SEO

8 Manfaat Terbaik Berkomentar di Blog Lain

Di berbagai forum saya sering melihat banyak blogger mengatakan:

“Gan, komen-komenan yuk!”

“Komen dong, dijamin 1000% dikomen balik”

“Kunjungi blog saya, jangan lupa komen ya? Nanti saya komen juga deh!”

dan beberapa kalimat senada lainnya. Apa artinya ini semua? Artinya kita semua sebagai blogger, mengharapkan dan senang jika ada orang lain berkomentar di blog kita, bukan? Dan itulah yang membuat beberapa blogger menulis kalimat-kalimat di atas.

Memang tidak ada yang salah dengan ‘permohonan’ itu. Tapi, kenapa sih kita harus menerima dulu baru kita mau memberi?

Rumus dalam segala hal adalah, jika Kamu ingin menerima, maka Kamu memberi  terlebih dauhulu. Begitu juga halnya dengan masalah komen ini. Jika Kamu ingin blog Kamu ramai dikomentari, maka Kamu harus lebih dulu rajin berkomentar di blog lain.

Terlepas dari masalah itu, memberi komentar yang baik di blog orang lain banyak memberi manfaat. Dan kali ini saya ingin menguraikan sedikit tentang manfaat berkomentar. Inilah manfaat berkomentar di blog lain.

1. Memberi apa yang diinginkan orang lain

Ini adalah hal baik. Banyak blogger mengeluh bahwa tidak ada yang tertarik berkomentar di blog mereka. Seharusnya mereka bertanya: “sudahkah saya berkomentar di blog orang lain?” Perlakukanlah orang lain seperti Kamu ingin diperlakukan.

2. Menjalin pertemanan

Ketika memutuskan untuk blogging, sebenarnya kita telah bersedia menjadi bagian dari blogosphere. Jaringan para blogger. Dengan berkomentar, kita akan lebih dikenal, dihargai, diperhitungkan. Kenalkan diri Kamu, berkomentarlah, dan carilah teman baru.

3. Mendatangkan trafik

Memang tidak seketika Kamu berkomentar, Kamu akan mendapatkan banyak trafik. Tapi jika Kamu melakukan ini secara berkesinambungan, memberi komentar yang baik, dalam jangka tidak terlalu lama Kamu akan mendapatkan banyak trafik tambahan, dari orang-orang yang tertarik dengan komentar Kamu. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang Kamu. Bukankah ini satu hal sangat bagus?

4. Mengasah otak

Bukan hanya TTS yang mengasah otak, hehehe… Dengan berkomentar di blog lain, kita dituntut memahami makna dan tujuan artikel bersangkutan. Otak kita dipaksa mencari sesuatu yang menarik yang bisa dikomentari. Tidak buruk bukan?

5. Menemukan ide baru

Saya seringkali menghasilkan artikel yang tadinya berupa komentar di blog lain. Ketika berkomentar kita berusaha memberi tanggapan, solusi, sanggahan, pendapat pribadi. Bisakah itu dijadikan bahan tulisan untuk posting Kamu berikutnya? Cobalah!

6. Membuat artikel yang mengundang komentar

Coba ingat-ingat, artikel semacam apakah yang menarik minat Kamu untuk ikut berkomentar? Artikel yang bagaimanakah yang mengundang komentar? Dengan mengomentari artikel orang lain, secara tidak sadar Kamu sedang melatih diri untuk bisa menghasilkan tulisan yang menarik untuk dikomentari.

7. Kemampuan menulis meningkat

Saya menganggap berkomentar di blog lain, sebagai latihan menulis. Semakin banyak berkomentar, semakin banyak berlatih. Semakin banyak berlatih, semakin bagus keterampilan kita menulis. Jadi, jika Kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis, banyak-banyaklah berlatih dengan berkomentar di blog lain.

8. Memberi banyak = menerima banyak

Rumus kehidupan yang saya yakini dan pegang teguh. Semakin banyak memberi, maka semakin banyak menerima. Jika Kamu memberi, Kamu akan menerima. Sehingga Kamu tidak perlu lagi ‘meminta-minta’ orang lain untuk berkomentar.

Itulah beberapa manfaat berkomentar di blog orang lain yang saya rasakan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan sisi positif lainnya. Kamu bisa menambahi?

Tips terbaiknya:

Dalam seminggu ke depan, buatlah komitmen untuk selalu berkomentar di blog lain setiap hari. Setiap hari buatlah komentar lebih banyak dibanding hari sebelumnya. Berkomentarlah ke lebih banyak blog dibanding hari sebelumnya. Cari blog yang sesuai dengan niche blog Kamu sendiri.

Berilah komentar yang bermutu, yang bukan sekadar “Nice articles”, “Thanks Gan”, “Tulisan yang bagus” dan komentar basa-basi lainnya. Berilah sesuatu yang berbeda. Beri nilai lebih pada komentar Kamu. Sampaikan ketidaksetujuan Kamu.

