6 Tanda Blog Anda Berada pada Jalur yang Benar

Membuat dan membangun blog baru, memang penuh tantangan. Butuh waktu dan kerja keras. Sayangnya, banyak di antara para blogger akhirnya menyerah dan berhenti. Kekurangan motivasi dan kesabaran menjadi penyebab utama.

Untuk terus memonitor apakah blog kita telah berada pada jalur yang benar atau tidak, diperlukan parameter-parameter sebagai tolak ukur.

Setelah menetapkan target jangka panjang dan target jangka pendek Anda dalam blogging, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda di bawah ini. Sebagai barometer apakah Anda telah berada pada jalur yang tepat dalam membangun blog atau tidak. Jika ada beberapa hal yang sampai saat ini belum tercapai, segera Anda bisa membuat langkah yang diperlukan untuk memastikan blog kita mencapai tujuan yang diharapkan.

BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari Seorang Blogger

Inilah beberapa tanda bahwa blog kita telah berada pada trek yang benar:

  • Peningkatan jumlah pengunjung. Blog yang sehat akan mengalami peningkatan jumlah visitor, pageview, dan pageview per visit. Selama ada peningkatan, meskipun lambat adalah tanda baik, bahwa blog Anda sudah berada pada jalur yang benar.
  • Peningkatan jumlah komentar yang bermutu. Jika orang-orang mulai mengomentari tulisan-tulisan Anda, berarti Anda berhasil menarik perhatian mereka. Seiring lebih dikenalnya kita dalam blogosphere, maka jumlah komentar pun akan terus bertambah, dan itu sesuatu yang sangat bagus. Sebagai tips tambahan, berkomentar di blog orang lain menjadi salah satu cara promosi yang s
  • angat efektif.Peningkatan jumlah inbound link. Jumlah link yang terus bertambah pun menjadi salah satu indikator apakah blog kita sudah cukup dikenal atau tidak. Meskipun lambat, penambahan ini menjadi tanda blog kita sedang menuju target keberhasilan.
  • Peningkatan jumlah pengunjung yang berlangganan. Meraih kepercayaan dan mendapatkan pengunjung yang berlangganan melalui email bukanlah hal yang mudah. Jika Anda melihat ada penambahan dari waktu ke waktu jumlah pelanggan ini, walaupun lambat, itu benar-benar sinyal bagus untuk terus membangun blog Anda.
  • Peningkatan kualitas konten. Seiring waktu, kemampuan Anda dalam menulis artikel yang bagus dan menyajikan konten yang baik, seharusnya semakin meningkat. Jika demikian, maka Anda telah berada pada jalur yang tepat dan sedang menuju target yang ingin Anda capai.
  • Konsistensi membuat postingan. Jika Anda telah menetapkan akan membuat posting 3 kali seminggu, dan Anda tetap bertahan dan konsisten setelah beberapa lama, berarti Anda berada pada jalur yang benar. Namun, jika Anda menetapkan untuk membuat posting harian, terus setelah beberapa bulan Anda hanya bisa menghadirkan 2  – 3 postingan saja per minggu, itu tandanya Anda sedang berjalan mundur. Tetapkan seberapa banyak waktu yang Anda miliki, tetap konsisten dengan itu, itu jalan sukses dalam blogging.
BACA JUGA:  5 Kesalahan Umum Gagal Blogging dan Cara Memperbaikinya

Itulah 6 tanda atau sinyal bahwa Anda berada pada trek yang benar dalam blogging. Semoga keenam hal tersebut telah Anda miliki. Jika demikian, tidak diragukan Anda sedang menuju kesuksesan melalui jalan yang tepat. Bagaimana? Sudah melihat tanda-tanda tersebut? Keep happy blogging!

Salam.

Loading...

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

11 Komentar