Inilah 3 pertanyaan tersebut:

1. Jika saya dapat meringkas seluruh tulisan ini dalam satu kata, apa kata tersebut?

2. Kenapa orang tertarik ingin membaca tulisan saya?

3. Apa yang akan dilakukan orang setelah membaca tulisan saya?

Adalah keinginan setiap penulis untuk bisa menyajikan karya dengan bahasa yang tajam, jelas dan sederhana. Dengan begitu, penulis tersebut mampu menyampaikan gagasan kepada pembaca dengan baik.

Setiap penulis pasti ingin tulisannya dipahami dengan baik oleh pembaca. Sayangnya, pada saat memulai, seorang penulis mudah sekali kehilangan arah dan ketajaman pada obyek yang hendak diangkat. Ada banyak berseliweran ide, gagasan, pemikiran, yang berkecamuk di dalam benak, yang dengan mudah membuat ia kehilangan fokus dan keluar dari topik.

Untuk mengatasinya, saya menggunakan tiga pertanyaan di atas untuk membuat saya tetap bisa stay tune, fokus, tidak melebar dan tetap berada pada ‘jalan yang benar’.

Jika saya dapat meringkas seluruh tulisan ini dalam satu kata, apa kata tersebut?

membuat posting yang tajam, jelas dan bermanfaat

Jika Kamu telah mendapatkan ide pokok untuk postingan, Kamu dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baiik terhadap inti dari hal yang akan disampaikan itu. Mengajukan pertanyaan semacam ini akan memaksa Kamu untuk berpikir, memilih dengan cepat dari banyak sekali ide berserabutan di dalam benak.

Sekali Kamu menemukan sebuah kata yang dapat menggambarkan secara utuh seluruh isi dari tulisan, Kamu pasti memiliki pendangan lebih tajam dan jelas tentang segala sesuatunya.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencari kata tersebut adalah dengan cara membuat daftar. Tuliskan sebanyak kata yang melintas dalam pikiran Kamu yang kirang berhubungan dengan topik yang ingin diangkat. Tulis saja, meskipun mungkin kata tersebut hanya berhubungan tidak secara tidak langsung dengan inti topik.

Setelah itu, barulah Kamu memeriksa satu persatu. Sortir, buang mana kata yang tidak relevan, sampai Kamu menemukan satu kata yang benar-benar sesuai menggambarkan ide pokok keseluruhan tulisan Kamu.

Jika Kamu masih saja belum yakin dengan kata terakhir yang didapat, gabungkanlah dengan beberapa kata lain, untuk menemukan kata baru yang lebih sesuai. Dengan cari Kamu bisa lebih mudah menjawab pertanyaan diatas.

Jika satu kata, kelihatannya terlalu sempit dan membatasi, buatlah menjadi satu kalimat. Kalimat ini yang menjadi ide, menggambarkan seluruh tulisan yang akan Kamu hasilkan nanti. Untuk posting saya kali ini, kalimat saya adalah: menulis posting yang jernih, mudah dan bermanfaat.

Kenapa orang ingin membaca tulisan ini?

Semua orang, pasti cenderung hanya ingin membaca tulisan atau artikel yang mereka pikir bisa memberikan manfaat dalam segala bentuknya.

Meskipun jika Kamu menulis untuk tujuan hiburan semata, pembaca Kamu tetap ‘mendapatkan’ sesuatu dari tulisan tersebut.

Menulis skandal pejabat publik dengan artis ternama? Jika Kamu hanya menyajikan ‘detil peristiwanya’ saja, mungkin pembaca Kamu akan semaput membacanya. Orang akan membaca tulisan Kamu, jika mereka tertarik dengan bumbu-bumbu pelengkap yang membuat tulisan memberi nilai lebih dibandingkan hanya berupa laporan suatu peristiwa.

Hasil akhir yang harus dikejar adalah, setelah selesai mereka membaca, mereka puas, mereka mendapatkan sesuatu. Sesuatu yang memberi nilai bagi mereka.

Apa yang akan dilakukan orang setelah membaca tulisan ini?

Pada akhirnya, tanyakan: Kemana orang akan pergi? Apa yang orang akan lakukan setelah membaca tulisan ini?

Apakah mereka akan membuka google mencari materi yang sama, karena ada sesuatu ‘yang tidak terpuaskan’ dari tulisan Kamu? Apakah mereka begitu saja meninggalkan blog Kamu?

Sebagi seorang penulis (blogger itu penulis, bukan?), Kamu harus memiliki kontrol tentang apa yang akan dilakukan oleh pembaca setelah selesai membaca tulisan Kamu. Kontrol disini, tentu saja bukan kontrol yang bersifat memaksa, tapi kontrol dengan suatu cara menunjukkan bahwa Kamu peduli pada kebutuhan mereka. Kamu ingin membantu mereka.

Untuk melakukan hal ini, beri link ke sumber lain yang kiranya bisa lebih menjelaskan hal-hal yang samar atau bagian-bagian sulit dari tulisan Kamu. Seperti, jika Kamu terpaksa menggunakan suatu istilah yang sulit, beri link ke Wikipedia agar pembaca segera dapat mempelajarinya. Jika tidak, maka mereka akan mencari tahu dengan cara mereka sendiri, yang biasanya itu berarti meninggalkan blog Kamu!

Dengan tujuan yang sama, berikan link ke artikel-artikel Kamu lainnya, yang Kamu anggap bisa memberi penjelasan yang lebih detil. Atau bisa juga dengan memberi daftar artikel terkait di setiap akhir tulisan. Ini memberi kesempatan kepada pembaca, melihat apa yang telah Kamu sampai sampaikan sebelumnya terkait topik tersebut dari sudut pandang lain.

Dari semuanya itu, satu hal yang patut selalu diingat: bahwa Kamu menulis untuk pembaca!

Dan jika Kamu merasa pasti dan gamblang, tentang ide kunci dan manfaat dari posting Kamu, maka Kamu akan mampu menulis lebih jernih, tajam, dan tentu saja akan lebih banyak dibaca orang lain. Adakah yang lebih diinginkan seorang blogger selain itu?

Apakah Kamu memiliki pertanyaan lain, yang mesti dijawab sebelum menulis artikel? Bagikan pengalaman Kamu melalui kolom komentar.

Salam.

Ingin tahu lebih jauh pertanyaan yang mesti dijawab sebelum menghasilkan tulisan hebat? Baca juga artikel saya sebelumnya: Menulis Artikel Hebat: Jawab Semua Pertanyaan Ini!

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

2 Komentar