Dan lihat bagaimana hasilnya. Kamu akan terkejut dengan hasilnya! Jadi, try this!

Bagaimana? Siap berkomentar banyak dan menerima banyak? Silakan berbagi pengalaman Kamu dalam mengomentari blog orang lain. Sukses untuk kita semua.

Update:
Selain rajin berkomentar di blog teman, untuk mendatangkan banyak komentar ke blog Kamu sendiri, Kamu harus mempermudah orang lain untuk berkomentar. Lalu bagaimana caranya memberi komentar yang baik dan menarik perhatian orang lain? Temukan caranya di: Cara Berkomentar dengan Cerdas.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

69 Komentar

  • Mantap, ternyata banya juga manfaatnya komentar di blog orang lain ya, ane baru mulai belajar ngeblog nih. masih awam banget, sapa tau ada yang mau ngajarin :v

  • Artikel yang bermanfaat gan. Jadi tahu, berkomentar di blog lain tidak hanya mendatangkan traffic tambahan, tetapi juga masih banyak manfaat yang lain, yang bisa kita terima

  • Baik kak, sebelumnya saya belum begitu mengerti tetapi dari artikel ini saya belajar banyak untuk dapat koment di blog kakak, sangat bermanfaat kak, terima kasih

  • Hehe..
    Saya klo lagi nyari2 artikel buat ngisi perpustakaan di kepala saya..eeeh muncul lagi blog ini..muncul lagi blog ini..gak kehitung dah udah berapa kali mampir..
    (tapi gak pernah di kasih minum sama yg punya rumah)

    Yang dipoint 3, itu mmang bener, bisa datengin traffic, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
    Jangka panjangnya ya backlink. Meskipun banyak yang bilang backlink dari komentar itu tidak bernilai atau nilainya rendah di mata google, tapi nyatanya di akui jg sama google.

    Di tunggu pencerahan yang lainnya ya Om Gee..
    Semoga menjadi ladang pahala..aamiin

  • Dear Gee Jhon,

    Ini komen pertama siacul setelah sekian lama stalking di blog orang banyak,

    terimakasih atas pencerahannya, postingan yang benar-benar mencerahkan.

    Sincerely,

    Siacul

  • mungkin dengan post ini saya bisa memberikan komentar yg lebih baik lg. terima kasih ya gan. mohon kunjungan baliknya

  • Wahh luar biasa.. benar-benar bermanfaat buat saya, sebelumnya saya baca ini, ternyata sebelumnya saya selalu salah dalam berkomentar.

  • Maaf gan.. baiknya kalau blog baru itu langsung blogwalking atau memperbanyak menulis konten dulu ?. Karena blog saya ini masih seumur jagung..

  • Tks gan 🙂 akan coba saya praktekkan 🙂 barangkali bisa mampir ke blog saya kalau ada waktu, hehe

  • mas ge…. Trafik bisa bisa datang dari mana saja, menurut mas gee sendiri,,, bagusan mana jika dibandingkan trafik yang datang dari komentar blog orang lain dengan media sosial? terimkasih

  • saya setuju dengan yang anda paparkan di atas mas gee, tapi apa sih manfaat nya untuk kita jika blog kita dikomentari orang lain? bukan kan itu dapat menambah link keluar dari blog kita, sedangkan ada segelintir orang yang mengatakan kebanyakan outbound link berdampak buruk untuk seo. mohon penjelasannya

    • link keluar itu baik, justru buruk bagi yg berkomentar jika terlalu banyak link berasal dari komentar. manfaat utamanya bagi kita mendapat komentar, jelas: membina hub. baik dg pembaca, dan itu penting, agar mereka betah dan bisa jadi pembaca setia.

      • lalu bagaimana mas dengan orang” yang hanya berkomentar “terimaksih” “info bagus” dll. haruskan kita menghapus komentar tersebut? sedangkan jika dibiarkan akan menumpuknya komentar yang ada, Dan “kata orang juga sih” itu dapat membuat loading blog kita lambat. Benarkah?

      • klo kita memoderasi komentar, buang saja komentar2 macam itu. tp andaikan otomatis tayangpun, tidak akan pengaruh banyak kok terhadap kec. loding.

  • Ternyata ninggalin jejak dengan memberi coment ato blogwalking di blog orang lain yang kita kunjungi banyak manfaat ya…
    Kalo boleh ta tambahin, poin ke 9. Memberikan Motivasi…
    he…he…

  • Gan saya blogger pemula, mohon kritik dan sarannya tentang blog saya ini
    [abillog.com] apakah sudah bagus atao belum. terima kasih

  • @riky.
    makasih mas Riky. Ayo kita belajar sama2… 🙂 sukses selalu!

