8 Pencapaian Blogging yang Membanggakan dan Layak Dirayakan

Mungkin Kamu memiliki goal atau sebuah impian besar dalam mengelola sebuah blog.

Mungkin Kamu berniat menjalani profesi sebagai full-time blogger. Atau punya impian dikenal sebagai seorang ahli di bidang yang Kamu geluti dan banyak impian-impian lain yang gantungkan melalui blog Kamu.

Namun, impian-impian tersebut seringkali tampak masih begitu jauh. Jalan menuju kesana masih terasa amat panjang. Dan bagi kebanyakan blogger untuk menggapai itu semua mungkin butuh berbulan-bulan atau bahkan mungkin bertahun-tahun lamanya.

Nah, daripada kita membayangkan impian besar yang terasa masih jauh tersebut, kenapa kita tidak fokus melihat pencapaian-pencapai yang sudah diraih saat ini? Dengan begitu, seperti yang telah saya singgung dalam tulisan sebelumnya, yaitu cara meningkatkan percaya diri sebagai seorang blogger, dapat amat membantu memupuk rasa percaya diri. Dengan penuh rasa percaya diri itu, diharapkan mampu mempercepat Kamu meraih berbagai impian dan goal jangka panjang.

Di bawah ini, saya menulis 8 pencapaian, yang menurut saya, patut dan layak dirayakan dan Kamu berbangga dengan itu semua. Inilah pencapaian tersebut:

1. Akhirnya blog Kamu ‘mengudara’

Ada begitu banyak orang memikirkan tentang blogging, membicarakan tentang blogging, berniat membuatnya, memimpikan menjadi blogger sukses, tapi nyatanya mereka tidak pernah memulai membuatnya. Hanya berencana dan berencana.

Memutuskan untuk membuat blog dan segera melaksanakannya, bisa menjadi hal yang sulit dan penuh pemikiran. Kemudian Kamu mulai merancang desain, belajar seni blogging, belajar sisi teknis, dan sebagainya.

Benar-benar sebuah perjuangan tersendiri ketika pertama kali Kamu membuat blog Kamu. Jadi, begitu blog Kamu berhasil ‘tayang dan mengudara’, itu adalah sebuah langkah penting, dan tentu saja itu adalah hal hebat! Kamu layak berbangga kini Kamu sudah memiliki blog!

2. Menulis dan mempublish posting kedua

Pertama kali blog Kamu online, menulis postingan pertama tidak terlalu menguras pikiran. Kamu bisa saja menulis untuk memperkenalkan diri, siapa diri Kamu, menulis tujuan mengapa Kamu membuat blog tersebut, dan sapa salam untuk pembaca.

Posting kedua, ini lebih sulit! Saya sering melihat sebuah blog hanya berisi satu postingan saja, selamanya!

Jika Kamu telah berhasil membuat postingan kedua, itu menandakan Kamu telah siap menjadi seorang blogger sejati. Kamu siap membuat posting ketiga, keempat, keseratus, keseribu…. Dan ini adalah hal hebat lainnya yang telah Kamu capai.  Selamat!

3. Mendapat pengikut pertama

Mungkin Kamu telah mendapatkan cukup banyak trafik dari sosial media atau dari teman-teman di forum. Tapi, begitu Kamu mendapatkan pembaca yang berlangganan artikel Kamu, itu berarti Kamu telah berada di jalur yang benar. Ini adalah istimewa, karena artinya, Kamu telah mencuri perhatian pembaca.

Jika seseorang memutuskan untuk mengikuti update blog Kamu baik melalui RSS ataupun melalui email, saya berani memastikan bahwa mereka menyukai apa yang mereka temukan di blog Kamu. Tentu saja ini pantas dibanggakan.

4. Mendapat komentar pertama

Di minggu-minggu pertama ngeblog, mungkin Kamu merasa hanya menulis, menulis, dan menulis, tidak ada orang yang membacanya.

Tapi, begitu Kamu mendapatkan komentar pertama, itu adalah bukti bahwa paling tidak ada satu orang, yang bukan saja membaca, tapi juga tertarik dan menikmati tulisan Kamu. Sungguh sangat menggembirakan, bukan?

Jika, sampai saat ini Kamu masih merasa kesulitan mendapatkan komentar masuk, baca: mempermudah orang berkomentar, juga pelajari membuat call action di setiap artikel.

5. Mendapat share pertama

Sekali Kamu sudah ‘memiliki’ pembaca, maka hanya soal waktu sampai ada seseorang (selain Kamu sendiri, hehe…) yang men-share postingan Kamu di Facebook, Google+ dan sosial media lainnya.

Jika itu telah terjadi, maka satu bukti lagi bahwa Kamu telah meramaikan jagat perbloggingan dengan konten Kamu yang menarik perhatian.

Untuk mempercepat Kamu mencapainya, sekaligus mempermudah orang untuk membagikan posting Kamu, pastikan Kamu memiliki tombol share di setiap halaman. Pilih 2 – 3 yang paling Kamu pakai secara intens. Itu jauh lebih baik daripada memasang selusin tombol share dari banyak sosial media sekaligus.

6. Mendapat link pertama

Ketika untuk pertama kalinya blogger lain memberi link ke blog Kamu, itu sebuah bukti nyata bahwa Kamu telah melakukan segala sesuatunya dengan benar. Link tersebut bisa dari Daftar Blog (blogroll), dari posting review mingguan atau bulanan, atau bisa dari artikel mereka, yang menyebutkan betapa mereka menikmati blog Kamu.

Memang, Kamu bisa mempercepat hal ini, yaitu mendapatkan link, dengan cara bertukar link sesama blogger. Namun, itu bukanlah sesuatu yang istimewa, mereka menaruh link Kamu di blog mereka bukan atas dasar kemauan sendiri atau karena benar-benar menikmati konten Kamu. Satu hal perlu diingat, bahwa bertukar link terlalu sering, akan membuat blog Kamu ‘jelek’ di mata Google dan bahkan bisa kena penalti.

7. Mendapat email ‘terima kasih’ dari pembaca

Mendapat komentar masuk, adalah hal hebat. Tapi, adalah satu hal yang sangat spesial ketika Kamu pembaca yang mengirimkan email langsung kepada Kamu untuk sekadar mengucapkan terima kasih atapun menanyakan sesuatu.

Ini berarti Kamu telah memberi pengaruh besar kepada pembaca Kamu. Mungkin saja tulisan Kamu telah membantu orang untuk keluar dari kesulitan yang mereka hadapi. Mungkin artikel Kamu mampu memberi semangat dan inspirasi. Apapun itu, yang jelas Kamu telah membuat suatu perbedaan, dan sungguh itu suatu yang sangat membanggakan.

8. Mendapat dolar pertama

Meskipun Kamu tidak berniat menghidupi diri dari blog, tapi paling tidak Kamu ingin mengganti ‘uang lelah’ atau untuk membayar hosting dan domain. Hari dimana Kamu mendapatkan uang pertama kalinya dari blog Kamu (meskipun hanya 1$!), adalah sesuatu yang menyenangkan.

Jika, Kamu masih belum pasti mengenai mendapatkan uang dari blog, baca: cara mendapatkan uang dari blog, dan lihat beberapa peluang untuk menghasilkan uang.

Nah, bagaimana dengan Kamu? Pencapaian mana saja dari 8 hal di atas yang telah Kamu raih? Dengan mengapreasi pencapaian diri sendiri, akan membuat Kamu makin percaya diri dan tetap semangat menjadi blogger.

Apakah Kamu memiliki goal yang saat ini belum tercapai? Bagikan melalui komentar, saya senang sekali untuk mendengarnya.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar