Penempatan Iklan Adsense Terbaik Untuk Blog

Optimasi Adsense adalah usaha untuk meningkatkan kinerja iklan agar memberikan hasil maksimal, tujuan akhirnya tentu adalah meningkatkan pendapatan kita dari program Adsense ini.

Saya pernah menulis tentang Rumus Keberhasilan Adsense, di situ saya mengulas dengan tuntas 4 faktor kunci untuk sukses menjalankan Adsense, yaitu: trafiknilai iklan + relevansi iklan + penempatan dan desain iklan.

Nah, salah satunya adalah tentang desain dan penempatan iklan. Ini merupakan faktor yang sangat penting, guna meningkatkan performa iklan Adsense kita. Tentu saja, optimasi Adsense haruslah dilakukan dengan pendekatan menyeluruh, tidak setengah-setengah atau fokus pada salah satu faktor saja.

Ok, kita kembali ke masalah penempatan iklan terbaik Adsense. Inilah penempatan iklan terbaik sesuai saran dari tim Adsense sendiri.

Penempatan iklan Google Adsense terbaik untuk blog

Untuk homepage, gunakan unit 728×90, 160×600 dan 300×250, ditempatkan seperti dalam gambar di bawah ini:

penempatan adsense terbaik di blog
Untuk halaman posting, gunakan unit 160×600 dan 336×280, ditempatkan seperti dalam gambar di bawah ini:
penempatan terbaik adsense di blog

 

Loading...

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

56 Komentar

  • Mas kenapa ya pajak adsense sampai dengan 20-25%?
    Adakah solusinya biar pajak tidak sebesar itu di potong?
    Apakah pemotongan pajak akan lebih kecil mas apabila kita melaporkan NPWP kita ke kantor pajak kalau kita punya penghasilan luar negeri dari google?

  • Mas..saya punya 2 channel youtube dengan 2 email yang berbeda yang dikaitkan dengan satu akun adsendse, yang ingin saya tanyakan apakah aman kalau saya login 2 channel tersebut dari 1 browser yang sama?
    (Saya buka hampir barengan mas, kadang log out 1 akun kemudian login akun 1 lg)

  • Wah..akhirnya yang dicari ketemu juga..walaupun masih bingung dengan banyaknya tutorial..Tapi tak apalah..dicoba satu persatu..Mana yang bagus kita pakai..Makasih kak sharingnya..bermanfaat sekali untuk pemula..

  • bang kalau mau membatasi agar iklan yang tampil di antara artikel di homepage cuma 2 gimana?. jadi side bar 1 dan 2 diantara artikel?. saya coba di layout jadinya 3 iklan muncul diantara artikel dan 1 di widget sidebar, total jadi 4?. trims jawabannya

  • gan kalo mau pasang iklan kayak gambar yg pertama diatas yg sebelah kiri yaitu di homepage tp ditengah2 resume artikel gitu gimana caranya gan? bukan ditengah artikel gan, tpi ditengah2 resume artikel yg ada di hompage? trims

  • bang gee mhn solusinya dong,melanjtkan pertanyaan mas sandy di atas..
    blog saya jg iklannya g bs tmpil bang, yang ada cm gmbr obeng sama kunci pas
    1.pdhl kode iklan yang di ambil dari adsense udah di pasang di template,
    2.widget udah di pasang dan atur tata iklannya sesuai ukuran.
    tp knpa msh gak bisa tmpil jg..
    mhn pencerahanya..
    dan apakah memang harus menunggu pembritahuan perstujuan dlu dari email ..

  • @beni.
    sip.. silakan langsung action! 🙂

    @tips.
    sama2, smoga membantu.

    @daniel.
    loh kok bisa gitu mas Daniel? Untuk homepage, bisa kasih di sidebar 1 dan di header 1.

    untuk mengatur penampakan iklan berbeda-beda spt itu, bisa menggunakan tag kodisional. misalnya pada widget yg ingin muncul hanya jika di halaman home, maka bisa tambahkan kondisional.

  • Penampatan ini yang menjadi kendalam blog saya mas, kalau buka home page, iklan hanya muncul 1 unit, kalau buka artikel baru muncul 3 unit….bagi tips dong agar home page dapat munculkan iklan dan ketika buka artikel, di home page hanya muncul side bar

  • @sigit.
    dengan tampilan hal. dan jumlah klik sebanyak itu, berarti nilai ctr-nya hanya sekitar 1,2% saja. Tentu masih bisa ditingkatkan lagi. Idealnya, usahakan nilai ctr 3 – 5%. Jika dg 3%, maka bisa dapat -/+ 80 klik.

  • Thanks inponya Mas Jhon,, sy mw konsultasi nh,, utk tampilan laman 2.754 dan jmlah klik 35 per hari itu termasuk bagus apa tidak?
    apkah kira2 peluang kliknya bisa di banyakin..?
    =>>
    Kangsigit.com

  • @sorangan.
    salam kenal juga.

    penempatan iklan dan optimasi lain memang penting, tapi yg utama adalah trafik. bagaimana dg trafiknya? Sebagus apapun optimasi yg dilakukan, tanpa trafik yg cukup, tetap sangat sulit untuk memperoleh hasil maksimal.

    Jadi saran saya, tingkatkan trafik, lebih spesifik, perbanyak kontennya. Blog yang hanya memiliki 8 posting, rasanya sangat-sangat sulit tuk berkembang.

