Ngeblog Dulu, Baru yang Lain

Ada yang iseng bertanya kepada saya: “Mas Gee Jhon, kok bisa ya sampean menulis artikel setiap hari, bahkan saya lihat kadang sehari bisa 2 – 3 tulisan. Gimana caranya?”

Duh, saya bingung menjawabnya.

Namun, baiklah, saya coba cerita sedikit tentang kebiasaan saya menulis postingan. Saya pikir itu yang membuat saya bisa menulis minimal satu artikel setiap hari.

Pertama. Saya bersyukur, hampir setiap hari mendapatkan pertanyaan dari teman-teman, baik melalui email, dari sosial media dan lainnya. Jujur, dari pertanyaan-pertanyaan mereka ini lah akhirnya saya mendapatkan ide untuk menulis.

Contohnya, tulisan saya sebelumnya tentang cara memasang iklan Adsense di atas postingan, juga artikel ini, idenya datang dari teman-teman semua. Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada yang telah bertanya ataupun mengajak berdiskusi, karena Anda lah saya bisa lebih produktif menghasilkan tulisan.

BACA JUGA:  Mengatasi 'Putus Asa' dalam Blogging

Kedua. Adalah tentang kebiasaan saya dalam kegiatan online. Saya membuka komputer, biasanya pagi sekitar pukul 08.00 (setelah mandi, tentunya, hehehe) dan malam sekitar pukul 21.00.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka email. Setelah itu, baru saya buka akun Blogger, dan mulai menulis artikel yang sudah ada dalam kepala saya.

Apa poin utamanya di sini?

Bahwa saya selalu menulis sebelum saya melakukan kegiatan online lainnya!

Saya ingin membiarkan otak saya masih fresh, tidak terkontaminasi (kayak racun saja, hehehe…) dari informasi-informasi lain yang tidak relevan dengan ide tulisan saya.

Nah, itulah 2 hal yang membuat saya tetap bisa menghasilkan tulisan setiap hari, bahkan kadang bisa lebih dari 2 artikel.

BACA JUGA:  7 Fakta tentang Menghasilkan Uang dari Blog yang Perlu Anda Tahu

Poin yang kedua diatas, yaitu mendahulukan menulis postingan untuk blog, sebelum melakukan kegiatan online lainnya, benar-benar sangat membantu saya untuk lebih produktif dalam menulis.

Tentu jika blog Anda adalah blog berita atau kabar-kabar terbaru, Anda perlu mencari-cari informasi terkini sebelum menulis. Namun, untuk topik lainnya cara ini saya yakin benar-benar bekerja dengan baik.

Tidak percaya? Silakan coba! Yuk, kita update blog setiap hari. Keep happy blogging. Semoga bermanfaat.

Salam.

Loading...

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar