Ketika Seorang Blogger Frustasi: ………..?

Kamu telah mengelola blog beberapa bulan lamanya. Kamu telah memilih niche dan topik yang Kamu sukai.

Kamu telah melakukan segala upaya yang seharusnya dilakukan oleh seorang blogger: menulis artikel setiap hari, mempromosikan blog, menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam mengumpulkan informasi, dan sebagainya.

Intinya, Kamu telah mencurahkan segenap perhatian, waktu, tenaga dan pikiran untuk mengembangkan blog Kamu.

Tapi, pengunjung blog Kamu tidak lebih dari 100 per hari, dan hanya bisa mengumpulkan pendapatan dari iklan di blog Kamu sebesar $3!

Kamu berpikir: $3, sangat tidak sepadan dengan kerja keras yang saya lakukan selama beberapa bulan. Apa yang salah dengan blog saya?

Pada kebanyakan kasus, menurut saya tidak ada yang salah, kecuali Kamu kehilangan konsistensi dan kesabaran.

Beberapa bulan saja bukanlah waktu yang cukup untuk mendapatkan hasil yang ‘luar biasa’ dalam bidang usaha apapun. Termasuk dalam blogging for money. Jika Kamu berharap mendapatkan  hasil banyak dalam waktu cepat, saya jamin Kamu akan kecewa.

Saya pernah ngobrol dengan beberapa orang. Ada yang mengatakan:

“Saya rasa bisnis afiliasi tidak cocok untuk saya, karena sampai sekarang tidak menghasilkan apa-apa.”

“Mas, saya telah menjalankan semua saran dan tips sukses Adsense dari Portal Uang, tapi menurut saya Adsense bukanlah pilihan yang bagus, dengan segala kerja keras saya, saya hanya mendapatkan $0,1 per hari.”

Dan beberapa pernyataan senada lainnya. Ketika saya balik bertanya kepada mereka: “Sudah berapa lama Kamu menjalankannya?” Mereka menjawab: “2 bulan!”

What? Kamu pasti bergurau!

Butuh waktu berbulan-bulan bagi saya untuk mendapatkan hasil yang ‘cukup besar’ (saya butuh waktu 6 bulan untuk bisa pay out pertama dari Adsense). Bahkan ketika saya belum mendapatkan hasil belum yang sepadan dengan kerja keras saya, saya menolak untuk berhenti. Justru itu membuat saya terus membangun sebuah strategi baru.

Jadi, jika sampai saat ini Kamu belum mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, yang dibutuhkan adalah satu kata: konsistensi!

cara mengatasi frustasi

Jika Kamu baru saja memulai blogging untuk mendapatkan uang, Kamu butuh menciptakan ‘irama’ kerja Kamu. Membuat posting secara teratur adalah salah satunya.

Terus menghasilkan konten yang bagus adalah hal lainnya. Merancang strategi adalah hal lainnya lagi.

Namun semua itu bermuara pada satu titik: konsistensi dan kesabaran. Kamu harus menganggap blogging adalah sebuah bisnis, sungguh butuh keseriusan untuk mengembangkannya.

Saya menemukan banyak sekali blog di luar sana yang sangat bagus dan menyimpan potensi besar, namun terbengkalai begitu saja. Semua karena pemiliknya tidak memiliki keseriusan dan kesabaran yang cukup untuk bertahan mengelolanya.

Memang, tidak dipungkiri, rasa frustasi akan melKamu (karena saya pun mengalaminya), ketika setelah berbulan-bulan bekerja keras, tidak menghasilkan apapun. Namun jika Kamu memiliki visi yang jelas, konsep yang bagus, bersabar dan tidak berhenti, Kamu akan terkejut, puas, lega dan bangga terhadap hasil yang akan Kamu dapatkan! Itu semua terjadi, jika dan hanya jika: Kamu tetap konsisten menyajikan konten yang bagus secara teratur.

Kesimpulannya:
Ketika frustasi melKamu, yang dibutuhkan hanya lah kesabaran. Jangan pernah berhenti berlari (walaupun lelah), setelah Kamu menempuh 80 meter dalam lomba lari 100 meter. Hanya 20 meter lagi Kamu mencapai garis finish.

Saya sangat senang jika Kamu dapat berbagi pengalaman blogging Kamu. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

17 Komentar

  • mengenai frustasi saya menjadi salah satunya mungkin masih kategori baru,mas tolong lihat blog saya (cuma template gratisan) di atas menu ada tulisan advertise,sitemap dan about,saya masih bingung untuk mengisinya.
    maksih sebelumnya bantuannya mas

  • @denny.
    betul, saya yakin semua blogger pun pasti pernah mengalami saat-saat 'galau. bedanya ada yg tetap bangkit terus, dan ada yg menyerah.

    @ali.
    setuju mas Ali. kesabaran kunci sukses dalam segala hal. jika kita melakukan sesuatu atas dasar 'cinta' biasanya akan tetap termotivasi. sukses selalu mas… saya yakin suatu saat akan tercapai yg diinginkan.

  • Sangat menarik thema nya mas Gee, saya salut utk yg berhasil di dunia maya dalam artian berhasil materi,karena mencari income di dunia bukan hal yang gampang[namun dapat dilakukan],apalagi utk GA.
    saya sendiri hingga kini belum pernah PO,wl sudah 2 thn ikutan GA…..yg namanya semangat timbul tenggelam..dan yg membuat sy bertahan kebetulan saya suka dunia internet,,hingga sekalian saja ,sambil nulis,,,,di blog !dan sepakat ''kesabaran''satu satunya jalan utk bertahan saat saat terjadi ''galau '

  • terkadang rasa jenuh menyerang oleh karenanya blogger juga perlu refreshing sapa tau saat refreshing dapat ide postingan atau strategi baru 🙂

  • Sabar … sabar … sabar baru 2 bulan blog ini berjalan . hehehe

    baru seumur jagung. Eh … kena juga google Sandex ( apalah ) ….. Terkurung . hihihihihihi

  • mmm.. sgt disayangkan sekali ya Mas Donny? tp sabar, ttp semangat dan perbaiki. kemungkinan besar blog mas terkena penalti oleh Google. sehingga ada penurunan trafik dr mesin pencari terutama Google. Cek apakah terjadi over-optimasi SEO, spt penumpukan keyword, dsb.

    Apakah semua artikel adl original?

  • Saya setuju dan saya lagi mengarah kesana, cuma soal tehnik bloging yang saya kurang ngerti akibatnya ketika blog aku yang pengunjungnya tiap hari antara 800 s/d 1200 drop ke 80 s/d 100 perhari frustasilah aku.

  • mm… betul sekali mbak alifia. galau boleh, frustasi boleh. yang terpenting jangan menyerah setengah jalan.. hehehe… terima ksih telah berkunjung.