Sebelum ini saya pernah menulis mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan publisher untuk menjaga keutuhan akun Adsense. Namun kali ini, saya kembali ingin mengulas topik ini dari sudut pandang lain.

Hal pertama yang ingin saya ingatkan adalah, mungkin Kamu lupa bahwa Google memiliki banyak dokumentasi berkenaan dengan masalah ini. Tujuannya tentu mereka ingin membantu kita, para publisher Adsense, dapat menjaga akunnya tetap dalam kondisi baik.

Mencegah aktivitas tidak valid

Meskipun, tidak ada cara yang 100% dapat menghindari aktivitas tidak valid, tapi setidaknya panduan dari support Adsense ini dapat dijadikan landasan dan panduan untuk mencegah klik tidak valid.

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut.

Berilah perhatian lebih terhadap tips ketiga, yaitu: ‘Jangan bermitra dengan pihak-pihak yang tidak tepercaya / memiliki kualitas rendah’. Seringkali situs-situs semacam itu memberikan trafik palsu menggunakan bot yang menyebabkan impresi palsu dan klik yang tidak valid. Dan ini adalah cara tercepat membuat akun Adsense Kamu dibanned.

Selalulah waspada ketika mendaftarkan blog Kamu ke situs layanan penghasil trafik. Jika tidak jelas cara mereka menghasilkan trafik untuk blog Kamu, maka sebaiknya dihindari.

Perhatikan semua aktivitas yang mencurigakan

Google menyarankan Kamu untuk memonitor aktivitas trafik blog Kamu. Jika Kamu menemukan aktivitas, alamat IP situs perujuk yang mencurigakan dana atau jumlah klik yang tidak wajar, Kamu dapat segera melaporkannya kepada Google disini.

Bagaimana cara mengajukan banding?

Sehebat apapun sebuah sistem, tidak akan sempurna 100%. Dan nyatanya, meskipun jarang terjadi, adakalanya Google salah dalam mengambil keputusan menonaktifkan akun Adsense seseorang yang sebenarnya telah mematuhi kebijakan. Jika Kamu merasa tidak melakukan kesalahan, Kamu dapat mengajukan banding disini.

“Adsense adalah scam!”

Banyak orang mengatakan bahwa Adsense adalah scam belaka, ketika akun mereka dinonatifkan.

Menurut saya, Google Adsense jauh bisa dikatakan sebagai scam. Google sesungguhnya menginginkan kita (para publisher Adsense) mencapai kesuksesan. Kenapa? Karena semakin banyak situs berkualitas, semakin banyak situs yang relevan yang dapat diakses oleh advertiser Adwords, maka semakin besar pula pendapatan Google.

Itulah mengapa mereka secara khusus menyediakan tim optimasi Adsense! Satu tim pakar yang siap membantu para publisher Adsense meraih pendapatan semaksimal mungkin. Dengan demikian pendapatan Google pun ikut menjadi lebih besar lagi.

Poin utamanya adalah: tidak ada kepentingan apapun bagi Google untuk menonaktifkan sebuah akun Adsense tanpa ada alasan yang kuat. Karena itu, saya tidak mengerti kenapa sementara orang menganggap Google Adsense sebagai scam.

Jika Google menonaktifkan akun Kamu, itu karena mereka meyakini ada resiko terjadinya klik tidak valid, yang jelas-jelas merugikan para pemasang iklan (advertiser) mereka.

Kamu harus menyadari satu hal: Pemasang iklan Adwords adalah mitra Google yang mendapatkan prioritas utama. Bukan kita! Publisher Adsense! Jadi, bila mereka menemukan sesuatu yang merugikan advertiser Adwords, mereka akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan mereka. Termasuk jika harus menonaktifkan akun Adsense Kamu!

Namun demikian, seperti sudah saya singgung di atas, adakalanya terjadi juga kesalahan dalam pengambilan keputusan oleh Google dalam menonaktifkan satu akun Adsense. Untuk itulah mereka menyediakan fasilitas pengajuan banding.

Setiap hari, Google melakukan ‘pekerjaan rumah’ mereka, yaitu memastikan advertiser mendapatkan yang terbaik. Mereka akan melindungi sumber pendapatan terbesar mereka, yaitu para pemasang iklan Adwords!

Kesimpulannya: tidak mungkin dan tidak ada cara yang dapat memastikan 100% akun Adsense kita akan aman. Namun jika Kamu tidak melakukan pelanggaran dan berusaha mematuhi semua kebijakan Adsense, serta mengikuti panduan artikel ini, maka itu meminimalkan resiko dan akun Kamu akan baik-baik saja.

Apakah Kamu memiliki pengalaman dalam menjaga keutuhan akun Adsense? Semoga bermanfaat.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

38 Komentar

  • Gan kalau masalah ” Search ” Kan ada tuh pengunjung yang usisl mencari di kolom pencarian yang tidak-tidak.

    Bagaimana solusinya gan. Apakah harus di hilangkan saja yah kolom pencariannya di blog.

