Ada 2 macam blogger:

Pertama, mereka yang memang sengaja dari awal membangun blog dengan tujuan untuk menghasilkan uang.

Kedua, mereka yang membuat blog hanya sebatas sebagai sarana berbagi, membagi ide kepada orang lain, dengan kata lain: sebagai hobi.

Jika Kamu termasuk golongan pertama, tapi masih belum tahu harus memulai dari mana? Saya sarankan untuk membaca (dan mempraktekkan) dua tulisan saya sebelumnya, yaitu:

1. Memilih niche terbaik untuk blogging, kemudian dilanjutkan dengan

2. Strategi membuat konten blog dengan mudah

Nah, kali ini saya anggap Kamu adalah termasuk golongan yang kedua. Yaitu yang pada awalnya memulai blogging sebagai hobi belaka.

Saat ini, Kamu telah memiliki sebuah blog. Telah pula memiliki beberapa artikel utama yang berasal dari pengalaman hidup Kamu sendiri. Kamu memiliki banyak tips dan ide bermanfaat yang layak dibagikan kepada ‘dunia’. Kamu memiliki artikel yang benar-benar unik. Blog Kamu sedikit-sedikit mulai mendapatkan trafik. Dan tiba-tiba Kamu menyadari bahwa dari blog tersebut Kamu bisa mendapatkan uang!

Terdengar menggembirakan dan memberi semangat?

Betul, blog dapat menjadi sebuah sumber penghasilan yang tetap, bahkan jika dikelola dengan baik, blog dapat menjadi sumber penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh.

Syarat utamanya adalah: trafik. Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana cara mempromosikan blog agar mendapatkan trafik yang memadai untuk mendatangkan uang? Sehebat apapun isi artikel Kamu, jika tidak dipromosikan dengan tepat, tidak ada yang akan membacanya.

Mendapatkan Uang dari Blog

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Namun dalam artikel kali ini, saya hanya ingin fokus bagaimana cara mendatangkan trafik (pengunjung). Trafik bisa diumpamakan sebagai urat nadi dalam blogging. Selama memiliki trafik, selama itu selalu ada peluang mendapatkan uang.

Di bawah ini saya tuliskan beberapa metode yang saya gunakan untuk mendatangkan trafik:

1. Tulislah artikel yang fokus menawarkan pemecahan suatu masalah

Satu hal yang harus selalu diingat. Orang mengunjungi blog Kamu karena mereka mencari sesuatu yang dapat memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Sesuatu itu tidak lain adalah: informasi! Pastikan selalu, Kamu menulis artikel yang benar-benar bermanfaat dan informatif untuk pengunjung.

Dalam hal ini Kamu tidak perlu menjadi penulis profesional ataupun seorang jurnalis handal, namun cukup setiap tulisan Kamu menawarkan sesuatu nilai tambah, informasi yang berguna untuk pembaca.

Tujuan Kamu bukan sekadar menarik orang untuk berkunjung, tapi bagaimana membuat mereka menjadi pembaca setia. Temukan tips menulis yang baik, pada artikel saya sebelumnya.

2. Saatnya serius

Kamu boleh santai: buat posting seenaknya, menulis semaunya. Tapi itu dulu, ketika Kamu blogging hanya sebatas hobi. Tapi sekarang, Kamu  ingin menjadikan blog sebagai sumber pendapatan, tidak bisa lagi. Kamu harus serius! 

Perlu diingat, faktanya Kamu tidak akan mampu mewujudkan mimpi Kamu untuk mendapatkan uang dari blog, tanpa serius menanam investasi untuk blog Kamu. Apa investasi yang saya maksud? Waktu! Ya, cuma itu, investasi yang Kamu perlukan untuk sukses mendapatkan uang dari blog.

Sediakan waktu yang cukup (banyak) untuk kegiatan blogging, mempromosikan blog, dan aktivitas online lainnya. Sebegitu pentingnya investasi waktu ini, sampai ada orang mengatakan: “seberapa sukses blog Kamu, hanya sebatas seberapa banyak waktu yang Kamu investasikan”.

3. Buang rasa bosan, blogging itu menyenangkan

Ya ya ya. Saya tahu, mungkin tips nomor 2 di atas sedikit membuat Kamu ‘takut’. Sebenarnya tidak. Yang saya maksudkan di atas adalah bagaimana Kamu bisa melakukan usaha mempromosikan blog secara serius, bukan ingin menjadikan Kamu sebagai ‘pribadi yang serius’.

Blogging itu menyenangkan. Nikmatilah segala prosesnya, baik itu dalam menulis artikel, mempromosikan blog, dan aktivitas online lainnya. Kenapa saya masukkan poin ketiga ini? Karena, nyatanya banyak sekali blogger akhirnya merasa bosan, jenuh, kehilangan semangat, akhirnya mereka berhenti. Dan pastinya, tidak menghasilkan apa-apa. Semua itu terjadi karena mereka tidak menikmati proses blogging itu sendiri.

Nah, mulai sekarang, serius itu perlu, sementara Kamu tetap harus menjaga mood, dengan menikmati dan meyakini bahwa blogging adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan.

4. Belajar dasar-dasar CSS, HTML, PHP dan Photoshop

Sejak Kamu memutuskan untuk menjadi blogger sukses yang bisa mendapatkan uang, maka Kamu perlu sedikit-sedikit menguasai, paling tidak mengerti, dasar-dasar dari CSS, HTML dan Photoshop. Ini akan sangat membantu Kamu dalam membuat desain, layout, dan membangun brand blog yang kuat.

