ide akan membuat buyar semua ide. terina kasih atas ide ya

  • Saya ingin sekali bisa menulis artikel dengan baik dan benar, Mungkin itu juga membuat saya mulai ngeblog untuk mewujudkan keingunan saya itu. Mudah2an bisa ya, tks bgt mas buat artikelnya dan salam kenal.

  • @kolom.
    terima kasih… semoga bermanfaat.

    @blogpendidikan.
    hehe… terima kasih ats pujiannya. Semoga ke depan kita bisa mejadi lebih baik lagi. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya.

  • luar biasa…artikel yang tuntas dan lugas. sy sering kesulitan menulis artikel. dari blog ini jadi belajar banyak.thank u gan

  • @mayang….
    sama2 Mayang…. semoga makin moncer blognya. utk pertanyaan kedua: menulis artikel dapat uang? jawabannya tidak, jika secara langsung diartikan menulis artikel dpt uang. jadi kita bisa dapat uang adalah dari blog, misalnya dg memasang iklan di blog tersebut, sedangkan utk dpt hasil maksimal dari iklan di blog, tentu blog tersebut harus ramai pengunjung, nah.. agar blog menjadi ramai, tentu saja harus berisi artikel atau konten yang bagus, disinilah saat menulis artikel itu bisa dapat uang…. apakah bisa dpahami? 🙂

    kecuali memang Mayang menawarkan jasa penulisan artikel, itu hal lain, tentu dengan begitu bisa langsung dapat uang dari menulis artikel. sukses selalu buat Mayang.. terima kasih atas kunjungannya.

    • Mas saya mau bertanya.
      Tadi katanya kita bisa dapat uang dari memasang iklan .itu pun blog kita harus banyak dulu pengunjungnya..
      Pertanyaan saya,bagai mana kita memasang iklan d blog kita yg banyak pengunjungnya dan bgai mana kita bisa memastikan kita bakal di bayar?
      Trima kasih atas perhatiannya

      • silakan baca: portal-uang.com/2013/06/dapat-uang-dari-adsense.htmlGoogle Adsense untuk lebih jelasnya. Jadi kita jalanin program yang namanya Google Adsense.

  • Trimakasih infonya , wahhh masih banyak yang harus aku pelajari untuk belajar menulis artikel
    semoga aku bisa.

  • @anonim. maaf jika sy krg paham dg pertanyaannya…

    jika maksudnya artikel utk posting, tentunya cuma satu halaman..

    atau apakah yg dimaksud adalah artikel bersambung (berseri)? JIka berseri, ya terserah saja berapa halaman saja.