Google Adsense

Bagaimana Menggunakan Fitur Eksperimen Adsense

Beberapa minggu yang lalu, Google Adsense memperkenalkan fitur baru, yaitu Eksperimen Adsense.

Loading...

Dengan menggunakan fitur ini, bagi Anda yang ingin melakukan a/b testing, tidak perlu lagi melakukan perubahan apapun pada kode script unit iklan. Mudah, praktis.

Setelah Adsense meluncurkan fitur ini saya langsung menggunakannya.

Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana menggunakannya, kali ini saya coba membuat panduan.

Bagaimana cara menggunakan eksperimen unit Adsense?

Setelah Anda login ke akun Adsense, klik tab Iklan saya. Pada bagian kiri klik menu Eksperimen.

cara menggunakan eksperimen adsense
Kemudian buat eksperimen baru, dengan mengklik tombol +Eksperimen baru. Lengkapi semua isian.
isian eksperimen adsense
 Beri nama eksperimen baru Anda, misalnya: “Atas postingan gambar vs teks”. Jika perlu isi catatan sebagai pengingat hal-hal penting berkaitan dengan unit yang dibuat eksperimen.

Langkah selanjutnya adalah unit iklan Asli, yaitu unit iklan yang ingin kita buat variasinya. Setelah itu, baru kita buat variasi baru dari unit iklan yang dipilih tadi.

variasi unit iklan adsense

 Buatlah variasi baru. Misalnya, jika pada unit iklan asli Anda menggunakan jenis iklan gambar, dan Anda ingin mengetahui apakah lebih baik jika menggunakan jenis iklan teks, maka aturlah disini. Anda bisa membuat variasi lainnya dengan merubah warna teks, garis batas, judul dan sebagainya, juga mengganti jenis huruf.

Saya sarankan melakuan hanya SATU perubahan atribut pada variasi baru. Karena kalau Anda merubah beberapa sekaligus, misalnya, Anda merubah judul teks dan link sekaligus, maka Anda akan kesulitan mengenali perubahan mana yang berdampak positif terhadap performa iklan.

Berikutnya, Anda menentukan seberapa besar pemisahan trafik untuk masing-masing unit iklan asli dan unit variasi yang barusan Anda buat.

Secara default, Google menyarankan untuk membiarkan mereka menentukannya secara otomatis (berarti 50:50), namun jika mau Anda dapat merubahnya sendiri dengan cara menggeser slider.

Terakhir, klik tombol Mulai eksperimen. Sekarang Anda sudah memiliki variasi baru dari unit iklan asli, yang akan berganti-ganti tampil di halaman blog Anda.

Laporan eksperimen Anda

Setelah eksperimen berjalan, kembalilah dalam beberapa jam. Maka Anda dapat melihat hasil laporan dari eksperimen yang dilakukan.

Untuk melihat laporan performa unit eksperimen, klik “Lihat laporan”.

Sedangkan untuk melihat laporan perbandingan antara unit asli dan unit variasi, klik pada nama eksperimen.

laporan perbandingan unit eksperimen adsense

Maka akan ditampilkan tabel perbandingan, sehingga Anda mengetahui unit mana yang memiliki kinerja terbaik.

tabel laporan eksperimen adsense

Sekali Google mengumpulkan cukup data, maka mereka akan menampilkan skor Keyakinan. Dimana menunjukkan bahwa Google merasa yakin bahwa satu unit iklan tertentu memiliki performa lebih baik dari unit lainnya.

Google menyarankan untuk menunggu sampai skor Keyakinan ini mencapai angka 95% atau lebih sebelum Anda benar-benar memilih unit mana yang akan dijalankan secara mandiri. Sekali Anda memilih unit pemenang, maka selanjutnya, Google hanya akan menayangkan unit tersebut.

Satu hal perlu diingat, bahwa fitur ini masih tahap beta, sehingga mungkin masih ada kekurangan di sana-sini. Tapi, ini sebuah lompatan bagus, yang membuktikan Google menginginkan kita sukses sebagai publisher Adsense.

Semoga bermanfaat. Bagi Anda yang sudah melakukannya, kiranya sudi berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Selamat melakukan eksperimen!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

%d blogger menyukai ini: