Membuat Saluran Khusus Adsense dengan Penargetan Penempatan

Pada artikel meningkatkan CPC Adsense sebelumnya, saya menyebut salah satu cara meningkatkan nilai CPC iklan Adsense dengan membuat saluran khusus dengan penargetan penempatan.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu penargetan penempatan, silakan pelajari disini.

Keuntungan dari penargetan penempatan adalah memungkinkan pemasang iklan (advertiser) untuk memilih situs atau bagian situs tertentu yang mereka anggap relevan sebagai target iklan mereka. Selain itu, juga membuka kesempatan lebih luas untuk mendapatkan iklan berbasis BPS (CPM).

Dengan ini, maka persaingan dalam lelang iklan semakin tinggi, karena untuk tampil di penargetan penempatan tetap berada pada lelang yang sama, artinya mereka tetap bersaing dengan jenis penargetan lainya, penargetan kontekstual, penargetan lokasi, penargetan minat dan sebagainya. Sehingga, akan berpengaruh cukup besar dalam menghasilkan iklan bernilai CPC tingga untuk penayang.

Bagaimana cara membuatnya, di halaman support Adsense telah dijelaskan cukup detil, silakan lihat disini. Saya disini hanya akan memberikan sedikit tips mengenai pembuatan salurah khusus dengan penargetan penempatan ini.Yang penting Anda ingat dalam membuat saluran khusus ini adalah, Anda harus cukup memberikan informasi kepada advertiser hal-hal yang mungkin ingin mereka ketahui, seperti:
  • Ukuran unit iklan
  • Tentang konten dimana channel ditempatkan
  • Posisi iklan. Apakah berada di paro atas (lokasi yang terlihat tanpa harus melakukan scrolling)?
  • Target pengunjung Anda
  • Bagian tertentu dari situs Anda, seperti bagian forum, blog dan sebagainya.
Sehingga deskripsi yang Anda saluran khusus Anda mungkin akan tampak seperti ini:

“Ini adalah unit 336×280, di paro atas halaman posting, pada halaman blog topik olahraga. Pengunjung 80% laki-laki, usia 18 – 35 tahun.”

Itu sebagai contoh saja. Tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kondisi dari blog atau situs Anda sendiri.Namun intinya adalah Anda harus memberikan informasi yang cukup jelas bagi pemasang iklan. Karena dengan begitu, mereka akan menjadi lebih tertarik memilih blog / situs Anda sebagai target iklan mereka.

Nah, dengan melakukan hal kecil dan sederhana ini, akan memudahkan pengiklan untuk menemukan situs atau blog Anda, hasilnya terbuka peluang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan maksimal dari Adsense.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

47 Komentar