Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus

Semua optimasi yang telah dilakukan, desain yang baik, penempatan iklan yang baik, meningkatkan relevansi iklan dan sebagainya tidak akan memberi hasil yang optimal jika tidak diikuti dengan melakukan pelacakan kinerja iklan tersebut.

Ini adalah langkah wajib yang harus Kamu lakukan dan terus Kamu pantau dan pelajari. Tanpa itu, Kamu tidak punya bahan analisa dan ukuran telah sejauh mana keberhasilan dalam optimasi Adsense.

Sudah baikkah? Apakah ada peningkatan pendapatan? Atau malah sebaliknya justru menurun setelah Kamu merubah ukuran unit iklan pada halaman tertentu? Di situlah pentingnya memonitor dan melacak kinerja iklan Kamu, dari situ Kamu bisa melakukan perbaikan-perbaikan, sampai akhirnya menemukan yang benar-benar memberi hasil paling memuaskan.

Beruntung, Adsense telah menyediakan banyak fitur dan fasilitas untuk melakukan pelacakan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan saluran khusus (custom channel).

Dengan saluran khusus, memungkinkan Kamu melakukan pelacakan terhadap beberapa unit iklan atau grup unit iklan tertentu. Kamu bisa mengelompokkan unit-unit iklan ke dalam bermacam kategori, seperti:

  • Berdasarkan lokasi penempatan iklan. Misalnya semua unit yang berada di header, dan sebagainya.
  • Berdasarkan desain dan warna iklan. Misalnya warna hitam dan warna biru.
  • Berdasarkan topik halaman. Seperti halaman tips blogging, dan sebagainya.

Dengan cara demikian, Kamu akan jauh lebih mudah melihat hasil kinerja unit iklan Kamu.

Penargetan penempatan

Fungsi lain dari saluran khusus ini adalah Kamu dapat membuatnya menjadi penargetan iklan. Seperti yang pernah saya tulis dalam cara meningkatkan nilai CPC, cara ini dapat meningkatkan persaingan antar pengiklan dalam lelang, sehingga ujung-ujungnya dapat memberikan iklan yang memiliki CPC paling tinggi. Dalam halaman support Adsense, mengenai penargetan iklan ini:

Salah satu cara iklan ditargetkan ke situs web penayang AdSense adalah melalui penargetan penempatan. Penargetan penempatan memungkinkan pengiklan AdWords memilih penempatan iklan tertentu yang mereka inginkan untuk menampilkan iklan. Penempatan iklan bisa berupa keseluruhan situs web atau sub-kumpulan tertentu dari unit iklan dalam situs tersebut, seperti hanya unit iklan di laman olahraga suatu situs atau seluruh unit iklan di bagian atas laman.

Pengiklan mencari penempatan iklan dalam beberapa cara, termasuk dengan mendata situs web yang mereka inginkan untuk beriklan atau dengan menelusuri penempatan yang sesuai dengan tema dan topik yang ingin mereka targetkan.

Membuat saluran khusus

Kamu bisa membuat saluran khusus ini melalui dua cara:

1. Pada saat Kamu membuat unit iklan baru atau mengeditnya, Kamu dapat menambahkan saluran khusus yang telah ada, atau langsung bisa membuat yang baru.

2. Kamu membuat saluran khusus, baru kemudian menambahkan unit iklan yang telah Ada.

Lebih jelas, silakan lihat cara membuat saluran khusus dan penargetan penempatan di halaman support Adsense.

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya dalam rangka optimasi Adsense. Jadi, jika Kamu belum membuatnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membuat, dan mendapatkan manfaatnya.

Jika ada hal-hal yang kuras jelas, silakan Kamu bertanya melalui kolom komentar, sebisa mungkin saya akan menjawabnya dengan segera. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

19 Komentar

  • dari tulisan diatas,
    masih bingung di bagian ini gan …
    Membuat saluran khusus … “Berdasarkan topik halaman. Seperti halaman tips blogging, dan sebagainya”
    ini maksud/caranya gimana gan …
    misalnya saja di blog kita ada 3 kategory (blog label) yaitu tips blog, tips youtube, dan adsense,
    lha bagaimana bisa – memasukkan unit iklan kedalam saluran khusus hanya untuk kategory tips blog ???
    padahal kan … unit iklan tersebut muncul pada semua kategory tersebut.
    gimana caranya saluran khusus tersebut bisa melacak iklan yang muncul di halaman topik tips blog tersebut ?.

    mohon dijawab ya agan Gee john …

    • itu bisa dilakukan dg mudah bagi pengguna WP. dan memang agak sulit, jika menggunakan blogspot. tapi ttp bisa kok. silakan baca: portal-uang.com/2014/12/menampilkan-iklan-pada-label-tertentu.html.

  • masih bingung bang….harus melakukan yang mana dulu dari semua pelajaran berharga di blog ini…soalnya masih newbie…baru belajar main adsense….mohon petunjuk bang

    • tidak perlu dibuat jlimet bos, lakukan saja apa yg sudah dipahami saat ini. nanti pun akan bertambah pula pengalaman berharga yg akan memaksimalkan potensi blognya. Sukses selalu…

  • @ikbal.
    saya kira sudah cukup jelas saya uraikan di artikel ini… tujuan utamanya adalah untuk melacak kinerja unit iklan yg kita buat, sehingga nanti dapat menjadi dasar dalam optimasi selanjutnya.

