5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menulis Posting Baru

Lega rasanya. Setelah beberapa hari mengendap di kepala, akhirnya selesai sudah tertuang ke dalam bentuk tulisan. Sudah selesai diketik, dan siap untuk dipublish.

Menulis artikel baru untuk update blog adalah kegiatan pokok dalam blogging. Dengan selalu menyajikan konten dan artikel terbaru setiap hari, akan menjamin perkembangan blog ke arah kesuksesan. Namun, apakah setelah selesai menulis sebuah artikel baru, tugas kita selesai?

Belum!

Jika Anda ingin sukses dalam blogging, masih ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan setelah selesai menulis artikel baru.

Dan inilah 5 hal tersebut, yang selalu saya lakukan setiap kali selesai menulis artikel baru.

1. Edit artikel Anda

What? Bukankah baru saja saya selesai menulisnya? Ya betul. Tapi percayalah, Anda perlu mengeditnya kembali. Itulah yang selalu saya lakukan, bahkan tidak sekali, bisa dua sampai tiga kali. Saya ingin memastikan artikel saya telah bebas dari salah ketik.

Memastikan artikel saya tidak mengandung kalimat-kalimat yang kurang tepat. Saya juga ingin memastikan apakah sudah adaΒ keywordΒ yangΒ tersebar secara sempurna.

Apapun tujuannya, artikel baru Anda perlu Anda edit kembali. Ganti kalimat yang kurang tepat. Buang kalimat yang tidak berguna. Perhatikan penggunaan tanda baca, penulisan kata, dan ejaannya.

Saya masih sering melihat artikel-artikel di berbagai blog, penuh dengan kesalahan ketik atau susunan kalimat yang tidak sempurna, saya yakin penulisnya melewatkan hal yang satu ini. Dan jika dibiarkan seperti itu, lambat laun akan membuat pengunjung blog Anda tidak betah berlama-lama.

So, sebelum menekan tombol publish, edit kembali artikel baru Anda.

2. Ping Ping Ping

Kunjungi situs semacam pingomatic atau banyak layanan ping lainnya. Pastikan semua orang mengetahui bahwa blog Anda baru saja memiliki artikel terbaru.

3. Ingat social bookmark (sosbok)

Banyak sekali sosbok yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah stumbleupon, delicious, dan digg. Anda memang tidak harus memilih dan men-submit ke semua sosbok yang ada, tapi paling tidak Anda telah mensubmit artikel Anda ke beberapa sosbok yang Anda pilih.

4. Ingat media sosial

Google+,Β Tweeter dan facebook adalah dua yang paling populer saat. Dengan me-link artikel terbaru Anda di media sosial, akan menambah trafik, sekaligus memberitahukan bahwa Anda telah meng-update blog Anda. Jika artikel cukup bermanfaat, tidak tertutup kemungkinan teman-teman Anda akan meng-share nya secara sukarela. Tentu saja itu adalah hadiah tambahan bagi Anda.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memanfaatkan media sosial ini dengan baik.

5. Memberi tahu teman lewat email

Selain keempat hal di atas, saya punya kebiasaan lain, yaitu memberitahu ‘beberapa’ teman tentang artikel terbaru yang baru saja saya publish di blog. Namun, di sini saya sarankan, pilihlah artikel utama Anda. Jika tidak, mungkin Anda akan dianggap nyepam.

Satu hal perlu diingat, setelah menulis artikel baru, bukan berarti tugas Anda telah selesai. Nah itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan setelah selesai menulis sebuah artikel baru. Dengan melakukannya, berarti Anda semakin dekat dan telah berada pada jalur yang benar untuk sukses dalam blogging.

Silakan berbagi jika Anda memiliki kiat dan tips lainnya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

40 Komentar

  • “Saya juga ingin memastikan apakah sudah ada keyword yang tersebar secara sempurna”. Saya ingin menanyakan poin ini mas Gee Jhon. Di Zaman yang katanya google sudah mulai menerapkan sistem pemeringkatan situs dengan memperhatikan perilaku netter, apakah menulis artikel dengan cara menyebar keyword ke dalam artikel masih berpengaruh untuk SEO ? karena ada saya baca disebuah situs, bahwa menyebar keyword dalam tulisan malah akan berdampak buruk pada artikel, karena katanya akan dianggap spam. Bagaimana sih cara menyebar keyword yang baik menurut mas Gee Jhon ?. Terimakasih

  • Kalau blog adsense apa trafik dari FB atau sosial media lain diperbolehkan ? Soalnya ada yang pernah bilang harus dari google ?

  • pada awalnya saya kira kebiasaan saya mengedit artikel yang baru saya posting adalah kesalahan besar karena akan membuat artikel saya kacau di search engine, tetapi setelah membaca artikel dari abg gee jhon ini kekhawatiran saya ilang bang, waduh makasih banyak ni artikelnya bagus.

  • artikel yang bagus, sangat membantu buat saya..
    klo berkenan silahkan kunjungi blog saya ya bang ^_^

  • Mas Gee saya habis robah theme Blog saya, harus diapain ya Mas selain di Index ?

    Tolong dilihat dong bang web saya, loadnya kaya gmana, apaan kek Mas kasih kritikan juga gpp Mas.

    Salam
    Mugianto

  • Saya Mau nanya nih mas…
    apakah setelah perbarui postingan yang sudah ada juga harus kirim sitemap ulang atau di biarin aja…?
    terus apakah juga di kirim ke indeks google lagi,….?
    Mohon jawaban nya mas….

  • wah mantap bro, cocok sekali untuk mendatangkan traffik dan cepat di indeks google.. mungkin ada beberapa yang beda dengan saya, karena untuk sosmed saya belum punya follower atau fanpage yang banyak pengikutnya….

    tapi beberapa poin lainnya bagus untuk diikuti…terima kasih infonya broo

  • Banyak sekali sosbok yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah stumbleupon, delicious, dan digg plus linkedin. Pertanyaan saya apakah blog indonesia harus sebaiknya submit juga ke delicious, digg, stumbleupon, maupun linkedin atau tidak? Karena itu web sosbok bhs linggis semua, apa cukup efektif? Mas gan?

    ditunggu nih updatenya, kalau perlu nyindir si anu cp wwkwk

  • pantesan om blog ku gak terindex,apa karena setiap posting artikel ,aku submit ke webmaster tool,malah jadinya gak ter index.tolong kunjungi blog ku ya om,yang salah apanya.
    pindung-gayaman.blogspot.com/

  • @azis.
    ya bisa jadi. Saat ini memang teman2 kita ada di med sos, πŸ™‚ tapi jika memang punya waktu, saya kira bisa tetap dicoba, sekecil apapun peluangnya, tidak ada salahnya dicoba bukan? tapi, tentu saja harus memilih mereka yg kita anggap benar2 akan tertarik dg topik artikelnya. terima atas komentarnya.

  • Untuk poin nomer 5 kayaknya udah nggak efektif ya? Soalnya sekarang udah jarang banget yang buka email, palingan sekarang lewat Media Sosial yang saya kira paling efektif.

  • hmm…. blog saya artikelnya sudah termasuk berkualitas belum ya?
    >> lalije.blogspot.com –Saya rasa sih udah

  • memang kudu belajar lagi dan konsisten jika ingin punya blog yang sukses dan yang terpenting blog itu bisa menghasilkan sedikit rejeki yang barokah πŸ™‚