Membuat Saluran Khusus Adsense dengan Penargetan Penempatan

Pada artikel meningkatkan CPC Adsense sebelumnya, saya menyebut salah satu cara meningkatkan nilai CPC iklan Adsense dengan membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu penargetan penempatan, silakan pelajari disini.

Keuntungan dari penargetan penempatan adalah memungkinkan pemasang iklan (advertiser) untuk memilih situs atau bagian situs tertentu yang mereka anggap relevan sebagai target iklan mereka. Selain itu, juga membuka kesempatan lebih luas untuk mendapatkan iklan berbasis BPS (CPM).

Dengan ini, maka persaingan dalam lelang iklan semakin tinggi, karena untuk tampil di penargetan penempatan tetap berada pada lelang yang sama, artinya mereka tetap bersaing dengan jenis penargetan lainya, penargetan kontekstual, penargetan lokasi, penargetan minat dan sebagainya. Sehingga, akan berpengaruh cukup besar dalam menghasilkan iklan bernilai CPC tingga untuk penayang.

Bagaimana cara membuatnya, di halaman support Adsense telah dijelaskan cukup detil, silakan lihat disini. Saya disini hanya akan memberikan sedikit tips mengenai pembuatan salurah khusus dengan penargetan penempatan ini.Yang penting Anda ingat dalam membuat saluran khusus ini adalah, Anda harus cukup memberikan informasi kepada advertiser hal-hal yang mungkin ingin mereka ketahui, seperti:
  • Ukuran unit iklan
  • Tentang konten dimana channel ditempatkan
  • Posisi iklan. Apakah berada di paro atas (lokasi yang terlihat tanpa harus melakukan scrolling)?
  • Target pengunjung Anda
  • Bagian tertentu dari situs Anda, seperti bagian forum, blog dan sebagainya.
Sehingga deskripsi yang Anda saluran khusus Anda mungkin akan tampak seperti ini:

“Ini adalah unit 336×280, di paro atas halaman posting, pada halaman blog topik olahraga. Pengunjung 80% laki-laki, usia 18 – 35 tahun.”

Itu sebagai contoh saja. Tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kondisi dari blog atau situs Anda sendiri.Namun intinya adalah Anda harus memberikan informasi yang cukup jelas bagi pemasang iklan. Karena dengan begitu, mereka akan menjadi lebih tertarik memilih blog / situs Anda sebagai target iklan mereka.

Nah, dengan melakukan hal kecil dan sederhana ini, akan memudahkan pengiklan untuk menemukan situs atau blog Anda, hasilnya terbuka peluang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan maksimal dari Adsense.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

47 Komentar

  • apakah perlu memilih topik iklan ketika setting di dalam custom chanel mas? Mohon bantuannya

  • Nyoba buat saluran khusus di akun adsense. Soalnya earningnya minim terus. Semoga earning bisa naik

  • Sekarang GA kan ada responsive, kalau pakai responsive gimana bang? Itu berarti nnti iklannya selalu menyesuaikan slot yang tersedia bang?

  • mas @Gee jhon saya masih bingung disaluran khusus status iklan aktif tapi targetable no.
    yg saya tanyakan 1.itu maksudnya apa “aktif” dan “No”?
    2.solusi biar targetable nya yes gmna yaa mas?
    mohon masukannya,,

  • Ga ada gan, saya masih cari2. sempet memang ada pas edit. tp pas edit dan nambah yg baru, tidak ada opsi targeting itu.

  • Saya baru coba buat saluran khusus, tapi kok tidak ada opsi untuk targetingnya ya… mohon bantuannya, rasanya belum lengkap kalo buat saluran tidak sekalian dengan targetingnya ๐Ÿ™

  • setelah itu, cara ambil kode iklanya bagaimana mas bro, maksud saya kode iklan adsense untuk ditempatkan lokasi yang suda kita deskribsikan….?

    Makasi..

      • makasi mas bro..
        suda berhasil…

        o, ia, kalau kita mau buat unit iklan dengan menggunakan ukuran khusus menyesuaikan dengan lebar sidebar template kita nanti saat buat saluran khusus penergetan penempatan kita harus masukan kuran lebar sesui dengan lebar sidebar kita ya…?

        Makasi

      • saluran khusus itu bukan unit iklan, jadi dia gak punya ukuran. itu hanya tuk pengelompokkan unit2 iklan yg ada. Saran saya, jgn gunakan ukuran khusus, gunakan saja unit responsive.

    • kode apanya bos? saluran khusus tidak punya kode yg perlu dipasang di blog. jadi yg dipasang adalah kode unit iklannya. bukan kode saluran khususnya.

  • suhu cara buat saluran khusus ini gimana ya? maklum anak baru :D.. tlong di balas, thanks

  • Saya jadi mengerti sekarang mengenai saluran khusus, seperti pengkategorian berdasarkan hal-hal tertentu agar mudah untuk dimonitor salah satunya, thanks gan, jadi bisa nambah referensi lagi ni tentang google adsense

  • @azanul.
    hehe.. gapapa bawel dikit, asal jgn banyak2.. ๐Ÿ™‚

    1. ya boleh2 saja. bebas kok..
    2. itu tergantung pilihan saja. klo mau praktis tentu via bank, krn ga harus antri di kantor pos kan? hehe…

  • Kawan terima kasih atas artikelnya ini. sangat membantu sekali bagi saya. tapi masih ada juga nih yang ingin saya tanyakan. sedikit bawel gak apa2 kan? yang saya tanyakan 1. bolehkah kita membuat custom chanel dengan unit iklan yang sama untuk masing-masing katagori blog kita ? (menurut saya boleh tp belum yakin); 2. Yang terbaik untuk mencairkan bayaran adsense itu lewat mana Bank atau Western Union? (wuih menghayal mas) hehe maklum masih baru di adsense mas.

  • Saya mau belajar buat, blog yang bagus mas.
    Kalau jadi, mampir ya. blognya dikomentari sebagai bahan belajar.

  • @wisata.
    ya tergantung pengaturan unit responsive-nya sendiri mas. Bebas aja kok, yg penting jelas. Misalnya, klo unit responsive-nya hanya diatur untuk menampilkan ads-format rectangle, maka bisa ditulis, responsive rectangle. Dsb….

  • "ni adalah unit 336×280" kalau unit iklan yang digunakan unit iklan responsif,,, kalimat itu diganti apa ya?

  • @wongsolo.. untuk mengetahui penghasilan youtube dari masing saluran di Adsense, saya belum tahu tuh mas… tapi menurut saya gampang aja klo tujuannya ingin mengetahui berapa penghasilan dari masing2 channel, tinggal lihat di analytic masing2 saluran youtubenya, ๐Ÿ™‚

    kalau nemu caranya, bagi2 ya? ๐Ÿ™‚

  • mantap gan.
    oh ya gan, kalo buat merinci penghasilan akun Youtube di adsense terpisah tiap channel, tau caranya ngga gan?
    ane akun yutup ngga cuma satu, tapi penghasilannya di total secara Global aja di akun adsense, jadi bingung menentukan hasil $$$ nya dari akun yg mana. mana yg penghasilannya besar mana yg kecil.
    thanks gan..
    salam adsense

  • untuk aikon media, terima kasih telah berkunjung.. hehehe…. ya boleh membookmark portal-uang memang perlu, hahaha… salam kenal mas.

    untuk Mas Harno, tulis saja sejelas mungkin mas. Seperti 'di hal post, di bawah judul' dsb. tdk ada aturan baku ko untuk memberi deskripsi saluran khusus ini.