  • Mas Gee Jhon salam kenal, jika berkenan saya mau bertanya, saya mempunyai blog namun sampai saat sekarang earningnya masih tetap stagnan, apakah ada yang salah dengan penempatan iklan..? atau ada yang kurang tepat dengan konten..? mungkin Mas Gee Jhon bisa melihat blog saya http://adsense-bloggertemplate.blogspot.com/ dan harapan saya Mas Gee Jhon bisa memberikan masukan dan saran yang tepat agar blog saya bisa optimal. Terima Kasih salam kenal dari Saya

  • @infoazza.
    saya kira unit iklan di bagian bawah menu kurang begitu bagus, jika harus menggeser konten lebih ke bawah. Tapi tentu saja, yg terbaik adalah melihat kinerja secara langsung dari laporan adsense, apakah ctr-nya cukup bagus…. bagaimanapun setiap blog memiliki karakteristik berbeda.

  • jika mas Gee jhon berkenan, mohon saran dan reviewnya ya..
    saya menaruh iklan adsense di blog saya hanya dibagian samping nama blog dan dibawah menu. Jika dilihat dari tampilan template blog saya apa menurut mas Jhon iklan-iklan tersebut bisa menarik perhatian para pengunjung blog saya?

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  • @ibrahim.
    ya mungkin saja. Tapi sebelum mengambil kesimpulan, coba periksa kembali statistiknya, terutama nilai CTR. Jika CTR-nya kurang dari 3%, maka boleh jadi masalahnya ada di penempatan dan desain iklan. Tapi, jika CTR-nya mencapai 3% atau lebih, maka masalahnya ada di trafik yg kurang.

  • Total klik adsense saya ndak begitu tinggi sob, jarang saya mendapat penghasilan tinggi untuk perbulannya, makanya inilah yang menjadi kebingungan bagi saya, apakah penempatan yang kurang optimal ya 😀

  • @faried.
    apa yg dimaksud dg 'belum maksimal' itu? $-nya? CTR-nya?

    masalah optimasi pendapatan adsense, bukan hanya masalah penempatan. masih banyak faktor lain, seperti desain unit iklan, dan tentu saja: trafik!

    berapa trafik dalam sehari? Dg trafik kurang dari 1000pv/hari akan sulit mendapatkan hasil yg 'lumayan' dari Adsese, itu minimal!

    Coba periksa laporan kinerja di Adsense-nya. Berapa CTR yg didapat? Jika nilai rata2 sebulan sudah lebih dari 2%, maka bukan masalah di penempatan, artinya sudah memberi ctr yg cukup.

    Berapa lama melakukan eksperimen? melakukan eksperimen itu minimal 1 bulan, idealnya 2 bulan. Jadi kita mendapat gambaran yg benar terhadap kinerja suatu unit iklan atau penempatan.

    Satu lagi, bouche-rate jg sangat besar pengaruhnya. Karena semakin lama org berada di blog, semakin besar kemungkinan ia mengklik iklan.

  • mau di trima adsense sulit, pas udh keterima juga kesulitan buat dpt penghasilan tinggi ! Thax gan ilmu bermanfaat buat pengguna adsense pemula sprti sya !

  • @info.
    ya betul sekali. Banyaknya unit iklan tidak menjamin memberi penghasilan terbesar. Semua tergantung banyak faktor, konten blog, desain dan sebagainya.

    Oleh karena itu, yg terbaik adalah melakukan eksperimen sampai menemukan yang paling sesuai untuk blog kita. Sukses selalu…

  • pengalaman sy pakai iklan ada 3 buah lebih baik pada blog. nyatanya blog sy bs maksimal pndapatannnya setelah dipasang iklan 3 buah adsense. 300×250, 300×228, dan 160×600

    tapi aneh ada jg teman ane yg pasang iklan 1 aja ukran 970 X90. tp pendapatnnya sehari bisa $11.

  • ya betul…memang seringkali banyaknya iklan justru kontra produktif, artinya performanya tidak lebih baik dibandingkan dengan sedikit unit iklan.

    Namun kembali, itu tergantung dari blog masing2, karena pada dasarnya tidak ada satu metode yg dpat dipakai atau berlaku untuk semua blog.

    Maka dari itu yg terbaik adalah melakukan eksperimen, sampai menemukan yg terbaik. Mengenai masalah CPC, sebenarnya banyaknya iklan tdklah menurunkan CPC, yang terjadi adalah Adsense menampilkan iklan sesuai urutan di suatu halaman mulai dari yg bernilai paling tinggi. Dengan banyak unit iklan maka otomatis, iklan yg diload terakhir memiliki cpc paling rendah, sehingga apabila kemudian yg dklik pengunjung adalah iklan yg terakhir tadi, maka terlihat cpc nya jadi rendah.

    Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya mudah saja, kita tinggal memilih unit mana yg paling memberi RKT tertinggi, lalu jadikan unit tersebut sebagai yg pertama di load, sehingga hasilnya bisa maksimal. (unit pertama yg diload, tdk selalu harus unit paling atas di halaman).

    Anyway, satu masukan yg sangat bagus. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya… sukses selalu…!

  • Menurut pengalaman saya jangan terlalu banyak unit iklan dalam satu blog karena bisa menurunkan CPC,cukup 1 unit iklan ukuran 728X90 dibawah judul postingan terus unit iklan ukuran 336X280 dibawah postingan dan 1 iklan link saja ukuran 200X90 di sidebar,tidak perlu pasang unit iklan di sidebar selain iklan link saja hasilnya jos gandos CTR tinggi CPC juga tinggi

  • Keren tipsnya mas sayang blom punya akun adsense yang full masih hosted dari youtube, tadinya buat bikin video tutorial & mau ngajuin full masih mikir2 soalnya blognya masih baru & denger2 susah diapprovenya yah kalo pakai blog Indo

  • mantap deh tipsnya gan, sy coba rubah posisi iklan diblog sy nanti
    boleh tanya ga itu yang di sidebar "Yang tak bisa dilewatkan" pake apa ya biar muncul kaya begitu

%d blogger menyukai ini: