Sukses Blogging? Percantik Desain Blog!

Kesan pertama begitu menggoda…. selanjutnya….

Cinta pada pKamungan pertama….

Kalimat-kalimat yang amat familiar, yang menunjukkan betapa pentingnya sebuah penampilan luar. Coba Kamu ingat-ingat ketika pertama kali berkenalan dengan orang baru? Apa yang Kamu lihat? Bajunya? Sepatunya? Kacamatanya?

Ya, kita semua akan selalu mendapatkan kesan pertama terhadap sesuatu karena penampilan luarnya. Tidak mungkin juga kan kita bekerja di kantor hanya dengan memakai t-shirt dan celana jeans? Jadi, apa yang kita kenakan akan berpengaruh terhadap ‘nilai’ kita di mata orang.

Nah begitu juga dengan blog kita. Jika kita niat untuk mencapai sukses melalui blogging, maka penampilan blog menjadi salah satu faktor penentu. Bagi pengunjung yang baru pertama kali membaca blog kita, maka hal pertama yang akan memberikan kesan adalah desain blog kita.

Apakah memberikan kesan sukses? Elegan? Top high? Biasa-biasa saja? Murahan? Cuma iseng? Itu akan sangat menentukan perilaku pengunjung kita selanjutnya.

Lalu, bagaimana selanjutnya? Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah: cobalah Kamu mencari dan buka blog-blog dengan topik yang sama, yang sudah ‘bonafid’, yang memiliki pengunjung puluhan ribu per hari. Lalu buka blog-blog yang hanya sedikit sekali dikunjungi orang. Bandingkan! Hampir bisa saya pastikan Kamu akan menemukan perbedaan dalam desain dan tampilannya.

Memang, blog yang sukses dan profesional mungkin telah mengeluarkan sejumlah uang untuk memperbaiki penampilan dan urusan desain ini. Namun, saat ini dengan begitu banyak template free, dan sumber informasi dan pelajaran yang bisa diakses secara luas untuk memodifikasi template dan tempilan blog, menurut saya tidak ada lagi alasan tentang masalah uang. Kamu bisa dengan mudah, jika mau, membuat desain yang bagus.

Nah, berikutnya adalah. Cobalah Kamu perhatikan dengan jujur tampilan desain blog Kamu sendiri. Nilai sendiri, apakah termasuk kategori blog sukes atau kategori blog yang tidak sukses?

Mungkin Kamu berkilah: bukankah yang membuat bernilai suatu blog adalah kontennya? Betul, konten adalah raja. Namun jika tampilan blog kita tidak memberikan kesan dan tidak menarik di mata pengunjung, bukan itu sebuah kekurangan? Tetap, menarik minat pengunjung baru, penampilan dan desain blog jauh lebih mengambil peran.

Jika Kamu berniat membangun blog yang sukes, meniru ‘gaya’ blog-blog sukses milik orang lain dengan niche yang sama bisa menjadi awal yang bagus. Pengunjung akan dengan cepat mengategorikan blog kita berdasarkan penampilannya.

Jika, tampilan blog kita bersih, elegan, terlihat profesional, maka pengunjung akan langsung mendapatkan kesan, bahwa kita serius, sungguh-sungguh dan siap menjadi blogger yang sukses. Dan itu adalah suatu poin plus+ bagi blog kita.

Sepengatahuan saya, hampir semua blog sukses memiliki desain yang sangat ‘bersih’, terlihat profesional. Desain blog secara keseluruhan sangat menonjolkan konten. Desain blog tidak menggiring dan merusak perhatian pengunjung terhadap konten. Bahkan dalam menempatkan iklan, blog yang sukses telah memperhitungkan dengan matang dan menempatkannya secara hati-hati.

Template free tanpa modifikasi, sangat dijarang digunakan oleh blogger sukses. Memiliki tampilan unik akan sangat menarik perhatian bagi pengunjung baru. Ini bukan berarti Kamu harus mendesain sesuatu yang sangat berbeda, namun cukup menjamin bahwa pengunjung Kamu tidak melihat tampilan yang sama dengan ratusan (ribuan?) blog lainnya.

Jadi, hal apa saja yang dapat membantu memberi kesan yang baik terhadap pengunjung blog kita? Yang paling utama, menurut saya adalah munculan iklan flash pada saat membuka blog adalah sesuatu yang sangat buruk. Kombinasi warna-warna mencolok juga tidak begitu bagus memberikan kesan pro.

Atur iklan dan kombinasi warna theme pada saat mendesain blog, langkah pertama yang harus Kamu lakukan.

Jika Kamu menggunakan free template, seperti blogger, cobalah untuk belajar melakukan modifikasi. Ada banyak informasi tentang ini bertebaran di internet. Menurut saya, bahkan modifikasi kecil-kecilan sudah cukup membuat tampilan blog Kamu berbeda. Jika perlu, keluarkan sedikit uang untuk memesan template dari orang lain, jika Kamu tidak mampu melakukannya sendiri.

Sekali lagi, lihatlah kembali blog Kamu. Cari bagian mana yang bisa Kamu percantik lagi. Utamakan untuk memberikan tampilan yang ‘bersih’, yang menyampaikan pesan kepada pengunjung blog Kamu bahwa Kamu memang serius dan Kamu siap membawa blog Kamu ke level yang lebih tinggi.

Itulah yang bisa sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat. Dan seperti biasa saya mengundang Kamu untuk berbagi pengalaman tentang desain blog ini.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

16 Komentar