6 Syarat Menjadi Blogger Sukses

Setiap orang punya potensi menjadi blogger sukses.

Sayangnya banyak blogger yang tidak berusaha cukup keras untuk mewujudkannya. Sedangkan yang lainnya lagi, lebih memilih berhenti di tengah perjalanan. Dan yang lainnya lagi, kehilangan semangat untuk terus belajar. Itu semua menambah panjang daftar blogger gagal yang ‘terlalu cepat menyerah’, sebelum mencapai tujuannya.

Poin penting yang ingin saya sampaikan di sini adalah Kamu harus tetap fokus dan tidak menyerah untuk mencapai tujuan awal Kamu menjadi blogger.

Di bawah ini saya tuliskan 6 syarat menjadi blogger sukses, yang jika terpenuhi, maka kesuksesan bukan semata sebuah harapan. Yuk, kita cek satu per satu:

1. Membangun kredibilitas

Salah satu poin mendasar untuk menjadi blogger sukses adalah bagaimana membangun dan memupuk kredibilitas di mata pengunjung blog. Apa yang ingin Kamu capai? Apakah Kamu seorang yang ahli di bidang yang Kamu geluti?

Sebagai contoh, jika Kamu blogging tentang mendapatkan uang melalui bisnis internet, seberapa besar uang telah Kamu hasilkan? Kamu harus menyampaikan kepada para pembaca bagaimana Kamu mencapainya. Dan apa yang bisa Kamu sarankan kepada pembaca?

2. Membagi semua pengalaman Kamu

Poin berikutnya adalah, bahwa seorang blogger sukses adalah mereka yang berbagi semua pengalaman, berbagi keberhasilan juga kegagalan, berbagi cara yang berjalan baik dan yang tidak. Intinya, tidak ada yang ingin Kamu sembunyikan dari pembaca.

Jika Kamu melakukannya, konten yang Kamu sajikan niscaya akan menarik begitu banyak pembaca setia. Mereka mengunjungi blog Kamu, karena mereka ingin mendengar pengalaman Kamu dalam meraih keberhasilan dalam bidang tertentu.

3. Menyajikan sesuatu yang tidak dilakukan orang lain

Jika Kamu hanya ‘memuntahkan’ apa yang telah banyak ditulis blogger lainnya, maka akan sulit untuk tampil di depan. Kamu perlu memberikan sesuatu yang baru, sesuatu menurut sudut pandang pribadi milik Kamu.

Topik bisa saja sama, namun cara penyajian yang berbeda, pengalaman berbeda, serta membiarkan pembaca melihatnya dari kacamata yang berbeda, adalah modal dasar berikutnya untuk sukses dalam blogging.

4. Mengomentari blog orang lain

Dalam hal ini saya pernah membahasnya panjang lebar tentang manfaat berkomentar di blog lain. Kenapa saya masukkan ke daftar ini, karena saya melihat banyak blogger yang masih malas melakukan kegiatan yang satu ini. Padahal bukankah sesuatu yang bagus, mendapatkan ratusan komentar dari blogger lain setiap hari? Jika Kamu menginginkan seperti itu, lebih dulu Kamu harus melakukannya untuk orang lain.

5. Jadilah orang yang menyenangkan

Hidup itu sudah susah. Orang melakukan blogwalking atau mencari-cari informasi di internet adalah karena mereka ingin keluar dari rutinitas yang penat seharian bergelut dengan sejuta problema. Dan ketika mereka mengunjungi blog Kamu, mereka hanya menemukan sebuah teks datar, garing dan sangat serius, seperti layaknya sebuah buku pelajaran kimia. Mmmmm… pembaca segera akan meninggalkan blog Kamu.

Blogger yang memiliki selera humor yang cerdas, lebih memungkinkan menjadi blogger yang sukses. Selipi sense of humor yang segar dalam setiap tulisan-tulisan Kamu, orang akan betah berlama-lama. Buat mereka tersenyum ketika membaca uraian paling teknis sekalipun yang Kamu sajikan.

6. Berlangganan artikel terbaru dari PortalUang

Hehehe… bercanda. Untuk yang satu ini tidak wajib. Tapi jika memang Kamu merasa tulisan-tulisan saya bermanfaat, itu lebih baik, karena Kamu akan selalu menerima update mingguan dari PortalUang. Saya ingin mengajak Kamu semua ‘maju tak gentar’ bersama mencapai cita-cita: menjadi blogger yang berhasil!

Bagaimana? Apakah 6 poin di atas telah Kamu miliki? Atau Kamu memiliki poin ketujuh, kedelapan dan seterusnya? Saya tunggu sharingnya melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

113 Komentar