Tes A/B Unit Iklan Adsense, untuk Mencari CTR Tertinggi

Salah satu kunci keberhasilan Adsense adalah kita terus memonitor performa unit iklan yang kita pasang, mana unit iklan yang memberikan CTR tertinggi dan mana yang tidak.

Mari kita ambil contoh, misalkan Kamu ingin merotasi unit iklan di lokasi tertentu, katakanlah di sidebar. Kamu telah membuat 2 buah unit iklan, misalkan ukuran 300×250, yang satu dengan teks link berwarna biru, kita beri nama ‘sidebar biru’ dan satunya lagi dengan teks link berwarna hijau, kita kasih nama ‘sidebar hijau’.

Kamu ingin iklan di sidebar tadi, tampil bergantian antara unit ‘sidebar biru’ dan ‘sidebar hijau’. Tujuannya adalah ingin melihat sejauh mana performa dari masing-masing unit iklan tadi.

Nah, untuk keperluan ini kita bisa melakukan tes unit iklan dengan menggunakan A/B testing, seperti yang dijelaskan di blog Support Adsense. Dengan cara ini kita bisa melakukan eksperimen terhadap 2 unit iklan berbeda dalam waktu bersamaan.

Seperti yang saya terapkan di blog ini, jika Kamu perhatikan unit iklan yang berada di sidebar, akan berganti setiap Kamu membuka halaman baru atau merefresh halaman jika unit tersebut menampilkan iklan berbentuk teks. Unit pertama dengan teks judul berwarna biru tanpa frame seperti di bawah ini.

a/b testing adsense | rotasi unit iklan

dan unit kedua dengan teks judul coklat dengan frame, seperti ini:

a/b testing | rotasi unit iklan adsense

Manfaat lain dari melakukan trik ini adalah mengurangi blindness pengunjung blog kita terhadap iklan, yaitu keadaan dimana pengunjung yang sudah terlalu sering mengunjungi blog kita sudah kehilangan perhatian (buta) terhadap iklan, salah satu penyebabnya adalah karena tampilan iklan tetap itu-itu saja.

Nah, dengan cara ini diharapkan blindness tadi berkurang, sehingga pengunjung blog kita tetap memberi perhatian terhadap iklan kita.

Bagaimana cara melakukan tes A/B?

Caranya gampang, Kamu tinggal menambahkan script seperti di bawah ini:

script type=”text/javascript”>
var random_number = Math.random();
if (random_number < .5){
// kode unit pertama
} else {
// kode unit kedua
}
</script>

<script type=”text/javascript” src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js”>
</script>

Kamu tinggal mengganti baris ‘// kode unit pertama’ dan ‘//kode unit kedua’ dengan kode unit iklan Kamu. Hanya saja di sini Kamu hanya mengambil kode yang berada di antara tag <script></script>.

Sehingga akan tampak seperti ini:

<script type=”text/javascript”>
   var random_number = Math.random();
   google_ad_client = “ca-pub-99999999999999”;
   google_ad_width = 300;
   google_ad_height = 250;

if (random_number < .5){

   google_ad_slot = “1234567890”;

} else {
   google_ad_slot = “0123456789”;
}
</script>
<script type=”text/javascript”
src=”http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js”>
</script>

Bagaimana? Mudah bukan? Silakan sekarang cek, refresh halaman atau buka halaman baru, maka unit iklan di side bar Kamu akan tampil bergantian antara unit iklan pertama dan unit iklan kedua.

Demikianlah cara merotasi unit iklan Adsense, semoga dengan cara ini, Kamu menemukan desain unit iklan yang paling cocok dengan blog Kamu dan ujung-ujungnya mampu meningkatkan pendapatan Kamu dari Adsense.

Jangan lupa untuk mengoptimasi unit iklan Kamu agar pendapatan semakin meningkat. Pelajari seri artikel Tips Sukses Keberhasilan Adsense dari A sampai Z yang terbagi dalam 8 artikel bersambung.

Jika Kamu memiliki pengalaman dengan A/B testing ini, silakan berbagi melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

15 Komentar

  • aku pakai fitur exsperimen di dashboard adsense, dan emang keliatan ada peningkatan, menurutku ini fitur yang wajib dicoba oleh semua publisher, biar tau style iklan seperti apa yang sesuai dengan situs kita…

  • Mas, itu nanti gpp ya?
    Karena kan kebijakan adsense utk tidak merubah kode iklan.

    takutnya ke depan di banned
    Hehe

    • Aman bos. Dan itu sebenarnya tdk merubah kode iklan kok. Krn yg dimaksud tdk boleh merubah kode adalah merubah perilaku iklan.

      Tp skr sdh ada fitur eksperimen di adsense, Jd lbh gunakan itu, lebih mudah melakukan tes a/b.

  • Hallo mas Gee… Jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya nongol di artikel yang ini. Jangan bosan ya mas… Hehehe.

    Menjawab pertanyaan mas Gee, saya belum punya pengalaman tentang test A/B ini. Malah saya lagi pengen nyoba. Dulu sudah pernah baca postingan ini tapi belum begitu paham. Nah sekarang sudah sedikit lebih paham dan ingin praktek. Sejauh ini saya sudah paham dengan apa yang dijelaskan mas Gee.

    Nah, yang saya ingin tanyakan begini mas. Tujuan dari test A/B ini kan mencari CTR tertinggi? Nah, dari contoh yang diatas antara SIDEBAR BIRU dan SIDEBAR HIJAU, dari mana saya bisa tau sidebar yang lebih tinggi CTR nya?

    Apakah berarti perlu menggunakan channel untuk mengamatinya? Terus misal test ini dilakukan selama sebulan, berarti saya tinggal bandingkan saja selama sebulan itu, besar mana nilai dari channel SIDEBAR HIJAU dan SIDEBAR BIRU?

    Apa begitu mas? Terimakasih.

    • Tenang saja mas Mamo… gakan bosan kok. hehe…

      Mengetahui mana yg lebih baik tentu saja dari laporan, baik menggunakan saluran khusus maupun laporan dari unit iklannya sendiri.

      Namun, ini adalah cara lama (2013), sejak pertengahan 2014, Adsense sudah menyediakan cara yang lebih mudah untuk tujuan yg sama, yaitu fitur Eksperimen.

      Lebih jelas silakan baca: portal-uang.com/2013/11/cara-menggunakan-eksperimen-adsense.html

  • @ahmad.
    hmmm…. dapat bayarannya kalau sudah mencapai minimal $100 dan dibayar sebulan sekali. jadi berapa lama? ya kalau 1 bulan bisa langsung dapat $100, ya berarti bulan depan dah gajian. tapi kalau blm nyampe $100, meskipun sudah 2 tahun, ya tetep blm dapat bayaran. 🙂

  • @ardi.
    sama2.

    @ulfa.
    saya kurang paham apa yg dimaksud. Apakah maksudnya Anda sebagai advertiser Adwords? Atau bagaimana? Bukankah bisa dilihat di report AdWords?

  • saya pasang iklan adwords yg sidebar, tapi saya masih susah melihat iklan saya tayangnya dimana saja ya….
    apakah senir ada yg bisa bantu caranya?

  • "Baik informasi yang disajikan dalam postingan ini, saya lebih suka membaca hal semacam ini"
    liberty-aries.blogspot.com/Liberty Aries