  • pengalaman agar akun selalu aman, pasang histats (biar lebih akurat) lihat referar sumber lalu lintas, apabila terdapat referal dari situs yang tidak baik, hati hati saja, namun ada cara tertentu untuk mengatakan kepada google bahwa itu bukan kita, caranya bisa menggukan webmaster: selain menjaga kualitas blog, juga untuk ke amanan akun, ini link nya: google.com/webmasters/tools/disavow-links-main?pli=1
    thanks master…

  • saya melihat adsense yang tua.. kalau artikel melanggar kebijakan.. adsense gk di banned, cuma link artikel nya tidak di index mesin pencari.. biasa nya kalau sudah ketauhuan, dengan visitor 50000 untuk artikel tsb..

  • terima kasih infonya ms,
    walaupun saya belum mendaftarkan blog saya ke GA
    setidaknya dapat menambah pengetahuan saya,.

  • Saya sangat Setuju mas,,, Google Adsense bukanlah sistem yang sempurna 100%, terkadang Banned bisa saja datang kepada situs yang tak berbuat salah.. jika memang sang publisher benar-benar tidak ada kesalahan pada situsnya maka ada dua kemungkinan:

    1. Google salah menilai = Solusinya segerakan banding
    2. Faktor eksternal…

  • help me pak,, adsense saya selalu ada invalid trafiknya ,, gimana yah cara biar adsenseku gag kebanned 🙁 apakah karna saya sering share di facebook?

    • Invalid trafik tdk msalah bos. Selama batas wajar, artinya porsinya kecil saja dibanding trafik yg valid. Dan sy bs pastikan invalid trafik bkn berasal atau akibat dr share medsos

  • wah ko saya baru sekarang ya kepikiran google scam… padahal saya sudah puluhan kali payout dr adsense… scam yang aneh…. (lucu ya… orang yang menyalahkan orang lain, pdhl dirinya sendiri yang salah)

  • Terima Kasih Artikelnya mas sangat bermanfaat sekali bagi saya pribadi sebagai blog pemula
    Sukses Selalu ya Mas..Salam

  • Sekedar sharing aja, beberapa kali saya daftar google adsense dan langsung diterima dengan mudah, tetapi pas dipasang di blog, tetap aja susah dapat dollar, soalnya orang Indonesia bukan tipikal orang yang seneng klik iklan (selesai baca artikel terus di close). Mending coba ini :

    Saya baru daftar kemarin, udh dapet $2. Kalo dikali sebulan kan bisa dapet $60, lumayan. hehehe…

  • @home. yah, memang tidak ada yg lebih cepat membuat akun adsense dibanned dibandingkan 2 hal tersebut. klik iklan sendiri dan meminta teman untuk klik…..

  • Pengalaman saya 2 kali kena Baned karena click iklan sendiri dan nyuruh orang ngeclick 🙂

  • mas saya ingin bertanya . . . agar iklan adsen nya . . . berdekatan dengan artikel seperti diatas itu . . .gimana??? mohon bantuannya . .letak scriotnya taruh dimana . .???

  • Kalau mengikuti aturan dari google adsensenya dan tidak melakukan hal yang lain-lain mudahan akun adsense tetap aman dan berkinerja dengan baik.

  • Sip… bener sekali Mas Malikush. Selama kita tdk merasa melakukan 'kecurangan', maka tdk perlu takut dibanned. Sukses selalu buat mas, terima kasih atas kunjungannya.

  • Seandainya publisher pada mau mengikuti aturan main yang benar, insya deh bakalan aman meski kita harus rajin kontrol juga.
    Mengenai pendapat orang ttg GA itu scam, ya seperti yang anda bilang diatas itu hanya luapan kekecewaan dari segelintir orang yang kebanned. buktinya dari tahun 2007 sampai sekarang GA masih setia menggaji saya.

  • Thanks gan atas informasinya kebetulan akun ane lagi kena smart pricing… jadi ada rencana pengen bikin tapi gak tau bikinnya dimana…

    masfim.comMasfim dot com | ku-lum.blogspot.com/Insurance and Education

  • Betul sekali mas Dede, kita harus lebih selektif dalam memilih.

    Sama2 Kang Yono, utk penempatan iklan terbaik, saya juga pernah mengulasnya, silakan baca artikel ini: portal-uang.com/2013/08/posisi-terbaik-iklan-adsense-untuk-blog.html

  • Terima kasih bang artikelnya sangat membantu buat saya yang masih newbi, masih was-was neh soalnya blogku masih amburadul sementara saya sudah terlanjur pasang iklan GA, mudah-mudahan gak kena banned GA ku, untuk penempatan iklan yang baik bagaimana ya bang? baca dari blog sebelah penempatan iklan yang kurang pas juga bisa kena banned. Sukses bang

  • jadi berfikir dua kali submit blog ke layanan2 yang bertebaran :D, informasi berharga bagi saya mas, nice info

  • Mantap artikelnya mas. Dan sangat berguna bagi blogger pemula seperti saya, meski saat blm menjadi publisher GA.