5. Promosikan blog

Mulailah dari yang paling dasar dan paling pokok, yaitu Google. Submit blog Kamu ke Google. Jika Kamu menggunakan blogger, maka hal ini tidak perlu, karena blogger otomatis langsung terindeks oleh Google. Namun, jika tidak Kamu perlu mendaftarkan blog Kamu disini.

Setelah selesai dengan Google, submit pula ke mesin pencari lainnya, seperti Yahoo dan Bing. Untuk lebih praktisnya, gunakan layanan gratis berbagai situs untuk submit sekaligus ke banyak mesin pencari, seperti: scrubtheweb, freewebsubmission, entireweb, dan banyak lagi lainnya.

6. Submit blog ke blog direktori

Luangkan waktu untuk mendaftarkan blog ke berbagai blog direktori. Ini benar-benar bekerja dan bermanfaat. Kamu bisa memulai dengan blogdigger, blogtopsites, dan blogarama. Selain itu cobalah direktori lainnya. Googling, dan temukan puluhan blog direktori lainnya.

7. Berkomentar di blog lain

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk ‘mengenalkan diri’ dan mendapatkan backlink. Tentu saja tidak asal berkomentar. Berilah komentar yang memiliki nilai lebih. Dengan begitu bukan tidak mungkin dari komentar tersebut Kamu akan banyak mendapatkan trafik. Lebih jauh tentang manfaat dan tips dalam berkomentar, silakan baca tulisan saya sebelumnya, manfaat berkomentar di blog lain.

8. Kerja keras, kerja cerdas

Tidak ada yang dapat menggantikan sebuah kerja keras. Membangun blog yang sukses bukan hal yang mudah, butuh kerja keras dan semangat yang tak padam.

Gunakan Adwords Keyword Planner, untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas artikel Kamu. Gunakan Google Analytic untuk menganalisa bermacam aspek blog Kamu. Tumbuhkan keinginan untuk terus belajar, menambah pengetahuan dan ilmu tentang blogging.

9. Saatnya mendulang uang

Kamu sudah banyak melakukan hal sejauh ini untuk meningkatkan kualitas dan Kamu telah berhasil mendatangkan pengunjung yang cukup setiap harinya ke blog Kamu. Kini saatnya Kamu mendatangkan uang melalui blog tersebut. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Kamu bisa memulai dengan menampilkan iklan, mengikuti program afiliasi, dan cara-cara lainnya.

Daftarlah menjadi publisher Adsense. Cobalah Chitika, Afiliasi Amazon atau afiliasi lokal, seperti Bhinneka, dan lain sebagainya.

10. Konsistensi adalah kunci

Ini yang terakhir. Semua tips di atas baru akan bekerja dan memberi hasil, jika dibarengi dengan konsistensi. Saya yakin Kamu akan menjaganya, bukan? Menyerah di tengah jalan, bukan sebuah pilihan.

Seiring dengan waktu, Kamu akan puas dengan hasil kerja keras Kamu di kemudian hari. Sukses untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

8 Komentar

  • Awalnya iseng bikin blog diberi tau teman cara dasarnya. Dikembangkan sendiri hingga tau blog seperti apa yg bisa menghasilkan uang .tapi sayangnya hanya impian saja mendapatkan uang kang.Karena tidak ada guru yang membimbing secara live. Bagi pemula seperti saya sangat susah hanya bermodal membaca. pol mentok ya mubeng kang jhon hihihihi kyanya faktor pendidukan jg pengaruh besar yah kang.

  • Sepertinya poin nomor 2 yang masih menjadi PR saya dalam ngeblog saat ini. Sempat terlintas untuk fokus di blogging agar beberapa blog saya bisa ‘ter-urus’. Namun tidak bisa dipungkiri, sumber penghasilan terbesar saya saat ini masih dari gaji saya sebagai karyawan swasta. Masih belum ‘sreg’ untuk meninggalkan kerjaan di kantor dan fokus di blog mengingat penghasilan dari blog saat ini masih ‘jauh’ jika dibandingkan dengan gaji yang saya dapatkan dari pekerjaan kantor. Hal ini yang membuat saya cukup bimbang memilih di antara 2 hal tersebut.

  • Sayangnya saya adalah golongan blogger yang pertama… membangun blog untuk mendapatkan uang. Tapi setelah bekerja serius 3 bulan menulis… hmmm… 500rupiah perhari??? Akhirnya skg saya memutuskan untuk melanjutkan menulis blog sebagai hobi saja. Tapi saya cukup puas dan senang beberapa tulisan saya bisa mencapai halaman pertama google dan dibaca orang ratusan bahkan ribuan kali dalam sebulan.
    Mungkin kapan-kapan saya akan menulis artikel dengan judul: “Blogging: Dari Niat Mencari Ribuan Dolar Menjadi Hobi dan Mendapat Kepuasan Batin.”
    Hehehehee…
    Salam kenal Mas Gee Jhon…
    Saya adalah pengunjung baru Portal Uang. Terima kasih atas ilmunya…

  • @Erwan.
    Masalah waktu relatif mas, jika sejak awal telah memiliki strategi, dan sudah memiliki 'sesuatu' yang dapat dibagikan, maka 3 – 6 bulan sdh ckp waktu tuk segera melihat hasilnya.

    @Mus Djono
    Betul sekali mas Mus.

    dan terima kasih utk kunjunganna.

  • mendapat penghasilan dari blog bukan suatu pekerjaan yang instan melainkan butuh perjuangan panjang denag pengobanan hingga sampai tujuan, gitu ya Gan.

  • butuh waktu yang cukup lama dan konsistensi untuk dapat seperti itu.
    Btw, makasih ude dishare