  • Bro.. Cara menambah saluran khusus itu bagaimana? saya terkendala saat ingin menambahkan saluran khusus. maksud dan tujuan saluran khusus itu apa ya?

  • @fauzy.
    baiklah, coba saya jelaskan lagi. Masalah CPC, amat sangat tergantung dari jenis iklannya sendiri, dan pada dasarnya kita tidak bisa mengatur, bahkan tidak bisa mengetahui iklan mana yg memberi cpc berapa. Namun, kita hanya bisa mengoptimasi, seperti relevansi iklan, dsb.

    untuk pertanyaannya:
    1. terus lakukan monitoring, dan lakukan uji coba. Sampai menemukan yg terbaik. Patokannya jgn pada CPC, tapi pada CTR. Jika nilai CTR rata2 perbulan sudah mencapai 3%, maka itu sudah sangat baik.

    2. sebaiknya ya. Untuk lebih memudahkan memonitor kinerjanya. Bisa pula beberapa unit iklan yg masuk dalam kelompok yg sama dimasukkan ke dalam satu saluran khusus. Bahkan juga bisa saja, 1 unit iklan bisa masuk ke 2 atau lebih saluran khusus. Anggap saluran khusus ini sebagai himpunan, yg terdiri dari unit2 iklan tertentu yg kita kelompokkan berdasarkan kategori yg telah kita tentukan.

    3. tidak benar. Kita boleh menggunakan unit iklan jenis gambar sampai 3 buah. Tapi sebaiknya pertimbangkan untuk menampilkan kedua-duanya, yaitu unit teks/gambar pada unit yg sama.

    namun, jika yakin benar bahwa unit gambar bekerja lebih baik, silakan atur semua unit iklan for content untuk menampilkan hanya gambar saja.

    demikian, semoga sedikit mencerahkan.

  • sudah beberapa kali saya membaca atikel ini tp msih krg mengerti bahkan utk bertanya pun saya bingung..utk mempermudah pertanyaan mgkin ada baiknya sekalian saja saya sampaikan apa yg sudah saya coba,
    Saya hanya memiliki 1 blog yang topiknya seputar pendidikan (yang dibutuhkan para pelajar dan mahasiswa dan contoh2 surat jd sebagian besar visitor blog adalah pelajar dan karyawan. saya hanya membuat 1 saluruh khusus penempatan penargetan utk 1 unit iklan yang terletak di header setelah beberapa hari CPC meningkat tajam dari yg awalnya kisaran 0.10 menjadi 0.40 tapi itu hanya berlangsung 1 hari. setelahnya turun tajam ke kisaran 0.05 pertanyaannya
    1.apa yg harus saya lakukan
    2.apakah setiap unit iklan sebaiknya di buatkan saluran khusus
    3.iklan jenis gambar utk blog ane lebih maksimal dibandingkan teks sementara kalau g salah hanya blh menggunakan satu unit iklan berjenis gambar sisanya default
    trims…..

  • @syamsul.
    ya betul itu salah satu fungsinya. Fungsi lain yg gak kalah penting, seperti sy jelaskan di artikel ini adalah mengaktifkan penargetan penempatan. Cara ini dapat meningkatkan pendapatan adsense.

  • saluran ini fungsiya
    lw kita pnya bnyk blog yg mw di monetisasi, kita bs tau rincian pndapatan kita dr blog n iklan mana aja dan masing2 blog mnghasilkan berapa

  • @afian. boleh mas, 🙂
    pertanyaannya cuma 3, tapi jawabannya bisa satu halaman,hehe… sebagian besar jawaban sebenarnya sudah terjawab di artikel ini mas. tapi oke, saya coba perjelas lagi.

    saluran khusus dibuat:
    1. utk memonitor kinerja satu atau beberapa unit iklan. misalnya, mas pnya beberapa bloglah gampang. maka dg menggunakan saluran khusus mas bs dg cepat melihat blog mana yg mmberi hasil terbanyak. saluran khusus bisa jg untuk memonitor kinerja iklan pada halaman tertentu dan banyak lagi mas. intinya adl memonitor kinerja satu atau beberapa unit iklan dg kelompok tertentu, misalnya: semua unit 300×200 di homepage, dsb.

    2. Agar satu unit iklan atau beberapa unit iklan dapat dijadikan target penempatan oleh pemasang iklan. dg demikian maka iklan yg muncul memiliki CPC yg lebih tinggi krn diinginkan langsung oleh pmasang iklannya.

    tuk pertanyaan no. 2. apakah mmbayar perseribu tayang? jawabnya jelas ya. tapi agar ada iklan dg sistem BPS (byr per 1000 tayang) dityangkan di blog kita, maka mas Afian harus membuat saluran khusus yang dapat ditargetkan..

    silakan baca sekali lagi artikel di atas, saya yakin dpt mnemukan jawaban semua pertanyaan mas afian tadi. baca juga link artikel yg saya rekomendasikan.

    makasih atas pertanyaan dan kunjungannya.

  • saya Ingin bertanya, Boleh? soalnya saya belum bisa meningkatkan pendapatan padahal traffic blogku sangat tinggi perharinya…..
    apa keuntungan dari saluran khusus?
    apakah GA membayar untuk perseribu kali tayang iklan yang tampil?
    apa bedanya saluran Khusus dan penargetan?