    @wirahadi.
    sip lah kalau begitu. oya mas hadi, blognya tidak bisa dibuka tanpa saya kopi link yg ditulis muncul error 404.

  • Habis baca ,,mau langsung praktik nih mas, langsung ikut komentar.. sesuai pon yg ke-7 semoga kemampuan menulis sy meningkat 😀 hee

    jika ada kesempatan jangan lupa mampir di blog sy mas, baru belajar ngeblog nih

  • Terimakasih mas atas berbagai tipsnya informasinya juga sangat lengkap sekali! Salam sukses selalu mas…………

  • Alamak..sepertinya selama ini saya tidak menyadari bahwa komentar juga ada manfaatnya, mas… karena kolom komentar saya tutup dan membuat blog tidak hidup lantaran jadi penulis yang hanya bicara sendiri, terima kasih mas…atas pencerahan nya 🙂

  • @ardie.
    salam kenal kembali, pasti saya berkunjung… 🙂

    @riyan.
    syukurlah jika sudah mengerti, hehe…. sukses selalu!

    @romance.
    ya gitu deh…. harus semakin rajin berkomentar mulai saat ini….. 🙂

  • Saya suka dengan manfaat nomor 8, memberi banyak = menerima banyak..
    Kunjungi juga
    Ditunggu saran dan kritikanya, terima kasih.

  • @rifky.
    ya gitu deh, maka skrng yg rajin berkomentar ya? 🙂 Coba ikuti salah satu tantangan blogging Portal-Uang yang ini:

    portal-uang.com/2014/01/mengomentari-10-blog-dalam-seminggu.html

    dan rasakan hasilnya dalam seminggu!

  • memang banyak juga ya manfaat berkomentar di blog. Thanks for infonya bro, sukses untuk blog nya.

    kunjung kunjung ya algifaribercerita.blogspot.com

  • @anugroho.
    ya memang sih, tapi jika komentar kita hanya 'datar-datar' saja, maka peluang mendapatkan perhatian dari pembaca atau penulisnya blog nya jadi berkurang. akhirnya salah tujuan berkomentar, misalnya mendapatkan trafik jadi hilang. 🙂

  • "Thank gan, nice artikel, tulisannya mantap".
    Mending itu bang masih ada yang komen, daripada kosong. xixi…
    Saya kira gak ada salahnya bang memberi komentar seperti itu, tapi alangkah lebih baiknya berkomentar dengan tambahan ide kita ataupun pertanyaan. Jadi komentar bisa lebih hidup lagi.

  • @renaldi.
    ya betul sekali Mas renaldi.. dg berkomentar, kita mengasah keterampilan menulis dan pada saat yg sama membangun network dengan sesama blogger… 🙂 pasti saya berkunjung…..

  • budaya berkomentar memang sangat perlu ya gan, saya baru menyadari kalau berkomentar juga bisa mengasah otak 🙂
    jika berkenan kujungi balik ya blog sederhana saya

  • makasih banyak pencerahannya mas, sangat bermanfaat, mulai sakarang saya ubah cara berkomentar saya, kunjungi blog saya mas

    kritik dan sarannya ditunggu

  • bener banget gan, seperti tulisan agan poin ke- 5
    saya sudah merasakan dengan rajin berkomentar,tanpa disadari keahlian menulis saya semakin terlatih

    Muat yang lain gan?

  • @buah-buahan
    terima kasih juga telah berkunjung, amiiinnnn…. smoga juga demikian dengan blognya sampean.

    @suporter
    ada banyak mas, googling saja. di antaranya: camtasia, ezvid, movavi, hypercam, dll.

  • sama2 kang yono, berkomentar itu baik, sbg srana membangun network antar blogger. itulah yg menjadi kekuatan blog dibandingkan website biasa.

    klo komen tdk dbls, tdk ush skt hati apalagi marah, hehehe… biarin saja. tp kebiasaan jgn sampe ditiru y? usahakan tk memblas smua komentar di blog kang yono.. salam sukses buat kt semua

  • Terima kasih infonya bang, selama ini saya jarang sekali komen di blog orang lain, soalnya kadang komen tidak di balas…

  • memang yg terbaik adl berkomentar di blog dg niche yg sama mas Dika, namun bkn berarti komen d blog berbeda niche jadi sia2. ttp ada manfaatnya. Krn inti dr berkomentar adl 'memberitahu' dunia bahwa kita "ada". pasti sy berkunjung mas….

  • Bagaimana mas bila blog saya tidak termasuk niche alias berisi artikel campur aduk, apa baiknya ngoment di blog campur aduk juga?…coba mas mampir di

  • wah wah wah…sya baru baca ni artikel gan, pasti saya langsung praktekin dah..hehe
    salam kenal gan..:)
    admin.

  • salam kenal mas, saya baru menjalankan rutinitas di atas dan salah satunya membudayakan selalu berkomentar di blog yang saya kunjungi. kunjungi blog saya mas